Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang Bank dengan Cepat



Cara melunasi hutang bank dengan cepat - Paling sakit dan nggak tenteram hati kalau punya hutang bank. Anda akan selalu dibayang-bayangi debt collector dan barang jaminan yang sudah siap pindah tangan ke bank, padahal itu yang kita punya satu-satunya.

Memang, tidak jarang seseorang membutuhkan pinjaman untuk melakukan apa saja, baik membuka bisnis, melunasi tagihan kesehatan, biaya pendidikan dan kebutuhan lainnya. Betul, bagi sebagian orang bank adalah solusi yang aman dan mudah.

Namun perlu diingat bahwa mencari pinjaman tidak semudah ketika harus membayarnya, sehingga tidak heran banyak orang akan mencari cara untuk melunasi hutang bank dengan cepat karena merasa tertekan. Di sini Saya akan berbagi bagaimana trik dan cara melunasi pinjaman bank tersebut.

Berhenti menggunakan kartu kredit
Jika Anda benar-benar ingin keluar dari masalah hutang, hentikan penggunaan kartu kredit. Semakin banyak Anda menggesek, semakin banyak saldo hutang Anda. Jika Anda terus menggunakan kartu Anda, hindarilah mengandalkan fasilitas untuk mengambil uang tunai. Mengapa ?

Tidak seperti ketika Anda menarik uang tunai dari rekening bank melalui kartu debit, maka penarikan tunai melalui kartu kredit umumnya akan membebankan biaya tarik tunai yang tinggi dan suku bunga yang tinggi juga. Selain itu, biaya bunga akan mulai menumpuk dan biasanya sejak hari Anda mengambil pinjaman.

Bayar hutang sebanyak yang Anda bisa
Menciptakan dana darurat harus menjadi prioritas utama. Tetapi setelah Anda mencapai tujuan ini, gunakan dana apa pun yang Anda miliki untuk melunasi hutang. Semakin banyak Anda membayar, semakin cepat Anda akan bebas dari kewajiban Anda.

Anda bisa menghemat belanja di toko kelontong dengan memanfaatkn diskon atau promo penjualan. Uang hemat itu gunakan untuk melunasi hutang. Jika Anda bekerja lembur, terapkan penghasilan tambahan itu untuk melunasi hutang Anda.

Membuat potongan anggaran
Perhatikan baik-baik ke mana uang Anda keluar lalu pisahkan antara kebutuhan dan keinginan semata. Lewatkan perjalanan harian ke kedai kopi lokal atau ke tempat makan siang favorit Anda. Maka seiring waktu, penghematan ini bisa meningkat.

Gunakan penghematan ini untuk menutupi lubang hutang sehingga bisa lunas lebih cepat dari yang Anda kira. Jika Anda kesulitan mencari tahu biaya mana yang harus Anda kurangi, gunakan perangkat lunak yang bisa mengatur anggaran untuk membantu Anda mendapatkan prioritas pada pengeluaran.

Menggandakan pembayaran
Selamat jika Anda telah melunasi kartu kredit. Namun, beres satu hal bukan berarti itu adalah waktunya berpesta. Pertahankan kebiasaan Anda dengan mengalokasikan dana yang sekarang telah menjadi dana hemat ke beban hutang berikutnya seperti halnya bagaimana mengelola keuangan pribadi dengan gaji kecil.

Menggunakan keberuntungan yang tidak terduga
Jika Anda mendapatkan kekayaan mendadak seperti mendapat pengembalian uang pajak atau bonus di tempat kerja, dapat hadiah quis, maka jangan membelanjakannya secara meriah. Sebaliknya, gigit keinginan Anda dan gunakan sebagian dana untuk melunasi hutang seperti bagaimana mengelola keuangan di masa-masa sulit.

Mendapatkan uang ekstra dengan kerja freelance
Cobalah mencari kerka freelance untuk membuat beberapa penghasilan tambahan. Dengan demikian, Anda mungkin dapat menghasilkan sejumlah besar uang tunai, yang semuanya harus dikontribusikan pada pembayaran hutang.

Menangani hutang yang punya tingkat bunga tertinggi dulu
Meskipun beberapa orang lebih suka metode pembayaran hutang dengan menentukan jumlah hutang yang lebih sedikit, maka akan lebih masuk akal secara finansial untuk melunasi hutang kepada mereka yang ngasih bunga bunga lebih tinggi . Tujuan utamanya adalah agar bisa lebih ringan beban hutangnya pada pembayaran berikutnya.

