Tuk Bayar Utang

11 Cara Keluar dari Utang Lebih Cepat



Intermezo dulu. Pada akhir 2017, rata-rata orang Amerika membawa $6.354 dalam utang kartu kreditnya dan lebih dari $24.700 utang non-hipotek seperti pinjaman mobil. Saldo pinjaman siswa rata-rata saat itu, telah mencapai rekor tertinggi yakni $34.144.

Faktanya adalah, lebih dari setengah orang Amerika, benar-benar menghabiskan gaji mereka lebih dari yang mereka dapatkan setiap bulan dan menggunakan cicilan untuk menjembatani kekurangannya.

Jadi sangat mudah ditemukan untuk melihat berapa banyak orang yang berhutang. Bagi sebagian orang, kenyataannya berhutang membuat begitu banyak beban yang dihadapi, sehingga mereka memilih untuk tidak melakukannya.

Tetapi kadang-kadang, bencana melanda dan orang-orang terpaksa menghadapi keadaan mereka untuk berhutang. Serangkaian kejadian yang tidak menguntungkan, seperti kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba, perbaikan rumah yang tidak terduga atau penyakit serius, dapat mengetuk keuangan seseorang sehingga keluar jalur dan mereka hampir tidak dapat mengimbangi pembayaran bulanan mereka. Dan pada saat-saat bencana inilah kita akhirnya menyadari betapa gentingnya situasi keuangan kita.

Di lain waktu, kita muak dengan gaji yang dibayar segitu juga dan menginginkan kehidupan yang lebih baik. Anda tidak harus menghadapi bencana itu dengan putus asa tapi Anda harus mencoba kehidupan yang lebih sederhana. Bagi banyak orang, menjadi terbebas dari utang dengan cara yang lebih keras adalah cara terbaik dan satu-satunya cara untuk mengendalikan hidup dan masa depan mereka.

Cara Keluar dari Utang Lebih Cepat

Sayangnya, ruang antara menyadari bahwa utang Anda di luar kendali dan benar-benar ingin keluar dari utang, bisa dibuat dengan kerja keras dan sakit hati. Apa pun jenis utang Anda, melunasinya dapat memakan waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk keluar dari utang.

Untungnya, ada beberapa strategi yang dapat membuat pembayaran utang lebih cepat dan jauh lebih tidak menyakitkan. Jika Anda siap keluar dari hutang, pertimbangkan metode yang sudah terbukti benar ini:

1. Bayar lebih dari pembayaran minimum
Jika Anda punya saldo kartu kredit rata-rata $15,609, membayar rata-rata APR 15%, dan melakukan pembayaran bulanan minimum $625, Anda perlu 13,5 tahun untuk melunasinya. Dan itu hanya jika Anda tidak menambah saldo sementara, yang bisa menjadi tantangan tersendiri.

Baik hutang kartu kredit, pinjaman pribadi, atau pinjaman pelajar, salah satu cara terbaik untuk membayarnya lebih cepat adalah dengan membuat lebih dari pembayaran bulanan minimum. Melakukan hal itu tidak hanya akan membantu Anda menghemat bunga sepanjang masa pinjaman Anda, tetapi juga akan mempercepat proses pembayaran. Untuk menghindari sakit kepala, pastikan pinjaman Anda tidak membebankan biaya penalti prabayar sebelum Anda mulai.

Jika Anda memerlukan dorongan ke arah ini, Anda juga dapat meminta bantuan dari beberapa alat pembayaran hutang online dan seluler gratis, seperti Tally, Unbury.Me, atau ReadyForZero, yang semuanya dapat membantu Anda memetakan dan melacak kemajuan Anda saat Anda membayar hutang.

2. Cobalah metode bola salju
Jika Anda ingin membayar lebih dari pembayaran bulanan minimum untuk kartu kredit dan utang lain, pertimbangkan untuk menggunakan metode snowball untuk mempercepat proses dan membangun momentum.

Sebagai langkah pertama, Anda mesti membuat daftar semua hutang Anda dari yang terkecil hingga yang terbesar. Masukkan semua kelebihan dana Anda pada saldo terkecil, sambil melakukan pembayaran minimum pada semua pinjaman Anda yang lebih besar. Setelah saldo terkecil dilunasi, mulailah menempatkan uang ekstra itu ke hutang terkecil berikutnya sampai Anda melunasi utang itu, dan seterusnya.

