Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit dengan Cepat




Bagaimanakah cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat ? Itu barangkali pertanyaan yang ada dalam benak saudara yang saat ini kebetulan sedang dililit hutang kartu kredit. Ini bukan pengalaman Saya, tapi murni keingintahuan Saya bagaimana cara membantu orang untuk melunasi hutang kartu kreditnya yang kian membengkak.

Berdasarkan hasil penelusuran Saya di dunia antah berantah jagad maya, Saya bisa menyimpulkan ada beberapa cara praktis dan tokcer dalam melunasi hutang kartu kredit yang kian menumpuk dan memusingkan Anda sendiri. Tapi karena Anda yang melakukannya, walaupun pusing, maka Anda yang harus bertanggung jawab menyelesaikan masalah tersebut. Jangan panik apalagi kabur dari masalah alias tidak bertanggung jawab, karena tidak menyelesaikan masalah dan kalau Anda kabur tentu hanya akan menimbulkan masalah baru.

Lalu bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit tersebut ? Ikuti penjelasan Saya di bawah ini.


Akhiri bersahabat dengan kartu kredit
Sahabat itu biasanya selalu ingin bersama-sama ke mana pun dia pergi. Namun jika sahabat Anda bisa mencelakakan dan membahayakan hidup Anda, segera akhiri persahabatan Anda. Kalau Anda selalu bersama kartu kredit tiap hari menempel di dompet Anda, segeralah sadar bahwa menggunakan kartu kredit hanya menambah jumlah hutang Anda. Jadi simpan jauh-jauh kartu kredit dari dompet Anda sekarang juga. Memang, tidak menggunakan kartu kredit, tidak bisa melunasi hutang, namun setidaknya bisa menimalisir keinginan Anda untuk menggesek kartu Anda ketika berbelanja.

Lunasi hutang yang prioritas
Jika Anda punya kartu kredit macet lebih dari 2 kartu, tentunya akan membuat Anda pusing menyicilnya. Namun pakailah otak Anda, buat skala prioritas mana kartu kredit yang sebaiknya Anda segera lunasi. Saran Saya, segeralah lunasi hutang kartu kredit yang punya bunga yang besar, sebab jika didiamkan akan berpotensi membangkrutkan Anda. Namun kalau bunganya kebetulan sama, ya prioritaskan menyicil hutang yang besar dulu supaya tidak gede di bunga.

Gali lobang
Sebetulnya Saya tidak menyarankan ini cara ini kalau tidak kepepet. Berhutang untuk membayar hutang. Namun Anda harus tahu caranya. Usahakanlah berhutang kepada seseorang yang tidak memberikan bunga sama sekali atau bunganya di bawah presentasi bunga kartu kredit kita yang macet. Kalau bunga kartu kredit kita 5%, cari pinjaman yang bunganya di bawahnya. Lebih enak lagi kalau Anda minta pinjam lunak ke keluarga Anda sendiri yang lebih mampu dari Anda. Memang tidak menyelesaikan masalah, tapi bisa meminimalisir persoalan sedikit demi sedikit.

Jual kekayaan
Kalau Anda nggak mau dipusingkan dengan kartu kredit yang berbunga itu, segeralah jualah barang yang Anda punya untuk melunasinya yang sekiranya tidak wajib-wajib amat dimiliki, misalnya tanah yang tidak terpakai, alat-alat hiburan, pakaian bekas dan lain sebagainya. Pokok jual apa saja yang menghasilkan uang lalu bayarkan buat melunasi hutang kartu kredit Anda. Tentu hidup Anda akan lebih enak tanpa hutang walaupun tak punya apa-apa, dibandingkan Anda punya segalanya tapi merasa dikejar-kejar debt collector.

Mencairkan simpanan
Selain itu, tabungan Anda di bank lain, investasi berupa emas, obligasi, reksadana atau deposito, bisa segera Anda cairkan kalau sudah jatuh tempo dan segera digunakan untuk membayar hutang Anda biar hidup Anda lebih tenteram.

Melakukan penggadaian
Kalau Anda nggak mau jual barang, ya sudah gadaikan saja BPKB motor atau perhiasan emas yang Anda punya lalu segera bayarkan uangnya untuk melunasi hutang kartu kredit yang membuat Anda terpuruk.

