Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang



Jika Anda berhutang uang pada berbagai macam pinjaman atau cicilan seperti cicilan mobil dan tagihan kartu kredit, maka Anda tidak sendirian. Jika Anda mau meluangkan waktu bersama kami bersama blog ini, maka Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara melunasi hutang dan menghindari hutang untuk selamanya.

Apa itu Utang?

Apa pun yang terhutang kepada orang lain maka dianggap sebagai utang, termasuk cicilan iuran SPP dan cicilan mobil. Adapun tagihan pada barang yang sedang berlangsung pemakaiannya, seperti listrik dan air, maka tidak dianggap sebagai utang, melainkan sebagai pengeluaran bulanan. Hal yang sama berlaku untuk asuransi, pajak, belanja dan biaya penitipan anak.

Utang non-hipotek meliputi:
- cicilan mahasiswa
- cicilan mobil
- kartu kredit
- hutang medis
- pinjaman ekuitas rumah
- pinjaman berbunga
- pinjaman pribadi
- utang pemerintah

Sekarang, bagaimana Anda membayar biaya-biaya ini yang berubah menjadi hutang. Jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar pengeluaran-pengeluaran ini, Anda mungkin berada di jalur yang tepat untuk menimbun segunung hutang tersebut.

Utang hipotek Anda ini secara teknis tidak akan membuat Anda mengalami kesulitan, selama pembayaran utang Anda tidak lebih dari 25% dari gaji bulanan Anda. Jika Anda berutang dan mau melakukan pembayaran kepada seseorang, maka langkah pertama untuk melunasi hutang adalah mengetahui persis berapa banyak utang Anda semuanya.

Berapa Banyak Hutang yang Anda Miliki?

Kami tahu bahwa menghitung total utang Anda bisa sangat menakutkan. Kami tidak ingin Anda menghitung angka itu hanya agar Anda mengetahuinya dan kemudian mengkhawatirkannya. Kami ingin Anda menghitung jumlah total hutang Anda sehingga Anda dapat mengambil tindakan terhadapnya.

Jadi, jika Anda apunya keberanian, kami akan menunjukkan alat kalkulator hutang yang sangat keren yang akan memberi tahu Anda seberapa cepat Anda dapat melunasinya. Yang harus Anda lakukan adalah menjawab lima pertanyaan sederhana. Tidak ada lagi yang harus disembunyikan, sekarang saatnya untuk menghadapi kebenaran sehingga Anda dapat melakukan sesuatu.

Setelah Anda mendapatkan hasil, tarik napas dalam-dalam dan jangan panik dan tetap bersama kami. Kami akan menunjukkan kepada Anda rencana yang telah terbukti yang akan membantu Anda dalam melunasi hutang untuk kebaikan Anda.

Strategi Pengurangan Utang Yang Tidak Berfungsi

Mari kita langsung ke ponit yang satu ini. Melunasi hutang tidaklah mudah. Kami sepenuhnya menyadari adanya desas-desus seputar "cara cepat" untuk melunasi hutang Anda. Berikut adalah metode yang paling umum diiklankan dalam mengurangi hutang dan mengapa kami menyarankan Anda menghindari apa kata mereka di iklan tersebut.

Konsolidasi hutang
Pada dasarnya hal ini adalah pinjaman yang menggabungkan semua hutang Anda menjadi satu pembayaran tunggal. Mungkin ini terdengar seperti ide yang bagus sampai karena Anda menemukan bahwa masa pinjaman Anda diperpanjang, artinya Anda akan tetap berhutang lebih lama. Juga, suku bunga rendah yang tampak begitu menarik pada awalnya, namun biasanya akan naik seiring waktu.

Penyelesaian hutang
Perusahaan penyelesaian utang adalah bagian yang membuat riibet dari dunia keuangan. Jika Anda menjalankan opsi ini, maka perusahaan akan membebankan biaya tertentu kepada Anda dan kemudian berjanji untuk bernegosiasi dengan kreditor untuk mengurangi hutang Anda. Biasanya, mereka hanya mengambil uang Anda dan membuat Anda tetep bertanggung jawab atas hutang Anda.

