Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang yang Banyak



Kali ini Saya mau share beberapa cara melunasi hutang yang banyak :

Catat semua hutang yang Anda miliki
Ambil tagihan utang yang Anda miliki dan catat setiap nominalnya. Jangan lupa untuk mencatat setiap bunga yang dibebankan pada tunggakan.

Menetapkan skala prioritas pembayaran
Jika Anda sudah mengetahui rincian utang yang tertunggak, Anda dapat mulai menyesuaikan berapa banyak uang yang perlu dialokasikan untuk membayar utang. Ini berguna agar Anda tahu persis dana yang perlu disiapkan, tanpa harus bercampur dengan dana tabungan juga beberapa pengeluaran yang lebih baik tidak dipotong meskipun dalam keadaan berhutang.

Prioritas pada pemmbayaran hutang :
- dahulukan hutang dengan jumlah kecil terlebih dahulu
- setelah itu, lunasilah utang dengan suku bunga paling tinggi
- kemudian pilih hutang yang  suku bunganya rendah.
Untuk utang besar, buatlah cicilan dengan bunga stabil.

Tapi, tidak apa-apa membayar dengan mencicil dalam jumlah kecil, tetapi dilakukan sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Alih-alih membayar banyak utang langsung, tetapi tidak realistis, maka hal ini bisa sia-sia, bahkan, memiliki peluang untuk memunculkan masalah baru.

Mengurangi beban bunga utang
Bisakah bunga utang dikurangi? Bunga hutang juga bisa dikurangi. Sayangnya, ini hanya berlaku bagi sebagian orang.

Bagi Anda yang memiliki hutang kartu kredit, gunakan transfer saldo kartu kredit untuk menjadi cara yang andal. Transfer saldo kartu kredit adalah transfer satu tagihan kartu kredit bank ke kartu kredit bank lain.

Dengan menggunakan cara ini, pengguna kartu kredit yang awalnya membayar tagihan dengan bunga kartu kredit bank lama dapat membayar tagihan dengan bunga ringan dari kartu kredit bank baru.

Lain halnya jika Anda memiliki hutang dari pinjaman KTA atau KPR. Anda dapat memperoleh bantuan bunga dengan menjadwal ulang, merekondisi, dan merestrukturisasi.

Penjadwalan ulang dimaksudkan untuk mengubah periode pembayaran atau jangka waktu dari dua tahun menjadi lima tahun. Jangka waktu yang panjang dapat membuat angsuran menjadi lebih ringan.

Jika rekondisi dimaksudkan untuk mengubah jumlah bunga disesuaikan dengan kondisi debitur. Sementara restrukturisasi mencakup semuanya, mulai dari penjadwalan ulang hingga rekondisi.

Kelola gaji bulanan dengan baik
Setelah mengetahui jumlah utang, suku bunga, dan total uang yang dialokasikan untuk membayar utang, Anda dapat memulai langkah berikutnya. Anda harus mulai membagi gaji per bulan untuk rekening tabungan, pembayaran utang, dan pengeluaran yang tentu saja harus ditekan.

Sisihkan selalu tabungan terlebih dahulu sehingga Anda masih memiliki uang yang disimpan dalam tabungan, setidaknya 30% dari pendapatan per bulan yang Anda dapatkan.

Ubah skema anggaran pengeluaran
Agar utang cepat teratasi, Anda juga harus mengubah skema anggaran belanja yang dapat mendorong pelunasan hutang dengan cepat.

Misalnya, Anda telah menggunakan aturan penganggaran 50/30/20 dalam mengalokasikan biaya. Jika diubah menjadi 40/50/10, hutang akan terbayar. Bagaimana tidak terbayar? 50 persen dari gaji Anda dialokasikan untuk pembayaran tagihan. Sedangkan 40 persen untuk memenuhi kebutuhan dasar dan 10 persen untuk menabung atau berinvestasi.

Jangan melunasi hutang dengan hutang
Jika Anda sedang aktif melunasi hutang, Anda seharusnya tidak membuat utang baru. Terutama bagi mereka yang suka berbelanja menggunakan kartu kredit. Kartu kredit seperti dua mata pisau yang berbeda.

Di satu sisi, kartu kredit bisa menguntungkan, apalagi ketika situasi benar-benar darurat. Namun, di sisi lain, jika Anda tidak pandai menggunakan kartu ajaib ini, maka akan menjadi bumerang bagi Anda sendiri.

Kami menyarankan Anda terlebih dahulu menyelesaikan hutang yang harus dibayar. Jangan menerapkan pola atau gaya hidup menggali lubang tutup lobang untuk melunasi hutang. Lalu bagaimana caranya ?

Cari penghasilan tambahan
Coba periksa barang di rumah yang mungkin tidak digunakan, tetapi masih bagus untuk dijual kembali. Saat ini ada banyak situs yang dapat Anda gunakan untuk menjual barang bekas untuk menambah dana guna membayar sisa hutang.

