Tuk Bayar Utang

Cara Menagih Hutang kepada Teman



Menghadapi teman-teman yang ingin meminjam uang dari kita, bisa saja Anda merasa ringan dan mungkin juga agak berat. Kalau ada dananya sih tentu saja ringan, ditambah lagi karena kita tentu ingin terus menjalin hubungan baik disamping ingin membantunya ketika dia dalam kesulitan. Tetapi menjadi agak berat ketika teman kita ingkar janji, sebab bingung bagaimana cara menagih hutang kepada teman kita tersebut.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menagih hutang dari teman yang sudah berhutang kepada kita tapi dia malah mendadak amnesia ? Mau marah juga nggak mungkin soalnya nggak enak sama teman, tetapi ketika kita butuh uang dan teman tidak juga membayar hutangnya, kita bingung bagaimana cara menagihnya.

Tapi tenang, sebelum Anda mendeklarasikan perang dunia ketiga dengan teman Anda, ada baiknya Anda membaca beberapa cara dibawah ini untuk menagih hutang kepada teman agar dia cepat kewajibannya yang dilansir dari website Simulasi Kredit dan Livefal,

Gentle
Cara untuk menagih hutang haruslah lembut, tegas tapi elegan. Strateginya adalah Anda dengan lembut mengingatkan bahwa dia telah ditolong ketika dia berada dalam kesulitan. Sekarang giliran dia untuk membantu disaat Anda sedang kesulitan.

Dengan cara ini, diharapkan teman yang lupa membayar akan terketuk hatinya sehingga dia merasa tidak enak karena telah ditolong, sementara teman dia sekarang sedang butuh bantuan.

Menyebutkan kebutuhan
Jika memang ada kebutuhan, biarkan saja kebutuhan itu diketahui teman yang berhutang. Misalnya, punya sepeda motor yang membutuhkan biaya besar karena harus mengganti suku cadangnya. Cara menagih yang satu ini memang cukup vulgar, tetapi karena kita sangat membutuhkannya, diharapkan teman itu menyadari bahwa hutang yang belum dia bayar itu membuat ketidaknyamanan karena ada kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi.

Jujur
Kadang butuh rasa nekad jika situasinya sudah tidak kondusif. Bukan waktunya lagi untuk memberikan kode secara implisit ketika menagih hutang sebab dia pasti akan lupa terus. Terus terang saja dengan kalimat tagihan hutang misalnya "Balikin uang saya" atau variasi kata lainnya.

Ingatkan jatuh tempo
Jika hubungan Anda dengan teman Anda cukup lancar, Anda dapat benar-benar menembak langsung dan mengingatkan tenggat waktu yang disepakati di awal. Kata-kata seperti "Jangan lupa akhir bulan langsung ditransfer ke gue ya. Gue benar-benar lagi butuh duit nih, Bro".

Anda dapat memberi tahu teman Anda ini, sekadar mengingatkannya, karena mungkin teman itu adalah orang yang pelupa dan bahkan akan senang jika Anda mengingatkannya.

Cara Menagih Hutang kepada Teman


Sindir di media sosial
Setelah bosan menagih hutang dari teman yang tidak mau membayar juga, maka saatnya menyindirnya melalui media sosial. Pesatnya perkembangan teknologi membuat media sosial menjadi sarana bagi Anda untuk bersosialisasi. Bahkan, untuk penagihan hutang pun dapat dilakukan melalui platform ini.

Meski begitu, Anda tetap harus melakukannya dalam kondisi aman. Saat menagihnya tetap bijak yang berarti harus dilakukan dengan sabar tanpa perlu emosi atau marah yang dapat menyebabkan perselisihan.

Bijaksana
Dalam pertemanan, terkadang ada teman yang tidak ragu meminjam uang saat dibutuhkan. Ada yang pemalu. Tidak ada cara untuk menilai mana yang akan melunasi utang dan mana yang tidak.

Satu-satunya cara adalah dengan melihat rekam jejak, apakah dia benar-benar menyukai utang dan suka lupa membayar kepada orang lain atau tidak. Jika dia menginginkan hutang kepada Anda tapi sulit bayar, maka lebih baik menolaknya dengan lembut. Anda bisa mengaku padanya lagi bangkrut atau ada teman lain yang berhutang.

