Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang dalam 2 Hari



Banyak yang nyari cara melunasi hutang dalam 2 hari sebab memiliki hutang memang bukan hal yang menyenangkan. Setiap orang tentu saja ingin bisa melunasi hutangnya secepat mungkin, bahkan kalau bisa, utang dalam 1 hari bisa lunas.

Bahkan, rata-rata rumah tangga di AS yang dianggap sebagai negara adidaya, memiliki hutang kartu kredit hampir $ 17.000 dan ini bukan hal yang patut ditiru.

Penyebab Hutang

Nah sebelum Saya bahas, mungkin atau tidaknya, kenali dahulu apa yang menjadi sebab kita berhutang. Hutang memang bukan hal yang baik untuk dimiliki. Namun tetap saja, dalam keadaan mendesak, utang sering digunakan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan.

Hanya saja ada juga pertimbangan penting saat akan berutang, apakah Anda bisa melunasinya. Faktanya, banyak orang berhutang bahkan dengan skor tinggi, tetapi tidak mampu melunasi utangnya.

Manusia adalah Homo Economics. Tingkat kebutuhan yang selalu beragam dan besar namun tidak diiringi dengan kemampuan finansial, menyebabkan dia ngutang. Hutang adalah salah satu kebijakan ekonomi modern. Sistem kredit dan hutang merupakan kebijakan sistem ekonomi kapital agar proses produksi dan konsumsi tetap berjalan.

Selain memenuhi kebutuhan hidup, ada juga utang yang bukan karena paksaan. Oleh sebab itu, sebelum kita mengetahui cara melunasi hutang dalam 2 hari, maka ada bgusnya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan seseorang berhutang.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang berhutang dan memiliki hutang yang cukup besar, diantaranya adalah:

Tidak Memiliki Dana Cadangan
Ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi, Anda benar-benar dapat menggunakan dana darurat untuk mengantisipasinya. Namun, jika Anda adalah tipe yang tidak memiliki dana cadangan, mau tidak mau Anda harus mencari pinjaman untuk menghadapinya.

Suka Pembayaran Kredit
Banyak ibu rumah tangga yang suka membayar secara kredit. Apalagi sekarang, dengan kartu kredit, siapa pun dapat melakukan pembayaran kredit. Meskipun terlihat lebih murah karena dapat dicicil, tapi pembayaran kredit dapat memberikan kerugian jangka panjang.

Misalnya, kesulitan dalam mengendalikan jumlah transaksi, akumulasi utang jika tagihan awal tidak segera dibayarkan, dan juga bunga pinjaman yang terus berjalan seiring dengan penalti.

Gaya Hidup Konsumtif
Gaya hidup konsumtif dapat menjadi sesuatu yang akan menjebak Anda di masa depan. Jika Anda tidak mampu membeli barang, Anda harus menunda pembelian sampai Anda mampu membelinya. Jangan membeli apa pun, apalagi berutang hanya untuk mengejar gengsi dan gaya hidup.

Punya Karakter Tidak Enakan
Terkadang, perasaan buruk untuk menolak ajakan teman juga bisa membuat Anda memiliki banyak hutang. Bahkan, meski Anda telah memaksakan diri untuk mengikuti ajakan teman, Anda tetap akan merasa gelisah karena Anda bingung dengan hutang yang harus Anda bayar nanti.

Bencana Dialami Tulang Punggung Keluarga
Di beberapa keluarga, sumber pendapatan hanya berasal dari satu orang. Jika sewaktu-waktu orang tersebut terkena bencana, seperti PHK atau kematian, tentu saja ini akan membuat keuangan keluarga goyang dan mau tidak mau harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Bencana
Bencana seperti bencana alam atau kebakaran dapat menimbulkan banyak kerugian. Seperti kehilangan harta benda, anggota keluarga, nyawa, dan lainnya. Tak jarang, penjarahan juga terjadi bersamaan dengan musibah. Jadi beberapa orang perlu melawan sejak awal untuk dapat memulihkan modal yang hilang.

Bangkrutnya Bisnis
Membangun bisnis tidak mungkin dalam satu malam. Ada banyak usaha dan uang yang harus mereka keluarkan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa seorang wirausahawan pun memiliki hutang dalam jumlah besar.

