Tuk Bayar Utang

6 Strategi Cara Melunasi Hutang



Punya hutang bisa terasa luar biasa pusingnya, terutama ketika Anda memiliki utang pada banyak kartu kredit. Dengan strategi ini Anda dapat mengendalikan hutang, membuat kemajuan dalam melunasi hutang dan menghemat uang dengan bunga.

Ketika hutang keluar dari kendali, baik itu dari tagihan medis, belanja, atau keadaan darurat yang tidak terduga, maka hal itu bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan emosi Anda.

Meskipun hutang sangat luar biasa menguras pikiran dan fisik, Anda dapat mengatasi hutang dengan  panduan tentang cara melunasi hutang di bawah ini, khususnya cara melunasi hutang kartu kredit, walapun tampaknya mustahil untuk dibayar. Mulailah dengan mempelajari hutang apa yang mempengaruhi skor kredit dan mengapa utang kartu kredit bisa sangat merusak. 

Bagaimana Hutang Mempengaruhi Skor Kredit Anda?

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah bahwa utang memiliki efek riak di seluruh kehidupan keuangan Anda, termasuk skor kredit Anda.

Dalam artikel ini kita akan membahas dua jenis hutang yakni utang bergulir dan utang cicilan.

Utang bergulir berasal dari kartu kredit di mana Anda dapat membawa, atau memutar saldo dari bulan ke bulan. Anda dapat meminjam uang sebanyak yang Anda inginkan hingga batas kredit yang telah ditentukan sebelumnya dengan suku bunga yang dapat berubah. Pembayaran bulanan Anda dapat berbeda-beda untuk hutang bergulir itu, tergantung pada berapa banyak hutang Anda saat ini.

Utang cicilan berasal dari utang hipotek, cicilan mobil dan cicilan pribadi. Dalam kebanyakan kasus, jumlah uang yang Anda pinjam, tingkat bunga, dan ukuran pembayaran bulanan Anda ditetapkan pada awalnya.

Untuk kedua jenis hutang ini, Anda harus melakukan pembayaran tepat waktu. Ketika Anda melewatkan pembayaran, pemberi pinjaman Anda dapat melaporkannya ke biro kredit, kesalahan yang bisa tetap ada dalam laporan kredit Anda selama tujuh tahun.

Selain riwayat pembayaran Anda, cara masing-masing jenis utang memengaruhi kredit Anda sangat berbeda. Pada utang cicilan seperti pinjaman mahasiswa dan utang hipotek, memiliki saldo tinggi tidak berdampak besar pada kredit Anda.

Tetapi hutang bergulir tidak demikian. Jika Anda memiliki saldo tinggi dibandingkan dengan batas kredit Anda pada kartu kredit Anda dari bulan ke bulan, kemungkinan akan berdampak negatif pada skor kredit Anda, terutama jika Anda melakukannya dengan banyak kartu.

Kredit Anda dapat terpengaruh secara negatif karena persentase kredit yang tersedia yang Anda gunakan membawa bobot yang signifikan dalam menghitung skor kredit Anda. Untuk mempertahankan kredit yang baik, Anda harus menjaga agar saldo Anda serendah mungkin pada kartu kredit Anda. Idealnya, Anda harus melunasi saldo laporan lengkap setiap bulan.

Mengapa Utang Kartu Kredit Begitu Berbahaya?

Penerbit kartu kredit dapat memikat Anda dengan APR pengantar yang rendah dan garis kredit yang bersinar. Namun tawaran pengantar itu akhirnya akan berakhir. Ketika itu terjadi, Anda dapat menemukan diri Anda menatap tumpukan hutang yang sangat besar jika Anda tidak mengelola akun kartu kredit baru Anda dengan cara yang benar.

Alasan utang bergulir bisa sangat luar biasa puyengnya adalah karena suku bunga kartu kredit biasanya sangat tinggi. Jadi, jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum setiap bulan, Anda perlu waktu lama untuk melunasi saldo utang Anda, mungkin beberapa dekade. Selama waktu itu, Anda juga akan membayar banyak bunga.

Katakanlah Anda punya tagihan $ 8.000 pada kartu kredit dengan 17% APR. Jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum pada tagihan itu setiap bulan, mungkin Anda membutuhkan waktu hampir 16 tahun untuk melunasi hutang Anda dan Anda dikenakan biaya bunga hampir $ 7.000 (tergantung pada ketentuan perjanjian Anda).

