Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang Tanpa Uang



Memang ada cara melunasi hutang tanpa uang ? Heran juga sebetulnya kalau ada sobat yang bertanya seperti itu. Mungkin sudah terdesak, diburu kolektor, sehingga timbullah pertanyaan bagaimana caranya melunasi hutang tapi tana memakai uang.

Yah sah-sah saja sih, sebab zaman dahulu pun ada sistem barter, dimana yang menjadi alat jual beli bukanlah uang tapi barang itu sendiri yang nilainya sesuai dengan kesepakatan 2 belah pihak dan standar pada waktu itu.

Makanya jika ada yang terbersit mau bayar hutang dengan barang, ya boleh-boleh saja asal keduanya sepakat. Misal si A punya hutang 100 juta ke si B, sementara sudah jatuh tempo tapi si B belum punya uang, hanya saja punya mobil yang apabila dijual harganya sama dengan jumlah hutangnya. Maka jika keduanya sepakat, maka bolehlah melunsi hutang tanpa uang dalam hal ini dengan mobil tersebut.

Sepakat di sini adalah keduanya tidak merasa dirugikan atau tidak ada yang merasa terdzalimi. Jika salah satu pihak merasa dirugikan, semisal nilai barangnya tidak sesuai dengan jumlah hutang, atau si pembayar melunasi hutang dengan barang yang ditutupi kecacatannya, maka jelas ini tidak boleh.

Hal yang juga jangan sampai terjadi pada Anda adalah seperti yang diberitakan di tv-tv, orang tua yang punya hutang tak terbayarkan, namun diganti dengan menjual anaknya kepada penghutang untuk dinikahi, ini juga perbuatan zhalim, sebab memaksakan kehendak orang tua agar anaknya kawin dengan penghutang demi melunasi hutangnya. Masih untung kalau anaknya mau, soalnya yang ngasih hutangnya artis terkenal misalnya, ini yang ngasih hutangnya sudah aki-aki bau tanah, tentu saja tidak sesuai dengan hak asasi manusia.

Namun jika artikel di atas maksudnya adalah cara melunasi uang tapi tidak punya uang, maka silahkan lanjut penjelasan di bawah.

Bagaimana cara melunasi hutang saat tanpa atau tidak punya uang? Saya mendapatkan pertanyaan ini hampir setiap minggu dari pembaca yang ingin membayar hutang mereka tapi tidak merasa memiliki penghasilan untuk membayarnya.

Saya tentu mengerti dengan pikiran itu. Kalau Anda mendapatkan gaji untuk membayar hutang maka Anda pasti tak akan bisa memenuhi kebutuhan, dan sepertinya tidak mungkin membayar hutang saat Anda memiliki penghasilan kecil.

Pada artikel ini Saya akan menunjukkan beberapa tips bagus untuk membantu Anda melunasi hutang, meski Anda memiliki penghasilan rendah. Anda akan menemukan bahwa sebenarnya ada jalan menuju kebebasan dari hutang bahkan ketika Anda hanya memiliki penghasilan kecil.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika Anda ingin sukses melunasi hutang Anda. Hal ini akan membuat Anda sukses sehingga Anda tidak perlu lagi menjalani beban hutang.

Harus percaya, Anda bisa membayar utang
Apalagi bila Anda memiliki penghasilan kecil, sulit dipercaya bahwa bahkan mungkin Anda bisa keluar dari hutang. Tapi untuk mendapatkan pekerjaan dan melunasi hutang, Anda harus percaya bahwa tujuan Anda dapat tercapai.

Anda harus menyesuaikan diri dengan pola pikir bahwa ada banyak orang sebelum Anda dengan kondisi sama tapi bisa meraih kesuksesan finansial. Bahkan beberapa dari mereka berada dalam kondisi yang lebih buruk daripada sebelumnya.

Harus tahu kemana uang Anda digunakan
Salah satu alasan paling mendasar dari 2/3 orang yang tidak bisa bayar hutang adalah karena kebanyakan orang tidak bisa menyimpan uang mereka. Uang mengalir masuk dan keluar dari kehidupan mereka tanpa banyak planning, lalu pada akhir bulan mereka tidak tahu mengapa mereka bisa menghabiskan lebih banyak uang.

Anda harus tahu bagaimana uang Anda mengalir sehingga tidak bocor ke mana-mana. Berikut adalah dua hal yang harus Anda lakukan agar kebocoran tersebut terkendali.

Melacak pengeluaran Anda selama 30 hari
Hal pertama yang selalu saya rekomendasikan adalah mencatat setiap rupiah yang Anda keluarkan selama 30 hari berikutnya. Anda dapat menggunakan aplikasi di smartphone atau notebook kecil yang Anda bawa. Tidak masalah metode mana yang Anda gunakan selama Anda merekam setiap pengeluaran, tidak peduli seberapa kecilnya.

Ini adalah latihan yang sederhana tapi ampuh. Ini membantu Anda mulai memahami kemana uang Anda mengalir dan bagaimana arusnya mengalir. Plus membuat Anda siap untuk langkah selanjutnya, yaitu belajar merencanakan anggaran.

