Tuk Bayar Utang

Doa Supaya Bisa Membayar Hutang dengan Cara Tak Terduga



Saking geregetnya ingin melunasi hutang, mungkin ada sebagian sobat yang sedang mencari doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga. Wajar saja sih karena dengan amalan doa ini mungkin akan membantu seseorang untuk menemukan jalan keluar yang terbaik sehingga tidak ada pihak yang dirugikan apalagi mempermalukan diri sendiri atau orang lain, karena bagaimanapun hutang yang tidak dapat kita bayar akan tetap menjadi tanggung jawab kita sampai kapanpun.

Mengingat besarnya risiko yang ditimbulkan oleh hutang ini, tidak sedikit orang yang memilih untuk tidak berurusan dengan hutang, apalagi jika utangnya memiliki bunga yang cukup besar karena akan memberikan kompleksitas tersendiri.

Jadi memilih untuk tetap aman untuk tidak berurusan dengan hutang adalah cara terbaik untuk mengurangi beban hidup kita, juga akan membuat pikiran lebih tenang karena tidak terlalu ribut dengan masalah hutang.

Namun, tidak semua orang bisa hidup bebas dari hutang, terkadang apa yang kita lakukan setiap hari menuntut untuk tetap berurusan dengan bank misalnya cicilan bunga dan hutang yang belum lunas. Jadi mencari jalan keluar untuk ini bukanlah hal yang mudah. Disamping berdoa, tentunya ada langkah yang real agar kita bisa membayar hutang secepat mungkin. Kiat cepat untuk melunasi hutang adalah:
  • Memiliki pengaturan yang pasti untuk setiap pengeluaran dari pendapatan kita
  • Buat daftar belanja, tulis apa yang dikeluarkan setiap bulan, jika bisa harus ada sisa dan tidak sampai minus.
  • Hindari meminjam uang jika tidak mendesak, jika terpaksa pilihlah pinjaman yang memiliki bunga minim dan resiko barang yang disita sudah jelas.
  • Menghindari hutang dari bank illegal atau rentenir, karena hal ini akan membuat kita hancur dan mungkin barang agunan kita melayang jika tidak bisa menutup cicilan dan bunga yang sangat tinggi.
  • Menanamkan diri dan keluarga untuk membiasakan diri menabung, dan mengurangi hutang

Banyak kejadian di sekitar kita terkait dengan hutang yang terkadang membuat kita sedih, dimana barang-barang berharga seperti rumah dan harta benda harus disita karena pemiliknya tidak bisa melunasi hutangnya pada saat yang sudah dijanjikan. Dan hal ini terkadang menyebabkan orang tersebut kehabisan cara untuk menemukan jalan keluar dari hutang.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita ingin mencoba, setiap masalah akan ada jalan keluar meski penuh dengan risiko. Tapi dengan pengaturan jadwal dan memperketat disiplin kita dalam mengelola keuangan, maka akan mengurangi risiko bahaya utang. Apalagi jika nominal yang dipinjam tidak sedikit, tentunya semakin besar pula pengeluaran kita nantinya. Jadi ada kemungkinan jika kita memiliki keinginan untuk menghindari diri dari belenggu hutang karena bagaimanapun juga akan membuat kita kalah sampai akhirnya harus mengorbankan barang berharga.

Karena itu sebisa mungkin hindarilah hutang dan kalau macet segera cepat lunasi dan baca doa bayar hutang sebelum tidur setiap malam. Bagaimana praktik doa melunasi hutang? Ternyata ada beberapa saran untuk melunasi hutang dengan cepat.

Nah, berikut beberapa praktiknya sehingga hutang bisa cepat lunas. dan siapa yang tahu ada doa untuk melunasi hutang dengan cara yang tidak terduga. Salah satunya adalah doa ini yang bisa dibaca saat akan tidur.

Doa Supaya Bisa Membayar Hutang dengan Cara Tak Terduga


Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah dibacakan dari Jarir, dari Suhail, dia berkata, "Abu Salih telah memerintahkan kita jika ada di antara kita yang akan tidur, berbaringlah di sisi kanan dan kemudian berkata:

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Alloohumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiili wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Alloohumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membagi biji tanaman dan biji buah, Rabb yang menurunkan Taurat, Injil dan Furqan. Saya berlindung pada Engkau dari kejahatan semua hal yang Engkau pegang di atas kepalanya (semua makhluk Tuhan). Ya Allah, Engkau adalah permulaan, sebelum Engkau tidak ada apa-apa. Anda adalah yang terakhir, setelah Engkau tidak memiliki apa-apa. Engkau yang terlahir, tidak ada yang di atas Engkau. Engkau adalah Batin, tidak ada yang hilang dari Engkau. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” 

Sayyid Ali Akbar At-Tabrizi mengatakan: Sesungguhnya ayat tentang kerajaan (Surah Al-Imran: 26-27), dapat memperpanjang pintu rizki.

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِك الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَ تَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَ تُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَ تُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ‏ِ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَ تُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَ تُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَ تُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَ تَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيرِ حِسَابٍ

Qulillaahumma maalikal mulki tu-til mulka man tasyaa-u wa tanzi’ul mulka mimman tasyaa-u, wa tu’izzu man tasyaa-u wa tudzillu man tasyaa-u, biyadikal khayru innaka ‘alaa kulli syay-in qadiir. Tuulijul layla fin nahaari wa tuulijun nahaara fil layli, wa tukhrijul hayya minal mayti wa tukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuqu man tasyaa-u bighayri hisaab.

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan (batas).”

Itulah doa agar hutang cepat lunas sekejap menurut Islam plus mendatangkan rezeki yang melimpah dan mengalir deras. Baca juga :
doa hutang lunas sekejap
doa menghadapi kesulitan membayar hutang



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : membayar hutang
Back To Top