Tuk Bayar Utang

Utang Wesel adalah



Utang wesel adalah kewajiban kepada pihak lain yang dibuktikan dengan janji tertulis tanpa syarat untuk membayar sejumlah uang pada tanggal tertentu. Hutang wesel dapat dijual oleh pemegangnya. Sekalipun utang wesel itu dapat dijual oleh pemegangnya, jumlah hutang yang harus dibayar tidak berubah.

Istilah utang wesel dikenal juga dengan notes payable atau wesel bayar. Bagi pihak yang akan menerima pembayaran, surat wesel merupakan piutang atau tagihan, disebut piutang wesel atau wesel tagih. Bagi pihak yang harus membayar, surat wesel merupakan utang atau kewajiban, disebut utang wesel atau wesel bayar.

Ada dua jenis utang wesel yaitu :

Uutang wesel tanpa bunga
Yaitu utang wesel yang pada tanggal jatuh tempo hanya membayar sebesar nilai nominal wesel. Sebenarnya, wesel memiliki bunga karena peminjam wajib membayar lebih dari pinjaman yang diterima.

Perbedaan antara pinjaman yang diterima dan yang harus dibayar adalah bunga. Dengan kata lain, peminjam menerima kas sebesar nilai tunai atau nilai wesel saat ini (present value). Nilai tunai adalah sama dengan nilai nominal wesel pada tanggal jatuh tempo dikurangi bunga atau diskonto yang dibebankan.

Rekening diskonto utang wesel adalah merupakan lawan terhadap rekening utang wesel. Rekening ini dalam neraca dikurangkan terhadap rekening utang wesel. Diskonto utang wesel ini diamortisasi selama jangka waktu utang wesel.

Utang Wesel adalah

Utang wesel berbunga
Yaitu utang wesel yang pada saat jatuh tempo pembayarannya sama dengan nilai nominal wesel ditambah bunga.

Demikianlah  materi utang wesel lengkap atau wesel bayar termasuk macam macam utang wesel. Walaupun belum Saya lengkapi dengan contoh transaksi pencatatan wesel bayar, mudah-mudahan bermanfaat buat Anda yang membacanya.

Sumber :
https://www.warsidi.com/2018/05/pengertian-contoh-jurnal-utang-wesel-bayar.html



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : utang wesel
Back To Top