Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang dalam Islam



Agar kewajiban membayar hutang kita sesuai dengan hukum syariat, maka sebaiknya kita mencari tahu bagaimana cara melunasi hutang dalam Islam. Meskipun dalam syariah Islam, hutang itu sendiri adalah sesuatu yang diperbolehkan.

Bahkan memberikan pinjaman kepada mereka yang sangat membutuhkan, akan dapat membawa pahala. Namun pada kenyataannya banyak orang yang kemudian berhutang, tidak memiliki kemampuan untuk mengembalikannya, padahal melunasi hutang adalah kewajiban bagi mereka yang meminjam.

Ada sebuah hadits yang menegaskan bahwa siapa pun yang memiliki hutang saat tinggal di dunia, maka harus segera dilunasi karena lunas hutang akan menjadi salah satu kunci utama kenyamanan kita saat berada di akhirat. Dengan demikian melunasi hutang juga memiliki kelebihan tersendiri.

Hutang akan lebih baik jika bisa dihindari. Tetapi sekarang kebanyakan orang benar-benar memilih hutang untuk modal atau untuk mengatasi kekurangan dana. Jika utang biasa tanpa bunga, maka hal itu tidak menjadi masalah, tetapi jika Anda menggunakan utang riba, itulah awal bencana.

Penerima hutang dan rentenir riba keduanya berada dalam dosa. Maka lebih baik tidak melanjutkan niat Anda untuk berhutang ke rentenir. Lalu bagaimana cara melunasi hutang menurut hukum Islam. Inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan menurut website Dalam Islam :

Niat
Niatkan dalam hati Anda bahwa Anda benar-benar memiliki cita-cita untuk segera melunasi hutang yang Anda miliki. Karena dengan niat inilah maka Tuhan akan melihat siapa yang benar-benar dan siapa yang mempermainkan hatinya.

Sebab terkadang ada orang yang tidak berniat melunasi hutang yang mereka miliki dengan mengemukakan berbagai alasan, padahal hal ini sebenarnya akan menyulitkan mereka di akhirat. Nah, jika kita berniat, maka insya Allah jalannya akan difasilitasi oleh Allah.

Taubat dan memperbanyak istighfar
Islam memang tidak melarang hutang, tetapi jika hutang itu dalam bentuk riba, maka inilah yang berdosa. Baik mereka yang memberi hutangan maupun yang berhutang riba, maka keduanya harus menanggung dosa yang sama. Karena itu, selalu memohon pengampunan dari Allah SWT, dengan selalu beristighfar dan bertaubat sebagai salah satu cara melunasi hutang rentenir.

Berdoa
Doa adalah suatu keharusan disamping berusaha dan bekerja, karena dengan doa ini kita akan selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mencoba melunasi hutang. Ingatlah bahwa Allah SWT akan membantu mereka yang sungguh-sungguh dalam upaya mereka tetapi dengan dukungan doa juga. Oleh karena itu jadikan tips ini sebagai salah satu cara cepat melunasi hutang dengan doa.

Berusaha melunasi utang
Jika kita diam saja, tentu saja hutang itu tidak akan lunas dengan sendirinya. Adakah orang yang secara sukarela akan melunasi hutang kita? Tentu saja tidak, karena hanya kita yang harus bertanggung jawab atas hutang kita.

Memang ada juga beberapa lembaga atau yayasan melunasi hutang riba yang bisa dihubungi untuk mendapatkan bantuan dari mereka. Namun tentu saja ada syarat tertentu dan tidak sembarangan orang bisa mengajukan minta bantuan.

Karenanya, dengan keberadaan hutang itu, harusnya membuat kita berusaha dan bekerja lebih giat sehingga bisa langsung melunasi hutang. Bagi yang memiliki pinjaman riba dan sudah memiliki dana untuk melunasinya, akan lebih baik jika dipercepat melunasinya.

Allah tidak menyukai hamba-hamba-Nya yang suka menunda-nunda, jadi wajib untuk segera dibayar jika ada kemampuan. Jangan sampai dana yang ada malah digunakan untuk keperluan lain.

