Tuk Bayar Utang

Cara agar dapat Melunasi Hutang dengan Cepat



Kali ini Saya akan share bagaimana cara agar dapat melunasi hutang dengan cepat, tentu saja dengan cara sekreatif mungkin, mudah dan tentunya halal serta legal. Cara ini Saya himpun dari berbagai media online terpercaya seperti dari blog Tokopedia, Liputan 6 Bisnis, Dream, Suara dan Finansialku.

Pada dasarnya, utang adalah kebalikan dari aset. Semakin banyak orang memiliki hutang, semakin kecil kekayaan mereka. Utang itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu utang produktif dan utang konsumen.

Utang produktif adalah utang yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang membawa manfaat finansial secara langsung, seperti pinjaman untuk modal bisnis. Sebaliknya, utang negatif adalah utang yang digunakan untuk kegiatan konsumtif, seperti pinjaman untuk liburan.

Utang sehat adalah utang yang tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan. Jika ternyata utang melebihi rasio 30 persen, cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah tidak lagi menambah utang. Kemudian siapkan anggaran untuk melunasi hutang. Cobalah untuk membatasi pengeluaran sebanyak mungkin.

Memiliki hutang sering membuat situasi keuangan tidak stabil. Apalagi jika utang sudah menumpuk. Di satu sisi, utang tampaknya merugikan. Namun di sisi lain, utang juga karena kebutuhan yang harus segera dipenuhi.

Yang pasti, lebih baik bagi seseorang yang berhutang tidak perlu menunggu sampai hutang mereka menumpuk dan kemudian melunasinya. Apa pun jenis utangnya, akan lebih bijak jika permohonan utang didasarkan pada kemampuan keuangan debitur.

Jika kita berutang lebih dari kemampuan keuangan kita, kita memiliki risiko kebangkrutan atau gagal bayar yang tinggi. Untuk mengantisipasi hal ini, perkirakan pembayaran utang per bulan dan bandingkan dengan sisa uang yang tidak digunakan untuk apa pun. Jika lebih kecil, aman untuk berutang.

Beragam metode dan trik dalam melunasi hutang dengan cepat, tersedia di internet. Begitu pula terdapat beragam tips yang dibagikan di berbagai forum tentang cara melunasi hutang tanpa menimbulkan masalah baru. Ini dia ulasannya.

Cara agar dapat Melunasi Hutang dengan Cepat


Menulis daftar hutang
Sebelum mengambil langkah-langkah untuk melunasi utang, Anda harus menyusun daftar semua utang yang ada. Tuliskan semua hutang sesuai dengan urutan yang paling diprioritaskan untuk dibayar, termasuk besarnya suku bunga.

Mengatur skala prioritas pembayaran
Tentukan mana yang akan diprioritaskan untuk dilunasi. Saran Saya, pilih utang yang kecil dulu. Setelah itu, lunasi utang dengan tingkat bunga tertinggi. Kemudian, pilih tingkat bunga yang relatif rendah. Untuk hutang besar, lakukan cicilan dengan bunga stabil.

Jangan melunasi hutang dengan hutang
Jika Anda secara aktif melunasi hutang, Anda seharusnya tidak membuat utang baru. Terutama bagi mereka yang suka berbelanja menggunakan kartu kredit. Kami menyarankan Anda terlebih dahulu menyelesaikan hutang yang harus dibayar. Jangan menerapkan pola atau gaya hidup menggali lubang untuk menutup lubang dalam melunasi hutang.

Lakukan angsuran berkala dengan nominal kecil
Nggak masalah kalau mau membayar dengan cara mencicil dalam nominal yang kecil, namun harus dilakukan menurut periode yang telah ditentukan. Alih-alih membayar banyak utang secara langsung, tetapi itu tidak realistis, ini bisa sia-sia. Bahkan, peluang akan memunculkan masalah baru.

Jangan menggunakan kartu kredit
Kartu kredit seperti dua bilah yang berbeda. Di satu sisi, kartu kredit bisa menguntungkan apalagi ketika situasi benar-benar darurat. Tetapi di samping itu, kalau Sobat nggan bisa memakai kartu kredit ini, maka bisa mengakibatkan kehancuran buat Anda sendiri.

Tidak diragukan lagi, bunga yang dihasilkan oleh kartu kredit cukup besar, terutama jika Anda tidak segera melunasi tagihan. Jika sudah seperti itu, yang terjadi adalah tagihan akan semakin membengkak.