6 Cara Melunasi Utang pada Banyak Kartu

Siap melunasi hutang Anda? Langkah pertama adalah membuat rencana pembayaran utang.

Jika Anda hanya memiliki satu hutang, strategi Anda sederhana, lakukan pembayaran utang bulanan terbesar yang dapat Anda tangani. Ulangi, sampai semuanya lunas.

Tetapi jika Anda seperti kebanyakan orang dalam berhutang, Anda memiliki banyak akun untuk dikelola. Dalam situasi itu, Anda perlu menemukan metode penghapusan utang yang paling cocok untuk Anda.

Banyak orang beralih ke strategi yang sering disarankan oleh guru keuangan Dave Ramsey yakni metode bola salju dan longsoran utang. Kami akan menjelaskan kedua pendekatan tersebut di bawah, serta alternatif lain seperti transfer saldo, pinjaman pribadi, dan kebangkrutan.

Kami merekomendasikan menggunakan metode longsoran utang karena ini adalah cara terbaik untuk melunasi beberapa kartu kredit ketika Anda ingin mengurangi jumlah bunga yang Anda bayar. Tetapi jika strategi itu tidak tepat untuk Anda, ada beberapa strategi lain yang dapat Anda pertimbangkan.

Cara Melunasi Hutang dengan Metode Longsoran Utang

Dengan strategi ini, Anda akan melunasi hutangAnda dari tingkat bunga tertinggi hingga terendah.

Begini cara kerjanya:
Langkah 1: Lakukan pembayaran minimum pada semua akun Anda.
Langkah 2: Masukkan uang tambahan sebanyak mungkin ke rekening dengan tingkat bunga tertinggi.
Langkah 3: Setelah utang dengan bunga tertinggi dilunasi, mulailah membayar sebanyak yang Anda bisa di akun dengan tingkat bunga tertinggi berikutnya. Lanjutkan proses ini sampai semua hutang Anda dibayar.

Setiap kali Anda melunasi akun hutang, Anda akan membebaskan lebih banyak uang setiap bulan untuk membayar hutang berikutnya. Dan karena Anda menangani hutang Anda berdasarkan tingkat suku bunga, Anda akan membayar lebih sedikit secara keseluruhan dan akan keluar dari cengkraman utang lebih cepat.

Seperti halnya longsoran salju, mungkin perlu beberapa saat sebelum Anda melihat sesuatu terjadi. Tetapi setelah Anda mendapatkan momentum, utang Anda (dan jumlah bunga yang Anda bayar) akan jatuh longsor seperti dinding salju yang deras.

Contoh Tindakan Metode Longsoran Utang

Katakanlah Anda memiliki empat utang berbeda:
- Kartu A : $ 15.000 4,5%
- Kartu B : $ 7.000 22,0%
- Kartu C : $ 25.000 5,5%
- Kartu D : $ 5.000 10,0%

Untuk menggunakan metode longsoran utang:

  • Selalu membayar minimum pembayaran bulanan yang diperlukan untuk setiap akun.
  • Masukkan uang ekstra ke akun dengan tingkat bunga tertinggi, dalam hal ini kartu B..
  • Setelah hutang kartu B, gunakan uang yang Anda masukkan untuk memangkas tingkat bunga tertinggi berikutnya, kartu D.
  • Setelah pinjaman pribadi dilunasi, ambil apa yang telah Anda bayar dan tambahkan jumlah itu ke pembayaran Anda untuk kartu C.
  • Setelah pinjaman kartu C dilunasi, ambil uang yang telah Anda bayar ke hutang lain dan tambahkan ke pembayaran Anda untuk kartu A.

Jadi, Anda pada akhirnya akan melunasi akun Anda dalam urutan ini:
-  Kartu B ($ 7.000)
-  Kartu D ($ 5.000)
-  Kartu C ($ 25.000)
-  Kartu A ($ 15.000)

Pro dan Kontra Metode Longsoran Utang

Metode Longsoran utang akan membantu Anda membayar bunga lebih sedikit sehingga membuat Anda keluar dari utang lebih cepat. Anda juga akan puas melihat suku bunga tertinggi menghilang.

Itulah sebabnya longsoran utang adalah metode yang kami sarankan untuk melunasi utang.

