Tuk Bayar Utang

Cara Agar Dapat Melunasi Hutang dengan Cepat



Siapa lagi yang tidak tahu dampak dari terjebak hutang? Tentu saja itu sangat tidak menyenangkan karena selain memberi dampak secara emosional yang mengarah pada stres, biasanya jika masalah hutang ini tidak segera teratasi, maka stres dapat berujung pada hutang lagi. Agar segera terbebas dari hutang, Anda bisa melakukan berbagai cara cepat untuk melunasi hutang. Berikut adalah tips bagaimana cara agar dapat melunasi hutang dengan cepat yang harus Anda lakukan untuk memulai kehidupan keuangan baru.

Rekam Ulang Semua Hutang Yang Anda Miliki
Ambil catatan tagihan hutang yang Anda miliki dan catat setiap nominalnya. Jangan lupa untuk mencatat setiap bunga yang dibebankan pada tunggakan itu. Berikan prioritas pada hutang dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Mengapa demikian? Karena hutang berbunga tinggi tentu sangat mencekik keuangan Anda, apalagi jika hutang Anda besar. Biasanya suku bunga bisa mencapai 100%. Karena itu, Anda harus fokus untuk dapat melunasi hutang dengan segera. Ini agar Anda tidak dibebani dengan bunga, yang jumlahnya sama dengan jumlah pokok yang dibayar dengan angsuran.

Jika Anda sudah mengetahui rincian hutang, Anda dapat mulai mengatur berapa banyak uang yang perlu dialokasikan untuk melunasi hutang. Ini berguna agar Anda tahu persis dana yang perlu disalurkan, tanpa harus mencampur dengan dana tabungan, juga beberapa pengeluaran yang lebih baik tidak dipotong, meski dalam keadaan berhutang.

Kelola Gaji Bulanan Anda dengan Baik
Setelah mengetahui jumlah hutang, suku bunga, dan jumlah uang yang dialokasikan untuk membayar hutang, Anda dapat memulai langkah berikutnya. Anda harus mulai membagi gaji per bulan untuk rekening tabungan, pembayaran hutang, dan pengeluaran yang harus ditekan. Selalu sisihkan tabungan terlebih dahulu agar Anda masih menyimpan uang dalam tabungan, setidaknya 30% dari penghasilan bulanan yang Anda dapatkan.

Jangan Tunda Pembayaran Hutang
Ketika Anda memiliki hutang, jangan pernah menunda membayarnya jika Anda sudah memiliki dana yang telah Anda alokasikan untuk membayar hutang. Mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri, menunda untuk membayar hutang dan menggunakan uang untuk tujuan lain. Akhirnya Anda bingung sendiri ketika harus membayar hutang Anda.

Karena itu, Anda tidak boleh menyimpan kebiasaan menunda pembayaran hutang ini. Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan dengan gaji bulanan. Anda bisa langsung menyisihkan penghasilan Anda untuk membayar hutang. Sisanya dapat Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.


Temukan Penghasilan Tambahan
Cobalah untuk memeriksa barang-barang di rumah yang mungkin tidak digunakan, tetapi masih bagus untuk dijual kembali. Sekarang ada banyak situs yang dapat Anda gunakan untuk menjual barang bekas untuk menambah dana guna membayar sisa hutang. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menemukan pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Perhatikan Penghasilan dan Pengeluaran
Jika Anda ingin hutang Anda cepat lunas, coba periksa dengan cermat pendapatan dan pengeluaran Anda. Bagi Anda yang mendapat penghasilan bulanan, maka Anda sudah cukup memahami berapa penghasilan Anda.

Jika selama ini Anda belum pernah mencatat apa pun yang telah menjadi pengeluaran Anda selama sebulan. Mulai untuk mencatat secara rinci segala sesuatu mulai dari belanja bulanan, tagihan listrik dan air, kebutuhan anak-anak sekolah, dll.

Kadang-kadang pengeluaran tak terduga seperti makan di luar, pergi ke mal dan rekreasi sering menjadi sumber pengeluaran tak terduga yang cenderung membelanjakan uang Anda. Ketika Anda telah menemukan sumber kebutuhan yang tidak terlalu penting, sebisa mungkin kurangi kebutuhan tersebut agar pengeluaran Anda tidak terlalu boros.

Tidak Pernah Berhutang untuk Melunasi Hutang
Memiliki banyak hutang memang bisa membuat Anda pusing. Apalagi jika waktu untuk membayar mendekati jatuh tempo. Mau dibayar tidak ada uang, tidak dibayar takut didenda. Pada akhirnya Anda berhutang pada orang lain untuk membayar hutang.

Jika ini dibiarkan terus menerus, sampai kapan pun hutang Anda tidak akan pernah terbayar. Karena itu, jalan keluar ketika Anda berhutang adalah Anda tidak boleh berhutang hanya untuk melunasi hutang lain.

Mulai Gaya Hidup Baru Yang Lebih Efisien
Cara berikutnya untuk melunasi hutang dengan cepat adalah memulai gaya hidup yang hemat. Setelah puas mengelola pendapatan, saat yang paling penting adalah mengelola pengeluaran. Jika Anda mampu memangkas pengeluaran dan bersedia mengurangi gaya hidup, yakinlah bahwa dampak hemat ini akan terasa lebih cepat.

