Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang Tanpa Berhutang



Bagaimana cara melunasi hutang tanpa berhutang ? Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu akrab dengan kata hutang. Faktanya, kita mungkin terlilit hutang karena suatu alasan. Tidak masalah untuk berutang selama kita mampu membayar sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Tetapi juga tidak sedikit orang yang mau berutang tetapi tidak dapat membayar sesuai dengan perjanjian. Beberapa bahkan berutang untuk menutupi utang sebelumnya. Di sini kita meminjam istilah "gali lubang tutup lobang", menggali untuk menutup lubang yang ada.

Lalu adakah cara cepat melunasi hutang tanpa ngutang lagi ? Untuk melunasi hutang kita tentu memiliki banyak cara. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba :

Menjadikan hutang sebagai modal bisnis
Hutang tidak hanya dimaksudkan untuk memenuhi kekurangan harian. Jika kita bisa menggunakannya untuk modal usaha kenapa tidak. Dengan itu kita juga bisa mendapatkan dua manfaat dari hasil utang kita.

Pertama dengan utang yang kita buat modal bisnis akan bisa memenuhi kebutuhan kita tanpa perlu mencari utang lagi. Ke dua, kita bisa sedikit demi sedikit akan dapat membayar hutang kita tanpa harus menggunakan uang apalagi hutang lagi.

Rajin menyisihkan uang
Jika kita memiliki hutang, yang harus kita lakukan adalah membayarnya. Jadi kita juga harus merencanakan kapan harus membayar. Salah satu cara agar kita dapat membayar dengan tepat dan tidak mencari pinjaman lain adalah dengan menyisihkan uang harian.

Misalnya: kita memiliki utang 100.000 dan pembayaran 20 hari lagi, maka kita harus menyisihkan 5.000 setiap hari.

Hindari pengeluaran berlebihan
Menghindari pengeluaran secara berlebihan adalah cara untuk mengurangi pengeluaran kita. Anda harus melakukan ini bahkan ketika Anda tidak memiliki hutang. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, kita dapat membayar hutang kita. Jadi tidak perlu mencari hutang untuk melunasi hutang.

Berpikir positif bahwa hutang akan terbayar
Ada yang mengatakan pikiran akan memengaruhi tindakan kita. Mungkin itu benar. Kepercayaan kita sangat memengaruhi tindakan kita. Jadi apa yang salah dengan berpikir positif tentang utang kita sekarang.

Yakini bahwa hutang itu akan dilunasi tepat waktu. Pasti akan dilunasi tanpa harus berhutang lagi. Maka kita akan yakin dan lebih bersemangat untuk membayar hutang kita dengan benar.

Buat daftar wesel bayar beserta jadwal pembayarannya
Mungkin terdengar sedikit lucu membuat daftar catatan utang bersama dengan jadwal pembayaran. Tapi itu akan membantu kita mengingat kapan pembayaran itu agar tidak lupa atau terburu-buru saat pembayaran dan akhirnya harus berhutang lagi. Hal itu juga dapat membuat kita selalu ingat dan memikirkan bagaimana cara membayar hutang kita.

Serius dalam bisnis
Untuk melunasi hutang tanpa hutang berikutnya adalah serius dalam mencoba melunasinya. Dengan serius, kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dengan mudah, seperti membayar hutang misalnya. Juga jika kita bekerja pun mesti juga serius.

Bertekad tidak akan menambah hutang
Tekad yang kuat akan menuntun kita menuju pencapaian kita. Itu adalah kata yang dapat kita ambil sebagai motivasi ketika kita ingin bertekad untuk melunasi dan tidak lagi berutang. Melunasi utang bukanlah memindahkan utang.

Cara Melunasi Hutang Tanpa Berhutang

Selain mempraktekan tips di atas, ada sebuah metode yang bisa Anda coba dalam melunasi hutang tanpa ngutang yakni metode Bola Salju atau Debt Snowball. Metode Bola Salju sangat mungkin membantu Anda melunasi semua utang dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Mengenai piutang, Anda tidak akan dapat langsung melunasi semuanya sekaligus. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah melempar bola salju atau memutar uang yang Anda dapatkan untuk melunasi hutang secara perlahan tapi pasti.

Metode Bola Salju ini berfungsi dengan cara melunasi hutang Anda dari yang terkecil hingga yang terbesar. Ketika hutang kecil dibayar, manfaatkan momentum ini untuk menggulung atau mengubah uang yang Anda bayarkan menjadi tagihan kecil berikutnya.

Langkah-langkahnya kurang lebih seperti di bawah ini:
  • buat daftar semua hutang Anda dan urutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar, tidak peduli seberapa besar bunganya
  • lakukan pembayaran minimum untuk semua hutang Anda kecuali hutang terkecil
  • bayar sebanyak mungkin hutang terkecil yang Anda miliki, jika perlu, segera lunasi hutang terkecil Anda
  • Selanjutnya, Anda dapat mengulangi langkah-langkah seperti di atas sampai semua hutang yang berhasil Anda lunasi

Dengan membiasakan diri membayar hutang kecil di muka, saat pelunasan hutang akan membuat Anda bangga dan ingin melunasi hutang berikutnya. Akan terasa berbeda jika Anda segera bekerja keras mencari uang tambahan untuk membayar hutang terbesar.

