Tuk Bayar Utang

Sholawat Pembebas Hutang



Anda mungkin tidak menyangka kalau ada sholawat pembebas hutang. Sholawat ini dibaca dengan niat untuk membebaskan hutang seseorang. Adapun shalawat yang dibaca, bisa sholawat apa saja yang hafal.  Kita bisa membaca shalawat yang pendek, atau bisa juga membaca shalawat yang panjang. 

Tidak ada batasan untuk itu,  yang penting membacanya  dilakukan secara ikhlas,  khusyu disertai dengan sikap rendah hati,  seolah-olah Nabi Muhammad hadir di depan kita. Untuk meyakinkan hal tersebut,  ada sebuah kisah zaman dahulu,  yang mana kisah ini sangat mengharukan,  karena ada seorang sahabat yang punya hutang,  kemudian bisa membayar hutangnya hanya dengan membaca sholawat kepada Nabi.

Ini dia kisahnya yang saya tulis kembali dari blog Adhin Busro.

Sheikh Husna Sharif, seorang ulama besar di Mesir bercerita tentang seorang pria yang terjerat hutang di tengah genangan kemiskinannya. Dia dulunya adalah orang yang sangat kaya tetapi jatuh bangkrut sampai dia terjebak dalam hutang di sana-sini.

Setiap hari, rumahnya penuh dengan orang yang menagih hutang. Akhirnya dia terpaksa pergi menemui pedagang kaya dan meminjam 500 dinar. Karena dia sangat terkenal, dia punya banyak hutang sampai-sampai pedagang ini bertanya, "Kapan Anda akan melunasi pinjaman ini?". "Minggu depan, Tuan," jawabnya singkat.

Dia juga berhasil meminjam hutang dan kemudian kembali dengan 500 dinar di tangannya. Dia segera membayar uang kepada orang-orang yang setiap hari datang untuk menagih utang kepadanya sampai 500 dinar yang dia dapatkan tidak tersisa sama sekali.

Hari demi hari, kondisi ekonominya semakin sulit dan semakin buruk hingga waktu pembayaran utangnya tiba. Pedagang datang ke rumah orang miskin dan berkata, "Jatuh tempo utangnya sudah tiba."

Dengan suara rendah dia menjawab, "Demi Tuhan, aku tidak bisa mendapatkan apa pun untuk membayar. Tapi aku benar-benar terus berusaha untuk membayar." Pedagang itu merasa sangat marah lalu mengadu ke pengadilan, dan membawanya ke hakim. Di pengadilan, hakim bertanya: "Mengapa Anda tidak membayar utang Anda?"

Dia menjawab, "Demi Tuhan, aku tidak punya apa-apa, Tuan." Karena dia merasa ini adalah kesalahan orang miskin, hakim menjatuhkan hukuman penjara sampai dia bisa melunasi utangnya.

Kemudian orang miskin bangkit dan berkata: "Ya Tuan Hakim, beri aku waktu untuk hari ini." Saya ingin pulang untuk bertemu keluarga dan menyampaikan kalimat ini dan mengucapkan selamat tinggal kepada mereka, maka saya akan segera kembali untuk menjalani hukuman penjara.

Hakim: "Bagaimana bisa, jaminan apa yang akan Anda kembalikan besok? Pria itu terdiam, tetapi sepertinya mendapat inspirasi dalam benaknya. "" Rasulullah SAW menjamin saya, wahai hakim agung, bersaksi untuk saya jika besok saya tidak kembali maka saya tidak termasuk orang-orang umat Nabi Muhammad. "

Hakim tersentak dalam keheningan, dia menyadari betapa berbahayanya jaminan jika orang miskin berbohong. Hakim berpikir sejenak kemudian memilih untuk percaya demi Nabi Muhammad. Hukuman itu ditunda hingga besok.

Setiba di rumah, si miskin memberitakan kondisinya kepada istrinya bahwa besok akan dipenjara. Istrinya bertanya: "Kenapa kamu bisa bebas sekarang? "Saya menempatkan nama Nabi Muhammad sebagai jaminan saya."

