Tuk Bayar Utang

Doa Agar Lunas Hutang



Ada banyak doa agar lunas hutang yang bisa dipraktekkan sehingga langkah-langkah dalam melunasi pinjaman lebih mudah. Karena dalam kehidupan ini, ada saja yang berkaitan dengan hutang, baik itu dalam jumlah sedikit ataupun besar.

Tidak ada yang salah jika kita mengamalkan selalu membaca doa pelunasan hutang sehingga langkah kita akan dipermudah oleh Allah SWT untuk bisa terbebas dari hutang. Doa menjadi salah satu cara Nabi Muhammad membantu seseorang yang terjerat hutang. Sesuai dengan sunnah, doa-doa yang Saya tulis berikut ini bisa melunasi hutang segunung.

Doa melunasi hutang sesuai sunnah

Doa minta kaya dan lepas dari hutang ini berdasarkan hadis Tirmidzi nomor 3563, dari 'Ali, bahwa ada seorang budak mukatab yang mendatanginya, dia berkata, "Saya tidak bisa melunasi untuk membebaskan diri saya sendiri."

Ali juga berkata, "Maukah Engkau Saya beri tahu beberapa kalimat yang Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengajari Saya, bahwa jika Engkau memiliki hutang sebesar gunung, maka Allah akan memudahkan Engkau untuk melunasinya. Bacalah doa ini :"

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ

ALLOOHUMMAK-FINII BI HALAALIKA 'AN HAROOMIK
Ya Allah, cukup dengan yang halal dan jauhkan aku dari yang haram, 

 وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

WA AGHNINII BI FADHLIKA 'AMMAN SIWAAK.
dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada orang lain.

Disamping itu, terdapat pula doa untuk melunasi hutang menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 2713, telah diberitahu dari Zuhair bin Harb, telah diberitahu dari Jarir, dari Suhail, katanya, "Abu Salih telah memerintahkan kami, jika kami ingin tidur, berbaringlah di sebelah kanan lalu katakan :

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

ALLOOHUMMA ROBBAS-SAMAAWAATIS SAB'I WA ROBBAL 'ARSYIL 'AZHIIM, 
Ya Allah, Tuhan yang mengurus tujuh langit, dan Tuhan yang mengurus 'Arsy agung, 

 رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ

ROBBANAA WA ROBBA KULLI SYAI-IN,
Tuhan kami dan Tuhan dari semua hal. 

 فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى

FAALIQOL HABBI WAN-NAWAA
Tuhan yang membagi butiran tanaman dan biji buah,

وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ

WA MUNZILAT-TAWROOTI WAL INJIILI WAL FURQOON.
Tuhan yang menurunkan Taurat, Injil dan Furqan 

 أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ

A'UUDZU BIKA MIN SYARRI KULLI SYAI-IN
Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan semua hal

 أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ

 ANTA AAKHIDZUM BINAA-SHIYATIH
yang Engkau pegang ubun-ubunnya.

 اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ

ALLOOHUMMA ANTAL AWWALU FALAYSA QOBLAKA SYAI-UN
Ya Allah, Engkau adalah permulaan, maka tidak ada apa-apa sebelum Engkau

 وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ

WA ANTAL AAKHIRU FALAYSA BA'DAKA SYAI-UN
dan Engkau Yang Terakhir, maka tidak ada apa-apa setelah Engkau

 وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ

WA ANTAZH ZHOOHIRU FA LAYSA FAWQOKA SYAI-UN
Engkau Yang Zhohir, maka tidak di atas Engkau, suatu apap pun

 وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ

WA ANTAL BAATHINU FALAYSA DUUNAKA SYAI-UN
Engkau Yang Bathin, maka tidak ada yang luput dari Engkau, suatu apap pun

 اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

IQDHI 'ANNAD-DAINA WA AGHNINAA MINAL FAQRI.
Bayarkanlah hutang kami dan beri kami kekayaan sampai terlepas dari kemiskinan.

Imam Nawawi rhmh mengatakan bahwa arti dari hutang dalam hadits tersebut ialah kewajiban kepada Allah Ta'ala dan kewajiban kepada hamba secara keseluruhan, jadi mencakup semua jenis kewajiban. Juga dalam hadits di atas diajarkan adab sebelum tidur yakani berbaring di sisi kanan.

Disamping 2 doa di atas, Anda bisa mengamalkan doa yang ke 3 berdasaran hadits dari Ahmad bin Hambal. Bacaan doanya adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

ALLOOHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL HAMM WAL HAZAN
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari kebingungan dan kesedihan

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

WA A'UUDZUBIKA MINAL 'AJZI WAL KASAL
Aku berlindung pada-Mu dari lemah dan malas.

