Tuk Bayar Utang

Doa Agar Lancar Membayar Hutang



Dalam pertemuan ini, Saya akan membahas doa membayar hutang. Lebih jelasnya Saya akan berbagi doa khusus agar segera bisa melunasi utang seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya ketika mereka berhutang.

Rasulullāh mengajarkan agar membacakan dua ayat Al-Quran dari Surah Ali Imran, yaitu ayat 26-27 untuk sahabatnya yang mempunyai hutang. Para sahabat Nabi kemudian mempraktekkan ayat-ayat yang diajarkan sebagai doa harian dan wirid, sehingga Allah SWT mengabulkan doanya untuk melunasi utang dan memperluas kekayaannya.

Dan inilah bunyi ayat 26 dan 27 dari ayat-ayat Ali Imran tentang Al-Qur'an, yang dipraktekkan oleh sahabat Nabi sebagai doa agar lancar membayar hutang.

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ 

Katakanlah, "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki, 

وَتَنزعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ

dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. 

 وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ 

Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki, 

وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ

dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. 

 بِيَدِكَ الْخَيْرُ

Di tangan Engkaulah segala kebajikan. 

 إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

 تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ

Engkau masukkan malam ke dalam siang, 

 وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ

dan Engkau masukkan siang ke dalam malam.

 وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ

 Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, 

 وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ

dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. 

 وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan.

Jika Anda memiliki banyak utang, silakan baca dua ayat dari surat Ali Imron di atas dengan jumlah yang sebanyak mungkin. Terapkan setelah solat fardu atau setelah sholat sunat. Insya Allah, jika Anda memiliki banyak hutang, hutang Anda akan cepat lunas dan kekayaan melimpah.

Dalam kehidupan sehari-hari, hutang adalah hal yang wajar. Tetapi apa yang terjadi jika hutang tidak dibayar sedikit demi sedikit? Tentu saja itu akan membuat hutang menjadi semakin menumpuk, sehingga sulit bagi seseorang untuk membayarnya. Nah, jika ini terjadi pada Anda, silahkan wiridkan doa untuk membayar hutang di atas.

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Rasulullah SAW menegur sahabatnya Muaz bin Jabal.
"Aku tidak melihatmu di masjid tadi malam," Rasulullah SAW menegur Sayyina Muaz Bin Jabal r.a. setelah menyelesaikan sholat berjamaah.

"Maafkan aku, wahai Rasulullah. Aku tidak sholat semalam. Ketika dalam perjalanan ke masjid, aku telah bertemu dan dikurung oleh seorang Yahudi di rumahnya dan tidak diizinkan ke mana pun" jawab Saidina Muaz.

"Mengapa?" tanya Nabi Muhammad.

"Saya punya banyak hutang kepadanya," kata Sayidina Muaz. "Sejauh ini aku merayu dan berjanji untuk melunasi hutangku ketika aku mendapatkan uang,"

Rasulullah SAW tersenyum sambil menepuk bahu Sayidina Muaz dan berkata, "Saya mengajari Anda dua ayat. Jika Anda ingin mempraktekkannya, Allah akan memperluas rezeki Anda untuk melunasi seluruh hutang Anda, meskipun hutang Anda sebesar gunung."

"Aku ingin ... Rasulullah," jawab Saidina Muaz dengan sungguh-sungguh.

Rasulullāh membacakan dua ayat Al-Quran yang telah Saya uraikan di atas, yaitu QS Ali Imran ayat 26-27. Dan Sayidina Muaz mendengarkan dengan saksama dan hati-hati, dan menjadikan ayat itu sebagai wirid harian sampai Allah SWT mengabulkan doanya untuk melunasi hutang dan memperluas kekayaannya.

Maka tidak ada yang salah bagi yang sudah berhutang utntuk mencoba mempraktekkan doa di atas, seperti Nabi Muhammad SAW mengajarkan sahabatnya Muaz bin Jabal.