Rubah gaya hidup
Kalau biasanya Anda bergaya hidup agak mewah, cobalah sekali-kali melihat ke bawah, lihat golongan orang-orang yang tidak berkecukupan, yang makannya mungkin hanya sekali 2 hari. Hiduplah secara sederhana, yang biasa makan di restoran, makanlah di warteg atau hasil masakan istri. Kurangi pergi ke tempat-tempat yang menjual makanan cepat saji, mall, bioskop dan lainnya. Intinya lakukan penghematan pengeluaran bulanan Anda. Tahan uang Anda untuk keperluan semacam itu, alihkan untuk melunasi hutang Anda.

Nyari sampingan
Tentu saja Anda akan kewalahan kalau bayar hutang kredit dengan mengandalkan gaji saja yang pas-pasan. Kalau dibayarkan semua, apakah rela anak istri makan batu ? Mau tak mau Anda harus lincah nyari sampingan di sela-sela kesibukan Anda sehari-hari. Misalnya memanfaatkan hari libur Anda untuk berbisnis, jualan online, jadi calo tanah atau rumah, jadi pelayan restoran, jualan bubur ayam, jualan nasi kuning dan lain-lain.

Memanfaatkan transfer balance
Apa itu transfer balance ? Transfer balance adalah fasilitas pemindahan tagihan kartu kredit yang disediakan bank penerbit kartu yang berbeda. Dengan transfer balance, Anda bisa memindahkan tagihan kartu kredit lama ke dalam  kartu kredit baru di bank yang berbeda dengan cicilan yang lebih ringan. Dikatakan ringan karena biasanya ada cicilan khusus 0 persen dalam jangka waktu tertentu antara 6 sampai 18 bulan sampai utang Anda lunas.


Minta keringanan
Maksudnya berbicaralah kepada bank penerbit kartu kredit Anda agar memberikan keringanan dalam membayar bunga kartu kredit. Negolah dengan mereka agar bisa membayar hutang pokoknya saja tanpa bunga. Jika nggak bisa bernego, manfaatkanlah jasa penego dari lembaga yang terpercaya.

Akhirnya Saya hanya bisa menyarankan kepada Anda agar selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit. Pakailah kartu kredit untuk hal-hal yang bermanfaat, misalnya berbelanja barang yang penting namun ada promo atau diskon dan lainnya, atur sesuai dengan dana bulanan serta jangan tergoda dengan barang-barang yang tidak penting.

Bagi yang belum punya dan berencana akan punya, pikir-pikir dulu sampai mateng, jangan terjebak dengan promo yang ditawarkan para penerbit kartu kredit. Bagaimana pun mereka juga usaha yang tentunya butuh untung dengan laba yang diperoleh dari Anda. Jangan merasa bangga dan hebat serta gaya kalau Anda punya kartu kredit. Umumnya kartu kredit hanya dipakai untuk hal-hal yang bersifat konsumerisme. Bukan tidak boleh, tapi sesuaikan dengan penghasilan atau budget Anda sendiri. Sebagai patokan standar, kalau Anda mampu mencicil 2 juta sebulan, maka penghasilan minimal adalah 6 juta per bulan, jadi harus 1 : 3.

Perlu diingat bahwa jika kartu kredit Anda bermasalah, maka hal ini akan menyulitkan Anda ketika membutuhkan aplikasi atau pinjaman ke bank. Mengapa ? Karena nama Anda sudah tercatat sebagai kreditur bermasalah di bank dan sulit diterima pengajuan pinjaman dari bank mana pun.

Itulah sekilas info tentang bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit khususnya bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan hutang kartu kredit yang menumpuk. Nantikan pula artikel lain yang berhubungan dengan judul di atas yakni tentang :
- cara melunasi kartu kredit macet
- cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk
- cara melunasi kartu kredit mandiri
- tidak bisa bayar kartu kredit
- cara mengajukan keringanan pembayaran kartu kredit
- kartu kredit macet gak usah bayar
- hutang kartu kredit tidak dibayar
- cara melunasi kartu kredit bank mega





ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top