Tuk Bayar Utang

Bantuan Pinjaman Uang untuk Bayar Hutang



Mencari bantuan pinjaman uang untuk bayar hutang adalah tindakan yang tidak direkomendasikan dan sering disebut sebagai gali lobang tutup lobang.

Cara paling bijaksana untuk mengelola utang sehingga bisa dilunasi sepenuhnya adalah dengan membuat skala prioritas pada nilai utang itu sendiri dan kemudian mengalokasikan dana secara optimal untuk melunasi utang.

Dan selalu ingat bahwa dana pinjaman bukan sumber pendapatan yang bisa diandalkan untuk melunasi hutang karena Anda harus mengembalikan uang dari pinjaman, bahkan ditambah dengan biaya manajemen, bunga, denda dan sebagainya.

Upaya untuk menemukan sumber dana untuk melunasi pinjaman harus dipertimbangkan dengan hati-hati sampai Anda benar-benar siap untuk mengajukan pinjaman baru seperti pinjaman uang online atau dengan kartu kredit.

Mengajukan pinjaman baru untuk melunasi hutang harus memperhitungkan bahwa angsuran pinjaman baru ini harus lebih ringan dari yang sebelumnya.

Misalnya, ketika Anda memiliki utang dengan angsuran 2,5 juta per bulan selama 2 bulan, maka Anda memiliki opsi lain untuk membayar utang dengan pinjaman baru 5 juta untuk pembayaran 1 juta rupiah per bulan selama 5 bulan.

Mengacu pada situasi di atas, maka rencana untuk mengajukan pinjaman dana sebagai langkah untuk membayar hutang baru yang, dapat Anda terapkan dan tentu saja ini akan memberikan bantuan.

Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal. Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih pinjaman adalah :

Hindari suku bunga tinggi
Seseorang yang berhutang harus bisa menutup lubang besar dan mengganti dengan yang lebih kecil. Ini berarti Anda terpaksa harus mencari pinjaman dengan bunga lebih rendah dari pinjaman sebelumnya sehingga risikonya tidak terlalu besar.

Tetapi jika Anda seorang Muslim, Anda harus memilih pinjaman Islami untuk menghindari bunga pinjaman. Karena riba termasuk hal yang dilarang oleh Islam. Ini juga merupakan langkah untuk menghindari suku bunga tinggi, karena pinjaman syariah tidak menerapkan suku bunga.

Memilih pinjaman tanpa kartu kredit
Ada banyak pinjaman yang memerlukan kepemilikan kartu kredit. Kartu kredit digunakan sebagai pertimbangan untuk persetujuan pinjaman, terutama dalam hal batas pinjaman. Karena dengan melihat batasan kartu kredit, penyedia bank dengan mudah menentukan kemampuan calon peminjam. Bagi Anda yang mencari pinjaman lunak untuk melunasi hutang, tentu lebih sulit dalam hal kartu kredit.

Memilih pinjaman non BI checking
Butuh uang mendesak untuk melunasi hutang dengan mengajukan pinjaman uang non BI check adalah pilihan yang tepat. Karena tanpa hasil status bi checking, riwayat kredit Anda tidak terlihat atau tidak diperhitungkan oleh penyedia pinjaman.

Jika tempat pinjaman memberlakukan BI checking, maka status dan riwayat kredit Anda sebelumnya dapat ditemukan, apakah Anda saat ini Anda dalam kondisi utang, kredit macet dll.

Menghindari persyaratan dokumen yang memberatkan
Perhatikan ketentuan dan dokumen yang harus dipenuhi dalam memilih pinjaman untuk membayar hutang. Karena itu bisa menjadi syarat bahwa Anda tidak dapat memenuhi dokumen pada saat itu.

Beberapa kondisi dokumen yang terkadang memberatkan adalah slip gaji sebagai bukti bahwa Anda memenuhi kriteria gaji minimum per bulan. Maka legalitas usaha yang tidak harus usaha kecil memiliki izin usaha sesuai dengan persyaratan.

Cara Terbaik Melunasi Hutang

Cara terbaik untuk melunasi hutang adalah dengan tabungan yang Anda miliki. Dalam membuat keputusan, Anda tidak boleh melakukannya di bawah tekanan dari pihak tertentu yang berkaitan dengan penagih utang.

Jika Anda memiliki aset berharga, pertimbangkan lebih hati-hati apakah dengan menjual aset ini utang Anda dapat segera dilunasi malah benar-benar akan kehilangan sumber dana cadangan untuk masa depan.

Strategi terbaik untuk keluar dari jeratan hutang adalah dengan meningkatkan pendapatan per bulan atau mengurangi pengeluaran lain yang masih bisa disisihkan dari kebutuhan makanan pokok, tempat tinggal, pakaian.

Mengambil langkah untuk melunasi utang dengan mencari pinjaman baru cenderung tidak menyelesaikan masalah, jadi solusi terbaik adalah mencoba mengurangi jumlah utang yang ada dan kemudian selalu berkomitmen untuk mencoba mengelola keuangan pribadi Anda dengan lebih baik.

Mencari sumber penghasilan tambahan juga merupakan solusi yang paling tepat jika Anda dapat memaksimalkan kinerja Anda dengan waktu yang tersedia.


Bantuan Pinjaman Uang untuk Bayar Hutang


Selain itu, beberapa tips di bawah ini juga bisa mempercepat kebingungan Anda dalam membayar hutang.

