Tuk Bayar Utang

Cara Bebas dari Hutang



Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang berhutang dan ingin cepat mengatasinya, maka ada baiknya mencoba beberapa cara bebas dari hutang untuk menghilangkan utang tersebut. Bagaimana caranya? Inilah cara yang tepat untuk keluar dari hutang menurut Cermati.

Prioritaskan melunasi hutang dengan bunga tinggi terlebih dahulu
Utang dengan bunga sangat tinggi pasti akan membuat Anda tercekik. Karena itu, pastikan Anda melunasi hutang dengan bunga tinggi terlebih dahulu. Ini membutuhkan perjuangan ekstra dan Anda mungkin harus fokus menabung untuk melunasi hutang. Melunasi hutang dengan bunga tinggi tidak berarti Anda harus mengabaikan utang lain. Jika ada dana yang cukup, segera bayar utang lain.

Evaluasi pendapatan dan pengeluaran Anda
Setiap bulan periksa jumlah tagihan yang harus Anda bayar dengan penghasilan bulanan. Saat memeriksa tagihan, perhatikan juga pengeluaran Anda dari hal-hal besar hingga yang terkecil, seperti mulai dari biaya makan di restoran, belanja, rekreasi, dan sebagainya.

Jika Anda sering bepergian ke luar kota hanya untuk menikmati liburan akhir pekan di sana, atau membayar biaya anggota di pusat kebugaran yang bahkan dikunjungi hanya beberapa kali dalam sebulan.

Mulailah untuk mengenali seberapa efektif pengeluaran untuk hobi yang mahal, sehingga Anda memahami bahwa pengeluaran ini tidak sepenting atau bahkan tampak sia-sia, mengingat Anda memiliki hutang. Kurangi hal-hal seperti ini, sehingga Anda dapat lebih berhemat.

Anda juga dapat mengurangi pengeluaran dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih hemat energi. Gunakan berbagai perangkat elektronik dengan bijak, misalnya dengan mengaktifkan mode hemat daya atau bahkan mematikannya ketika itu tidak benar-benar diperlukan. Kebiasaan ini mungkin tampak sulit pada awalnya, tetapi ini dapat menghemat banyak uang setiap bulan.

Dengan cara ini Anda mungkin akan terkejut jika Anda melihat satu atau beberapa kebutuhan yang tidak terlalu penting, tetapi mendapatkan porsi besar dari biaya daripada yang lain. Jika Anda telah menemukan kebutuhan yang membebani ini, segera lakukan evaluasi dan Anda harus menghapus kebutuhan ini dari anggaran bulanan pada periode berikutnya.

Buat Anggaran dan Mulai Melunasi Utang Anda
Setelah menyelesaikan evaluasi pendapatan, sekarang saatnya bagi Anda untuk mulai melunasi hutang. Menghilangkan kebutuhan yang tidak perlu tentu tidak akan membuat Anda merasa sangat rugi, karena kebutuhan itu bukanlah kebutuhan primer.

Misalnya Anda tidak terlalu suka pergi ke restoran, tetapi ternyata bulan itu Anda menghabiskan banyak uang untuk makan di restoran bersama keluarga. Hal-hal seperti itu wajib Anda kurangi.

Berpikir Cerdas dalam Berbelanja
Selama Anda memiliki misi untuk melunasi hutang, maka Anda juga wajib berpikir cerdas dalam membelanjakan uang. Misalnya, ketika pergi ke kantor, Anda terbiasa membeli makanan untuk sarapan dan makan siang.

Untuk menghemat lebih banyak uang, Anda sebenarnya bisa membawa makanan dari rumah saat pergi ke kantor. 

Mencari Pekerjaan Tambahan
Jika Anda merasa waktu dalam seminggu masih menyisakan banyak waktu luang untuk mendapatkan pekerjaan tambahan, maka Anda juga dapat memaksimalkannya. Jenis pekerjaan tambahan yang Anda cari juga harus disesuaikan dengan keterampilan yang Anda miliki, sehingga Anda tidak perlu banyak waktu untuk melakukannya, mengingat Anda juga memiliki pekerjaan utama.

