Tuk Bayar Utang

Cara Cepat Bayar Hutang Menurut Islam



Adakah dalam Islam cara cepat bayar hutang ? Jelas, ada atuh. Islam datang lengkap dengan berbagai solusi yang menimpa umatnya termasuk soal hutang. Hanya saja kita kurang pintar menggali berbagai solusi dalam Al Quran dan hadits karena kebodohan kita. Kita sepertinya kurang mendalami apa yang ada di dalam Al Quran dan hadits, padahal jika kita mau memperdalamnya, maka segala macam solusi hidup sungguh teramat dekat.

Cara cepat bayar hutang secara Islami, jelas diperlukan bagi kaum muslimin yang sedang tertimpa kesusahan akibat hutang. Berikut ini Saya ulas kembali berbagai pengalaman beberapa sahabat kita yang terlilit hutang, namun bisa bangkit kembali dan mampu membayar semua hutangnya yang menggunung sampai milyaran rupiah. Bagaimana caranya ? Sebelumnya simak tulisan di bawah ini yang berhubungan dengan masalah hutang.

Hutang wajib dibayar
Berapau pun hutang Anda, maka wajib Anda membayarnya sebelum meninggal, karena bisa jadi jika kita meninggal masih membawa hutang, maka cara bayarnya nanti di akhirat dengan amalan kita ditarnsfer kepada pemberi hutang. Bisa-bisa kita bangkrut kalau amal kita ditarik orang.

Berhenti berhutang
Kalau mau lunas hutang, berhenti berhutang dari sumber mana pun. Jangan kepikiran bayar hutang dengan mengutang apalagi kepada bangsat rentenir. Kita bakal dibikin susah berlipat kalau ngutang ke rentenir. Makan seadanya saja, syukuri nikmat yang ada jangan kepincut beli ini beli itu.

Selesaikan hutang yang paling besar
Tujuannya agar tidak terlalu menjadi beban pikiran. Lakukan negoisasi pada pihak pengutang agar hanya bisa membayar pokoknya dan membuang bunganya. Karena bagaimanapun bunga dalam Islam sangat diharamkan baik untuk penerima bunga maupun pemberi bunga.

Tidak harus dengan uang
Kalau Anda punya kemampuan atau skill yang bisa digunakan untuk membayar hutang, maka bisa Anda coba kepada pemberi hutang. Misalnya membayar dengan keahlian sebagai programmer dan lain sebagainya. Pokoknya bayar hutang tidak harus pakai duit.

Minta jatuh tempo dan keringanan
Maksudnya lakukan negoisasi dengan pemberi hutang agar bisa membayar dalam masa cicilan yang lebih lama karena ketidakmampuan kita. Pemberi hutang yang bijak pasti menerimanya, asalkan ada kepastian, daripada hutangnya tidak dibayar.

Taubat
Mintalah ampunan terhadap dosa-dosa besar yang telah diperbuat pada masa lalu semisal zina dengan pacar atau istri orang, durhaka sama orang tua, mabok, nyuri dan lain sebagainya. Lakukan sholat taubat sebelum tidur lalu perbanyak istighfar.

Banyak berdzikir
Bacalah asmaul husna "Yaa Fattaahu Yaa Rozzaaqu" sebanyak-banyaknya, sholawat 1000 kali sehari, membaca "Hasbunalloh wa ni'mal wakiil" sebanyak-banyaknya, membaca doa bayar hutang seperti yang diajarkan Rosul.

Bayar sedikit demi sedikit
Berapapun ada kelebhan uang, cepat bayarkan walau tidak sebandung dengan banyaknya hutang. Hal ini menunjukkan kesungguhan dalam membayar hutang.

Beresedekah
Usahakan sedekahkan dahuku sebagian harta yang didapat sebelum dipakai sendiri. Jika tidak punya uang, bersedekahlah dengan sisa barang yang ada atau dengan ilmu yang kita apunya atau dengan tenaga. Lakukan setiap hari.

Perbanyak amalan lainnya
Selain sedekah dan berdzikir, lakukan sholat dhuha, sholat hajat, sholat tahajud, baca surat Al Waqi'ah serta sholat rawatib.

Perbanyak puasa
Puasa akan membakar nafsu kita, lakuakn secara bertahap misalnya sebulan 3 kali dan akhirnyabisa puasa Daud.

Banyak silaturrahmi
Persering silatturahmi dengan kerabat maupun sesama muslim.

Selalu bersyukur
Apapun yang terjadi, syukuri terus. Terima nikmat apa adanya lalu bersyukurlah.

Itulah beberapa trik atau cara cepat bayar hutang dalam Islam. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :
cara cepat melunasi hutang dalam 1 hari
cara cepat bayar hutang yusuf mansur
keluar dari lilitan hutang secara islam
cara membayar hutang yang menumpuk
bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top