Tuk Bayar Utang

Amalan Lunas Hutang 1 Hari



Hutang adalah sesuatu yang harus dibayar. Hutang tidak hanya tentang uang, bisa berupa barang atau yang lainnya sesuai dengan akad. 

Dalam Islam, membayar hutang itu sah-sah saja. Jika tidak dilaksanakan, maka akan menjadi masalah saat hisab di akhirat nanti. Namun, melunasi hutang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Sebagian lagi terlilit hutang karena tidak punya uang. 

Terkait itu, kali ini kita akan membahas Amalan Melunasi Hutang 1 Hari dan Shalat. Simak postingan berikut ini. 

Amalan Lunas Hutang 1 Hari 

Sebelum membahas Amalan Lunas Hutang 1 Hari, hal yang harus diketahui adalah bahwa Hutang tidak bisa dilunasi begitu saja. Sebaliknya, harus ada upaya untuk membayarnya. Misalnya dengan mengatur keuangan dan mencari pekerjaan lain untuk menambah penghasilan. 

Maka dari itu, amalan di bawah ini bisa dijadikan sebagai bentuk semangat dan ketaatan sekaligus proses mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

1. Sholat malam 

Shalat malam merupakan ibadah sunnah. Meski begitu, tetap akan menghasilkan reward bagi siapa saja yang menjalankannya. Advertisement Sholat malam juga bisa menjadi 'momen spesial' antara Allah SWT dan hambanya yang sedang merenung dan meminta doa. 

Diketahui bahwa anjuran ini mengacu pada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang meninggal dunia dengan masih memiliki utang satu dinar atau satu dirham, maka utang itu akan dibalas dengan kebaikan (di hari kiamat) karena di sana (akhirat) tidak akan ada lagi dinar dan dirham.” 

Hal ini juga terkait dengan anjuran untuk tidak melalaikan hutang. Sekecil apapun itu, harus selalu diingat dan disyukuri. Anda dapat melakukan apa yang disebut doa hajat. Sholat sunnah ini sengaja dilakukan untuk memohon doa kepada Allah SWT. Bisa dilakukan sepertiga malam dengan sebanyak 2-12 rakaat. 

Begitu juga dengan melaksanakan shalat malam, yang merupakan bentuk ikhtiar keinginan untuk melunasi hutang. Anda dapat berdoa dengan menyebutkan keinginan apa pun. Wallahu'alam. 

2. Membaca Doa dari Nabi SAW 

Amalan melunasi hutang keesokan harinya adalah dengan membaca doa yang dianjurkan Rasulullah SAW. Doa ini juga bisa dibaca untuk menghindari hutang. Begini caranya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

Allaahumma innii a'uudzu bika minal hammi wal hazan, wa a'uudzu bika minal 'ajzi wal kasal, wa a'uudzu bika minal jubni wal bukhl, wa a'uudzu bika min qahrir rijaal. 

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesumpekan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari ketakutan dan kekikiran, dari lilitan utang dan kezaliman orang-orang." 

Doa Agar Bisa Melunasi Utang

 اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا تُعْطِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُمَا وَتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ, اِرْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِيْنِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ 

 “Wahai Rabb Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Engkau) Yang Maha pengasih di dunia dan akhirat, dan Yang Maha penyayang di dua negeri tersebut. Engkau memberi dari keduanya kepada orang yang Engkau kehendaki, dan Engkau cegah orang yang Engkau kehendaki. Kasihilah aku dengan rahmat-Mu; di mana Engkau jadikan aku cukup dengannya dengan tidak membutuhkan kasih sayang dari siapapun selain Engkau.” 

Doa Mohon Dapat Melunasi Utang

 اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ 

Allahumma ya farijal ham kasyifal gham mujiba da'watal mudhthorriin rahmanad dunya wal akhirah warahimahuma anta tarhamuni farhamni rahmatan tughnini biha rahmati man siwak. 

Ya Allâh, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku selamat) dari yang haram. Cukupilah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak meminta) kepada selain-Mu [HR. at-Tirmidzi dan dihasankan oleh al-Albâni rahimahullah dalam Shahîhut Targhîb wat Tarhîb no. 1820] 

Doa Diberi Rezeki  

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ 

Alllhumma innii as'aluka antarzuqunii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqqotin walaa dhairin wala nashabin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir 

Artinya: "Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."

Demikian penjelasan amalan lunas hutang 1 hari yang bisa ditentukan. Selain itu, Anda juga harus memikirkan bagaimana melunasinya sebelum memutuskan untuk berutang. Selain itu berserah diri kepada Allah SWT agar mendapat ridho segera melunasi hutang.

Baca juga : 




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : amalan lunas hutang
Back To Top