Seiring waktu, saldo kecil Anda akan menghilang satu per satu, membebaskan lebih banyak dolar untuk membayar hutang dan pinjaman Anda yang lebih besar. "Efek bola salju" ini memungkinkan Anda membayar saldo lebih kecil terlebih dahulu, akan ada beberapa "kemenangan" untuk efek psikologis, sambil membiarkan menyimpan pinjaman terbesar untuk yang terakhir. Pada akhirnya, tujuannya adalah menggerakkan semua uang ekstra Anda ke semua hutang Anda sampai lunas dan Anda akhirnya terbebas dari hutang.

3. Dapatkan uang sampingan
Melunasi utang Anda dengan metode bola salju akan mempercepat prosesnya, tetapi harus menghasilkan lebih banyak uang yang dapat meningkatkan upaya Anda lebih jauh. Hampir setiap orang memiliki bakat atau keterampilan yang dapat menghasilkan uang, baik itu mengasuh anak, memotong rumput halaman, membersihkan rumah, atau menjadi asisten virtual.

Dengan situs-situs seperti TaskRabbit dan Upwork.com, hampir semua orang dapat menemukan cara untuk mendapatkan uang tambahan. Kuncinya adalah mengambil uang tambahan yang Anda hasilkan dan menggunakannya untuk melunasi pinjaman segera.

4. Hidup dengan anggaran yang sederhana 
Jika Anda benar-benar ingin membayar utang lebih cepat, Anda harus memangkas pengeluaran Anda sebanyak yang Anda bisa. Salah satu cara yang dapat Anda buat dan gunakan adalah membuat anggaran sederhana. Dengan strategi ini, Anda akan memotong pengeluaran Anda serendah mungkin dan hidup seminimal mungkin selama mungkin.

Anggaran yang sederhana akan terlihat berbeda untuk semua orang, tetapi harus tanpa "tambahan" seperti pergi makan, televisi kabel, atau pengeluaran yang tidak perlu. Jika Anda hidup dengan anggaran yang ketat, diharapkan Anda dapat membayar lebih banyak untuk hutang Anda.

Ingat, anggaran sederhana hanya dimaksudkan untuk sementara. Setelah Anda keluar dari hutang atau jauh lebih dekat dengan tujuan Anda, Anda dapat mulai menambahkan pengeluaran diskresioner kembali ke dalam rencana bulanan Anda.

5. Jual semua yang tidak Anda butuhkan
Jika Anda mencari cara untuk mengumpulkan uang tunai dengan cepat, mungkin perlu menyiapkan barang-barang Anda terlebih dahulu. Sebagian besar dari kita memiliki barang-barang yang jarang kita gunakan dan bisa hidup tanpanya. Mengapa tidak menjual barang itu dan menggunakan dananya untuk membayar hutang Anda?

Jika Anda tinggal di lingkungan yang pas, maka penjualan di garasi biasanya merupakan cara termurah dan termudah untuk membongkar barang-barang yang tidak diinginkan untuk mendapat keuntungan. Jika tidak, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual barang-barang melalui toko online atau grup penjualan halaman Facebook.

6. Mencari pekerjaan musiman atau paruh waktu
Banyak pengecer lokal yang mencari pekerja musiman yang fleksibel yang dapat menjaga toko mereka tetap beroperasi selama musim tertentu. Jika Anda mau dan mampu, Anda bisa mengambil salah satu dari pekerjaan paruh waktu ini dan mendapatkan uang tunai tambahan untuk digunakan melunasi hutang Anda.

8. Pertimbangkan transfer saldo
Jika perusahaan kartu kredit Anda tidak mau mengalah dengan suku bunga, mungkin ada baiknya mencari transfer saldo. Dengan beberapa penawaran transfer saldo, Anda dapat mengamankan 0% intro APR hingga 18 bulan, meskipun Anda mungkin perlu membayar biaya transfer saldo untuk hak istimewa.

Jika Anda memiliki saldo kartu kredit yang dapat Anda lunasi secara layak selama jangka waktu tersebut, mentransfer saldo ke kartu dapat menghemat uang dari bunga sekaligus membantu Anda membayar utang lebih cepat.