Ada lebih banyak uang yang tersisa dan dapat dialokasikan untuk membayar hutang. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat memulai gaya hidup baru yang lebih efisien, Anda hanya perlu menjadi kreatif dan peka terhadap peluang yang dapat Anda ambil untuk memotong biaya lebih banyak, misalnya :

Belanja barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama
Menjalani hidup hemat tidak berarti Anda harus pelit, Anda hanya perlu lebih kreatif dalam memanfaatkan promosi dan penawaran menarik di sekitar Anda. Ketika memutuskan untuk membeli produk misalnya, cobalah mencari alternatif sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk produk tersebut. Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa mencari produk lain yang memiliki kualitas kurang lebih sama, tetapi dengan harga lebih murah.

Belanja di supermarket yang lebih murah
Meskipun kami menyarankan Anda berbelanja di pasar sehingga harganya lebih murah, kami memahami bahwa kadang-kadang ada beberapa barang yang kadang-kadang lebih murah jika dibeli di supermarket. Ini biasanya karena ada label pribadi yang membuat belanja lebih efisien. Belanja di supermarket sebenarnya bisa dilakukan lebih ekonomis asalkan Anda tahu trik yang harus dilakukan, seperti memanfaatkan voucher atau potongan harga.

Hemat saat bekerja
Tidak hanya ketika di rumah, sebenarnya tabungan juga bisa dilakukan di tempat kerja. Beberapa yang dapat Anda lakukan misalnya menggunakan transportasi umum atau membawa bekal makanan dari rumah. Meskipun sepertinya hanya memotong sedikit, tetapi jika dikumpulkan pada akhir bulan, total penghematan Anda bisa sangat banyak.


Gunakan Dana Darurat
Salah satu cara cepat melunasi hutang yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan dana darurat. Jika Anda mengelola simpanan Anda secara teratur, tentu saja Anda harus menyisihkan dana darurat setiap bulan.

Anda harus menyisihkan setidaknya 10% setiap bulan dari gaji yang diperoleh. Di sisi lain, jika risiko pekerjaan semakin besar seperti bekerja sebagai pekerja lepas, profesional, penyanyi, maka perbesar dana cadangan 6-9 bulan pengeluaran, tetapi jika Anda seorang pengusaha setidaknya menyiapkan dana 9-12 bulan dari pengeluaran.

Dana darurat dapat dikumpulkan menggunakan tabungan rencana yang secara otomatis melakukan debet otomatis setiap bulan dari akun transaksi Anda. Cara lain untuk mengumpulkan dana darurat sebagai cara melunasi hutang dengan cepat adalah dengan mengumpulkan orang-orang yang masih berhutang pada Anda. Biasanya jumlah piutang yang Anda miliki benar-benar dapat membantu Anda mengumpulkan dana untuk membayar utang.

Minta Bantuan dari Pihak yang Berpengalaman
Orang sering beranggapan bahwa cara tercepat untuk melunasi hutang yang paling tepat adalah dengan menggunakan dana talangan atau menggunakan uang bantuan dari keluarga. Cukup dengan menggunakan dana ini, Anda bisa langsung melunasi utang tanpa khawatir masuk dalam daftar hitam Ban Indonesia.

Sayangnya, kedua metode itu tidak benar. Jika Anda menggunakan dana talangan misalnya, Anda akan terus harus membayar hutang ke pihak bailout tanpa tahu kapan harus melunasi hutang. Belum lagi risiko kartu kredit yang harus dimiliki sebagai syarat.

Mengandalkan uang bantuan dari keluarga juga tidak tepat mengingat beban moral yang ditanggung, terutama jika Anda harus merasakan ketidaknyamanan orang tua untuk mengatasi masalah hutang. Oleh karena itu, cara tercepat untuk melunasi utang yang paling tepat adalah dengan meminta bantuan dari pihak yang berpengalaman.

Salah satu yang dapat Anda gunakan adalah layanan perusahaan program manajemen hutang. Program manajemen seperti ini dapat diperoleh dengan menggunakan perusahaan penyedia program manajemen utang tepercaya sehingga Anda bisa mendapatkan keringanan, yang tentu saja dapat menghemat lebih banyak waktu dan menghemat lebih banyak uang.

Disiplin untuk Membayar Hutang
Dalam masa tenggang sebelum hutang Anda lunas, cobalah lakukan segalanya dengan komitmen penuh dan disiplin tinggi. Komitmen di sini berarti Anda mencoba untuk tidak berhutang kembali sebelum hutang Anda sekarang lunas. Disiplin berarti Anda harus membayar secara teratur dan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Karena jika Anda suka menunda pembayaran, maka itu dapat menyebabkan hasil yang buruk.

Tingkatkan Doa untuk Melunasi Hutang dengan Cepat
Cara terbebas dari hutang yang tidak boleh Anda lupakan adalah memohon dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar Anda diberi kemudahan untuk membayar hutang. Berusaha adalah wajib tetapi juga harus diimbangi dengan berdoa agar masalah hidup Anda dapat diselesaikan dengan cepat.

Itulah bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat dan halal menurut islam. Memang tidak mungkin bisa lunas dalam 1 hari tapi setidaknya bisa menjadi tips cara cepat melunasi hutang bank Anda yang menumpuk. Bisa juga ditambahi tips cara melunasi hutang Yusuf Mansur yakni dengan banyak sedekah.

Sumber :
https://www.amalan.com/id/blog/6-cara-cepat-melunasi-utang-yang-harus-anda-lakukan
https://www.matahidup.com/11-cara-melunasi-hutang-dengan-cepat/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara melunasi hutang
Back To Top