Pastikan Anda telah membayar hutang kartu kredit dengan pembayaran penuh, sehingga Anda tidak memiliki tunggakan untuk dibayar. Pastikan juga Anda tidak menggunakan kartu kredit lagi, sehingga Anda menghindari tagihan yang selalu muncul di akhir bulan.

Mengurangi pengeluaran
Jika dalam waktu dekat tidak akan ada penghasilan tambahan seperti kenaikan gaji, bonus, THR, maka satu-satunya cara untuk memiliki dana tambahan untuk membayar hutang adalah dengan menghemat pengeluaran.

Jika kemarin Anda menghabiskan 50%, 60% atau 70% dari pendapatan untuk konsumsi dan sisanya untuk membayar utang, sekarang balikan proporsinya. Kedengarannya mustahil. Tapi coba tulis dulu  detail pengeluaran yang masih bisa dihemat.

Misalnya seperti di bawah ini:
  • Pindah tempat tinggal, misalnya dari apartemen ke yang lebih murah atau menyewa kamar kos atau pindah sementara ke rumah orang tua
  • Berhenti berbelanja yang tidak penting seperti tisu dan beralihlah ke handuk atau sapu tangan
  • Kurangi makan di luar dan mulailah memasak di rumah. Cobalah memasak makanan yang sederhana namun tetap membangkitkan selera. Beli bahan-bahan segar di pasar tradisional, atau beli di supermarket ketika ada diskon. Jika Anda terbiasa makan siang di luar saat bekerja, cobalah membiasakan membawa makan siang dari rumah. Selain lebih sehat, tentu saja ini akan menghemat pengeluaran untuk makan.
  • Ke mana-mana harus berjalan kaki atau gunakan transportasi murah. Jika Anda terbiasa menggunakan transportasi, coba hitung berapa banyak yang Anda belanjakan. Jika Anda berpikir membawa mobil lebih boros, coba biasakan menggunakan transportasi umum, baik itu transportasi offline atau online. Apalagi kedua jenis kendaraan massal ini sekarang cukup banyak dan mudah ditemukan untuk berbagai jurusan. Selain mempercepat mobilitas, Anda juga dapat mengurangi kemacetan, dan keuangan Anda lebih mudah dikendalikan.
  • Hemat bahan bakar, ganti sepeda motor dengan sepeda
  • Ajukan cuti premi asuransi
  • Hemat listrik.

Memanfaatkan kas keluar
Coba ingat lagi, mungkin Anda masih memiliki uang tersembunyi. Maksudnya, uang tunai namun bukan yang terselip di saku celana atau di bawah karpet. Tetapi hal-hal di sekitar Anda yang dapat diubah menjadi uang tunai.

Misalnya, Anda telah membeli tiket pesawat atau tiket kereta api untuk paket liburan selama 3 bulan ke depan. Anda benar-benar dapat membatalkan tiket dan menguangkannya. Atau Anda dapat menyewakan kamar yang tidak digunakan. Anda dapat menggunakan uang itu untuk melunasi hutang dengan cepat.

Berikut adalah daftar lengkap ide yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan uang tunai:
- membatalkan tiket pesawat, kereta api, bus, dan dapatkan pengembalian uangnya
- menewakan kamar yang tidak digunakan
- menjual barang bekas yang tidak digunakan lagi
- menyewakan sepeda motor  atau mobil

Menemukan pekerjaan sampingan
Jika benar-benar tidak akan ada kenaikan gaji dalam waktu dekat, lebih baik Anda mulai mencari pekerjaan sampingan. Semakin banyak pendapatan yang Anda dapatkan dalam satu bulan, semakin banyak uang yang dapat Anda alokasikan untuk melunasi hutang Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakan pasar online seperti Tokopedia untuk memulai bisnis online. Tidak perlu memulai dengan bisnis yang membutuhkan modal, Anda bisa menjual dengan menjadi reseller.

Kalau tepat tinggal Sobat tidak jauh dari pusat kerajinan umpamanya, maka Sibat bisa ikut menjualkan produk tersebut hanya dengan menggunakan foto dan deskripsi barang. Jika ada pembeli, maka Anda membeli barang dan mengirimkannya ke pembeli.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan uang tambahan untuk melunasi hutang dengan menjual keterampilan atau berbagai pekerjaan paruh waktu lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk penghasilan tambahan.

Berikut berbagai ide yang dapat menginspirasi Anda:
- menjadi tutor
- driver sepeda motor online atau taksi online
- menjadi pengecer atau dropshipper online
- menjual foto
- menjadi penerjemah.

