Tuk Bayar Utang

30 Hari Bebas Hutang PDF



Ebook 30 hari bebas hutang pdf adalah ebook yang banyak dicari dan diunduh oleh mereka yang punya masalah hutang sehingga bisa melunasi hutangnya hanya dalam tempo sebulan walaupun hutangnya ratusan juta rupiah.

EBook ini ditulis oleh Arli Kurnia, seorang penulis, seorang mentor yang juga pemilik Cleanoz, yang merupakan penghemat bahan bakar cair serta seorang praktisi anti-riba dan profit maker.

Melalui pengalamannya melunasi hutang dan bangkit dari ketiadaan, ia mulai menuliskan pengalamannya dalam sebuah e-book 52 halaan berjudul "30 hari Hutang Bebas" yang bisa Anda unduh file pdf sebesar 1,36 MB ini melalui link-link yang bertebaran di internet secara gratis.

Kalau Anda males ngedownload, karena website dowload itu biasanya banyak mengandung iklan dan muter-muter, Anda boleh beli saja di pasar online. Anda bisa beli dari harga termurah yakni Rp 5.000 atau termahal hingga lima ratus ribuan. Saya sendiri bisa baca langsung secara online di website Archive.

30 Hari Bebas Hutang PDF


Saya akan rangkum hasil ebook 30 Hari Bebas Hutang PDF yang Saya baca tersebut. Ringkasnya seperti ini.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu yaitu :

Percayalah anda tidak sendirian 
Ada banyak orang kaya yang berhutang jauh lebih banyak dari anda. Contoh, setelah jual aset, utang
perusahaan Bakrie Rp 6 triliun .

Yakin pasti ada jalan keluar 
Seberapa keyakinan anda akan segera menentukan apakah anda cepat menyelesaikan permasalahan hutang anda atau malah membuatnya menjadi lubang hutang baru. Jadi yakin aja dulu.

Tangani masalah dengan sangat serius
Masalah hutang anda bukan semata-mata disebabkan karena "faktor ekonomi”  etapi "faktor anda”. Jadi bukan solusi yang dianalisa terlebih dahulu., tetapi sikap anda terhadap uang serta semua kebiasaan-kebiasaan anda menggunakan dan mendapatkan uang, keputusan-keputusan keuangan anda, cara anda mengelola uang, serta skill menumbuhkan uang yang anda kuasai.

Anda yang mengendalikan situasinya 
Bertindaklah dengan serius, sungguh-sungguh, dan tidak satupun orang yang bisa menghentikan
langkah anda untuk menuju kebebasan. Anda siap menempuh apapun yang harus dilakukan, dan menikmati prosesnya dengan sadar.

Anda mesti serius, konsentrasi, berfikir cepat dan akurat karena masalah angsuran ini harus segera diselesaikan secepatnya, kalau tidak, setiap bulan akan menghantui anda terus menerus.

Arti Hutang 

Hutang bisa berarti sebuah pinjaman yang di lakukan oleh seseorang. Hutang baik biasanya digunakan untuk kegiatan usaha dengan perhitungan yang efektif, sedangkan hutang buruk biasanya
pinjaman yang dilakukan untuk konsumtif, atau hutang untuk bisnis dengan perhitungan yang kurang matang (spekulasi).

Sebenarnya kondisi finansial seseorang orang jatuh, karena sikap atau kebiasaanya
mengelola keuangan baik pribadi maupun bisnis. Apapun bentuk hutangnya, sikap
terlalu optimis terhadap peluang baru, mental spekulasi, sikap gengsi dan sikap
terlalu ingin dihargai adalah awal dari terbentuknya hutang.

Cara menghindari hutang

Tunda semua keputusan untuk mengeluarkan uang selama satu hari 
Dengan menunda pengeluaran selama satu hari kita bisa berfikir ulang, untuk apa saya membelinya? Apakah produktif dan menambah penghasilan secara nyata? Atau hanya memenuhi keinginan yang
mungkin bukan kebutuhan.

Pastikan belajar menghitung bunga sebelum mengambil kredit
Usahakan juga bertanya detail tentang semua aturan-aturan program kredit. Tanyakan berapa persen bungannya dan hitung ulang. Bagaimana perhitunganya kalau saya lunasi? Apakah bunganya dihitung atau di stop di bulan pelunasan?

Pastikan hanya mengeluarkan uang untuk kebutuhan dan keuntungan langsung
Dahulukan kebutuhan inti. Jika ada penawaran-penawaran program investasi jangka panjang yang belum tentu anda perlukan, maka pikirkan kembali.

