Tuk Bayar Utang

Doa Hutang Lunas Sekejap



Doa hutang lunas sekejap ini sebaiknya segera diamalkan oleh mereka yang sedang tertimpa kesusahan gara-gara ditimpa hutang. Entah itu hutang ke bank, ke rentenir, ke saudara, ke tetangga atau siapa pun, yang namanya hutang pasti akan membuat kita tertekan. Apalagi kalau sudah jatuh tempo, sementara uang untuk bayarnya belum ada sepeser pun.

Akibatnya, banyak dari mereka yang punya hutang, merasa tertekan dan stres karena banyak debt collector yang meneror dan mengancam menyita aset satu-satunya yang dia punya. Kesetressan itulah yang membuat sebagian pemilik hutang yang tak punya iman, mengakhiri hidupnya secara tragis misalnya dengan menenggelamkan diri ke sungai.

Memang ada juga yang tidak menuntaskan nyawanya, namun dia mengambil langkah-langkah keliru untuk melunasi hutangya seperti malah menjual dirinya kepada pria hidung loreng tiap malam, atau memberhentikan pengendara motor di jalanan, orangnya didor, motornya dijual ke tukang tadah, atau malah mencari kenikmatan sesat di Gunung Kemukus dengan dalih pesugihan.

Padahal Allah SWT, tidak akan memberikan segala macam musibah dan cobaan, pasti dia sendiri akan mampu melewatinya asalkan sabar, berdoa dan ikhtiar. Itulah kunci keberhasilan dalam segala hal termasuk ketika kita punya hutang dan ingin lunas dalam waktu sekejap.

Bagi kita, hutang satu milyar akan terasa menekan batin dan menyiksa, bingung bagaimana cara melunasinya. Nah, bagi seorang muslim, jika Anda punya hutang, berapa pun hutangnya, bahkan sampai segunung pun, nggak usah khawatir, karena Allah Maha Kaya dan kekayaanya tidak terbatas. Kalau mau, Allah bisa lunaskan hutang kita dalam sekejap, asalkan ada usaha dan keinginan dari kitanya.

Salah satu solusi ketika Anda mendapatkan musibah berupa hutang dan sudah buntu mau bayar pakai apa, maka senjata orang muminlah yang bisa menjadi andalannya. Apa itu ? Doa. Doa adalah senjata kaum muminin termasuk ketika ingin melunasi hutang dalam sekejap.

Karena masalah yang dihadapi adalah hutang, maka Anda harus mengamalkan atau membaca doa dari Rasulullah khusus bagi mereka yang ingin melunasi hutangnya dengan sekejap. Namun sebelum Anda mengamalkan doa ini, sebaiknya Anda introspeksi diri dulu, apa yang menyebabkan hutang Anda menumpuk. Apakah karena keteledoran pribadi atau masalah bisnis atau apa.

Seandainya, menumpuknya hutang akibat kita ngutang ke rentenir, maka yang salah adalah diri kita. Islam sudah jelas melarang riba, mengapa kita masih ngeyel minjem ke pihak yang minta bunga. Solusi sebelum berdoa, taubat dulu dari dosa riba yang Anda perbuat dengan taubat yang sebenar-benarnya.

Kifarati ketelodaran kita dengan banyak istighfar, melakukan kewajiban tepat waktu, tambah jam tayang melakukan ibadah sunat khususnya sholat hajat dan tahajud pada malam hari. Lengkapi kewajiban agama lainnya, misalnya mencari ilmu agama, berbhakti pada orang tua, beramal soleh di masyarakat dan lain sebagainya.

Jika itu sudah dilakukan, maka barulah lengkapi sholat dengan banyak berdoa minta hutang lunas sekejap. Arti sekejap di sini tentunya dengan sangat cepat. Syarat jika Anda ingin hutang lunas sekejap, maka kita pun apabila mendengar atau mengetahui kewajiban kita sebagai muslim, harus sekejap dilakukan.

Kita harus secara cepat merespons apa yang diperintahkan oleh Allah dan Nabi. Jangan mengulur-ngulur waktu atau ogah-ogahan. Kalau kata Rasul, lakukan sholat berjamaah, lakukan segiat mungkin. Kalau kata Allah lakukan tahajjud, siapkan fisik untuk bisa bangun malam dan berdoa minta hutang lunas sekejap.

Sebetulnya, bebas saja kita mau berdoa minta hutang lunas, namun kalau dilakukan ketika tengah malam, di saat orang-orang pada terlelap, maka inilah waktu paling mustajab. Maka tak heran, orang-orang muslim yang punya problem termasuk masalah hutang, lalu mendekatkan diri dengan sholat malam dan ibadah lainnya, dia akan segera terbebas dari masalahnya.

Lalu doa apa saja yang sebaiknya dibaca khusus untuk melunasi hutang ? Pertama-tama, perbanyak dulu istighfar. Adapun istighfar paling utama dibaca adalah Sayyidul istighfar. Bagaimana bacaannya ? Silahkan baca dibawah.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ

ALLAAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA KHOLAQTANII
Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku

 وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ

  WA ANAA ‘ABDUKA WA ANAA ‘ALAA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU
dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku

أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ

A’UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU
 Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yang kuperbuat. 

 أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ

ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA
Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku,

 وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ

WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII
dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku

 فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ 

FAINNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA
 Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Selanjutnya bacalah wiridkan doa hutang lunas yang telah diajarkan Nabi Muhammad sebanyak-banyaknya sampai hutang Anda lunas. Saya merekomendasikan untuk membaca dan mewiridkan Surat Ali Imron ayat 26-27 sebagai doa untuk melunasi hutang.