Belajarlah untuk merencanakan anggaran
Setelah Anda menuliskan setiap transaksi selama 30 hari terakhir, Anda siap untuk mulai melakukan perencanaan anggaran tertulis. Tentu saja, Anda tidak perlu menggunakan pena dan kertas jika Anda tidak menginginkannya. Gunakan spreadsheet, aplikasi, atau apa pun yang sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, perencanaan anggaran Anda harus sangat rinci jika Anda menginginkannya bermanfaat. Hanya menuliskan tagihan Anda tidak akan cukup. Intinya adalah merencanakan pengeluaran Anda untuk bulan depan sehingga setiap rupiah memiliki peruntukannya.

Sering kali tindakan melakukan anggaran tertulis membantu menghemat beberapa ratus ribu atau juta sebulan yang biasanya Anda buang. Jika itu yang terjadi untuk Anda, maka Anda bisa menggunakan uang itu untuk mulai melunasi hutang lebih cepat.

Tapi jika Anda sudah melakukan perencanaan anggaran, memotong semua biaya tak penting, dan penghasilan Anda masih belum cukup untuk membayar semuanya, jangan khawatir! Masih ada cara lain.

Cara Melunasi Hutang Tanpa Uang

Merancang strategi membayar hutang
Setelah Anda tahu bagaimana uang Anda mengalir, Anda bisa mulai menyusun rencana untuk melunasi hutang. Sangat penting untuk memiliki rencana tertulis agar strateginya bekerja. Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk "mengabaikannya", sehingga tidak berjalan dengan baik.

Tapi ketika Anda memiliki rencana solid yang bagus untuk keluar dari hutang, maka akan fokus untuk melunasi hutang. Tidak masalah jika Anda tidak memiliki banyak uang ekstra. Anda masih bisa membayar pada waktunya hanya dengan mengerjakan rencana Anda.

Lalu bagaimana jika penghasilan yang kecil ini tidak cukup membayar utang Anda? Anda mungkin berada dalam posisi di mana penghasilan Anda tidak cukup untuk membayar tagihan. Ya, saya tahu itu menyebalkan. Tapi itu tidak berarti Anda berada dalam situasi yang tidak mungkin bisa melunasi dan Anda tidak akan pernah lepas dari hutang.

Itu berarti Anda harus melakukan beberapa hal yang berbeda dan mungkin melakukan sedikit pengorbanan untuk menyelesaikan pekerjaan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan Anda dan mendapatkan uang ekstra yang Anda butuhkan untuk melunasi hutang Anda.

Menjual barang anda
Semua orang memiliki barang yang tidak mereka butuhkan dan tidak digunakan. Anda bisa menjual barang lama Anda di OLX atau Ebay, atau bahkan di Amazon. Jual segala sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi. Singkirkan banyak barang sehingga menumpuk dan Anda pun pusing melihatnya. Jual barang yang membuat Anda berhutang di awal.

Tentu saja, Anda mungkin tidak akan bisa cukup melunasi hutang dengan hanya menjual barang, tapi ini awal yang baik melunasi hutang tanpa uang. Ini akan membuat Anda lebih berenergi sehingga membuat beberapa kemajuan.

Temukan cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk melunasi utang
Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menemukan cara untuk menghasilkan uang ekstra. Bahkan walaupun hanya lima ratus ribu setiap bulan pun, akan membantu mempercepat dalam melunasi hutang Anda. Tapi Saya yakin Anda bisa melakukan lebih baik dari itu. Mengapa?

Karena dalam sejarah dunia, tidak pernah mudah menghasilkan uang ekstra jika dibandingkan pada saat ini. Dengan kekuatan internet, Anda dapat benar-benar menjalankan bisnis hanya dari ruang tamu Anda. Anda memiliki akses ke miliaran orang yang ingin membeli produk dan layanan yang dapat Anda tawarkan dengan sedikit atau tanpa biaya awal sama sekali.

Lebih berprestasi di tempat kerja untuk meningkatkan penghasilan Anda
Satu hal baik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan Anda adalah menemukan cara untuk menjadi lebih berharga bagi atasan Anda. Jika Anda hanya punya skill rata-rata pada pekerjaan Anda, Anda hanya bisa mengharapkan untuk mendapatkan kompensasi dengan upah rata-rata.

Tapi ketika Anda menemukan cara untuk unggul di tempat kerja, akhirnya Anda akan mendapatkan lebih banyak karena Anda menambahkan begitu banyak nilai. Berikut adalah beberapa cara untuk mewujudkannya:

  • Dapatkan lebih banyak sertifikasi dan pelatihan daripada rekan kerja Anda.
  • Apakah jenis pekerjaan itu dihindari rekan kerja Anda?
  • Kembangkan reputasi Anda.
  • Kembangkan keterampilan lanjutan yang tidak dimiliki rekan kerja Anda.

Juga, jika Anda merasa tidak dibayar sebanyak yang seharusnya dan atasan Anda tidak bergeming untuk menaikan gaji, Anda bisa mencari pekerjaan di tempat lain yang membayar lebih.

Tentu saja, ini adalah strategi jangka panjang untuk menghasilkan lebih banyak uang. Tapi hal ini tetap bisa membantu Anda melunasi hutang dalam jangka panjang.

Artikel terkait cara melunasi hutang tanpa uang :
- cara cepat bayar hutang secara islam
- bayar hutang yusuf mansur
- lunas hutang dalam 1 hari
- 5 tips cara cepat melunasi hutang anda
- cara membayar hutang yang menumpuk

Sumber :
https://www.cfinancialfreedom.com/pay-off-debt-paycheck-to-paycheck-have-no-money/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara melunasi hutang
Back To Top