Kelemahannya? Biasanya akan memakan waktu lebih lama untuk melihat kemajuan daripada dengan metode bola salju. Jadi, jika Anda merasa kurng sreg metode di atas, metode selanjutnya mungkin lebih cocok untuk Anda.

Cara Melunasi Hutang dengan Metode Bola Salju

Dengan bola salju, Anda akan melunasi hutang Anda dari saldo terkecil hingga terbesar.

Banyak orang menyukai metode ini karena adanya serangkaian keberhasilan kecil di awal - yang akan memberi Anda lebih banyak motivasi untuk melunasi sisa hutang Anda. Ada juga potensi untuk meningkatkan skor kredit Anda lebih cepat dengan metode snowball ini, karena Anda menurunkan pemanfaatan kredit Anda pada kartu kredit individu dengan lebih cepat dan mengurangi jumlah akun Anda dengan saldo terutang.

Begini cara kerjanya:
Langkah 1: Lakukan pembayaran minimum pada semua akun Anda.
Langkah 2: Masukkan uang ekstra sebanyak mungkin ke akun dengan saldo terkecil.
Langkah 3: Setelah hutang terkecil dilunasi, ambil uang yang Anda taruh dan arahkan ke hutang terkecil berikutnya. Lanjutkan proses sampai semua hutang Anda dibayar.

Dengan pendekatan ini, Anda membidik saldo terkecil terlebih dahulu, terlepas dari suku bunga. Setelah itu terbayar, Anda fokus pada akun dengan saldo terkecil berikutnya.

Coba pikirkan bola salju yang menggelinding di tanah: Semakin besar, ia bisa mengambil lebih banyak salju. Setiap saldo yang ditaklukkan memberi Anda lebih banyak uang untuk membantu melunasi yang berikutnya lebih cepat. Ketika Anda melunasi hutang terkecil Anda terlebih dahulu, akun yang dilunasi itu membangun motivasi Anda untuk tetap melunasi utang.

Plus, metode snowball ini mungkin berdampak positif pada skor kredit Anda (terutama jika Anda memilih untuk menghilangkan hutang kartu kredit terlebih dahulu). Kredit yang lebih baik dapat menghemat uang di area lain dalam hidup Anda juga.

6 Strategi Cara Melunasi Hutang

Contoh Tindakan Metode Bola Salju 

Mari kita ambil akun yang sama yang kita gunakan dalam contoh pertama.
- Kartu A : $ 15.000 4,5%
- Kartu B : $ 7.000 22,0%
- Kartu C : $ 25.000 5,5%
- Kartu D : $ 5.000 10,0%

Untuk menggunakan metode snowball utang:

  • Selalu membayar minimum pembayaran bulanan yang diperlukan untuk setiap akun.
  • Masukkan uang ekstra ke saldo terendah, kartu D.
  • Setelah kartu B, gunakan uang yang Anda masukkan ke sana untuk melunasi saldo terkecil berikutnya, kartu B.
  • Setelah kartu B dilunasi, ambil uang yang telah Anda bayar ke hutang lain dan tambahkan ke pembayaran Anda untuk kartu A.
  • Setelah kartu A otomatis dilunasi, ambil uang yang telah Anda bayar dan tambahkan ke pembayaran Anda untuk kartu C.

Dengan menggunakan metode bola salju, Anda akhirnya akan melunasi akun Anda dalam urutan ini:
-  Kartu D ($ 5.000)
-  Kartu B ($ 7.000)
-  Kartu A ($ 15.000)
-  Kartu C ($ 25.000)

Pro dan Kontra Metode Bola Salju

Metode Bola salju bisa cocok jika Anda memiliki beberapa utang kecil untuk dilunasi atau jika Anda perlu motivasi untuk melunasi banyak utang. Ini mungkin juga merupakan pendekatan yang baik jika Anda berhutang saldo pada beberapa kartu kredit tetapi tidak dapat memenuhi syarat untuk kartu kredit transfer saldo baru atau pinjaman pribadi berbunga rendah untuk mengkonsolidasikan hutang bergulir Anda.

Saat Anda menghadapi jumlah utang yang sangat besar, metode ini memungkinkan Anda melihat kemajuan secepat mungkin. Dengan menyingkirkan saldo terkecil dan termudah terlebih dahulu, Anda dapat menyingkirkan akun itu dari benak Anda.