Jika Anda merasa bingung mencari pekerjaan, maka Anda bisa menjadi freelancer online. Menjadi freelancer online dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda juga, karena dengan menjadi freelancer Anda dapat bekerja dari rumah sambil bersantai bersama keluarga. Sekarang ada beberapa situs freelancer di Indonesia yang harus Anda kunjungi jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan tambahan.

Cara Bebas dari Hutang

Pastikan Anda Menghabiskan Lebih Sedikit Dari Penghasilan
Ketika pengeluaran Anda lebih besar dari penghasilan Anda, hampir pasti bahwa Anda akan gagal dalam upaya Anda untuk melepaskan diri dari jeratan hutang.

Menurut beberapa teori perencanaan keuangan, total pengeluaran Anda untuk pengeluaran bulanan rutin mungkin tidak dari sepertiga dari pendapatan bulanan. Anda dapat menggunakan sisa dana 2/3 untuk tabungan, investasi, asuransi, dan persiapan dana darurat.

Jangan Menunda Pembayaran
Jika dana Anda tersedia untuk melunasi hutang, maka Anda harus segera melakukan pembayaran. Percaya atau tidak, menunda pembayaran bisa berakibat fatal karena Anda mungkin tergoda untuk menggunakannya pada hal lain. Mengingat uang itu tidak termasuk pengeluaran Anda setiap bulan.

Jika dana tersedia, maka anggaplah bahwa dana ini tidak pernah ada, jadi Anda tidak akan ingin menggunakannya untuk tujuan lain. Ingat juga, menunda pembayaran utang dapat menyebabkan denda.

Disiplin dalam Melaksanakan Rencana
Pastikan saat Anda dalam proses pembayaran utang, Anda tidak lagi berhutang. Jika Anda melakukan ini, kemungkinan motivasi Anda untuk melunasinya akan jauh berkurang.

Jika Anda memang memiliki kebutuhan mendesak, Anda harus mempertimbangkan kembali apakah akan berutang atau berkorban kecil dengan mengurangi sejumlah biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika memang kebutuhan ini dapat diatasi dengan sedikit pengorbanan, maka Anda harus membuat pilihan ini.

Jangan Memikirkannya Setiap Saat
Memikirkan perjuangan Anda saat mencoba melunasi utang memang sah untuk dilakukan. Tetapi jangan selalu memikirkan hal ini, karena itu pasti akan membuat Anda depresi. Ingat, jika Anda telah merencanakan dengan baik di awal dan semuanya berjalan sesuai rencana, maka Anda tidak perlu terlalu memikirkannya.

Minta Dukungan Keluarga
Mintalah keluarga Anda untuk menabung disertai dengan janji untuk memberikan hadiah kepada mereka ketika hutang dilunasi. Ketika Anda tidak lagi terbelit utang dan kondisi keuangan stabil, akan sangat mungkin untuk mewujudkan janji itu.

Dengan cara ini, semua anggota keluarga Anda setidaknya akan mendukung langkah-langkah penghematan atau pemotongan anggaran.

Latih Diri Anda untuk Tidak Mudah Ngutang 
Hal lain yang lebih penting yang harus Anda lakukan setelah terbebas dari utang adalah melatih diri Anda agar tidak mudah berhutang. Mulailah mengelola keuangan dengan baik, sehingga Anda akan terhindar dari situasi besar pasak daripada tiang. Karena tanpa Anda sadari, hutang akan menjadi beban yang membuat diri Anda tidak nyaman dalam menjalani hidup.

Terakhir, coba Anda praktekkan beberapa trik yang Saya berikan di artikel berjudul 30 hari bebas hutang. Demikianlah beberapa cara membebaskan diri dari hutang yang bisa Anda segera praktekkan. Mudah-mudahan bisa menjadi jawaban bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat atau jadi cara mengatasi hutang yang banyak menumpuk.

Coba cari kisah nyata terbebas dari lilitan hutang di internet sehingga menjadi inspirasi cara menyelesaikan hutang yg melilit. Bagi yang terlili rentenir, mudah-mudahan bisa menjadi cara mengatasi hutang rentenir, selain ada melakukan trik ilahi yakni bebas hutang dengan sedekah.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : bebas hutang
Back To Top