Memang ada ya lembaga bantuan pelunasan hutang di Indonesia ? Agen bantuan layanan utang adalah tempat di mana seseorang dapat berkonsultasi untuk bantuan program keringanan utang. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan nama baik dan tidak dikejar-kejar debt collector bahkan berurusan dengan polisi.
Jika tidak ditangani secepat mungkin, nama Anda bisa masuk dalam Daftar Hitam Nasional (DHN). Daftar ini memuat nama-nama orang yang terlibat kasus utang berkepanjangan di Bank Indonesia sehingga tidak bisa mengakses layanan keuangan seperti cek dan / atau giro.
Umumnya hal ini karena Anda adalah nasabah di bank yang memiliki rekam jejak kredit yang sangat buruk, misalnya terjadi gagal bayar. Untuk membantu Anda menyelesaikan masalah utang yang telah menjebak Anda, Anda dapat meminta bantuan dari lembaga bantuan pelunasan utang yang akan membantu Anda menemukan solusi agar Anda dapat melunasi pinjaman offline dan pinjaman online. Tentunya hal ini sangat membantu anda yang terlilit hutang.
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
YLKI adalah lembaga pengaduan konsumen untuk berbagai industri. Salah satu yang bisa dilakukan adalah terkait masalah utang yang kerap menimpa nasabah bank. Untuk dapat mengajukan bantuan ke YLKI, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun melalui situs web YLKI.or.id.
Biasanya hal-hal yang sering dikeluhkan YLKI terkait dengan hak konsumen. Jika dari segi keuangan, mungkin Anda pernah mendapat teror dari debt collector dengan berbicara tidak sopan dan mengintimidasi. Anda dapat segera melaporkannya ke lembaga ini.
YLKI Agency dapat membantu Anda dalam menyelesaikan sengketa yang terjadi dan memfasilitasi antara Anda dengan pihak bank, misalnya. Untuk mendapatkan solusi terbaik atau jalan tengah untuk menyelesaikan masalah.
Laporan pengaduan ke YLKI biasanya akan diproses dan ditindaklanjuti selambat-lambatnya 21 hari setelah laporan pengaduan dianggap lengkap. Untuk perlindungan data pribadi yang Anda berikan, YLKI menjamin bahwa data tersebut akan disimpan dengan aman di database mereka dan tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga.
Amalan
Amalan merupakan lembaga bantuan pembayaran utang yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah utang hingga 70%. Lembaga bantuan utang ini telah berpengalaman menangani berbagai kasus yang terjadi pada kartu kredit, KPR, KTA dan KMG.
Jika Anda ingin mendapatkan bantuan dari Amalan, Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu melalui situs mereka. Dimana, dalam proses pendampingan penyelesaian utang, Anda harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran, konsultasi gratis, pelunasan pelunasan dana, negosiasi keringanan utang dan pelunasan.
Transparansi dalam bentuk bantuan oleh Amalan ditunjukkan dengan besarnya biaya pelunasan utang pada tahap terakhir. Tentunya, setelah Amalan bertujuan untuk memberikan mediasi antara Anda dan pihak-pihak terkait, Anda telah menyepakati besarnya biaya yang harus dibayarkan dari pokok utang dan bunganya.
Pusat Mediasi Nasional (PMN)
PMN adalah agen bantuan layanan utang lain yang dapat Anda minta bantuan jika Anda terjebak dalam masalah utang. PMN memberikan layanan berupa pelatihan dan layanan mediasi dari staf yang telah memiliki pengalaman mumpuni di bidang hukum, teknik perbankan dan bisnis.
Saat ini, PMN memiliki lebih dari 2.190 mediator profesional dan persentase penyelesaian sengketa yang berhasil mencapai 83%. PMN juga merupakan lembaga yang kredibel untuk bantuan pelunasan utang oleh pelanggan, dengan memiliki beberapa akreditasi diantaranya dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Asian Mediation Association (AMA), Singapore International Mediation Center (SIMC), dan lain-lain.