Mengapa Saya memilih ayat Al Quran ? Karena walaupun kita nggak ngerti bacaannya, ayat Al Quran apabila dibaca, tetap akan mendapatkan pahala. Sementara kalau dzikir dan doa selain ayat Al Quran, akan mendapat pahala jika kita ngerti maknanya.

Nah, tugas kita adalah mewiridkan 2 ayat itu sambil diniatkan bacaan itu sebagai washilah atau jalan permintaan kepada Allah agarhutangnya bisa segera lunas. Itu saja ? Iya, Saya yakin apabila Anda mengikuti saran Saya dari awal sampai akhir, hutang Anda akan lunas dengan sekejap.

Namun jika Anda lebih condong mengamalkan doa atau dzikir lain, tentunya tidak masalah. Misalnya Anda pernah menemukan sebuah hadits Nabi yang cukup terkenal yang juga memuat doa hutang lunas seperti :

Doa Hutang Lunas Sekejap


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAL-HAMMI WAL-HAZAN,
Ya allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dan kesedihan, 

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

WA A’UUDZU BIKA MINAL-‘AJZI WALKASAL, 
dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan,

وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

WA-A’UUDZU BIKA MINAL-JUBNI WAL-BUKHLI,
 dan aku berlindung kepada-mu dari sifat pengecut dan bakhil,

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

  WA-A’UUDZU BIKA MIN GHOLABATID-DAINI WAQOHRIR-RIJAAL.
 dan aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya hutang dan paksaan orang.

atau bisa juga membaca doa di bawah ini :

اللهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ

ALLOOHUMMA ROBBIS-SAMAAWAATIS-SAB’I
Ya Allah Rabb pemilik tujuh langit

 وَرَبَّ الْأَرْضِ، وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ

 WAROBBIL-ARDHI WAROBBI KULLA SYAI-IN,
dan Rabb pemilik bumi dan Rabb dari segala sesuatu,

 فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى

FAALIQOL-HABBI WANNAWAA
yang membelah benih dan tetumbuhan,

 مُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ

MUNZILAT-TAUROOTI WAL-INJIILI WALQUR’AAN,
menurunkan kitab taurat Injil dan al-Quran,

أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِي شَرٍّ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ

A’UUDZU BIKA MIN SYARRI KULLI DZII SYARRI ANTA AAKHIDZU BINAASHIYATIHI, 
aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan segala yang memiliki keburukan, dan engkau pemegang ubun-ubunnya

 أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ

  ANTAL-AWWALU FALAISA QOBLAKA SYAI-UN
engkau yang paling awal dan tidak ada sesuatu sebelum Engkau

 وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ

WA-ANTAL-AAKHIRU FALAISA BA’DAKA SYAI-UN 
dan Engkau paling akhir dengan tidak ada sesuatu setelah-Mu,

 وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ

WA-ANTADDHOOHIRU FALAISA FAUQOKA SYAI-UN,
dan Engkau yang dzahir dengan tidak terdapat sesuatu di atas-Mu,

وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ

 WA-ANTAL-BAATHINU FALAISA DUUNAKA SYAI-UN,
dan Engkau yang bathin dengan tidak terdapat sesuatu selain-Mu,

 اقْضِ عَنِّي الدَّيْنَ، وَأَغْنِنِي مِنَ الْفَقْرِ

   AQDI ‘ANNIDDAINI WA-AGHNINII MINAL-FAQRI.
 lunasilah hutangku dan cukupkanlah aku (jauh) dari kemiskinan.

Silahkan Anda bebas memilih bacaan yang man saja sesuai keyakinan. Begitu juga kalau misalnya Anda diberi amalan oleh seorang guru ngaji atau ustadz, maka silahkan amalkan. Jadi tidak fokus hanya satu macam wirid saja sebab wirid atau doa adalah sebagai media saja, yang terpenting adalah kesungguhan Anda bertekad melunasi hutang yang disertai usaha batin dan usaha lahirnya.

Adapun untuk usaha lahirnya yang bisa Anda lakukan adalah sesuai kemampuan Anda. Kerja apa saja, bisnis apa saja yang penting halal, yang penting ada gerak, ada langkah. Jangan terfokus kepada penghasilan kerja dan hutang yang lebih besaryang sepertinya mustahil bisa melunasi hutang tersebut.

Misal Anda sekarang usaha atau kerja sehari dapat seratus ribu, sedangkan hutang 40 juta. Kalau pakai akal, mau sampai kapan kita lunas hutangnya ? Kesampingkan penggunaan rasio. Allah Maha Kaya, Allah Maha Tahu kita sedang berusaha dan berdoa, kita dekati saja Allah terus menerus sambil kerja sekuat tenaga. Maka yakin seyakin-yakninnya hutang Anda akan segera lunas dalam sekejap dengan cara yang tak terduga, yang tak kita sangka-sangka, dengan cara yang Allah mau.

Semoga doa hutang lunas di atas bisa menjadi media atau perantara mengantarkan Anda terbebas hutang dalam sekejap. Amin. Baca juga :
doa melunasi hutang yusuf mansur
amalan lunas hutang dalam semalam
doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga
doa menghadapi kesulitan membayar hutang
doa melunasi hutang sesuai sunnah
lunas hutang dalam 1 hari
hutang lunas dengan istighfar



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : doa hutang, hutang lunas
Back To Top