Selain konsisten, kunci keberhasilan untuk mendapatkan tambahan uang adalah kemauan yang kuat untuk dapat melunasi hutang segera. Jangan jadikan frustrasi sebagai penghalang bagi Anda untuk menemukan jalan keluar dari masalah keuangan. Lebih baik mengelola rencana keuangan Anda ke depan dan menggunakannya dengan lebih bijaksana sehingga kebutuhan dapat terpenuhi.

Memakai tabungan dan aset yang dimiliki untuk membayar hutang
Jika Anda benar-benar ingin utang dilunasi dengan cepat, Anda dapat menggunakan sejumlah tabungan atau aset untuk melunasinya. Aset tersebut dapat berupa perhiasan, arloji mahal atau dokumen berharga yang juga dapat digunakan.

Aset itu sendiri biasanya dalam bentuk barang tersier yang bukan kebutuhan sehari-hari, sehingga Anda dapat menjual dan dapat dibeli kembali suatu saat ketika keuangan membaik.

Memanaj utang
Jika Anda telah melakukan semua metode di atas tetapi juga tidak dapat melunasi hutang dengan cepat, mungkin Anda harus mencoba melakukan manajemen utang. Meskipun kedengarannya sulit dan rumit, manajemen utang dapat membuat Anda melunasi utang tanpa harus punya uang.

Triknya tidak sulit. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke bank tempat Anda memiliki hutang dan berkonsultasi dengan mereka. Berikut ini adalah cara-cara alternatif pengelolaan utang yang dapat Anda lakukan:
- Transfer saldo kartu kredit
- KPR Take Over
- Perpanjang jangka waktu dan kurangi angsuran

Berkonsultasi dengan profesional
Selain melakukan tips di atas, tidak ada salahnya jika Anda mencari orang yang mengerti dan berpengalaman dalam masalah keuangan. Profesional di bidang ini biasanya memahami strategi dalam melunasi hutang lebih cepat.

Coba minta nasihat apa yang harus dilakukan, dan langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi Anda saat ini. Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan biasanya juga dapat bernegosiasi dengan bank untuk membantu Anda.

Alternatif lain, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang tua, saudara, teman atau orang yang Anda percayai. Meskipun mereka bukan ahli keuangan, setidaknya Anda tidak membawa beban pikiran sendiri.

Hindari penyebab hutang
Ada pepatah mengatakan bahwa jika kita mau terhindar dari sesuatu, maka kita harus manjauhi apa yang menjadi penyebab sesuatu itu. Begitu pun hutang. Jika kita mau terhindar dari hutang, maka jauhi faktor penyebab hutang. Apa saja ?

Tidak memiliki dana cadangan
Disaat ada peristiwa yang tak terduga terjadi pada diri kita dan membutuhkan finansial, maka biasanya kita bisa memakai dana cadangan untuk mengantisipasinya. Tapi kalau kita orang yang termasuk mereka yang tak punya dana darurat, maka mau ngak mau kita mesti mencari pinjaman untuk menghadapinya.

Menyukai pembayaran kredit
Banyak ibu rumah tangga yang suka membayar secara kredit. Tetapi sekarang, dengan kartu kredit, siapa pun dapat melakukan pembayaran kredit. Meskipun terlihat lebih murah karena dapat dilunasi, pembayaran kredit dapat memberikan kerugian jangka panjang.

Misalnya, kesulitan dalam mengendalikan jumlah transaksi, akumulasi utang jika tagihan awal tidak segera dibayarkan, dan juga bunga pinjaman yang terus berjalan seiring dengan penalti.

Gaya hidup konsumtif
Gaya hidup konsumtif bisa menjadi sesuatu yang akan menjebak Anda di masa depan. Jika Anda tidak mampu membeli barang, Anda harus menunda pembelian sampai Anda mampu membelinya. Jangan membeli apa pun, terutama sampai Anda berhutang hanya untuk mengejar gengsi dan gaya hidup.

Memiliki sifat tidak enakkan
Terkadang, perasaan tak enak untuk menolak undangan teman juga bisa membuat Anda memiliki banyak hutang. Bahkan, meski Anda telah memaksakan diri untuk mengikuti undangan teman, Anda tetap akan merasa tidak enak karena Anda bingung dengan hutang yang harus Anda bayar nanti.