Saat makan atau belanja minta dibayarin
Setiap kali Anda pergi bersamanya, apakah itu hanya makan siang atau berjalan-jalan ke mall, coba ingatkan dia bahwa uang Anda masih ada di teman kita itu. Anda dapat dengan tenang memintanya untuk membayarkan makanan yang dibeli atau minta dia untuk membayar belanjaan Anda. Tentu saja yang kita harapkan adalah dia secara bertahap menjadi tidak nyaman dan kemudian membayar semua utangnya kepada Anda.

Tagih di depan temen lain
Jika teman Anda melewatkan jatuh tempo, maka coba ingatkan dia lagi. Untuk yang kedua kalinya, coba ingatkan dia di depan orang lain yang juga sahabatmu. Mengapa demikian?

Karena ketika teman peminjam tidak merasa malu karena tidak membayar hutang kepada Anda, dengan cara ini setidaknya ia malu karena orang lain tahu bahwa ia meminjam uang dari Anda. Lakukan ini dengan elegan dengan kalimat yang halus sehingga tidak menyakitinya.

Minta bantuan teman
Jika teman Anda ini masih belum membayar hutangnya, Anda dapat meminta sahabat Anda yang lain untuk berbicara dengan teman yang meminjam uang itu. Sahabat itu dapat memberi tahu teman itu bahwa Anda benar-benar membutuhkan uang untuk membayar sekolah atau kebutuhan lain.

Buat perjanjian di atas materai
Surat bermaterai sebaiknya dibuat di awal ketika teman mau meminjam, khususnya temen yang agak-agak sulit ditagih. Tetapi jika Anda tidak melakukan itu karena Anda sudah mempercayai teman itu dan ternyata dia tidak membayar, Anda dapat mendekatinya dengan baik, dan memberinya tenggat waktu baru lagi.

Kasih batas waktu baru, bisa seminggu atau sebulan kemudian, tetapi kali ini kita memintanya untuk menandatangani pernyataan batas waktu baru di atas materai. Tentu saja Anda sudah menyiapkan surat itu sehingga yang harus ia lakukan hanyalah menandatanganinya. Jadi dia mengerti bahwa Anda benar-benar serius akan menagih hutang nanti dan perjanjian itu mengikat secara hukum.

Menagih melalui kerabatnya
Jika Anda cukup dekat mengenal anggota keluarga dari teman kita itu, Anda bisa bilang kepada teman Anda bahwa Anda akan menagih hutangnya melalui anggota keluarga dia. Beri tahu teman kita itu bahwa Anda akan menagih utangnya melalui saudara lelakinya, orang tuanya, atau istrinya.

Harapannya adalah dia akan segera melunasi utangnya kepada Anda sebelum Anda benar-benar menagih semua anggota keluarganya.

Kerjasama dengan HRD tempat dia kerja
Jika Anda telah menggunakan semua metode di atas, tetapi teman Anda masih belum membayar utangnya kepada Anda, jangan putus asa dulu. Cara terakhir adalah pergi ke HRD yang menangani penggajian tempat teman itu bekerja.

Anda dapat membagikan masalah Anda dengan Manajer HRD dan meminta kerja sama Anda untuk dapat memotong gaji teman Anda secara otomatis setiap bulan sampai hutangnya dilunasi. Atau diskusikan kemungkinan pembayaran melalui bonus tahunan yang dibayarkan langsung ke rekening Anda.

Sepintas memang terdengar kejam dan menebar aib, tetapi ingatkan kepada teman Anda itu bahwa Anda telah melakukan segala yang mungkin dilakukan untuk menagihnya dengan baik, tetapi dia tidak peduli, padahal hutang harus dibayar walaupun kepada teman.

Lagi pula, jika dia adalah teman baik, dia tidak akan membiarkan Anda menjadi orang yang makan buah simalakama. Jadi ketika Anda dengan tulus membantu teman Anda, kali ini dia harus membantu Anda dengan melunasi hutang, meskipun Anda harus mengadu ke HRD.


Demikianlah cara menagih hutang ke konsumen yang kebetulan teman kita. Anda juga bisa melakukan cara menagih hutang lewat whatsapp (wa). Untuk contoh kata kata menagih hutang lewat whatsapp atau contoh percakapan menagih hutang lainnya atau dalam bentuk sms menagih hutang yang baik, bisa dilihat di Google atau Youtube.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara menagih hutang
Back To Top