Beberapa situs yang dapat Anda gunakan, misalnya Carousell, OLX, Carmudi, RajaJual, dll. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menemukan pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan Anda.


Cara Melunasi Hutang yang Banyak


Mulai Gaya Hidup Baru yang Lebih Efisien
Cara selanjutnya untuk melunasi hutang dengan cepat adalah memulai gaya hidup yang hemat. Setelah puas mengelola pendapatan, momen terpenting adalah mengelola pengeluaran. Jika Anda mampu memotong pengeluaran dan mau mengurangi gaya hidup, percayalah dampak penghematan akan terasa lebih cepat.

Ada lebih banyak uang yang tersisa dan dapat dialokasikan untuk membayar hutang. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat memulai gaya hidup baru yang lebih efisien, Anda hanya perlu kreatif dan peka terhadap peluang yang dapat Anda ambil untuk memangkas biaya lebih banyak

Hemat saat bekerja
Tidak hanya di rumah, sebenarnya hemat juga bisa dilakukan di tempat kerja. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan, misalnya, menggunakan transportasi umum atau membawa perbekalan dari rumah. Meskipun tampaknya hanya menghemat sedikit, tetapi jika dikumpulkan pada akhir bulan, total tabungan Anda bisa sangat banyak.

Gunakan Dana Darurat
Satu cara cepat untuk melunasi hutang yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan dana darurat. Jika Anda mengelola tabungan dengan cukup teratur, tentunya Anda harus menyisihkan dana darurat setiap bulan.

Menurut pakar keuangan, setiap bulan Anda harus menyisihkan minimal 10% dari gaji yang didapat. Di sisi lain, jika risiko pekerjaan lebih besar seperti bekerja sebagai freelancer, profesional, penyanyi, maka harus memperbesar dana cadangan untuk pengeluaran 6-9 bulan, tetapi jika Anda seorang wirausaha setidaknya siapkan dana 9-12 bulan pengeluaran.

Dana darurat dapat dikumpulkan menggunakan paket tabungan berencana yang secara otomatis mendebit setiap bulan dari rekening Anda. Cara lain untuk mengumpulkan dana darurat adalah dengan mengumpulkan orang-orang yang masih berutang uang kepada Anda. Biasanya jumlah piutang yang Anda miliki benar-benar dapat membantu Anda mengumpulkan dana untuk membayar hutang.

Selesaikan Utang Segera
Utang adalah ikatan, tuntutan, dan kewajiban yang harus segera diselesaikan. Jangan terjerat dalam masalah ekonomi yang tak ada habisnya karena berbagai hutang.

Pastikan niat dan disiplin untuk melunasi hutang sepenuhnya. Dengan begitu, apa yang dilakukan untuk melunasi hutang akan berjalan dengan lancar. Apalagi jika itu memang sudah dimaksudkan. Niat untuk segera terbebas dari hutang.

Minta Bantuan dari Pihak yang Lebih Berpengalaman
Orang sering berasumsi bahwa cara terbaik untuk melunasi hutang dengan cepat adalah dengan menggunakan dana talangan atau menggunakan uang dari keluarga. Cukup dengan menggunakan dana ini, Anda dapat segera melunasi hutang tanpa khawatir akan terdaftar dalam daftar hitam BI.

Sayangnya, kedua metode ini tidak tepat. Jika Anda menggunakan bailout misalnya, Anda akan terus harus membayar hutang ke bailout tanpa mengetahui kapan Anda dapat melunasi hutang. Belum lagi risiko kartu kredit yang harus dipotong sebagai salah satu persyaratan.

Mengandalkan bantuan uang dari keluarga juga tidak tepat mengingat beban moral yang ditanggung, terutama jika Anda harus repot orang tua mengatasi masalah utang.

Oleh karena itu, cara paling tepat untuk melunasi hutang adalah meminta bantuan dari mereka yang berpengalaman. Salah satu yang dapat Anda manfaatkan adalah layanan program manajemen utang perusahaan.

Program manajemen seperti ini dapat diperoleh dengan menggunakan penyedia tepercaya program pengelolaan utang sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan, yang dapat menghemat lebih banyak waktu dan menghemat lebih banyak uang.

Artikel yang terkait dengan cara melunasi hutang yang banyak
- cara melunasi hutang rentenir
- cara melunasi hutang dalam islam
- bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat
- cara melunasi hutang dalam 2 hari
- cara mengatasi stres karena banyak hutang
- cara melunasi hutang yusuf mansur
- cara cepat melunasi hutang dengan doa
- ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang

Sumber :
https://www.amalan.com/id/blog/6-cara-cepat-melunasi-utang-yang-harus-anda-lakukan
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3577244/catat-begini-5-cara-cepat-melunasi-utang
https://www.moneysmart.id/cara-cepat-melunasi-utang-dijamin-gampang-banget-deh/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara melunasi hutang
Back To Top