Buang kartu kredit
Memiliki banyak kartu kredit sama dengan memiliki banyak senjata., yang sewaktu-waktu dapat meletus secara bersamaan dan membuat anda tidak berdaya.

Pengertian konsep T.E.N.A.N.G 

TENANG adalah singkatan dari Tuhan, Endapkan, Nilai, Action, Negosiasi, dan Gila. Tujuan konsep TENANG adalah membuat kondisi keuangan siapapun menjadi jauh lebih baik dan lebih kreatif membangun usaha dengan skill enterpreneur yang terus bertumbuh. 

Rahasia itu ada 3 hal, yaitu mencari uang, mengelola uang, dan menumbuhkan uang. Jika klita konsentrasi hanya "mencari uang" saja, maka kita tidak mampu mengelola penghasilan yang akhirnya sebagian besar tersedot untuk membayar hutang. Jika anda berfikir hanya berfokus mencari uang saja, maka anda akan terjebak seperti banyak orang dengan hutang bertumpuk. 

Yang terpenting adalah menata pondasi keuangan anda terlebih dahulu, sebelum 
anda memutuskan untuk mencari tambahan penghasilan. Karena percuma saja anda bekerja keras, kalau pondasi keuanganya rapuh.
Tuhan 
Kalau anda percaya Tuhan, pasti masalah anda selesai dengan ijin-Nya. Berbicaralah dengan orang-orang ahli ibadah, dan bertanyalah "Apa yang harus saya lakukan untuk bisa lebih dekat dengan Tuhan.”  Dalam Islam, salah satunya adalah dengan sedekah, menjauhi riba, simpan uang dalam bentuk emas batangan,

Endapkan 
Maksudnya adalah yakin akan kemurahan Tuhan dan bersikap menyerahkan seluruh kehidupan kepada-Nya. Lakukan sholat malam lalu berdoa., mencoba kembali bersyukur ditengah-tengah 
Masalah dan mencoba merintis bisnis dari Nol. 

Endapkan berarti memasrahkan segalanya dan mengembalikanya pada Tuhan termasuk 
harta, kesehatan, bahkan kehidupan kita. Saat kondisi pasrah, ternyata energi meningkat dan membuka banyak jalan menuju apapun yang kita impikan.

Cara melakukan proses "endapkan" : 
  • Syukuri apapun yang terjadi setiap hari dengan menulisnya di kertas 
  • Ikhlaskan kehidupan anda dengan bersedekah 
  • Bayangkan apapun yang anda inginkan sejelas-jelasnya (seperti sebuah film) setiap anda selesai berdoa  Lakukan proses tersebut dan lihat hasilnya dalam tujuh hari. 

Nilai 
Sebagian besar manusia (secara psikologis) tidak akan melihat solusi alternatif dengan cerdas 
pada saat pikirannya terfokus pada sebuah masalah besar. Hal tersebut merupakan faktor utama, mengapa orang yang bermasalah dengan hutang bank, semakin lama semakin terpuruk.

Secara tertulis, anda bisa menuangkan setiap kata yang muncul di benak anda, dari sebuah 
kata/kalimat induk. Duduk santai., ambil kertas polos dan alat tulis, mulailah menulis apapun yang muncul dipikiran anda tentang sebuah masalah besar yaitu "HUTANG”. 

Saat anda meluhat tulisan hutang, apa yang muncul di benak anda?  Misalnya: bank, bunga, kredit, debt colector, stress, angsuran, ngirit. Pertanyaanya, untuk apa anda melakukan ini? Dengan cara inilah anda akan menemukan solusi sederhana yang tepat dan akurat untuk 
permasalahan anda. 

Kunci utama dalam melakukan brainstorming ini adalah : 
1. Lakukan dengan bebas tanpa takut salah 
2. Tulis apapun yang ada di benak anda 
3. Teruskan menulis sampai kedalaman yang tak terhingga 
4. Jangan takut nulis meskipun tidak relevan atau merasa tidak penting
5. Nikmati proses ini

Inti dari memotong-motong permasalahan besar menjadi bagian-bagian kecil adalah meringankan kerja otak kita sehingga dengan mudah menentukan target-target yang realistis. 

