Tuk Bayar Utang

Pengertian Hutang Bank



Pengertian hutang bank adalah pinjaman modal kerja untuk perusahaan dari bank. Bedanya dengan hutang obligasi, utang obligasi adalah kewajiban yang ditimbulkan karena perusahaan menerbitkan serta menjual oligasi.

Pengertian dana pinjaman bank
Pinjaman bank adalah produk bank di mana bank memberikan sejumlah uang untuk dipinjamkan kepada pelanggan, dengan ketentuan bunga. Berdasarkan perjanjian pinjam meminjam dalam produk pinjaman, pelanggan diharuskan untuk melunasi pinjaman bersama dengan bunga secara bertahap dalam periode tertentu.

Jenis pinjaman bank
Secara umum, jenis pinjaman dapat dikategorikan berdasarkan banyak kategori, yaitu periode waktu, penggunaan, kebutuhan, sifat penarikan, sifat pembayaran dan banyak lagi. Namun, jenis pinjaman paling populer yang diambil oleh pelanggan dapat diklasifikasikan ke dalam empat jenis berikut dan semuanya termasuk pinjaman konsumen.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
KPR adalah pinjaman jangka panjang dari bank yang diberikan kepada pelanggan khusus untuk pembelian rumah hunian. Dengan KPR, pelanggan tidak perlu menabung selama bertahun-tahun untuk membeli rumah impian.

Berdasarkan aturan, rumah yang akan dibeli akan digunakan sebagai jaminan dalam perjanjian KPR. Jadi jika pembayaran pinjaman gagal maka rumah akan diambil oleh bank.

KPR dapat membiayai pembelian rumah baik rumah baru maupun bekas. Rumah yang sedang dibangun atau rumah siap pakai, yang semuanya dapat dibiayai dengan KPR. Beberapa bank menawarkan variasi untuk KPR seperti pinjaman kepemilikan apartemen, pinjaman toko atau pinjaman bisnis. Beberapa bank menggabungkan tiga variasi menjadi KPR.

Bahkan, untuk KPA, pinjaman ruko dan pinjaman gedung, prinsip dan sistem yang mereka miliki sama dengan KPR, serta untuk perhitungan bunga. Hanya saja beberapa bank memilih untuk membedakan produk ini karena perbedaan tingkat suku bunga, masa berlaku atau batas maksimum pinjaman dari produk-produk ini.

Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA)
KTA adalah pinjaman jangka pendek dari bank untuk pelanggan dalam bentuk uang tunai. Seperti namanya, Pinjaman Tanpa Jaminan adalah pinjaman yang tidak memerlukan jaminan apa pun. Jadi jika ada tunggakan yang berkelanjutan dalam angsuran atau pelanggan tidak dapat membayar kembali pinjaman, bank dapat menuntut pelanggan melalui saluran hukum.

Uang tunai yang diberikan dari bank dapat digunakan untuk berbagai keperluan konsumtif seperti untuk pembayaran rumah sakit, biaya pernikahan, renovasi, pendidikan atau untuk liburan. Jumlah pinjaman tunai yang diberikan dari produk KTA biasanya tidak setinggi KPR atau pinjaman dijamin lainnya.

Batas kredit terbesar mencapai Rp 300 juta. Jadi bisa dikatakan itu cukup besar untuk kebutuhan konsumtif. Sedangkan periode terpanjang adalah lima tahun. Namun, KTA dapat dicairkan dengan cepat karena tidak perlu jaminan. Beberapa bank dapat mengucurkan dana KTA hanya dalam tiga hari, umumnya dalam waktu kurang dari satu minggu.

Kredit Mobil
Pinjaman Kendaraan Bermotor atau yang lebih dikenal dengan kredit mobil adalah pinjaman yang diberikan oleh bank kepada pelanggan khusus untuk pembelian mobil. Dengan kredit mobil, mobil impian pelanggan dapat dimiliki dengan mudah tanpa harus mengumpulkan jutaan.

Kredit mobil termasuk dalam kategori pinjaman jangka pendek dan memiliki jenis bunga yang serupa dengan KTA. Jangka waktu pinjaman mobil berkisar antara satu hingga lima tahun dengan batas yang akan tergantung pada harga mobil.

Mobil yang dibiayai dapat berupa mobil baru atau bekas. Perbedaan antara kredit mobil bekas dan baru biasanya terletak pada tingkat bunga pinjaman dan jumlah uang muka. Baik bekas dan baru, mobil akan digunakan sebagai jaminan bagi bank. Jadi jika pembayaran kredit gagal, bank memiliki hak untuk mengambil kepemilikan mobil.

Kredit Motor
Pinjaman sepeda motor adalah pinjaman yang disediakan oleh bank untuk tujuan pembelian sepeda motor. Kredit sepeda motor pada dasarnya hampir sama dengan kredit mobil. Hanya saja pinjaman sepeda motor menggunakan BPKB sepeda motor sebagai jaminan.

Dalam hal perhitungan bunga, pinjaman sepeda motor mirip dengan kredit mobil. Selain itu, pelanggan juga perlu membayar uang muka (DP) kepada penjual sepeda motor dan sisanya akan ditanggung oleh bank. Lamanya proses persetujuan kredit sepeda motor juga secepat kredit mobil.

Kredit bank adalah
Kredit adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan bisnis untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya dalam jangka waktu tertentu. UU No. 10 tahun 1998 menyatakan bahwa kredit adalah "penyediaan uang atau tagihan yang dapat disamakan dengan itu, berdasarkan perjanjian atau perjanjian pinjaman antara bank dan pihak lain yang mengharuskan peminjam untuk membayar hutang setelah jangka waktu tertentu dengan bunga. Jika seseorang menggunakan layanan kredit, maka ia akan dikenakan bunga atas tagihan.

Sumber :
https://www.aturduit.com/articles/panduan-perbankan/pinjaman-bank/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kredit_(keuangan)




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : hutang bank
Back To Top