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

WA A'UUDZUBIKA MINAL JUBNI WAL BUKHL
Aku berlindung pada-Mu dari pengecut dan kikir

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

WA A'UUDZUBIKA MIN GHOLABATID DAINI WA QOHRIR RIJAAL
dan aku berlindung pada-Mu dari ikatan hutang dan penganiayaan manusia. 

Menurut Abu Umamah r.a: "Sesulah membaca doa tersebut, Allah berkehendak menghapuskan kebingunganku dan melunasi hutangku."

Amalan melunasi hutang segunung

Adapun adab atau cara membaca doa untuk melunasi hutang adalah sebagai berikut:
- Sebelum tidur ambil air wudhu
- Duduk dengan nyaman dan santai
- Baca Surat Al Fatihah 3 kali
- Baca doa untuk melunasi hutang di atas 3 kali
- Baca dzikir pembayar utang 99 kali
- Katakan niat Anda
- Baca dzikir "ALHAMDULILLAH" 11 kali
- Seilahkan tidur

Ingat, ketika melakukan dzikir di atas, cobalah membacanya dengan sangat serius dan konsentrasi. Lakukan hal di atas setiap hari ketika Anda ingin tidur selama setidaknya 40 hari berturut-turut. Akan maksimal jika Anda menambahkan sholat tengah malam dan sholat hajat. Insya Allah, berkat doa ini, Anda akan bisa melunasi hutang dengan bantuan Allah yang tidak terduga untuk meringankan beban hutang.

Doa melunasi hutang Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, untuk melunasi hutang, cobalah membaca doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga berikut ini.

الله ربي لا اشرك به شئا

ALLOOHU ROBBII. LAA USYRIKU BIHII SYAI-AA.
Allah adalah Tuhanku. Aku tak menyekutukan-Mu dengan apa pun

Masing-masing dalam sujud terakhir, membaca 40 hingga 100 kali. Dia yang akan membayar hutang kita. Penyedia rezeki bagi kita dan penolong kita. Dia adalah pembebas dari semua kesulitan kita, memudahkan apa yang kita jalani, meringankan beban di pundak kita.

Dia adalah pelepas masalah kita. Semua yang kita butuhkan untuk melunasi hutang kita, semuanya dari Allah saja. Ini adalah pemahaman dari kalimat di atas. Kalimat itu adalah komitmen dan pernyataan, kita tidak perlu yang lain, tidak akan datang kepada yang lain, tidak akan memilih jalan yang salah, sehingga semua itu akan terbayar.

Doa untuk melunasi hutang di atas dapat diterima oleh Allah jika seseorang biasa mengkonsumsi makanan halal dan jauh dari makanan haram. Karena itu, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat Islam untuk mengikuti perintahnya.

Berdasarkan hadits Muslim nomor 1015, dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata : "Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima apa pun kecuali dari yang thoyyib (baik)."

Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan orang-orang beriman sebagaimana Dia memerintahkan para Rasul. Firman-Nya: "Hai Rasul! Makan makanan yang baik (halal) dan lakukan perbuatan baik. Sesungguhnya Aku tahu apa yang Engkau lakukan."

Dan Allah juga berfirman: "Hai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yaang baik yang telah kami sediakan untuk Kamu." 

Lalu Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam bercerita tentang seorang lelaki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut, bingung dan berdebu. Pria itu mengangkat tangannya ke langit sambil berdoa: "Ya Tuhanku, Ya Tuhanku." Faktanya, makanan dia berasal dari hal-hal yang haram, minumannya berasal dari yang haram, pakaian dari yang haram dan diberi makan dari yang haram, jadi bagaimana Allah akan mengijinkan doanya?

Disamping membaca doa agar terbebas dari hutang yang menumpuk, kita juga mesti menghindari dari penyebab hutang. Ada beberapa penyebab yang menjadikan menumpuknya utang, seperti kelalaian dalam membayar hutang tepat waktu, dan kurang memahami dalam kemampuan membayar hutang.

Ketika mengalami kegagalan untuk membayar hutang tepat waktu, biasanya orang akan meminjam atau kredit lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika memang darurat, hal itu memang sah-sah saja, tetapi di sisi lain, pembayaran pinjaman juga harus dilakukan secara teratur untuk menghindari akumulasi hutang.