Cara Melunasi Hutang dalam 2 Hari

Lalu bagaimana cara melunasi hutang ? Utang adalah sesuatu yang hampir dimiliki semua orang. Namun, jika tidak segera dilunasi, hutang kecil sekalipun bisa menimbulkan masalah.Cara cepat melunasi utang dalam 2 hari sebenarnya bisa dilakukan jika utang yang Anda miliki tidak terlalu besar.

Jadi hal tersebut hanya bisa dilakukan untuk kategori hutang yang jumlahnya kecil, jadi masih bisa dibayar menggunakan aset yang Anda miliki. Karena tak jarang pula sebenarnya keberadaan hutang tersebut sangatlah besar. 

Nilainya mencapai angka yang bahkan jika Anda menjual aset yang dimiliki mungkin tidak dapat membayar semuanya. Jadi cerdaslah dalam mengelola keuangan, agar utang tidak menumpuk yang jumlahnya sangat memberatkan.

Namun jika Anda benar-benar ingin melunasi hutang besar dalam 2 hari, Anda dapat menjual atau menggadaikan barang yang Anda miliki. Misalnya emas, ponsel, perhiasan, atau bahkan rumah Anda. Tentu saja metode ini cukup berisiko.

Tetapi jika hal ini benar-benar mendesak, tidak ada salahnya mempertimbangkan ini sebagai solusi. Jika hutang Anda terlalu besar, maka Anda perlu menerapkan strategi untuk mengurangi utang Anda terlebih dahulu, misalnya dengan cara berikut:

Membuat anggaran
Untuk menyelesaikan hutang, Anda harus membuat anggaran yang jelas. Tuliskan berapa penghasilan dan pengeluaran bulanan Anda dan periksa kategori masing-masing pengeluaran. Selanjutnya, buat perkiraan kategori mana yang bisa Anda potong dan ganti untuk melunasi hutang.

Jika Anda tidak mengurangi biaya pengeluaran, maka itu sama dengan menggali lubang lebih dalam, alias menumpuk utang.

Melunasi hutang terbesar
Semakin lama Anda melunasi hutang, semakin besar bunga yang harus Anda bayar. Karena itu, pilih utang terbesar, dan segera bayar utang tersebut. Namun, jika memang dana yang Anda miliki cukup untuk membayar hutang kecil, tidak masalah juga. Fokusnya adalah bagaimana mengurangi hutang Anda dan meringankan beban keuangan Anda.

Ubah kebiasaan
Pada poin sebelumnya disebutkan bahwa gaya hidup dapat menjadi sumber hutang bagi kebanyakan orang. Kegembiraan menggunakan kartu kredit tanpa memonitor pengeluaran juga dapat menyebabkan masalah.

Karena itu, untuk dapat melunasi hutang Anda segera, pastikan Anda mengurangi dan mengubah kebiasaan konsumtif Anda. Coba luangkan sedikit waktu untuk memikirkan bagaimana Anda membelanjakan uang setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan sehingga Anda bisa mengubahnya sedikit demi sedikit.

Beberapa gaya hidup yang mesti dirubah antara lain :

Putuskan TV kabel
Untuk kaum milenium yang suka menonton TV luar negeri menggunakan tv kabel, lebih baik mengurangi kebiasaan seperti itu, sebab biaya berlangganan kabel TV sangatlah mahal. Bisa saja Anda benar-benar memotong seluruh anggaran biaya tv kabel atau menguranginya. Perbanyak kegiatan di luar rumah seperti olahraga atau bergabung dengan komunitas positif.

cara melunasi hutang dalam 2 hari


Berhenti makan di luar
Bawa persediaan makanan dan botol minuman ke kantor setiap hari, sehingga Anda dapat menghemat uang Anda. Bahkan jika Anda ingin makan di luar, tentukan waktunya yang kira-kira bisa mendapat potongan atau voucher.

Hindari hobi mahal
Hobi bermain game online? Sekarang hindari membeli peralatan gaming baik itu laptop atau headset yang totalnya bisa jutaan rupiah hanya demi hobi yang sama sekali tidak menghasilkan uang. Berbeda jika menghasilkan uang, maka dia termasuk investasi.

Selain merubah kebiasaan hidup, mesti juga dilakukan hal-hal yang menghemat uang dan bahkan mendatangkan uang, misalnya :

Gunakan kupon
Anda mungkin sering melihat info tentang kupon belanja dan belum memiliki kesempatan untuk mencobanya. Anda dapat menghemat banyak uang hanya dengan menunjukkan kupon ke kasir.

