Tuk Bayar Utang

Solusi Menyelesaikan Hutang yang Sudah Terlilit



Bagaimana solusi menyelesaikan hutang yg sdh terlilit ? Mudah. Bagi umat Islam, ada kabar baiknya, karena dalam Al Quran pun sudah dikasih solusi bagaimana menyelesaikan hutang yang melilit. Enggak percaya ? Ada sebuah kisah nyata yang menimpa seorang muslim yang punya hutang sebagaimana dikisahkan oleh Habib Umar bin Hafidz.

Ada seorang lelaki yang mengadukan perihal masalahnya yang punya banyak utang kepada Syaik Sya'rawi, seorang ulama Al Azhar yang sangat terkenal. Lelaki itu mengadukan pekerjaanya yang masih syubhat sehingga akibatnya di rumah tangganya tidak bahagia, tidak tenang dan banyak keburukan.

Syaikh lalu menyuruh dia untuk keluar dari pekerjaan tersebut. Namun orang itu menolaknya karena banyak hutang dimana-mana dan harus menafkahi keluarga. Lalu Syaikh mengatakan bahwa Allah ngasih solusi seperti itu dalam Al Quran.

Isinya begini : ‘Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka dijadikan baginya jalan keluar (atas semua persoalan).’” (QS. ath-Thalaq [65]: 2). Lihat teksnya, bahwa Allah akan ngasih jalan keluar jika kita taqwa duluan. Dalam aya di atas, yang disebut adalah tawa dulu, barulah jalan keluar. Dalam hal ini, taqwa disini adalah takut kepada Allah melakukan pekerjaan syubhat.

Akhirnya, lelaki itu mau mengikuti nasihat Syaikh. Tak lama kemudian, ia keluar dari pekerjaannya yang syubhat dan melamar pekerjaan yang lebih baik, bayarannya pun jauh lebih besar hingga akhirnya bisa menyicil hutangnya.

Beberapa bulan selanjutnya, lelaki itu dipindahkan ke Kuwait, kemudian dipindah ke Arab Saudi, dekat dengan Masjidil Haram dan Ka’bah. Dia mau memperbaiki dirinya, kemudian Allah Ta’ala melunasi hutangnya, kehidupannya pun menjadi lebih baik.

Kesimpulannya dengan ayat di atas, solusi jitu bagi yang sudah terlilit hutang adalah dengan taqwa, artinya takut kepada Allah. Semua yang kita kerjakan harus didasari atas rasa takut kepada Allah. Itu saja. Tentunya kita harus terus mencari ilmu sebagai bekal rasa takut tersebut.

Misalnya, biasanya kita tidak sholat, maka takutlah Allah murka apabila kita tidak melakukan sholat. Segera lakukan sholat. Belum bisa ? Segera datangi ustadz atau guru ngaji yang bisa ngasih bimbingan praktek sholat, baca buku, nonton video dan lainnya. Pokoknya, cari ilmu untuk menyempurnakan amaliyah karen takut Allah tidak menerima amalan kita.

Itulah salah satu cara menyelesaikan, mengatasi, melunasi dan membayar hutang bank (atau lainnya) yg melilit serta banyak menumpuk dengan cepat dan halal menurut Islam, tanpa berhutang walaupun tidak bisa lunas dalam 1 hari.

Sumber :
http://www.kabarmakkah.com/2016/07/melunasi-hutang-itu-mudah-al-quran.html



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : solusi hutang
Back To Top