Tuk Bayar Utang

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terlilit Hutang




Sudah pernah mengalami hidup terlilit utang? Belum? Syukurlah dan semoga janganlah pernah mengalaminya. Karena hidup dalam hutang ibarat tali yang menempel dileher kita. Hanya tinggal sejengkal lagi, jika terus ditarik, maka kita tidak lagi bisa bernafas.

Tidak ada orang yang waras, ingin menjalani kehidupan berhutang, tapi manusia hanya bisa merencanakan. Bagaimanapun, tidak ada yang tahu, apa yang akan terjadi di masa depan. Bahkan apa yang akan terjadi besok pun, kita tidak tahu.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terlilit Hutang ?

Ini yang wajib dilakukan saat terlilit utang yakni :

Berdoa
Cara yang paling manjur tetapi sayang justru banyak yang menyepelekannya. Hafalkan doa-doa penghapus hutang yang shahih, hafalkan dan panjatkanlah doa tersebut setiap saat. Percayalah bahwa doa adalah perantara yang membantu melunasi hutang kita.

Bagaimana kita bisa meminta kepada orang lain dengan harapan diberi, sementara ketika meminta kepada Tuhan -Yang Maha Kaya malah pesimisme? Jadilah 100% yakin bahwa Tuhan akan mengabulkan doa kita, yakinlah bahwa hutang kita akan dilunasi oleh Tuhan.

Seringlah membaca doa ini:

ALLOOHUMMA 
Ya Allah

INNII A'UUDZUBIKA 
sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau

MINAL HAMMI WAL HAZANI 
dari bingung dan sedih

WA A'UUDZUBIKA 
Aku berlindung kepada Engkau

MINAL 'AJZI WAL KASALI 
dari lemah dan malas

WA A'UUDZUBIKA 
Aku berlindung kepada Engkau

MINAL JUBNI WAL BUKHLI 
dari pengecut dan kikir

WA A'UUDZUBIKA 
Dan aku berlindung kepada Engkau
dari tekanan hutang
MIN GHALABATID DAINI 

WA QAHRIRRIJALI
dan kesewenang-wenangan manusia.

Sholat malam
Bangun di sepertiga malam, berdoalah dan ulurkan tangan Anda sambil memohon kepada Tuhan untuk meminta bayaran dari hutang kita. Jika belum terbayar, teruslah meminta pada waktu itu, dan sekali lagi yakinlah bahwa Tuhan akan membantu kita.

Ada sebagian sahabat yang juga sempat ragu dan putus asa setelah lama berdoa, kok utangnya tidak kunjung lunas. Nah, dalam keputusasaan itulah Anda justru harus bangkit dan semakin menggiatkan usaha dalam berdoa dan bekerja. Saat itulah Anda harus yakin bahwa sebentar lagi Allah akan mengabulkan doa Anda.

Bekerja lebih keras atau cerdas
Bekerja lebih keras dari biasanya untuk membuat rizki Anda lebih dari biasanya, sehingga jika ada sisa kelebihan rizki, maka bisa digunakan untuk membayar hutang kita. Memang, biasanya orang yang berhutang punya sifat malas, karena faktor mental. Maka kita harus mengubah pola pikir kita, bahwa waktu itulah merupakan waktu yang tepat untuk bekerja lebih keras, bahkan lebih keras dari biasanya.

Jika penghasilan bulanan Anda tidak mencukupi untuk melunasi semua hutang yang Anda miliki, ada baiknya mencari penghasilan tambahan baik online maupun offline. Dengan ini, Anda bisa mempercepat pelunasannya. Anda bingung usaha apa yang akan Anda lakukan? Mulailah dari hobi atau keahlian.

Hindari bayar hutang dengan ngutang
Jangan berpikir untuk menutupi hutang dengan hutang, atau menurut peribahasa 'gali lobang tutup lobang'. Adalah kesalahan jika seseorang menutupi hutang dengan hutang, karena utangnya akan semakin banyak. Yang lebih tepat saat ini adalah menjual aset.

Punya niat menjauhi hutang
Miliki komitmen untuk tidak mudah melakukan hutang. Berjanjilah untuk tidak meminjam lagi. Hiduplah apa adanya, syukurilah apa yang kita miliki saat ini, jangan menginginkan sesuatu lagi yang belum saatnya kita miliki dengan hasrat tinggi yang pada akhirnya memaksa kita berhutang untuk memenuhi keinginan kita.

Menjual Aset
Jika semua hal di atas sudah selesai, tapi utangnya belum beres, Anda harus menyerahkan aset yang dimilikinya. Cara ini memang terlihat sadis, tapi ini untuk kenyamanan Anda.

Daftar ulang hutang Anda
Jika Anda memiliki utang di lebih dari satu tempat, ada baiknya membuat daftar agar Anda dapat mengontrol dan sekalian menjadi pengingat untuk segera dilunasi. Tuliskan utang dari bunga tinggi, sedang, rendah, dan nol bunga.

Bayar mulai dari hutang dengan bunga terbesar
Setelah didaftar, prioritaskan membayar hutang dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghindari hutang yang menumpuk yang akan membebani keuangan anda setiap bulannya. Sedangkan untuk utang dengan bunga yang lebih ringan atau tanpa bunga, Anda bisa membayar dengan jumlah minimum. Begitu hutang dengan tingkat suku bunga tertinggi dapat dilunasi, maka memprioritaskan melunasi hutang dengan bunga moderat, rendah, dan yang tidak ada bunganya.


Mudah-mudahan artikel di atas bisa menjadi :
- solusi terlilit hutang banyak
- jalan keluar terlilit hutang
- jalan keluar dari hutang menumpuk

Insya Allah nanti Saya akan buat info lainnya tentang :
- terlilit hutang rentenir
- doa terlilit hutang banyak
- cara membayar hutang dengan cepat menurut islam
- terlilit hutang ratusan juta
- kisah nyata orang terlilit hutang

Sumber :
http://pengusahamuslim.com/4544-adakah-yang-masih-terlilit-hutang.html
https://kreditgogo.com/artikel/Tips-Keuangan/-Terlanjur-Terlilit-Utang-Nih-Cara-Membebaskannya.html
http://www.infoyunik.com/2015/11/bacalah-doa-ini-saat-terlilit-hutang.html



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : terlilit hutang
Back To Top