Tuk Bayar Utang

Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang



Saya sebenranya ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang. Mungkin itu isi benak dari sebagian para pengutang karena saking bingungnya. Jangan putus asa. Allah ngasih ujian pada kita dengan hutang, karena kita yakin bisa mengatasinya. Bagaimana caranya ?


Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang


Sebelum Saya bahas, agar tidak kembali ke jalan sesat alias masuk ke jurang hutang lagi, maka Sobat jangan berani berutang jika tak sanggup membayar. Jadi kalau Anda tidak yakin mampu membayar utang sebesar Rp 2 juta bulan depan, maka jangan pernah berfikir akan meminjam.

Selain itu, Anda juga harus merubah gaya hidup Anda. Kurangi biaya hidup Anda sampai tumpukan utang Anda terbayar. Intinya Anda harus mengurangi segala macam biaya pengeluaran, misalnya pindah dari apartemen ke sewa rumah biasa, jangan makan di luar, hemat bensin, berhenti nyicil asuransi dan lainnya.

Ingatlah bahwa gaya hidup yang dipaksakan yang tidak sesuai dengan kantong Anda hanya akan membuat Anda terlilit hutang. Kurangi juga waktu di media sosial. Iklan membuat Anda membeli barang-barang yang mungkin tidak dibutuhkan.

Semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk menonton TV atau di internet, semakin mudah untuk menolak membeli apa yang mungkin tidak mampu Anda beli. Anda juga tidak akan tergoda oleh berbagai iklan dan promo yang ditawarkan di media.

Kita lanjut bagaimana caranya melunasi hutang tapi tak punya uang.

Jual semua barang Anda
Salah satu cara yang dapat membebaskan Anda dari belenggu hutang adalah menjual barang-barang Anda sesegera mungkin sampai hutang Anda lunas. Saya sarankan, sebelum kurator datang untuk menjual barang Anda ketika dinyatakan bangkrut, Anda lebih baik menjual barang terlebih dahulu untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

Apakah semua barang harus dijual? Tergantung hutang Anda. Cepat mengatur skala prioritas barang yang dimiliki dan kisaran harganya. Hal ini akan membantu Anda mengetahui barang-barang yang tersisa setelah melakukan cara ini.

Temukan pekerjaan sampingan
Jika Anda tak punya uang atau Anda sudah kerja tapi masih tidak ada kenaikan gaji, lebih baik jika Anda mulai mencari pekerjaan sampingan.

Semakin banyak gaji yang Anda dapatkan dalam satu bulan, semakin banyak uang yang dapat Anda alokasikan untuk melunasi hutang Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan e-commerce untuk memulai bisnis online Anda.

Tidak perlu memulai dengan bisnis yang membutuhkan modal, tapi Anda benar-benar bisa menjual dengan menjadi reseller.

Jika rumah Anda dekat dengan pusat kerajinan, misalnya, Anda dapat menjual barang-barang ini hanya dengan menggunakan foto dan deskripsi barang. Jika ada pembeli, maka Anda bisa membeli barang dan mengirimkannya ke pembeli.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan uang tambahan untuk melunasi hutang dengan menjual keterampilan atau berbagai pekerjaan paruh waktu lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk penghasilan tambahan.

Berbagai ide yang dapat menginspirasi Anda misalnya menjadi tutor renang, matematika, bahasa Inggris, melukis dan lainnya. Bisa juga menjadi supir taksi online atau ojek online. Yang tak membutuhkan modal sama sekali, bisa denan cara menjadi pengecer atau dropshipper online.

Contoh lainnya, Anda yang hobi fotografi, bisa menjual karya Anda ke situs fotografi. Anda juga bisa menjadi seorang penerjemah.

Kembali ke jalan Allah
Pertama, kita mesti sadar bahwa kita ini banyak dosa. Taubatlah dari jalan salah yang telah kita lakukan, misalnya makan rizki yang mengandung riba dan dosa-dosa lainnya sambil memperbaiki dan meningkatkan mutu ibadah. Memperbanyak istighfar dan berhentilah dari utang, meskipun kondisinya secara logika harus berutang. Buat komitment untuk tidak berutang.

Jual semua properti yang diambil dari hutang terutama hutang ribawi. Gunakan uangnya untuk membayar hutang. Jika Anda masih punya leasing mobil, segera over kredit, jika punya KPR, lepas saja. Jika utang masih banyak, aset masih ada, jual semua aset, sisakan untuk hal-hal yang wajib saja seperti kontrak rumah dan modal bisnis.

Menerima dengan ikhlas
Ikhlaskan kondisi saat ini. Terimalah taqdir ini dengan meyakini bahwa memang Allah sedang menguji dengan mentaqdirkannya pada kondisi seperti ini. Yakini akan ada hikmah dan akan ada jalan keluar dari Allah.

Memprioritaskan Allah
Berusaha sholat berjamaah di awal waktu di masjid. Ketika mau apa pun, Allah lah yang harus diprioritaskan, bukan bisnis atau kerja. Insya Allah ketika kita mengutamakan Allah, secara otomatis yang kita inginkan akan dikasih.

Dengan memprioritaskan Allah, maka akan membuat kita semangat melakukan sholat, baik wajib maupun sunnah. Sholat tahajud, dhuha, qobliyah, bakdiyah harus menjadi sholat rutin harian yang tak boleh ketinggalan. Tidak lupa pula selalu membaca dzikir dan doa setiap waktu yakni setelah subuh dan ashar.

Bersedekah
Di saat kondisi terpuruk tanpa penghasilan yang jelas, maka sedekah adalah sarana pembuka rezeki. Pada saat sempit itulah sebaiknya kita gila-gilaan dalam sedekah. Jangan pake rumus matematika sekolah, tapi pakai matematika Allah.

Meningkatkan ibadah lainnya
Usahakan selalu membaca Al Quran setiap hari, lakukan puasa sunat misalnya puasa Senin Kamis
serta banyak bersilaturahim.

Dengan cara di atas, semoga Anda tidak bingung besok harus bayar hutang. Praktekkan saja dan banyak berdoa "Ya Allah hamba butuh uang untuk bayar hutang". Mudah-mudahan ada orang yang bisa membantu melunasi hutang Anda atau ngasih solusi bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat, bagaimana cara membayar hutang yang menumpuk, bagaimana cara melunasi hutang dalam 2 hari dan jangan coba-coba lagi ngambil pinjaman untuk melunasi hutang riba kecuali pinjamannya tanpa riba dan yang ngasih minjem maksa.




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : ingin melunasi hutang
Back To Top