Terjadi bencana kepada kepala keluarga
Pada sebagian atau umumnya keluarga, sumber penghidupan buat keluarga umumnya hanya berasal dari seorang saja. Jika sewaktu-waktu orang tersebut terkena bencana, seperti PHK atau kematian, tentu saja ini akan membuat keuangan keluarga goyang dan mau tidak mau harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Terkena bencana
Bencana seperti bencana alam atau kebakaran dapat menimbulkan banyak kerugian. Seperti kehilangan harta benda, anggota keluarga, nyawa, dan lainnya. Tak jarang, penjarahan juga terjadi bersamaan dengan musibah. Jadi beberapa orang perlu melawan sejak awal untuk dapat memulihkan modal yang hilang.

Bisnis bangkrut
Membangun bisnis tidak mungkin dalam satu malam. Ada banyak usaha dan uang yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa seorang wirausahawan pun memiliki hutang dalam jumlah besar akibat kebangkrutan yang dialaminya.

Cara cepat melunasi hutang dengan doa
Dalam fiqh muamalah, utang adalah praktik yang diizinkan. Namun, umat Islam diminta berhati-hati. Meski diizinkan, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah kondisi yang mendesak.

Persyaratan ini agar utang tidak menjadi kebiasaan yang akan menjadi gaya hidup. Jika itu menjadi kebiasaan, itu dapat membawa bahaya dan mengancam moral karena itu mengarah pada kebohongan. Seseorang yang berhutang sangat mudah dipengaruhi oleh Setan untuk melakukan amoralitas.

Yang penting dapat melunasi utangnya, ada orang yang mengerjakan apa pun caranya, termasuk nyuri atau bahkan ngegarong. Ternyata utang itu jika terus berlanjut bisa berdampak buruk pada sikap manusia. Karena itu, sebisa mungkin hindari hutang.

Jika Anda sudah memiliki hutang, cepat lunasi dan baca doa lunasi hutang sebelum tidur setiap malam. Bagaimana cara mempraktekkan doa utang lunas? Ternyata ada beberapa saran jika ingin melunasi hutang dengan cepat.

Meski begitu, bukan hanya dengan berdoa. Harus ada upaya untuk bekerja dan mencari penghasilan sehingga utang bisa cepat diselesaikan. Berikut ini adalah doa agar utang bisa dilunasi dengan cepat yang dibaca ketika akan tidur.

ALLAHUMMA ROBBAS-SAMAAWAATIS SAB'I 
WA ROBBAL 'ARSYIL 'AZHIIM, 
ROBBANAA WA ROBBA KULLI SYAI-IN, 
FAALIQOL HABBI WAN-NAWAA 
WA MUNZILAT-TAWROOTI WAL INJIIL WAL FURQOON.
A'UDZU BIKA MIN SYARRI KULLI SYAI-IN 
ANTA AAKHIDZUM BINAA-SHIYATIH.
ALLAHUMMA ANTAL AWWALU FALAYSA QOBLAKA SYAI-UN 
WA ANTAL AAKHIRU FALAYSA BA'DAKA SYAI-UN, 
WA ANTAZH ZHOOHIRU FA LAYSA FAWQOKA SYAI-UN, 
WA ANTAL BAATHINU FALAYSA DUUNAKA SYAI-UN, 
IQDHI 'ANNAD-DAINAA 
WA AGHNINAA MINAL FAQRI.


Yang jelas, utang adalah ikatan, tuntutan, dan kewajiban yang harus segera diselesaikan. Jangan terjerat dalam masalah ekonomi yang tak ada habisnya karena berbagai macam hutang.

Pastikan niat kuat dan disiplin untuk melunasi hutang semaksimal mungkin. Dengan begitu, apa yang dilakukan untuk melunasi hutang akan berjalan dengan lancar. Apalagi jika itu memang sudah dimaksudkan. Niat untuk segera terbebas dari hutang.

Juga, pastikan untuk mengelola pengeluaran dengan baik. Prioritaskan tabungan dan simpan uang, dan jangan melebihi rasio 30 persen jika Anda ingin meminjam lagi.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar cara melunasi hutang yang menumpuk, mungkin 10 juta bahkan lebih, baik itu akibat hutang rentenir ataupun akibat lainnya. Jangan hanya sekedar angan-angan saja, seperti ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, tapi berusahalah sekuat tenaga, misalnya mencari cara melunasi hutang dalam 2 hari atau minta informasi bagaimana cara melunasi hutang Yusuf Mansur atau nyari orang yang bisa membantu melunasi hutang.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top