9. Menggunakan ‘uang bonus’ untuk melunasi saldo
Kebanyakan orang mendapatkan beberapa jenis "uang bonus" sepanjang tahun. Mungkin Anda mendapatkan kenaikan gaji tahunan, warisan, atau bonus di tempat kerja. Atau mungkin Anda mengandalkan pengembalian pajak yang besar dan gemuk setiap musim tertentu. Apa pun jenis "uang tambahan" itu, itu bisa membantu Anda menjadi bebas utang.

Setiap kali Anda menemukan sumber pendapatan yang tidak biasa, Anda dapat menggunakannya untuk melunasi banyak hutang. Jika Anda melakukan metode snowball, gunakan uang itu untuk membayar saldo terkecil Anda. Dan jika Anda hanya memiliki saldo besar, Anda dapat menggunakan uang itu untuk mengambil bagian besar dari apa pun yang tersisa.

10. Hindari kebiasaan mahal
Jika Anda berhutang dan secara konsisten kekurangan setiap bulan, mengevaluasi kebiasaan Anda mungkin adalah ide terbaik. Tidak peduli apa, masuk akal untuk melihat cara-cara Anda menghabiskan uang setiap hari. Dengan begitu, Anda dapat mengevaluasi apakah pembelian itu layak dan menemukan cara untuk meminimalkannya atau menyingkirkannya.

Jika kebiasaan mahal Anda adalah merokok atau minum, maka berhentilah. Alkohol dan tembakau tidak memberi manfaat apa pun untuk Anda. Jika kebiasaan mahal adalah minum latte di cafe, makan siang di restoran selama jam kerja, atau makanan cepat saji, maka hilangkan perilaku ini atau menggantinya dengan sesuatu yang lebih murah.

11. Hindari Godaan
Kita semua bisa tergoda oleh sesuatu. Bagi sebagian orang, godaan itu mungkin saja berbentuk mal atau toko online favorit. Bagi yang lain, mungkin godaannya adalah restoran favorit dan berharap bisa masuk untuk memakan makanan favorit. Dan bagi mereka yang memiliki kecenderungan untuk berbelanja, memiliki kartu kredit di dompet mereka adalah godaan yang luar biasa.

Apa pun godaan terbesar Anda, yang terbaik adalah menghindarinya sama sekali saat Anda sedang membayar utang. Ketika Anda terus tergoda untuk membelanjakan, mungkin sulit untuk menghindari hutang baru, apalagi melunasi hutang lama.

Jadi, hindari godaan di mana pun Anda bisa, bahkan jika itu berarti mengambil jalan pulang yang berbeda, menghindari Internet, atau menyimpan kulkas di tempat dimana Anda tidak tergoda untuk berbelanja secara royal. Dan jika Anda mau, simpan kartu kredit itu di laci kaus kaki untuk sementara waktu. Anda selalu dapat mengembalikannya setelah Anda bebas dari hutang.

Sangat mudah untuk terus hidup dalam hutang jika Anda tidak pernah mau menghadapi kenyataan situasi Anda. Tetapi ketika bencana melanda, Anda bisa mendapatkan pandangan baru dengan cepat. Juga mudah untuk mencari cara agar keluar dari beban pembayaran bulanan yang terlalu berat.

Apa pun jenis utang Anda, apakah itu utang kartu kredit, utang pinjaman pelajar, pinjaman mobil, atau yang lainnya, penting untuk mengetahui ada jalan keluar. Ini mungkin tidak terjadi dalam semalam, tetapi masa depan yang bebas utang bisa menjadi milik Anda jika Anda membuat rencana - dan bertahan cukup lama.

Apa pun rencana itu, salah satu dari strategi ini dapat membantu Anda keluar dari utang lebih cepat. Dan semakin cepat Anda terbebas dari hutang, semakin cepat Anda bisa mulai menjalani kehidupan yang benar-benar Anda inginkan.

Apa sajakah strategi yang telah Anda gunakan untuk membayar utang dengan cepat? Pernahkah Anda mencoba sesuatu dalam daftar ini?

Artikelyang terkait dengan Cara Keluar dari Utang
- cara membebaskan diri dari hutang
- bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat
- cara mengatasi hutang yang menumpuk
- cara mengatasi hutang banyak
- cara menyelesaikan hutang yg melilit
- cara mengatasi hutang koperasi harian
- cara mengatasi stres karena banyak hutang
- cara mengatasi hutang rentenir

Sumber :
https://www.thesimpledollar.com/credit/manage-debt/11-ways-to-get-out-of-debt-faster/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : keluar dari utang
Back To Top