Rekap semua hutang Anda dan prioritaskan membayar hutang berbunga tinggi
Hitung ulang berapa banyak hutang yang Anda miliki. Idealnya, item pengeluaran yang digunakan untuk membayar hutang tidak lebih dari 30% dari gaji bulanan. Jika porsi pembayaran utang lebih dari 30%, itu berarti kondisi keuangan Anda tidak sehat.

Jika Anda memiliki banyak utang, urutkan utang Anda menurut suku bunga tertinggi hingga terendah. Prioritaskan melunasi hutang dengan tingkat bunga tertinggi.

Mengucurkan dana tambahan dari aset yang Anda miliki
Lihatlah barang-barang dan barang-barang yang Anda miliki di rumah dan tidak lagi digunakan. Menjual atau menyewakan barang-barang ini bisa menjadi cara alternatif untuk mendapatkan uang tunai yang dapat digunakan untuk membayar utang.

Contoh barang yang bisa menjadi sumber uang bagi Anda:
- Menyewakan kamar atau ruangan
- Menjual barang bekas misal TV, lemari, buku bekas, furnitur, laptop, sepatu handphone, dll.
- Menyewakan sepeda motor atau mobil Anda

Minta bantuan dari saudara atau teman yang bisa dipercaya
Jika Anda memiliki kerabat atau teman dekat, cobalah untuk jujur, jelaskan situasi Anda dan minta bantuan mereka. Dana yang Anda peroleh dapat digunakan untuk melunasi pembayaran utang, tetapi ingatlah bahwa Anda akan melunasi utang tersebut dari uang pinjaman teman Anda.

Minta bantuan profesional, perusahaan pengelola utang
Jika Anda merasa tidak nyaman dan tidak ingin mengganggu kerabat atau teman Anda, Anda dapat meminta bantuan dari pihak yang berpengalaman yang menggunakan layanan dari perusahaan yang menyediakan program manajemen utang.

Pastikan ketika Anda mencari bantuan dari layanan manajemen utang yang telah terdaftar di biro yang kredibel. Manfaat yang Anda dapatkan dari layanan manajemen utang adalah bisa membantu Anda bernegosiasi dengan kreditor untuk mengurangi bunga, dan biaya pembayaran utang.

Dalam beberapa kasus, manajemen utang bahkan dapat mengurangi pembayaran keseluruhan dan membekukan biaya bunga atau denda. Kelola utang sehingga Anda dapat membayar angsuran utang bulanan sesuai kemampuan keuangan Anda.

Melakukan mediasi perbankan untuk penyelesaian utang
Jika Anda gagal menemukan solusi dengan pemberi pinjaman, mediasi perbankan dengan menempatkan Bank Indonesia sebagai mediator netral dapat dilakukan.

Sebagai mediator netral, Bank Indonesia akan memotivasi dan mengarahkan kedua belah pihak (kreditor dan debitor) untuk mencari penyelesaian utang, keputusan yang diambil adalah solusi win-win.

Mencairkan investasi
Salah satu cara untuk mendapatkan uang dengan cepat adalah dengan menarik investasi yang Anda miliki. Jenis investasi yang dapat Anda likuidasi termasuk emas, deposito, reksadana dan lainnya. Setelah hutang dilunasi, Anda dapat mengalokasikan kembali pendapatan untuk investasi.

Menjual pakaian atau barang secara online
Jika Anda pandai memasak, Anda bisa menjual makanan berat atau makanan ringan untuk orang-orang kantor. Anda juga bisa buka warung kopi dan bisnis indomie dengan membuka warung kopi kecil di rumah.

Menghindari penyebab hutang
Berutang bukan sesuatu yang diinginkan siapa pun. Ada banyak faktor mengapa seseorang bisa dalam kondisi hutang. Diantaranya karena bisnisnya kurang berkembang sementara sebagian besar modalnya diperoleh dari pinjaman. Karena bisnisnya tidak berkembang akhirnya tidak bisa melunasi utangnya.

Kasus lain juga karena seseorang terlalu memenuhi kebutuhan konsumen tetapi tidak memikirkan jangka panjang. Ini juga berlaku untuk orang yang meminjam uang karena mereka memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti makanan dan pendidikan.

Orang yang berhutang juga disebut sebagai gharim, dan gharim harus dikasih zakat, karena statusnya sama dengan orang miskin. Anda yang murah hati secara pribadi mungkin dapat membantunya, setidaknya memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman uang tanpa jaminan dan tanpa riba (bunga).

Mencari bantuan dari Baitul Mal
Pilihan terakhir, jika Anda masih belum mendapatkan solusi, mintalah bantuan ke Baitul Mall, Baznaz atau komunitas tanpa riba yang benar-benar membantu orang-orang yang berhutang. Namun, pembayaran utang akan menjadi syarat dengan penggunaan utang sebelumnya.

Jika memang hutang diambil untuk kelangsungan hidup seperti makanan, dan kebutuhan sehari-hari. Maka itu layak dibantu. Namun, jika hanya karena gengsi dll, peluangnya sangat kecil untuk ditolong. Cari lembaga atau komunitas, tidak perlu mencari pinjaman lunak untuk melunasi hutang.

Demikian informasi seputar bagaimana cara cari bantuan dana buat bayar hutang, entah itu dari pinjaman lunak untuk bayar hutang atau lewat bantuan dana hibah untuk bayar hutang dari lembaga bantuan pelunasan hutang.




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top