Keterlambatan dalam membayar tagihan tepat waktu dapat menyebabkan utang menumpuk, tentu saja disertai dengan tambahan biaya keterlambatan dan bunga yang berkelanjutan.

Selain itu, penyebab lain dari akumulasi utang adalah kurangnya pemahaman tentang kemampuan membayar hutang. Bagi yang suka berbelanja, seringkali kekurangpahaman dalam kemampuan membayar hutang, dapat berakibat terkena jeratan hutang kartu kredit.

Tentu akan lebih bagus jika kita merenungi dulu kembali berapa sih jumlah pendapatan kita tiap bulannya dan apakah kita bisa menyisihkan sekian persen untuk langsung digunakan untuk pembayaran cicilan. Biasanya dalam mengajukan pinjaman atau menggunakan kartu kredit tanpa mempertimbangkan kemampuan membayarnya, hanya akan menumpuk utang saja.

Selain menghindari penyebab, kita juga mesti melakukan syariat zhohir agar terbebas dari hutang yang menumpuk. Apa saja tips yang sering dilakukan para pengutang dalam mengatasi masalah hutangnya ?

Berhenti Membayar dengan Pembayaran Minimum
Langkah pertama yang mestig dilakukan bagi mereka yang memiliki tumpukan utang adalah mulai membayar dengan pembayaran minimum. Ini biasanya dilakukan karena takut dikejar oleh penagih utang.

Sebenarnya membayar dengan pembayaran minimum bukanlah cara yang tepat karena Anda masih tidak dapat menghindari bunga yang terus berjalan di belakang pembayaran tagihan kartu kredit. Ini hanya membuat debitor menimbun utang tanpa mengatasi utangnya dan tidak menyelesaikannya.

Mulai Melunasi Utang dengan Tingkat Bunga Lebih Tinggi
Jika Anda masih memiliki simpanan atau dana darurat yang tersisa, Anda dapat mulai memberikan prioritas pada hutang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Meskipun mungkin tampak sulit di awal, ketika Anda telah berhasil melunasi hutang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi, Anda biasanya akan lebih ringan untuk melunasi hutang yang tersisa dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

Mulai Mencari Penghasilan Alternatif Bulanan
Langkah selanjutnya untuk mengatasi akumulasi utang adalah mulai mencari alternatif pendapatan tambahan untuk dapat melunasinya. Salah satu cara paling umum untuk meningkatkan pendapatan saat ini adalah menjadi sopir taksi online.

Anda juga dapat memanfaatkan situs jual beli online dan melakukan penjualan produk yang akan menghasilkan uang ekstra bagi Anda. Penghasilan bulanan alternatif yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan bonus tahunan atau THR yang diperoleh selama liburan.

Dana tambahan yang Anda dapatkan setiap tahun harus diprioritaskan segera untuk mengatasi utang Anda.

Kencangkan Anggaran
Saat mulai mencoba melunasi utang dari suku bunga tertinggi dan berusaha mencari alternatif pendapatan bulanan, Anda bisa mulai mengencangkan anggaran Anda untuk mengatasi akumulasi utang.

Semakin Anda memotong biaya bulanan berarti semakin banyak dana yang dapat dialokasikan untuk membayar utang. Kesalahpahaman secara umum adalah secara langsung memotong pengeluaran dalam skala besar sampai Anda merasa terkejut dan tidak terbiasa.

Cara yang pas ialah mengawalinya dari pengeluaran terkecil, umpamanya, stop kita bergabung dengan keanggotaan klub olahraga, TV kabel, atau membeli minuman di kedai kopi yang terkenal. Dari sini, Anda dapat mulai memotong secara perlahan pengeluaran lain dan memperketat anggaran.

Berkonsultasi dengan Banyak Pihak Berpengalaman
Jalan keluar lain yang bisa dimanfaatkan adalah berkonsultasi dengan pihak yang lebih berpengalaman. Konsultan yang lebih berpengalaman dalam mengelola utang biasanya lebih memahami strategi seperti apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi akumulasi utang.

Ini tentu saja akan dilakukan dengan melihat kondisi keuangan Anda dan kemampuan membayar. Dengan mengambil langkah yang tepat, Anda bisa menyingkirkan utang lebih cepat dengan total utang yang tentu saja bisa lebih rendah.

Kenapa begitu? Biasanya konsultan dari perusahaan pengelola utang dapat bernegosiasi dengan bank sehingga Anda mendapatkan potongan atau suku bunga yang lebih rendah dengan jangka waktu yang panjang.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar doa hutang lunas sekejap. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Anda semua.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : doa lunas hutang
Back To Top