Jangan mengorbankan hal yang paling Anda suka
Membayar hutang mungkin mengharuskan Anda untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup, tetapi itu tidak harus membuat Anda tertekan. Jika Anda kesulitan menyesuaikan dengan kondisi baru, terapkan perubahan secara bertahap sehingga prosesnya tidak akan terlalu banyak menimbulkan tekanan.

Berhenti membuat hutang baru
Kebanyakan orang tidak menerima pelatihan dalam menangani uang dan cara hidup sesuai dengan kemampuan mereka. Jika Anda berutang maka Anda mungkin menjadi salah satu dari orang-orang seperti ini dan inilah saatnya untuk berubah.

Anda tidak mungkin bisa keluar dari hutang kecuali Anda menahan kebiasaan pengeluaran keuangan Anda saat ini. Anda harus ketat dengan semua pemasar yang mencoba mengambil uang Anda dengan susah payah atau menawarkan pembiayaan pinjaman yang mudah.

Peringkatkan hutang Anda dengan tingkat bunga
Buat daftar semua hutang Anda dengan jumlahnya dan suku bunga. Tingkat bunga tertinggi harus disimpan di urutan teratas karena ini yang akan Anda bayar terlebih dahulu. Membayar hutang berbunga tinggi adalah kunci melunasi hutang secepat mungkin.

Bunga adalah senjata ampuh bagi bank atau lembaga keuangan lain menggunakannya untuk melawan Anda. Minat Anda, secara signifikan akan meningkatkan jumlah yang harus Anda bayar kembali dan sering kali kita bahkan tidak menyadari berapa jumlahnya.

Menurunkan suku bunga Anda
Teradang Anda sering mendapat pengurangan suku bunga kartu kredit Anda dengan melakukan transfer saldo. Ini berarti memindahkan kartu kredit Anda ke bank lain dan mereka akan menurunkan suku bunga.

Berbelanjalah dan mencoba untuk mendapatkan suku bunga terendah dalam jangka waktu terlama harus dibayar penuh. Pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan dengan cermat sehingga Anda tidak dipermainkan oleh bank baru dengan cara lain. Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat memesan daftar hutang Anda lagi jika ada perubahan.

Membuat rencana pengeluaran yang strategis
Di sinilah cara meningkatkan kontrol keuangan Anda. Ambil secarik kertas dan tuliskan pendapatan Anda setelah pajak dan semua biaya yang Anda miliki termasuk pembayaran minimum untuk semua hutang Anda.

Lihatlah pengeluaran Anda dan kemudian rangking sesuai dengan minat Anda. Lihatlah barang-barang di bagian bawah daftar Anda dan putuskan apakah Anda ingin memilikinya atau tidak. Tujuannya adalah membuat rencana pengeluaran yang strategis di mana pengeluaran Anda lebih rendah daripada penghasilan Anda.

Membuat jadwal pembayaran kembali
Bagian pertama dari cara melunasi pinjaman bank dengan cepat adalah menutupi pembayaran minimum pada setiap hutang yang Anda miliki. Setiap kali Anda melewatkan pembayaran, Anda dikenakan biaya dan ini akan meningkat dengan cepat, termasuk juga melakukan pembayaran minimum pada hutang dengan suku bunga tertinggi.

Menghormati kemajuan Anda
Anda bisa melacak hutang Anda sehingga Anda dapat melihat kemajuan Anda selama ini. Anda juga dapat memutuskan pencapaian yang akan Anda lakukan dan menghadiahi diri Anda sendiri atau kerabat ketika pencapaian tercapai.

Hadiah tidak harus mengeluarkan uang, tetapi jika itu dilakukan, maka biayanya bisa berasal dari rencana pengeluaran strategis Anda yang sebelumnya dialokasikan. Ini merupakan langkah penting karena akan menjaga motivasi Anda supaya tetap berjalan, khususnya ketika Anda merasakan kekuatan atau semangat membayar hutang menjadi memudar.

Itulah beberapa hal yang bisa Saya beberkan terkait cara melunasi hutang bank. Mudah-mudahan bermanfaat dan membuat Anda lunas hutang.

Sumber :
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/financial-planning/cara-melunasi-hutang-bank-dengan-cepat



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top