Tuk Bayar Utang

10 Cara Mudah Melunasi Utang



Apakah Anda sedang berenang daam kubangan hutang dan tidak tahu bagaimana cara melunasinya? Anda tidak sendiri. Jika Anda mencari cara mudah melunasi utang, termasuk penyesuaian intuitif dengan strategi dan kebiasaan pembayaran utang, ikuti saran dari para ahli di bawah ini.

Sebelum Anda mulai membayar utang, luangkan waktu sejenak untuk mengidentifikasi jenis utang yang Anda miliki, apakah itu utang kartu kredit, utang cicilan mobil, utang hipotek atau yang lainnya dan tentukan berapa banyak utang yang Anda miliki. Memahami jenis dan jumlah pinjaman Anda dapat membantu dalam membuat rencana pribadi untuk pembayaran utang.

Berikut adalah 10 cara mudah untuk melunasi hutang:
- Buat anggaran.
- Bayar utang paling mahal dulu.
- Bayar lebih dari saldo minimum.
- Manfaatkan transfer saldo.
- Hentikan pengeluaran kartu kredit.
- Masukkan bonus kerja ke pembayaran hutang.
- Hapus informasi kartu kredit dari toko online.
- Jual hadiah dan barang-barang rumah tangga yang tidak dipakai.
- Ubah kebiasaan Anda.
- Hadiahi diri Anda saat Anda mencapai tonggak sejarah.

Baca terus untuk informasi lebih lanjut tentang setiap strategi pembayaran utang dengan cara mudah.

1. Buat Anggaran
Langkah pertama untuk menyelesaikan masalah utang Anda adalah membuat anggaran. Anda dapat menggunakan alat keuangan pribadi seperti Mint.com, atau membuat lembar Excel sendiri yang mencakup pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda. Kemudian, teliti kategori anggaran tersebut untuk melihat di mana Anda dapat memangkas biaya. Jika Anda tidak mengurangi pengeluaran, pasti Anda akan menggali lubang yang lebih dalam.

2. Bayar Utang Paling Mahal Dahulu
Sortir suku bunga kartu kredit Anda dari tertinggi ke terendah, lalu atur kartu kredit dari suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Dengan melunasi saldo dengan bunga tertinggi terlebih dahulu, Anda meningkatkan pembayaran Anda pada kartu kredit dengan tingkat persentase tahunan tertinggi sambil terus melakukan pembayaran minimum pada sisa kartu kredit Anda.

3. Bayar Lebih Dari Saldo Minimum
Untuk mengurangi hutang Anda, Anda harus membayar lebih dari saldo minimum pada laporan kartu kredit Anda setiap bulan. Membayar minimum, biasanya 2% hingga 3% dari saldo terutang, hanya memperpanjang strategi pembayaran utang. Perkuat komitmen Anda untuk melunasi semuanya dengan melakukan pembayaran mingguan, bukan bulanan. Atau jika pembayaran minimum Anda adalah $100, coba gandakan dan bayar $200 atau lebih.

4. Manfaatkan Transfer Saldo
Jika Anda memiliki kartu berbunga tinggi dengan saldo yang Anda yakin dapat Anda lunasi dalam beberapa bulan, direkomendasikan untuk memindahkan utang ke kartu yang menawarkan transfer saldo tanpa bunga. Anda harus melunasi hutang sebelum transfer saldo berakhir, atau Anda akan terpukul dengan tingkat bunga yang jauh lebih tinggi. Jika Anda melakukannya dengan hati-hati, maka Anda dapat menghemat ratusan bunga dengan cara ini.

5. Hentikan Pengeluaran Kartu Kredit Anda
Ingin berhenti menumpuk utang? Keluarkan semua kartu kredit dari dompet Anda, dan tinggalkan di rumah ketika Anda pergi berbelanja. Bahkan jika Anda mendapatkan cash back atau imbalan lain dengan pembelian kartu kredit, hentikan belanja dengan kartu kredit Anda sampai keuangan Anda terkendali.

 Cara Mudah Melunasi Utang

6. Alihkan Bonus Kerja Untuk Utang
Jika Anda menerima bonus pekerjaan di hari libur atau sepanjang tahun, alokasikan uang itu untuk rencana pembayaran utang Anda. Hindari godaan untuk menghabiskan bonus itu untuk liburan atau pembelian barang mewah lainnya. Lebih penting untuk memperbaiki situasi keuangan Anda daripada memiliki tas desainer terbaru.

7. Hapus Informasi Kartu Kredit Dari Toko Online
Jika Anda melakukan banyak belanja online di satu pengecer, Anda mungkin telah menyimpan informasi kartu kredit Anda di situs untuk mempermudah proses checkout. Tetapi itu juga memudahkan untuk menagih barang yang tidak Anda butuhkan. Jika Anda membayar untuk layanan berulang, gunakan kartu debit saja dan hapua layanan kartu kredit utama yang terhubung ke rekening giro Anda.

8. Jual Hadiah dan Barang Rumah Tangga yang Tidak Terpakai
Apakah ada hadiah ulang tahun atau hadiah pernikahan lama yang sudah berdebu di lemari Anda? Cari barang-barang di rumah Anda yang dapat Anda jual. Lakukan riset untuk memastikan menjual barang ini dengan harga yang wajar. Ambil foto berkualitas, dan tulis judul dan deskripsi yang menarik perhatian untuk menjual item secepat mungkin. Setiap keuntungan dari penjualan harus digunakan untuk hutang Anda.

9. Ubah Kebiasaan Anda
Kebiasaan dan rutinitas harian Anda adalah alasan Anda terlibat dalam kekacauan ini. Luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana Anda menghabiskan uang setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan. Apakah Anda benar-benar membutuhkan ngopi di cafe ? Bisakah Anda membawa makan siang Anda ke tempat kerja alih-alih membelinya empat kali seminggu? Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang bisa Anda ubah tanpa terlalu banyak mengorbankan gaya hidup Anda?

10. Hadiahi Diri Anda Saat Anda Mencapai Tonggak Sejarah
Anda tidak akan melunasi hutang Anda lebih cepat jika Anda melihatnya sebagai bentuk hukuman. Jadi hadiahi diri Anda ketika Anda mencapai tujuan pembayaran utang. Satu-satunya cara untuk melunasi hutang kartu kredit Anda adalah dengan terus melakukannya, dan untuk itu, Anda harus tetap termotivasi. Pastikan untuk menghargai diri sendiri. Misalnya, alih-alih liburan selama seminggu, rencanakan untuk berkemah akhir pekan. 

Artikel yang terkait dengan cara mudah melunasi utang :
- cara melunasi hutang yang menumpuk
- cara melunasi hutang dalam 2 hari
- cara melunasi hutang dalam islam
- cara melunasi hutang rentenir
- ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang
- cara cepat melunasi hutang dengan doa
- strategi melunasi hutang
- cara melunasi hutang 10 juta

Sumber :
https://money.usnews.com/money/personal-finance/debt/articles/easy-ways-to-pay-off-debt



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : melunasi hutang
Back To Top