Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang dengan Cepat demi Berinvestasi untuk Masa Depan



Artikel kali ini akan menuliskan bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat, sehingga Anda dapat mulai menabung dan berinvestasi untuk masa depan lebih cepat.
  • Melunasi utang dengan cepat, harus berfokus pada utang paling mahal terlebih dahulu.
  • Untuk melunasi hutang dengan cepat, Anda perlu melakukan lebih dari pembayaran minimum atas hutang bunga tertinggi.
  • Jika Anda memiliki hutang kartu kredit, pertimbangkan untuk membuka kartu transfer saldo dengan APR pengantar 0% dan melunasi saldo tersebut dalam periode promosi.
  • Kemudian ikuti metode longsoran utang di mana Anda memasukkan uang ekstra ke utang bunga tertinggi, sambil terus melakukan pembayaran minimum untuk yang lainnya.
  • Anda dapat menggunakan kalkulator online untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak yang Anda butuhkan untuk pembayaran bulanan untuk melunasinya dalam kerangka waktu yang ideal menurut Anda.

Memiliki hutang terlalu lama, walaupun jika Anda memanfaatkannya untuk menumbuhkan kekayaan Anda, maka hal ini akan terasa seperti beban.

Sebagian besar dari kita tidak memiliki uang tunai secara fisik untuk membayar semua yang kita inginkan, apakah itu rumah, mobil, liburan, atau pendidikan. Pinjaman atau kartu kredit dapat membantu mengisi kekosongan itu, tetapi uang yang harus Anda bayarkan, harus selalu disertai dengan bunga. Biasanya semakin cepat Anda mengembalikannya, maka semakin sedikit Anda berutang.

Inilah beberapa cara atau beberapa rencana untuk melunasi hutang Anda dengan cepat, sehingga Anda dapat menggunakan uang untuk digunakan dengan lebih baik dan mulai membangun kekayaan lebih cepat.

Cara melunasi hutang dengan cepat

1. Tulis semua hutang Anda
Jika Anda memiliki banyak sumber utang, katakanlah utang kartu kredit dan pinjaman pribadi, langkah pertama adalah membuat daftar hutang bersama dengan saldo terutang, suku bunga, pembayaran minimum, dan tanggal pembayaran jatuh tempo. Google sheet atau pulpen dan kertas, dapat menjadi alat yang sangat berharga untuk melacak hutang Anda.

Memang cara ini, bisa menjadi cara mengintimidasi diri sendiri bagi orang-orang yang punya banyak hutang, tetapi apa boleh buat, sebab tidak ada cara lain untuk membuat rencana yang jelas untuk menanganinya kecuali dengan melihat angka-angka yang berhubungan dengan hutang.

2. Hindari berhutang lagi
Mengambil utang lagi saat Anda mencoba membayar banyak utang lain, maka itu dapat memperumit masalah. Saat Anda dalam mode pelunasan hutang, hindari mengambil pinjaman lain atau menggunakan kartu kredit, kecuali Anda benar-benar mampu melunasi saldo di akhir bulan.

3. Hubungi bank dan minta suku bunga yang lebih rendah
Kebanyakan orang tidak tahu, bahwa sebetulnya Anda dapat menghubungi penerbit kartu kredit Anda untuk meminta pengurangan APR (tingkat persentase tahunan), sehingga akan membuat perbedaan selisih rupiah yang lumayan besar dalam pembayaran hutang.

Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

4. Mempertimbangkan melakukan konsolidasi
Jika Anda memiliki hutang pada banyak kartu kredit, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengkonsolidasikan saldo Anda menjadi satu sehingga Anda dapat melakukan pembayaran bulanan tunggal.

Kartu transfer saldo memungkinkan peminjam untuk mentransfer saldo mereka ke kartu kredit baru, biasanya dengan tingkat bunga 0% untuk periode waktu pengantar. Jika Anda dapat melunasi hutang Anda dalam periode promosi dengan tingkat bunga 0%, Anda memiliki potensi untuk menghemat banyak uang. Dibutuhkan sedikit biaya yang harus dibayar untuk biaya transfer yakni antara 3% dan 5% dari total saldo.

5. Lakukan pembayaran minimum pada setiap kartu kredit atau pinjaman
Apakah Anda memiliki dua atau lebih sumber hutang? Anda harus selalu melakukan pembayaran minimum pada setiap kartu atau pinjaman untuk menghindari biaya keterlambatan dan nilai negatifuntuk laporan kredit Anda.

6. Bayar lebih dari minimum pada utang berbunga tertinggi
Karena tujuan utama Anda adalah melunasi utang Anda secepat mungkin, berkonsentrasilah dengan dana tambahan apa pun terhadap utang dengan tingkat bunga tertinggi dan para ahli menyebut cara ini dengan metode longsoran utang.

Berfokus pada melunasi hutang paling mahal dahulu, dapat mempercepat seluruh proses pembayaran dan ini sama dengan menghemat uang dari bunga. Bahkan, adanya tambahan $100 sebulan, dapat membuat perbedaan besar, bisa memotong jumlah bulan atau bahkan tahun dari periode pembayaran Anda semula.

Satu pengecualian, jika Anda membuka kartu transfer saldo dengan tingkat pengantar 0%, Anda perlu memikirkan kerangka waktu. Itu kemungkinan akan menjadi hutang berbunga terendah, yang akan menempatkannya di bagian bawah daftar prioritas jika Anda mengikuti metode longsoran utang. Tetapi, Anda tidak dapat meluangkan banyak waktu dengan kartu-kartu ini karena periode promosinya terbatas, jadi hancurkan dulu utang itu dan kemudian beralihlah ke yang lain.

7. Tetapkan tanggal pembayaran
Melunasi hutang adalah tujuan yang baik, tetapi melunasi hutang pada tanggal tertentu bahkan lebih baik.

Ada berbagai kalkulator online yang dapat memberi tahu Anda dengan pasti berapa bulan yang Anda miliki sampai Anda bebas dan bersih hutang, sesuai dengan tingkat bunga saat ini dan pembayaran bulanan. Jika 18 bulan kedengarannya terlalu banyak, tingkatkan pembayaran bulanan Anda dengan $50 atau $100 untuk memulai dan lihat perbedaannya.

Demikianlah informasi bagaimana cara melunasi hutang yang menumpuk dengan cepat. Semoga cara di atas bisa melunasi hutang rentenir dan hutang lainnya. Walaupun hutangnya 10 juta, namun dalam Islam, bisa saja lunas dalam 2 hari walaupun tidak punya uang. Coba saja ikuti cara melunasi hutang Yusuf Mansur dengan doa dan sedekah.

Sumber :
https://www.businessinsider.sg/how-to-pay-off-debt-fast-strategy/?r=US&IR=T



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : melunasi hutang
Back To Top