Mengurangi jumlah akun dengan saldo terutang pada laporan kredit Anda dapat membantu skor kredit Anda juga.

Kelemahan besar metode bola salju adalah Anda mungkin akhirnya harus membayar lebih dari waktu ke waktu dibandingkan dengan metode longsoran salju. Karena Anda tidak memperhitungkan suku bunga, Anda dapat akhirnya melunasi rekening berbunga lebih tinggi nanti. Waktu tambahan itu akan membebani Anda lebih banyak dalam biaya bunga.

Cara Melunasi Utang Dengan Transfer Saldo

Sementara bola salju dan longsoran salju adalah dua strategi menyeluruh untuk cara melunasi utang, berikut adalah beberapa teknik khusus yang dapat Anda gunakan bersama dengan metode tadi.

Ketika Anda memiliki hutang kartu kredit, salah satu opsi adalah mentransfer saldo kartu kredit Anda ke kartu yang berbeda.

Jika Anda memiliki akun dengan tingkat bunga tinggi, misalnya, Anda dapat mentransfer saldo ke kartu dengan tingkat bunga lebih rendah dan menghabiskan lebih sedikit uang untuk bunga dari waktu ke waktu. Ini seperti melunasi satu kartu kredit menggunakan kartu lain.

Kartu transfer saldo dengan tarif lebih rendah cocok dengan metode longsoran salju. Karena Anda dapat menggunakan transfer saldo untuk secara strategis mengurangi tingkat bunga pada utang berbunga tertinggi Anda. Hal itu dapat memberi Anda waktu untuk fokus pada akun bunga tertinggi berikutnya sehingga dapat mengurangi total bunga yang Anda bayar.

Banyak kartu kredit transfer saldo bahkan menawarkan Apr 0% untuk periode pengantar (sering 6-18 bulan). Penawaran Apr 0% memungkinkan Anda untuk melunasi saldo kartu kredit Anda tanpa dikenakan biaya bunga tambahan.

Katakanlah Anda memiliki utang kartu kredit sebesar $ 6.000 dengan tingkat bunga April 18%. Anda dapat mentransfer saldo itu ke kartu yang menawarkan Apr 0% selama 12 bulan. Jika Anda melunasi utang dalam periode itu, Anda akan menghemat lebih dari $ 600 dalam bentuk bunga.

Anda mungkin harus membayar biaya transfer saldo, jadi pastikan untuk menjalankan angkanya dan baca cetak halus di muka. Tetapi beberapa kartu kredit menawarkan transfer saldo Apr 0% dan tidak mengenakan biaya transfer saldo.

Jika Anda memiliki setidaknya kredit yang layak, Anda mungkin dapat memenuhi syarat untuk kesepakatan transfer saldo yang baik. Hemat uang dengan memeriksa pilihan kami untuk kartu transfer saldo terbaik.

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit dengan Pinjaman Pribadi

Melunasi hutang kartu kredit biasanya merupakan strategi keuangan yang paling cerdas. Namun, jika Anda memiliki banyak hutang kartu kredit sehingga Anda tidak dapat hmemakai metode longsoran utang ynang tampaknya terlalu besar atau lambat untuk dikelola, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan pendekatan alternatif.

Dalam situasi di mana Anda memiliki beberapa kartu yang berbeda (dan pernyataan, dan tanggal jatuh tempo), melunasinya dengan pinjaman pribadi tingkat rendah bisa menjadi ide yang baik.

Manfaat cara ini meliputi:

  • Mengkonsolidasikan hutang kartu kredit dengan pinjaman pribadi dapat membantu skor kredit Anda: Karena pinjaman pribadi adalah pinjaman cicilan, rasio saldo-ke-batasnya tidak merusak kredit Anda seperti halnya akun yang berputar (seperti kartu kredit). Jadi, melunasi hutang kartu kredit Anda dengan pinjaman cicilan dapat secara signifikan meningkatkan kredit Anda, terutama jika Anda belum memiliki pinjaman cicilan pada laporan kredit Anda.
  • Pinjaman pribadi dapat mengurangi kelebihan: Ketika Anda menggunakan pinjaman pribadi untuk mengurangi jumlah pembayaran yang harus Anda lakukan setiap bulan, itu bisa membuat mengelola utang Anda jauh lebih mudah.
  • Melunasi hutang kartu kredit dengan pinjaman pribadi tingkat rendah dapat menghemat uang Anda: Suku bunga pinjaman pribadi seringkali lebih rendah daripada suku bunga kartu kredit. Jika Anda memenuhi syarat untuk pinjaman angsuran dengan tingkat yang lebih rendah, Anda akan membayar lebih sedikit uang secara keseluruhan.