Jika bahkan hutang terbesar dilunasi, lalu apa? Anda akan merasa lelah dengan perjuangan yang terlalu sulit, sementara di sisi lain masih banyak hutang kecil yang belum dilunasi. Kondisi seperti ini akan membuat Anda putus asa dan merasa semua yang telah dilakukan sia-sia.

Jadi dengan kata lain Anda tidak akan memiliki semangat untuk mengejar hutang kecil lainnya karena mereka merasa semuanya sia-sia. Konsistensi sangat diperlukan dalam hal ini, karena segala sesuatu yang dilakukan perlahan secara konsisten akan membuahkan hasil.

Melaksanakan metode Bola Salju juga tidak bisa sembarangan. Semua butuh proses dan butuh waktu. Sebelum memulainya, Anda harus punya uang tambahan dari pekerjaan tambahan atau menerima uang bulanan Anda. Dalam hal ini, Anda harus sudah mengumpulkan dana darurat hingga mencapai jumlah tetap bulanan.

Dana darurat adalah dana yang Anda sisihkan setiap bulan untuk keperluan mendadak. Setelah itu, barulah mulai memakai metode  Snowball dengan membuat daftar hutang yang terbesar lalu membayarnya dari yang paling kecil.

Metode Bola Salju tidak akan berfungsi jika Anda tidak memiliki tekad kuat dan perilaku yang mendukung. Di bawah ini adalah 5 hal yang perlu Anda lakukan ketika membangun metode Bola Salju .

Berhentilah mencari pinjaman atau hutang
Metode Snowball yang Anda lakukan tentu tidak akan membuahkan hasil jika Anda masih terus berutang. Sama seperti istilah 'menggali lubang, menutup lubang', Anda berhasil melunasi satu lubang utang tetapi membuat lubang utang lain.

Satu hal yang benar-benar perlu dihindari adalah menggunakan kartu kredit, karena kartu kredit akan menciptakan lubang utang yang tidak terlihat. Pikirkan hingga 10 kali mengapa Anda benar-benar perlu menggunakan kartu kredit.

Gunakan pembayaran tagihan otomatis
Untuk beberapa tagihan biasanya ada fasilitas pembayaran otomatis yang langsung dikurangkan dari akun Anda. Nah, cara yang satu ini juga cukup bagus sehingga Anda tidak mengalami keterlambatan pembayaran dan akhirnya menjadi bengkak.

Dengan menggunakan pembayaran tagihan otomatis, Anda juga dapat lebih fokus membayar utang menggunakan metode Bola Salju. Beberapa tagihan yang dapat diatur secara otomatis, yaitu tagihan telepon, ponsel, asuransi mobil dan lain-lain.

Mengelola data hutang
Beberapa orang rupanya belum terlalu memperhatikan detail utang atau pinjaman yang mereka gunakan. Kebanyakan dari mereka hanya fokus pada berapa banyak uang yang bisa dipinjam dan berapa yang harus dibayar per bulan.

Ini tidak terlalu bagus dan akan membuat Anda bingung menentukan target pembayaran utang karena Anda tidak tahu datanya. Data yang dimaksud adalah tentang suku bunga, jatuh tempo dan sebagainya.

Fokus saja pada satu utang
Kita semua tahu bahwa kebanyakan orang memiliki lebih dari satu hutang. Namun, ketika Anda memiliki cukup uang untuk melunasi hutang Anda, apa yang akan Anda lakukan? Beberapa orang mungkin menyebarkan uang untuk membayar sedikit demi sedikit dari semua hutang yang ada. Namun, ini tidak akan cukup membantu Anda.

Jika Anda menyebarkannya ke semua hutang, Anda tidak akan melihat kemajuan yang signifikan karena hanya mengurangi sedikit dari total hutang. Fokus saja pada satu hutang terlebih dahulu, jika Anda dapat segera melunasi salah satu utang Anda. Kemudian Anda dapat melanjutkan pembayaran ke utang lain.

Pembayaran roll over ke utang berikutnya
Anda dapat melakukan pembayaran roll over dengan melunasi satu utang terlebih dahulu dan kemudian pindah ke utang berikutnya. Dengan melunasi satu hutang, Anda akan merasa menang dan sukses.

Kemenangan ini akan membuat Anda merasa puas dan berhasil melunasi hutang, meski hanya satu. Setelah itu, Anda akan memiliki motivasi dan antusiasme dalam menghasilkan lebih banyak uang untuk membayar hutang lain.

