Tuk Bayar Utang

Keluar dari Lilitan Hutang Secara Islam




Banyak orang yang suka meminjam atau berhutang, mereka punya banyak kartu kredit yang mengandung hutang bernilai ratusan juta rupiah atau bahkan lebih. Hari-hari yang dia lewati diliputi tanpa ketenangan, karena terus berpikir bagaimana keluar dari hutang. Tumpukan hutang semakin berat akan membuat sakit kepala. Nafsu makan jadi buruk, tidur uga jadi tidak nyenyak.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara cara keluar dari lilitan hutang menurut Islam ? Soalnya hutang tidak akan membuat hari-hari kita menjadi tenang. Hidup jadi gelisah dan tak nyaman. Apalagi jika hutang yang kita miliki jumlahnya sudah sangat besar dan kita terus menerus dikejar-kejar debt collector.

Berikut ini akan Saya bahas beberapa cara keluar dari lilitan hutang, terutama hutang yang disertai riba.

Taubat dari riba
Bertaubat dengan taubat nashuha adalah langkah pertama. Kita harus mengakui kepada Allah SWT bahwa hutang dengan riba yang kita lakukan selama ini adalah sebuah dosa yang besar. Bertekad tidak akan meminjam uang lagi dengan cara riba. Harus segera melunasi dan setidaknya bertekad untuk tidak memperparah bunganya. Dengan bertaubat pertolongan Allah SWT akan lebih mudah menghampiri kita.

Lalu coba ingat-ingat bagaimana hubungan kita dengan orang tua, mertua. Pernahkah menyakiti sesama manusia, atau makhluk hidup lain. Jika demikian, segera minta maaf kepada yang kita sakiti. Kalau salah pada orang tua, coba sungkem dan minta keridhoannya. Berjanjilah untuk tidak mengulangi dosa-dosa itu.

Tingkatkan istighfar
Istighfar yang kita lakukan harus dengan serius dari hati. Saat beristighfar, kita harus ingat dosa riba yang kita lakukan. Jika kita sungguh-sungguh, maka kita akan sepenuhnya menyadari berapa banyak dosa yang kita lakukan. Tak jarang air mata akan menetes dengan sendirinya.

Jual semua aset yang dimiliki
Meski berhutang, namun sebenarnya pasti ada aset berharga yang masih kita miliki. Kami merekomendasikan agar aset itu segera dijual sehingga hutang kita semakin cepat kita atasi. Jangan ragu menjual aset dan properti dari riba. Anda bisa menawarkan barang-barang tersebut secara online demi mendapatkan uang dengan cepat. Jika kita bertekad dengan sungguh-sungguh untuk membayar hutang, pasti Allah SWT akan membukakan jalan. Menjual semua aset yang kita miliki adalah salah satu bentuk ikhtiar kita.

Meminjam uang kepada orang lain untuk melunasi hutang riba
Jika Anda sedang berjuang dengan jeratan hutang, cobalah untuk mencoba meminjam ke kerabat, saudara, teman atau orang lain yang secara ekonomi mampu agar segera melunasi hutang riba. Lebih baik berhutang tanpa unsur riba dan terbebas dari jebakan dosa besar.

Lebih giat bekerja mencari uang halal
Allah SWT akan menggantinya dengan lebih baik dan membuka jalan keluar bagi mereka yang ingin bekerja keras. Mereka yang mencoba memberikan kebutuhan hidup halal bagi keluarga, pasti akan diberi bantuan untuk melunasi hutang.

Tingkatkan doa
Rasulullah saw. Mengajarkan kita untuk membaca doa saat kita berhutang dan ingin bebas darinya. Doa yang dibaca adalah:

اللَّهُمَّ

Ya Allah

 إِنِّي أَعُوذُ بِكَ

aku berlindung kepada-Mu

مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ

dari kekacauan dan kesedihan

 وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ

kelemahan dan kemalasan

 وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ

 kepengecutan dan kekikiran

 وَضَلَعِ الدَّيْنِ

belitan hutang

وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

dan penindasan orang.

Tingkatkan puasa
Cobalah untuk memulai dengan 3 hari di setiap bulan, jika kita memiliki kemampuan lebih, cobalah dengan puasa Senin-Kamis. Pada puncaknya, cobalah puasa Daud, meski berat. Mengapa harus puasa ? Puasa akan membakar nafsu kita, sehingga pikiran lebih jelas untuk beribadah dan kerja keras untuk membayar hutang.

Silaturahmi
Cobalah untuk mengunjungi teman atau keluarga Anda yang jauh. Bawa kembali persaudaraan. Jangan mengharapkan apapun, insyaallah jika mereka terketuk, mereka bisa membantu kita mengatasi masalah hutang kita.

Berbuat baik dengan energi dan fikiran
Seharusnya sedekah, tapi bagaimana sedekah jika tidak ada uang? Sedekahlah dengan energi dan pikiran kita. Mulailah dengan wajah cerah dan tersenyum. Membantu semaksimal mungkin tetangga yang membutuhkan. Bagaimana sedekah bisa membayar hutang ? Simak videonmya di bawah :




Sholat hajat
Inilah praktik ritual dari Habib Naufal bin Muhammad Alaydrus Solo, dia mengajaran, jika ada masalah dalam hidup, untuk selalu melakukan sholat. Caranya, sholat dilakukan di malam hari, waktunya bisa kapan saja, yang penting adalah sesudah sholat Isya dan ba'diyah Isya. Temukan tempat yang sepi, tidak terganggu oleh siapapun. Lakukan sholat 2 rakaat, rakaat pertama membaca surat Al-kafirun, rakaat kedua membaca Surat Al-Ikhlas. Setelah sholat, duduklah dengan nyaman, dan baca "Hasbunalloh wa ni'mal wakiil" 450 kali. Masukkan maknanya ke dalam hati: "Cukuplah Tuhan sebagai pembantu". Selesai membaca itu, berdoa kepada Tuhan dengan deraian air mata. Lakukan ini selama 7 malam berturut-turut, jangan sampai batal. Jika terputus, ulangi dari hari pertama.

Hidup sederhana dan qana'ah
Hidup sederhana saat terjerat utang sehingga pengeluaran akan diprioritaskan untuk melunasi hutang. Harus merasa cukup dan selalu bersyukur dengan rezeki yang telah Allah berikan kepada kita.



Artikel lain yang bisa Anda baca :
- kisah sukses keluar dari lilitan hutang
- cara cepat melunasi hutang dengan doa
- cara terbebas dari hutang menurut islam
- kisah nyata terbebas dari lilitan hutang
- bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat
- cara melunasi hutang dengan sedekah
- cara membayar hutang yang menumpuk
- cara cepat melunasi hutang bank

Sumber :
http://fimadani.com/cara-terbebas-dari-hutang/
http://lipatan6.blogspot.co.id/2013/02/enam-amalan-atasi-hutang-menurut-islam.html
http://www.lisubisnis.com/2016/02/cara-cepat-membayar-hutang-riba-dengan.html



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : lilitan hutang
Back To Top