Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama



Adakah cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama ? Lama di sini relatif, bisa bulanan atau tahunan. Menurut Saya dalam hitungan bulanan juga sudah cukup lama, apalagi kalau tahunan. Mengapa ? Sebab bunga per bulannya lumayan tinggi, tergantung bank penerbit kartu kredit.

Sebut saja kalau hutang kartu kredit Anda 5 juta dengan bunga per bulan 3 %, maka untuk bunganya saja Anda harus bayar 150 ribu rupiah. Itu kalau Anda lancar bayar, kalau Anda nunggak, Anda akan dibebani denda keterlambatan bayar cicilan juga.

Belum lagi teror dari debt collector tiap hari pasti akan menghiasi kehidupan Anda. Anda juga pasti akan malu terus menerus, karena kemungkinan debt collevtor bakal sering bertamu ke rumah Anda. Beruntung kalau Anda punya wajah garang, badan tinggi besar dan punya tato, maka pastilah debt collector juga akan rada segan. Namun yang namanya utang tetaplah utang dan wajib dibayar walaupun Anda tatoan.

Mau tak mau Anda harus lunasi hutang kartu kredit Anda kalau memang nggak mau hidup gelisah. Lupakanlah kesalahan Anda ketika membuat kartu kredit, karena sudah terjadi, sekarang ambil hikmahnya dan cari solusinya. Bagaimana solusinya ?

Segera telepon saja debt collector yang suka marah-marahin Anda itu. Undang ke rumah Anda, siapkan makan dan minum buat jamuannya. Setelah itu utarakan bahwa Anda punya niat yang tulus mau nyicil utang namun minta keringanan.

Keringanan yang dimaksud adalah debt reschedulling. Ini adalah semacam permohonan buat menyelesaikan utang yang meringankan dan terjangkau ke bank penerbit kartu kredit. Penyelesaian dilakukan dengan cara mengubah tagihan regular menjadi tagihan cicilan dengan bunga tetap seperti yang diminta penunggak.

Misalnya, kalau Anda punya hutang kartu kredit Rp 5 juta, maka bisa dicicil dengan bayar 12 kali cicilan dengan bunga 1% per bulan, misalnya, jadi lebih rendah. Dengan demiian, cicilan bulanan Anda, hanyalah Rp 416.666 plus bunga Rp 50 ribu, totalnya menjadi Rp 466.666.

Tentu lebih ringan dibandingkan Anda harus bayar dengan cicilan model lama dengan bunga yang lebih tinggi, walaupun secara agama (Islam) tetep saja riba. Namun apa boleh buat, sebab jika tidak dibayar, malah akan menimbulkan madhorot yang lebih besar.

Untuk melakukan cara ini, Anda mesti menandatangani kesepakatan reschedule di atas materai. Terus Anda akan diminta salinan kopi KTP. Berikutnya membayar uang muka sebesar cicilan bulanan. Setelah itu, Anda bakal dikirim jadwal pembayaran lengkap dengan angka cicilan lengkap.

Karena memakai kebijakan reschedule, maka kartu kredit Anda tak bisa digunakan lagi. Kalau Anda gagal membayar cicilan reschedule, maka ada sanksinya di mana perhitungan utang balik ke sistem tagihan semula.

Itulah salah satu cara melunasi hutang kartu kredit macet yang sudah lama misalnya tunggakan kartu kredit selama 5 tahun sehingga makin menumpuk, dengan cara reschedule atau cara mengajukan keringanan pembayaran kartu kredit atau bisa juga dengan cara nego pelunasan kartu kredit, pemutihan hutang kartu kredit sehingga hutang kartu kredit tidak dibayar.

Sumber :
https://www.moneysmart.id/terjerat-utang-kartu-kredit-lebih-dari-satu-tahun-omg-gimana-dong/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top