Kewajiban anda yang utama adalah menghitung hutang sebelum anda mulai membayarnya, karena kesalahan banyak orang adalah membayar terus hutangnya tanpa berhitung. Apa saja yang harus anda hitung? 
  • Harta (inventaris milik anda seperti kendaraan, elektronik, dll termasuk semua barang baik yang terpakai maupun yang tidak) 
  • Hutang (bunga, pokok, angsuran) 
  • Aset (sesuatu yang menghasilkan pasif income) 
  • Potensi (skill, relasi, tim) 


Semakin anda mengetahui detail kondisi keuangan anda, maka anda akan menemukan cara yang tepat untuk menguranginya bahkan menghapusnya untuk selamanya. Kunci membayar hutang dengan tenang adalah membayar angsuranya dengan pasif income (kita tidak terlibat/bekerja untuk membayarnya) 

Berikut ini adalah 3 rumusan "Rencana Bebas Hutang” 
1. Rencana Penghematan besar-besaran 
2. Merubah harta konsumtif menjadi aset yang menguntungkan 
3. Rencana tambahan penghasilan 

Action 
Action - belajar dari kesalahan. Semakin kreatif ide anda untuk membuat pasif income maka semakin bagus pula solusi pertarungan antara pasif income dengan angsuran anda. 

Sebagian besar orang membangun bisnis dari dalam, kebalikannya, saya membangun bisnis dari 
luar. Apa maksud membangun bisnis dari dalam? Maksudnya adalah sebagian besar orang 
berfikir mau bisnis apa ya..? produknya apa ya? Saya melakukan sebaliknya., yaitu, mencari marketnya dulu. Serius., saya memasarkan dulu produk saya dalam jumlah yang kecil, untuk melakukan tes. 

Tips mencari peluang dan tes pasar dan menghasilkan milyaran Rupiah: 

Lihat lingkungan sekitar anda 
Coba sekali-kali berkeliling atau berbicara dengan tetangga dan amati apa yang mereka butuhkan. Seringkali ide bisnis datang dari lingkungan sekitar., tetangga juga merupakan sarana tes pasar kecil-kecilan yang cukup efektif. Saat saya memberikan produk Cuma-Cuma, mereka 
memberikan pengalaman mereka secara detail. 

Ingat kembali masa sekolah/kuliah anda 
Coba ingat kembali bidang kuliah yang anda kuasai, apakah anda masih punya koneksi disana.. ? Siapa tahu ada peluang bisnis yang menguntungkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Googling 
Cara ini yang paling sering saya lakukan. Saya mendapatkan data tentang market penghemat BBM secara akurat dari beberapa artikle, dan google keyword tool. Dan saya memutuskan untuk memasarkan produk saya dengan cara NetWork Marketing juga setelah melihat data google tentang pencari dengan kata kunci MLM yang ternyata masih besar, dan bertumbuh dari tahun ke tahun. 

Hoby 
Banyak sekali orang yang meraup keuntungan dari menekuni hoby. Siapa tahu salah satunya adalah anda 

Coba mencari ide di mall 
Mall merupakan sumber ide bisnis yang cukup bagus. Perhatikan baik-baik promosi yang mereka lakukan. Pahami baik-baik mengapa etalase dipajang seperti ini.seperti itu. Perhatikan apa yang paling sering dibeli orang.

Perhatikan apa yang dijual di facebook 
Coba masuk ke beberapa group jual beli. Perhatikan apa yang dijual orang-orang, dan perhatikan juga bagaimana konsumen meresponya. Saat anda melihat postingan yang banyak responya, bisa jadi ide tersebut anda sempurnakan dan anda gunakan untuk mencari uang. 

Negosiasi 
Salah satu syarat terpenting dalam pembebasan hutang anda adalah Negosiasi. Betul, anda harus menguasai tehnik ini untuk berhasil. Beberapa hal penting ini memang harus dinegosiasikan sampai anda mendapatkan posisi yang menguntungkan: 
1. Keringanan pinjaman, waktu pembayaran, potongan bunga dll (pihak bank) 
2. Sikap sopan debt colector 
3. Modal usaha untuk membangkitkan kondisi finansial anda (partner bisnis) 
4. Mengunci resiko (market) 
5. Dukungan moral (keluarga / pasangan hidup) 

Kenali mengapa orang gagal dalam negosiasi dan hindarilah 
1. Mau menang sendiri 
2. Mendahulukan permintaan sebelum memberi 
3. Bersikap sombong 
4. Bersikap terlalu berharap (mengemis) 
5. Kaku / tidak fleksible 

Gila 
Gila berarti melakukan sesuatu yang tidak wajar seperti berhenti nonton TV, kerja sampai pagi, mencatat agenda, datang tepat waktu., dll  Kebanyakan orang tidak melakukan hal tersebut, tapi kalau anda melakukan sesuatu yang positif yang tidak dilakukan orang lain, wajar kalau kehidupan anda jauh lebih baik dari mereka. Kegilaan adalah harga yang harus dibayar mahal.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : bebas hutang
Back To Top