Pinjaman ekuitas rumah
Bukan merupakan ide yang baik untuk meminjam uang dengan jaminan rumah Anda. Anda berisiko kehilangan rumah jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman tepat waktu. Jangan lakukan itu.

Strategi pengurangan utang ini paling berisiko, dan mereka hanya mengobati gejala masalah uang Anda. Mereka tidak akan pernah membantu Anda mengatasi masalah utama mengapa Anda memiliki masalah keuangan sejak awal.

Anda tidak perlu mengkonsolidasikan, menyelesaikan, atau meminjam ketika mau menyelasaikan urusan hutang Anda. Anda perlu mengubah cara Anda ketika terlibat dengan uang Anda.

Cara Melunasi Hutang

Cara Melunasi Utang dengan Cara Pintar

Kami tahu ada banyak artikel di internet yang akan memberitahu Anda bahwa sebaiknya Anda melunasi hutang terbesar atau hutang yang punya tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Dan memang itu masuk akal secara matematis.

Dibalik itu, melunasi hutang itu sebenarnya lebih banyak berbicara tentang motivasi Anda daripada tentang angka. Jujur saja, harapan melunasi hutang, lebih terkait dengan motivasi, tidak hanya sekedar matematika.

Tetapi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan anggaran. Ingat, Anda tidak akan bisa melunasi hutang jika Anda membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan setiap bulan. Untuk memulai, Anda harus membuat rencana dan mulai memposkan setiap rupiah sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Jika awalnya sedikit tidak enak, jangan menyerah. Butuh waktu sekitar tiga bulan bagi seseorang untuk mulai masuk ke ritme seperti ini dengan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan kami pastikan, begitu Anda melakukannya, Anda akan merasa seperti baru saja mendapat kenaikan gaji.

Ketika Anda bisa mempraktekannya dalam mengatur anggaran terbatas itu, maka setiap bulan akan terasa seperti menemukan uang. Dan Anda dapat menebak apa yang menurut kami harus Anda lakukan. Dengan uang itu, lakukan pembayaran hutang Anda.

Menggunakan Metode Snowball (Bola Salju)

Sekarang, setelah anggaran Anda diurus, sekarang saatnya untuk mulai melunasi hutang. Dan cara terbaik untuk melunasi hutang Anda adalah dengan metode snowball. Ini adalah strategi pengurangan utang yang sudah terbukti di mana Anda melunasi utang dengan urutan dari yang terkecil hingga terbesar.

Berikut ini ikhtisar tingkat tinggi tentang cara kerja metode bola salju, menurut Dave Ramsey :

  • Buat daftar utang non-kredit Anda dari saldo terkecil hingga terbesar. Sekali lagi, abaikan suku bunga ketika Anda menulis utang Anda. Tetap cantumkan hutang Anda berdasarkan sisa saldo.
  • Lakukan pembayaran minimum untuk semua hutang kecuali utang yang kecil. Lunasi saja hutang terkecil dengan sepenuh hati!
  • Setelah Anda melunasi hutang terkecil, gunakan sisa uang Anda untuk pembayaran utang tertinggi berikutnya.
  • Ulangi metode ini sampai Anda mencoret hutang terakhir.

Sudah waktunya untuk mengendalikan uang Anda dan merencanakan masa depan Anda. Insya Allah Anda bisa melakukan cara melunasi hutang ini.

Artikel yang terkait dengan cara melunasi hutang :
- cara melunasi hutang yang menumpuk
- cara melunasi hutang dalam 2 hari
- cara melunasi hutang dalam islam
- cara melunasi hutang 10 juta
- cara melunasi hutang tanpa berhutang
- cara melunasi hutang rentenir
- cara melunasi hutang yusuf mansur
- cara melunasi hutang bank



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top