Air hangat menetes dari mata istrinya ketika dia berkata kepada suaminya; "Jika nama Nabi Muhammad adalah jaminan bagi kamu, maka biarkan kita beribadah. Dan mereka juga bersholawat kepada Nabi Muhammad dengan cinta dan ketulusan yang mendalam sampai mereka tertidur.

Tiba-tiba dalam tidur mereka bermimpi melihat Nabi Muhammad. Dia memanggil nama orang miskin sambil berkata, "Hai fulan, jika sudah terbit fajar pagi, pergi ke Alim Fulan. Sampaikan salam saya kepadanya dan minta dia untuk melunasi hutang Anda.

Jika Alim tidak percaya, sampaikan 2 bukti ini; "Katakan padanya bahwa malam pertama dia membaca sholawat untukku 1000 kali, dan pada malam terakhir dia ragu tentang jumlah sholswst yang dia baca. Sampaikan kepadanya bahwa dia telah menyempurnakan sholawatnya.

Seketika si miskin terbangun dan kaget. Tanpa ragu setelah fajar, dia pergi ke rumah Alim dan bertemu dengannya. Tanpa membuang waktu, orang miskin menyampaikan mimpinya, "Pak, Utusan Allah telah memberikan salam kepada Anda dan meminta agar Anda bersedia melunasi hutang saya."

Alim bertanya, "Apa bukti kebenaran mimpimu?" "Kata Nabi, pada malam pertama Anda telah bersholawat sebanyak 1000 x dan pada malam kedua Anda tertidur dalam keadaan ragu tentang jumlah sholawat yang telah Anda baca.

Rasulullah SAW mengatakan mengatakan bahwa jumlah sholawatmu sempurna, dan sholawatmu diterima oleh- Nya. Mendengar itu, Alim secara spontan menangis karena kabar gembira doanya diterima oleh Rasulallah SAW.

Kemudian alim memberikan 500 dinar dari baitul mal untuk melunasi hutang miskin dan 2.500 aset pribadinya kepada orang miskin sebagai tanda terima kasih atas kabar baik yang disampaikan.

Dengan dana itu orang miskin segera bergegas ke Hakim untuk menyelesaikan kasus ini. Sesampainya di pengadilan, Hakim bangkit dari kursinya untuk menyambut orang miskin seolah-olah dia merindukannya.

Dengan senyum lebar sang Hakim memanggilnya ketika dia berkata, "Kemarilah, terima kasih kepadamu, aku bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad." Utusan Allāh mengatakan kepada saya bahwa jika saya melunasi hutang Anda maka Nabi Muhammad akan menyelesaikan kasus saya di akhirat. Ini 500 dinar untuk melunasi hutang Anda. "

Belum hakim selesai berbicara, tiba-tiba pintu mengetuk. Ketika dibuka, ternyata si pedagang mengumpulkan utang. Dia segera memeluk orang miskin dan menciumnya sambil berkata, "Terima kasih kepadamu, aku bermimpi bertemu dengan Nabi.

Beliau berkata kepada saya jika saya melepaskan hutang Anda kemudian di Hari Pengadilan, Rasulullah SAW akan menyerahkan semua tanggung jawab saya dan ini hadiah 500 dinar ini untuk Anda dan hutang Anda terbayar".

Demikianlah kisah seorang yang menggunakan sholawat sebagai pembebas hutang. Jadi jika ANda punya hutang, perbanyaklah sholawat setiap hari, insya Allah akan ada jalan yang membuat hutang Anda lunas.

Selanjutnya baca pula :
- doa hutang lunas sekejap
- amalan untuk bayar hutang mendesak
- istighfar untuk melunasi hutang
- hutang lunas dengan tahajud
- amalan bayar hutang yusuf mansur
- bacaan sholawat untuk melunasi hutang
- sholawat pendek pelunas hutang



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top