Ketika ada dana dan ada kemampuan untuk bebas dari riba, segera lakukan pelunasan hutang ribawi agar hidup terasa lebih aman tanpa bayang-bayang riba dan jangan tergoda lagi untuk mencari pinjaman untuk melunasi hutang riba, apalagi dengan pinjaman riba lagi.


Bersedekah
Memiliki hutang bukan halangan untuk terus memberikan sedekah, karena dengan sedekah akan bisa melancarkan keberuntungan. Jadi tentu saja Anda akan semakin dimudahkan dalam mencari uang dalam upaya melunasi hutang. Jadi jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan Anda untuk beramal sebagai salah satu cara melunasi hutang riba dengan sedekah.

Menjual aset berharga 
Jangan menyimpan harta berharga padahal Anda memiliki hutang. Anda harus segera menjual properti Anda yang berharga itu sehingga Anda dapat segera melunasi hutang. Dengan demikian, nantinya Anda akan bisa hidup lebih tenang dan nyaman tanpa hutang. Daripada memiliki banyak aset tapi banyak utang, maka akan lebih baik menjualnya untuk melunasi utang.

Disamping cara di atas, ada tips tambahan yang sebaiknya dilakuan. Apa saja ?

Berlepas diri dari hutang
Utang adalah sesuatu yang akan menjerat dan mengikat, karena itu tidak ada cara lain selain Anda harus lolos dan berlepas diri dari perangkap utang. Meski sulit dan tidak bisa instan, tapi tentu saja hal itu bisa dilakukan secara perlahan.

Selama Anda mencobanya untuk menghindari hutang dan tidak jatuh kembali e perangkap para pemberi hutang, maka nantinya Anda akan bisa terbebas dari hutang.

Ubah gaya hidup
Setiap manusia memiliki gaya dan standar hidup sendiri. Ada orang-orang yang benar-benar memiliki penghasilan yang pasti sehingga memiliki gaya hidup dan selera yang tinggi. Tentunya mereka juga bisa terjebak dalam hutang, karena bisa saja penghasilannya tidak cukup untuk dapat memenuhi standar hidup mereka. Lalu bagaimana merubah gaya hidup ? Anda harus :

Hidup sederhana
Tidak dapat dipungkiri bahwa keinginan untuk hidup mewah tentu akan membuat seseorang tak tanggung-tanggung untuk melakukan transaksi utang skala besar sehingga mereka cenderung terjerat riba.

Karena itu hiduplah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Mengapa Anda hidup dalam kemewahan jika hidup harus menanggung banyak hutang ?

Prihatin dan hemat
Keprihatinan adalah cara hidup apa adanya dengan bersyukur atas apa yang kita miliki. Bahkan jika kita sudah berlebihan dalam memiliki kekayaan, maka kita seharusnya tidak menjadikan diri kita hidup larut dalam kesenangan dengan menghambur-hamburkan harta yang pada akhirnya harus masuk ke jurang hutang karena aset yang dimiliki sudah dihamburkan tanpa kendali.

Jangan haus akan hal-hal duniawi
Harta dan hal-hal duniawi ini sangat menggoda. Banyak manusia terbuai dalam kehidupan duniawi. Jadi mereka berasumsi bahwa hanya kehidupan duniawi inilah yang ada, padahal sesudah di dunia ini masih ada kehidupan yang lebih abadi.

Karena itu mereka hanya memikirkan urusan dunia, properti, posisi dan tahta saja. Ketika mereka merasa bahwa kehidupan dunia mereka tidak cukup, maka mereka akan berusaha memenuhinya dengan hutang, tentu saja inilah yang akan semakin membuat seseorang jatuh ke dalam kenistaan.

Demikianlah sedikit tips bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat dan cara menyelesaikan hutang yg melilit dalam Islam. Semoga kita semua bisa melunasi hutang dengan cara melunasi hutang dalam 2 hari. 



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top