Mengambil pinjaman untuk melunasi hutang kartu kredit juga bisa berbahaya. Ikuti persyaratan pinjaman dengan hati-hati, atau Anda bisa membuat situasi Anda lebih buruk. Hindari cara ini jika Anda tidak percaya pada diri sendiri untuk menggunakan kredit secara bertanggung jawab. Kalau tidak, Anda bisa berakhir dengan hutang.

Jika Anda menggunakan strategi ini, ingatlah poin-poin utama ini:

  • Biarkan kartu kredit tetap terbuka. Jangan tutup kartu kredit yang Anda lunasi, kecuali jika mereka memiliki biaya tahunan yang tidak ingin Anda bayar. Biarkan mereka tetap terbuka untuk membantu pemanfaatan kredit Anda.
  • Kurangi pengeluaran kartu kredit: Jangan menghabiskan uang lagi untuk kartu kredit Anda yang sudah lunas.
  • Jadilah peminjam yang bertanggung jawab. Lakukan pembayaran tepat waktu secara teratur pada pinjaman angsuran Anda. Jika tidak, Anda hanya akan membuat lebih banyak masalah untuk kredit Anda.


Cara Melunasi Hutang dengan Penyelesaian Hutang

Penyelesaian hutang adalah opsi lain yang dapat Anda pertimbangkan ketika Anda siap untuk menghilangkan hutang kartu kredit Anda. Strategi ini biasanya bekerja paling baik untuk orang-orang yang 
(a) sudah lewat jatuh tempo pada pembayaran kartu kredit mereka dan 
(b) mampu melakukan pembayaran penyelesaian besar, satu kali kepada kreditor mereka.

Penyelesaian hutang adalah negosiasi di mana kreditor, seperti perusahaan kartu kredit atau agen penagihan, setuju untuk menerima pembayaran parsial untuk memenuhi hutang kartu kredit Anda daripada saldo penuh. Anda mungkin memenuhi syarat jika Anda mengalami kesulitan seperti kehilangan pekerjaan, masalah medis, atau perceraian. Namun, beberapa kreditor akan mempertimbangkan untuk melunasi hutang bahkan jika Anda tidak memiliki keadaan khusus yang meringankan.

Ketika Anda melunasi hutang Anda, Anda kadang-kadang dapat membayar 50% atau kurang dari saldo awal. Namun, Anda mungkin harus membayar pajak untuk jumlah yang diampuni.

Anda dapat melunasi hutang sendiri atau Anda dapat menyewa perusahaan penyelesaian utang profesional untuk menangani proses untuk Anda. Jika Anda memilih untuk menyewa pihak luar, Anda harus melakukan penelitian ekstensif untuk menghindari scammers dan biaya selangit. 

Cara Melunasi Hutang dengan Metode Bangkrut

Ketika Anda telah mencapai batas Anda dan tidak memiliki tempat lain untuk berbalik, kebangkrutan dapat menawarkan awal yang baru. Anda hanya boleh menggunakannya sebagai upaya terakhir, karena kebangkrutan dapat merusak kredit Anda.

Ada dua jenis kebangkrutan pribadi:
- bangkrut yang seringkali mengharuskan Anda menyerahkan sebagian properti Anda.
- bangkrut yang memungkinkan Anda menjaga properti Anda.

Mendeklarasikan kedua jenis kebangkrutan bisa menjadi proses yang panjang dan mahal, termasuk biaya pengacara dan pengarsipan pengadilan dan Anda tidak boleh menganggap remeh. Sebelum mengajukan kebangkrutan, Anda juga harus mencari konseling kredit yang disetujui oleh departemen kehakiman.

Saat Anda berenang dalam tagihan surat utang dan mengabaikan panggilan telepon, seringkali terasa seperti tidak ada jalan keluar. Tetapi dengan menggunakan strategi di atas, Anda akhirnya bisa membebaskan diri dari belenggu utang.

Sumber :



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara melunasi hutang
Back To Top