Selain membantu Anda melunasi utang lebih cepat, metode Snowball juga membentuk kebiasaan baik untuk Anda. Setelah terbiasa menyisihkan uang untuk membayar utang secara konsisten, Anda secara tidak langsung memiliki kebiasaan yang stabil. Setelah semua hutang Anda lunas, Anda dapat mengubah kebiasaan menyisihkan uang secara konsisten.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membeli barang apa pun yang Anda inginkan tanpa mengambil pinjaman atau hutang. Secara tidak langsung, Anda juga berhasil membuang kebiasaan hutang yang sudah sering dilakukan sebelumnya.


Hal lain yang mesti Anda lakukan dan ikut mendukung cepatnya dalam melunasi hutang adalah :

Tobat
Jangan lupa untuk selalu meminta pengampunan dari Sang Pencipta, atas dosa-dosa yang telah dilakukan selama ini. Perbanyak membaca istigfar, bahkan nabi yang tidak bersalah saja, selalu beristigfar100 kali sehari. Apalgi kita yang hampir setiap hari tidak dapat dipisahkan dari dosa, maka jangan sampai lupa untuk meminta pengampunan.

Yakinlah ketika kita selalu mengingat Tuhan dan beristighfar pada saat itu Dia akan mempermudah semua urusan kita. Salah satunya adalah pintu rezeki yang terbuka lebar, sehingga Anda akan terbebas dari jeratan hutang. Meski sederhana, pertobatan adalah cara cepat melunasi hutang menurut Islam selain berusaha dan bekerja untuk mencari penghasilan untuk membayar utang.

Berazam hutang lunas
Niatlah secara serius untuk melunasi hutang. Bukan hanya diucapkan di bibir saja ingin segera melunasi hutang, tanpa ada upaya untuk mewujudkannya. Ingat, jangan gali lubang lagi. Jangan cari hutang di sana-sini untuk melunasi hutang sebelumnya.

Menjual aset
Daripada gali lubang tutup lubang, lebih baik Anda menjual aset untuk menutupi sebagian atau bahkan lebih baik semua. Barang apa pun yang bisa diuangkan, dijual saja untuk mengurangi beban utang, termasuk menjual barang pribadi yang tidak ada hubungannya dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Menjual aset juga merupakan salah satu cara untuk melunasi hutang dengan cepat. Lebih baik melunasi sedikit daripada menyimpan aset Anda saat Anda memiliki kewajiban kepada orang lain.

Angsuran lebih banyak
Tunda kesenangan atau jatah Anda untuk bersenang-senang, alokasikan dua hingga tiga kali penghasilan untuk membayar hutang. Semakin kita mengurangi pokok, beban angsuran juga berkurang.

Kebanyakan ahli finansial juga menyarankan Anda untuk membayar dengan mencicil dan mengesampingkan keinginan Anda. Bahkan, tidak sedikit yang mengurangi biaya kebutuhan untuk membayar lebih banyak sebagai cara melunasi hutang dengan cepat.

Pasrah
Yakinlah, bahwa selama kita memiliki niat baik untuk berusaha, Allah akan selalu membuka pintu atau jalan keluar. Sesungguhnya ini adalah takdir yang harus Anda lalui, merasakan kesulitan hidup karena ikatan hutang yang pahit.

Mungkin itulah cara Tuhan merangkul Anda untuk segera kembali ke jalan yang benar. Serahkan segalanya kepada-Nya, karena Allah adalah Penyedia Solusi yang Segalanya.

Fokus kembali pada bisnis, bukan pada utang
Cara selanjutnya untuk melunasi hutang dengan cepat adalah mulai menata ulang tujuan hidup Anda, untuk meluruskannya kembali. Jika kemarin sibuk dengan aset hutang dan gaya hidup yang berlebihan, sekarang fokuslah pada bagaimana membuat bisnis bisa berputar lagi.

Bekerja keras lagi, berpantang dari hutang lagi, sampai kita menunggu saat hutang kita terbayar dengan perjuangan karena cita-cita telah diluruskan. Bagaimana cara membayar hutang dengan cepat menurut Islam yang paling kuat, bekerja keras dan cerdas tetapi tetap tidak melupakan kepercayaan akan bantuan dari Pemilik Kekayaan Tertinggi.

Sedekah dan doa bunda
Dalam kondisi apa pun, sedekah tidak boleh dilewatkan. Bantu orang lain, meringankan beban mereka sehingga urusan kita akan difasilitasi oleh Tuhan. Dan jangan lupa untuk meminta doa orang tuamu, karena melalui mereka pintu menuju berkat dalam kehidupan kita akan terbuka.

Demikianlah bagaimana cara melunasi hutang rentenir yang menumpuk tanpa berhutang dalam Islam dan menurut pakar keuangan. Mudah-mudahan artikel di atas bisa jadi solusi atau cara melunasi hutang 10 juta bahkan lebih dalam 2 hari atau dalam waktu yang sangat cepat.

Jangan cuma berangan-angan, ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, tapi cari cara cepat melunasi hutang dengan doa diantaranya atau lakukan cara melunasi hutang Yusuf Mansur.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top