Bank Indonesia
Sebagai bank sentral Indonesia, Bank Indonesia tidak akan tinggal diam dengan sengketa yang terjadi antara bank dan nasabah. Dimana, Bank Indonesia bisa memberikan bantuan gratis bagi Anda untuk mengatasi masalah tersebut.
Meski pada dasarnya Anda bisa datang langsung ke bank yang bersangkutan, untuk merundingkan penyelesaian sengketa. Namun, jika Anda meminta bantuan Bank Indonesia untuk membantu Anda menyelesaikan masalah utang dengan bank, Anda akan mendapatkan tiga hal kemudahan.
Pertama, bantuan dari Bank Indonesia gratis. Kemudian, perjanjian mediasi yang diberikan oleh Bank Indonesia maksimal 60 hari kerja terhitung sejak pihak bank mengkomunikasikan masalah tersebut kepada nasabah. Proses mediasi bersifat fleksibel dan informal.
Namun, untuk bisa mendapatkan bantuan mediasi dari Bank Indonesia, Anda harus memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, antara lain nilai utang Anda tidak lebih dari Rp 500 juta.
Kemudian permasalahan yang Anda ajukan ke Bank Indonesia belum pernah disampaikan ke lembaga bantuan pembayaran utang lain seperti YLKI dan PMN. Jangka waktu pengajuan sengketa ke Bank Indonesia maksimal 60 hari sejak bank menyampaikan sengketa tersebut kepada nasabah yang bersangkutan.
Jika Anda adalah nasabah yang sedang mengalami sengketa masalah utang dengan bank, dan untuk memenuhi beberapa persyaratan pengajuan mediasi dari Bank Indonesia, Anda dapat menghubungi call center Bank Indonesia langsung di (021) 500131 untuk mengetahui pengajuannya. mekanisme dan informasi lain yang berkaitan dengan pendampingan. mediasi ini.
Untuk mengurangi beban keuangan masyarakat saat ini agar tidak mengalami kredit macet dan gagal bayar, OJK telah mengeluarkan kebijakan terkait relaksasi kredit bagi nasabah yang terkena Covid-19.
Dalam polis ini, pemberi pinjaman dapat memberikan keringanan dan penundaan pembayaran kredit maksimal 1 tahun. Namun, nasabah yang dapat menerima program relaksasi kredit ini adalah nasabah yang memiliki plafon di bawah Rp 10 milyar.
Ini adalah lembaga bantuan pelunasan utang yang bisa Anda datangi jika mengalami kendala dalam menyelesaikan sengketa utang dengan bank yang bersangkutan, apalagi jika sudah lewat jatuh tempo. Perlu dicatat, semua masalah yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik tanpa melapor ke polisi, yang menyebabkan kedua belah pihak tercoreng karena terlibat dalam suatu perkara hukum.
Nah, itulah beberapa agen bantuan yang bisa Anda hubungi untuk mengatasi masalah pinjaman online dan offline Anda. Pastikan, sebelum meminjam, Anda mengecek apakah lembaga pemberi pinjaman tersebut memiliki standar dan izin dari lembaga terkait seperti BI atau OJK. Karena ini bisa mengurangi resiko di kemudian hari.
Namun, pinjaman atau hutang apapun tentunya tidak baik untuk pengelolaan keuangan Anda di kemudian hari. Selain risiko menumpuknya bunga, ini juga merupakan risiko keuangan. Akan lebih baik sebelum Anda membutuhkan dana di masa depan, cobalah berinvestasi sekarang. Jadi, Anda tidak perlu meminjam uang di kemudian hari.
Tema lain yang sering dicari :
- bantuan menyelesaikan hutang baitul mal
- donatur pelunasan hutang
- bantuan baznas untuk bayar hutang
- bantuan pelunasan hutang riba
- mencari donatur untuk membayar hutang
Sumber : https://ajaib.co.id/3-macam-lembaga-bantuan-pelunasan-utang-di-indonesia/,