Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama



Kalau Sobat merasa kebingungan bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama dengan mudah, lebbih baik teang dulu, jangan panik. Satu dari tiga orang mengklaim punya akumulasi saldo hutang pada kartu kredit mereka dari bulan ke bulan.

Jika Anda salah satunya, dan Anda ingin tahu cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama dengan melunasi saldo Anda, strategi dari Dosen Ekonomi ini dapat membantu Anda mengetahui bagaimana caranya bisa melunasi hutang kartu kredit tersebut.

Menargetkan satu hutang pada satu waktu
Apakah Anda menggunakan saldo pada lebih dari satu kartu? Kalau seperti itu, maka pastikan dulu Sobat biasa membayar paling tidak jumlah minimum pada setiap kartu kredit. Kemudian fokus membayar saldo total pada satu kartu. Sobat bisa memilih kartu kredit mana yang akan ditargetkan dengan salah satu dari dua cara berikut ini:
  • Periksa bagian tingkat bunga untuk melihat kartu kredit mana yang memiliki tingkat bunga tertinggi, dan berkonsentrasilah untuk membayar utang terlebih dahulu.
  • Bayar kartu kredir dengan saldo terkecil terlebih dahulu, lalu ambil uang yang Anda bayarkan untuk utang dan gunakan untuk membayar saldo terkecil berikutnya.

Membayar lebih dari minimum
Lihatlah pernyataan kartu kredit Anda. Jika Anda membayar saldo minimum pada kartu kredit Anda, perlu waktu lebih lama untuk melunasi tagihan Anda. Jika Anda membayar lebih dari jumlah minimum, Anda akan membayar lebih sedikit dengan bunga keseluruhan.

Mintalah pada perusahaan kartu kredit Anda untuk memetakan ini sehingga Anda dapat melihat bagaimana itu berlaku untuk tagihan Anda.

Mengkombinasikan saldo
Mengkonsolidasikan hutang Anda dapat membuat Anda menggabungkan beberapa saldo dengan bunga yang lebih tinggi menjadi bunga yang lebih rendah, sehingga Anda dapat membayar utang lebih cepat tanpa meningkatkan jumlah pembayaran. Berikut adalah dua cara umum untuk menggabungkan utang:
  • Memanfaatkan tingkat transfer saldo rendah untuk memindahkan utang dari kartu kredit yang punya bunga tinggi. Sadarilah bahwa biaya transfer saldo seringkali 3-5%, tetapi penghematan dari suku bunga yang lebih rendah seringkali lebih besar dari biaya transfer.
  • Jika Anda memiliki ekuitas di rumah Anda, Anda mungkin dapat menggunakannya untuk melunasi hutang kartu kredit. Jalur kredit ekuitas rumah dapat menawarkan tingkat yang lebih rendah daripada yang dibebankan kartu Anda. Sadarilah bahwa biaya penutupan sering berlaku, tetapi manfaat tambahannya adalah pembayaran bunga ekuitas rumah sering dikurangkan dari pajak.
  • Jika Anda melakukan konsolidasi, perlu diingat bahwa sangat penting untuk mengontrol pengeluaran Anda untuk menghindari penagihan utang baru di atas utang yang baru saja Anda konsolidasi.

Memprioritaskan anggaran kembali 
Mulailah dengan mengelompokkan pengeluaran bulanan Anda, misalnya: makanan, transportasi, perumahan, dan hiburan. Pernyataan kartu kredit Anda dapat menjadi alat yang berguna; banyak emiten mengkategorikan pengeluaran Anda.

Selanjutnya, cari area di mana Anda dapat mengurangi. Kemudian ambil uang yang telah Anda keluarkan dan terapkan untuk membayar utang Anda.

Menurunkan suku bunga, meningkatkan pembayaran
Cara melunasi kartu kredit Anda lebih cepat adalah dengan menggunakan uang ekstra dalam anggaran Anda untuk melunasinya dengan potongan terbesar. Tetapi pertama-tama Anda memanggil masing-masing kreditor Anda untuk menegosiasikan suku bunga rendah pada kartu kredit Anda.

Dengan Apr yang lebih rendah, setiap pembayaran yang Anda lakukan lebih ke pembayaran pokok, bukan biaya bunga yang dibebankan.