Doa lainnya yang bisa Anda amalkan agar lancar membayar hutang adalah :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

ALLAAHUMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HAZANI
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ

WA A’UUDZUBIKA MINAL 'AJZI WAL KASALI
Dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ 

WA A'UUDZUBIKA MINAL JUBNI WAL BUKHL
Dan aku berlindung kepada-Mu dari kebakhilan dan sifat pengecut

وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

  WA A’UUDZUBIKA MIN GHALABATID DAYNI WA QAHRIR RIJAALI.
Dan aku berlindung kepada-Mu dari terjerat hutang dan ketertindasan.” 

Doa di atas berdasarkan sebuah hadits Nabi. "Suatu hari Nabi Muhammad masuk ke masjid, di mana dia menemukan seorang sahabatnya bernama Abu Umamah yang sedang duduk. Dia bertanya: "Wahai Abu Umamah, mengapa Saya melihat engkau duduk di luar waktu shalat?" Dia menjawab: "Saya bingung tentang hutang Saya, wahai Rasulullah." Dia berkata: "Maukah Saya akan mengajarkan engkau sebuah doa ketika engkau membacanya maka Allah Ta'ala akan menghilangkan kebingungan  dan melunasi hutang engkau?" "Tentu saja wahai Rasulullah". Dia berkata: "Jika engkau berada di pagi atau sore hari membaca doa ini: ALLAAHUMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HAZANI ... Abu Umamah berkata: "Setelah membaca doa, Allah Ta'ala  menghilangkan kebingungan Saya dan melunasi utang Saya."

Demikianlah, mudah-mudahan amalan doa membayar hutang di atas bisa bermanfaat buat Anda semua pembaca yang mulia. Yang terpenting adalah Anda harus membaca dengan istiqomah atau rutin atau langgeng, misalnya setiap habis sholat tahajud atau sholat dhuha. Pokoknya cari waktu yang Anda punya dan luangkan setiap hari.

Sebagai manusia biasa, tentunya Anda harus membarengi usaha batin ini dengan usaha lahir. Usaha lahirnya apa saja yang penting Anda move on dari diam diri di rumah. Anda harus melangkahkan kaki walaupun bingung harus ke mana. Pokoknya langkahkan kaki saja, insya Allah nanti Allah akan memberi jalan keluar.

Bisa saja ujug-ujug ada tetangga yang minta bantuan anu atau lagi termenung di jalan raya memikirkan mau nyari kerja apa dan ke mana, ujug-ujug ada mobil mogok, lalu yang punya mobil minta bantuan agar mobilnya di dorong dan ngasih upah, dan berbagai macam episode Allah yang telah disiapkan bagi mereka yang mau melangkahkan kakinya berusaha melunasi hutang.

Lalu bagaimana kalau yang tidak bisa melangkahkan kaki ? Gampang. Pakai saja tangan, otak, telinga dan lain sebagainya. Semuanya sudah disiapkan untuk kita agar dipakai buat usaha. Tangan misalnya, Saya pakai buat ngetik blog ini dan puluhan blog lainnya yang bisa menghasilkan uang. Caranya ? Anda harus baca-baca bagaimana cara menghasilkan uang dari tulisan blog.

Banyak teman Saya yang fokus menjadi penulis di blog dan mereka sukses bisa meraup penghasilan puluhan bahkan ratusan juta per bulan dari modal menulis. Namun tentu saja Anda harus punya bakat dan suka menulis, sebab pekerjaan yang dilakukan secara dipaksakan atau tidak sesuai dengan minatnya, susah sekali mendapat kesuksesan kecuali kalau Anda memang sudah betul-betul tidak ada pilihan lain, ya silahkan lakukan dengan baik, nanti juga lama kelamaan akan terasa mudah.

Sumber :
http://www.blogkhususdoa.com/2015/04/doa-mustajab-agar-cepat-bayar-hutang-lunas-lengkap-arab-latin-dan-artinya.html
http://www.kabarmakkah.com/2015/11/saat-terlilit-hutang-bacalah-doa-yang.html



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : doa membayar hutang
Back To Top