Buat daftar belanja bulanan
Tujuannya adalah untuk meminimalkan barang belanjaan yang tidak dibutuhkan tetapi malah dibeli dan akhirnya terbuang sia-sia.

Jual barang di Facebook atau marketplace
Sekarang hal ini bisa menjadi cara alternatif untuk melunasi hutang dengan cepat dalam 2 hari, tetapi perlu dipikirkan kembali apakah motor atau mobil yang Anda jual dapat melunasi hutang segera dibandingkan dengan menggadaikan BPKB misalnya ?

Bekerja paruh waktu
Menambah penghasilan bisa dilakukan misalnya dengan bekerja di restoran atau menjadi sopir taksi. Hal ini bisa menjadi solusi lain untuk melunasi semua tagihan.

Setelah berhasil melunasi hutang Anda, pastikan Anda tidak akan mengalami utang sebanyak itu lagi. Misalnya dengan meminimalkan penyebab munculnya utang sebab cukup banyak dampak negatif akibat berhutang. 

Efek Negatif Ngutang

Selain itu, mengetahui efek negatif utang juga dapat membantu Anda mengurangi keinginan untuk berutang. Ini dia efek negatif berhutang ria.

Besar pasak daripada tiang
Jika Anda berhutang, maka penghasilan Anda akan selalu lebih rendah dari pengeluaran Anda. Uang yang Anda miliki akan digunakan untuk melunasi hutang dan Anda akan kesulitan membeli barang yang Anda inginkan.

Bahkan jika Anda masih memaksa untuk membeli, Anda akan menambah beban hutang yang nantinya harus dibayar.

Membayar lebih dari harga barang
Barang yang dibeli secara kredit biasanya akan mendapatkan harga yang lebih tinggi dari barang yang Anda beli secara tunai. Jadi, meskipun tampaknya lebih murah, membeli barang secara kredit masih lebih mahal.

Menghindarkan Anda dari tujuan finansial
Punya dana pensiun ? Biasanya dana nominal ini cukup besar dan Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan. Namun, karena Anda sibuk melunasi hutang, dana ini dapat digunakan dan Anda tidak memiliki cadangan lagi.

Menghindarkan keinginan untuk membeli rumah
Rumah bisa dikatakan sebagai tujuan bagi banyak orang. Karena itu, banyak orang ingin segera memiliki rumah sendiri. Tetapi jika Anda sibuk berutang, kapan Anda dapat memiliki rumah impian Anda?

Berdampak pada kesehatan dan masalah medis
Dampak utang yang paling parah adalah stres yang dapat mengganggu kesehatan Anda secara fisik dan mental. Jika hutang tidak dilunasi secara langsung, maka akan membuat orang tiga kali lebih rentan terhadap gangguan kejiwaan dan memerlukan intervensi dari seorang psikolog.

Sebuah studi baru melaporkan bahwa gangguan mental yang terkait dengan berbagai tanggungan ekonomi paling sering dilaporkan akibat stres, sulit berkonsentrasi dan sulit membuat keputusan yang bijak. 

Asalkan semuanya sesuai dengan porsinya dan konsisten dalam hal pembayaran, maka penyakit mental bisa jauh dari hidup Anda. Beberapa kiat untuk mengatasi depres karena hutang antara lain :
- Miliki pemahaman yang benar tentang uang
- Catat keuangan dan evaluasi setiap bulan
- Disiplin tinggi
- Berbelanja pada waktu yang tepat
- Konsisten
- Buat kegiatan produktif

Karena itu, Anda harus menghindari utang sebanyak mungkin. Dan jika Anda memiliki hutang, cobalah untuk melunasinya sesegera mungkin atau setidaknya menguranginya. 

Memang tidak hanya dampak negatif saja bisa ditimbulkan akibat hutang, hutang pun masih punya sisi positifnya antara lain :

Menghasilkan Uang
Memanfaatkan utang atau pinjaman dengan benar dan cerdas dapat memberi Anda banyak manfaat. Misalnya, ingin membuat bisnis waralaba tetapi terkendala biaya. Caranya sangat, hanya meminta pinjaman atau mencari pinjaman multiguna untuk melakukan investasi yang menguntungkan kepada lembaga keuangan non riba.

Mengembangkan bisnis
Dari modal uang yang digunakan, Anda bisa mengembangkan bisnis. Namun perlu diingat juga jangan terlalu tergesa-gesa. Barulah setelah mendapat untung besar, bisa segera buka cabang baru.

Sumber :



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara melunasi hutang
Back To Top