Mengatur rencana
Setelah Anda menurunkan suku bunga, Anda menerapkan rencana pengurangan utang. Di sinilah Anda mengatur kartu kredit Anda untuk memprioritaskan pembayaran kembali. Anda melakukan pembayaran minimum untuk semua kartu kredit, kecuali untuk satu kartu kredit saja, Anda harus melakukan pembayaran terbesar dengan semua arus kas tambahan dalam anggaran Anda.

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Mendapatkan pinjaman
Jika Anda memiliki terlalu banyak utang untuk dihilangkan selama periode transfer saldo pengantar, opsi berikutnya adalah pinjaman. Anda mengambil pinjaman konsolidasi hutang pribadi dan menggunakan dana ini untuk melunasi saldo kartu kredit Anda.

Pinjaman pribadi cenderung memiliki tingkat bunga yang kurang dari 10%, yang jauh lebih rendah daripada kebanyakan kartu kredit. Skor kredit yang lebih tinggi memungkinkan Anda untuk memenuhi syarat untuk tarif serendah mungkin.

Membuat rencana pengelolaan utang dengan penasihat kredit
Jika Anda tidak memiliki kredit yang baik atau Anda memiliki terlalu banyak utang untuk dilunasi dengan transfer utang atau pinjaman konsolidasi, hubungi penasihat kredit. Mereka dapat membantu Anda mendaftar dalam program manajemen utang.

Ini adalah paket pembayaran hutang kartu kredit yang dirancang khusus untuk orang-orang dengan skor kredit yang lebih rendah dan tingkat utang yang lebih tinggi.

Membayar utang dari utang
Jika Anda tidak peduli apa yang merusak skor kredit Anda dan hanya ingin jalan keluar dari utang dengan cepat dan murah, maka dapat pertimbangkan penyelesaiannya dengan utang. Program penyelesaian utang dirancang untuk membantu Anda keluar dari utang dengan persentase dari jumlah utang Anda.

Penyelesaian rata-rata biasanya sama dengan sekitar 40% dari yang Anda dapatkan. Selain itu, mereka dapat membantu Anda keluar dari hutang hanya dalam 12 hingga 24 bulan.

Menghentikan pengisian
Kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang ketika membayar hutang kartu kredit adalah mereka tidak berhenti membuat biaya baru. Perhatikan bahwa ketika Anda mendaftar dalam program manajemen utang, kreditor membekukan akun Anda sehingga Anda tidak dapat membebankan biaya apa pun.

Anda juga tidak dapat mengajukan permohonan kartu kredit baru selama pendaftaran. Ini bisa membuat frustasi, tetapi juga berguna untuk menghentikan kebiasaan kredit jika Anda tidak dapat berhenti dari pengisian.

Jika satu solusi tidak berhasil, coba yang lain. Yang menyenangkan dari semua opsi pembayaran utang ini adalah tidak ada yang ditetapkan. Jika Anda mentransfer saldo tetapi tidak dapat melunasi hutang selama periode pengantar 0% Apr, ambil pinjaman.

Selama pinjaman konsolidasi utang yang Anda dapatkan tidak dijamin, Anda dapat memasukkannya dalam program pengelolaan utang. Pada dasarnya, jika satu opsi untuk pembayaran tidak berfungsi, Anda dapat pindah ke yang lain tanpa menunggu gagal.

Namun, cobalah untuk menghindari pembayaran yang hilang atau tertinggal. Setelah kreditor Anda menghapus hutang karena tidak membayar, itu membatasi pilihan Anda untuk mendapatkan bantuan. Tidak peduli, jika hutang Anda lancar, Anda memiliki pilihan untuk menghilangkannya dengan cepat tanpa merusak kredit Anda.


Gimana, adakah yang mau membagikan pengalaman melunasi hutang kartu kredit atau punya solusi atas pengalaman terlilit hutang kartu kredit ? Silahkan tambahkan di komentar, mudah-mudahan bisa menjadi solusi bagi mereka yang sedang nyari cara melunasi kartu kredit macet atau cara pemutihan kartu kredit.

Jangan sampai hutang kartu kredit tidak dibayar alias kabur dari hutang kartu kredit. Berusahalan untuk meminta diskon pelunasan kartu kredit atau keringanan pembayaran kartu kredit Bank Mega atau bank lainnya dimana Anda punya kartu kredit.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top