Tuk Bayar Utang

Cara Daftar Bantuan UMKM Online



Tidak sedikit pelaku usaha kecil menengah belum paham cara daftar bantuan UMKM online sebesar Rp 2,4 juta. Nah, kami akan membantu Anda mengetahui tentang program ini. Bantuan ini disebut Bantuan Presiden Produktif atau biasa disingkat BPUM untuk UMKM. Biaya yang diberikan kepada masyarakat adalah dana hibah, bukan pinjaman.

Oleh karena itu, jika Anda terdaftar sebagai penerima, Anda juga tidak perlu mengembalikan dana yang telah Anda terima. Kabar baiknya, Anda masih bisa mendaftar bantuan BPUM hingga Desember 2020. Jadi jika tidak mendapatkan bantuan masih ada peluang untuk menerimanya pada Oktober 2020.

Menurut Tirto, jadwal pendaftaran penerima bantuan wirausaha mikro tahap II dibuka mulai awal Oktober hingga akhir November 2020. Kemenkop-UKM menginformasikan pembukaan pendaftaran BLT UMKM senilai Rp 2,4 juta melalui penerbitan Surat Edaran Nomor 491 atau SM atau X atau 2020 tanggal 6 Oktober 2020.

Sebelum surat keluar, pendaftaran penerima UMKM tahap 1 ditutup pada pertengahan September. Kemudian, mengutip laporan Antara, pemerintah kemudian memutuskan menambah penerima bantuan langsung tunai sebesar Rp. 2,4 juta, dari 9,1 juta menjadi 12 juta pelaku usaha mikro.

Berdasarkan data Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), penyaluran Banpres Produktif untuk Usaha Mikro kepada 9,1 juta pelaku UMKM sudah 100 persen dilaksanakan. Karena terjadi peningkatan jumlah penerima bantuan UMKM menjadi 12 juta orang, anggaran untuk hibah tersebut dinaikkan dari Rp. 22,01 triliun sampai dengan Rp. 28,8 triliun.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah telah mengatur agar pendaftaran penerima Banpres Produktif untuk Usaha Mikro senilai Rp 2,4 juta dapat dilakukan melalui sejumlah instansi. Mekanismenya, pelaku UMKM mendaftar di instansi daerah atau pusat.

Kemudian, pihaknya mengajukan nama-nama calon penerima manfaat kepada UKM Kemenkop. Instansi atau lembaga yang dapat mengajukan nama-nama calon penerima manfaat adalah: Kanwil yang membidangi koperasi dan UKM; Kementerian atau Lembaga; Koperasi yang sudah berbadan hukum; Bank atau perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Pendaftaran umumnya terbuka secara offline terutama di kantor UMKM kabupaten atau kota. Namun, ada juga pemerintah daerah yang membuka pendaftaran calon penerima Banpres Usaha Mikro Produktif secara online.

Akun Twitter resmi Kemenkop-UKM menginformasikan bahwa penyaluran bantuan sosial tunai bagi pengusaha mikro periode Oktober-November 2020 diperuntukkan bagi 3 juta penerima.

Pelaku usaha mikro yang telah terdaftar dan diusulkan menjadi calon penerima dan dianggap memenuhi syarat, akan menerima transfer sebesar Rp 2,4 juta ke rekening atas namanya masing-masing.

Perlu diketahui, tidak sedikit masyarakat penerima bantuan UMKM, padahal mereka tidak mendaftarkan diri. Namun, mereka menerima SMS bahwa mereka terdaftar sebagai penerima bantuan.

Ternyata sudah didaftarkan oleh lembaga pengusul seperti bank BRI, koperasi atau lembaga pengusul lainnya. Sangat disarankan, Anda tidak menunggu. Tapi harus terdaftar secara aktif dengan membawa persyaratan pendaftaran ke koperasi setempat dan kantor UMKM.

Banyak UMKM di kabupaten atau kota di Indonesia yang membuka pendaftaran online, misalnya di kemnaker.diasporapeduli.id atau http://www.depkop.go.id/. Tidak sedikit warga yang masuk link ini untuk mendaftar. Hanya saja, alamat website tersebut ternyata hanya diperuntukkan bagi pelaku UMKM.

Setelah masuk ke alamat website tersebut, silakan masukkan nama, alamat, NIK, nomor telepon, nama perusahaan, jenis usaha, bentuk perusahaan, dan lain-lain. Jika Anda tinggal di kabupaten atau kota lain, daftarkan ke koperasi setempat dan kantor UMKM.

Syarat Mendapat BPUM UMKM

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan BLT UMKM adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Memiliki Bisnis Mikro.
  • Bukan Pegawai Negeri Sipil, TNI / Polri dan BUMN.
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari fund banking KUR.
  • Bagi pelaku UMKM yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Berusaha (SKU).

Jika bisnis Anda memenuhi persyaratan di atas, ada dua cara untuk mendapatkan bantuan UMKM. Pertama, diusulkan oleh para pendukung Banpres Produktif untuk Usaha Mikro, antara lain:

  • Dinas yang membidangi koperasi dan UKM.
  • Koperasi yang sudah berbadan hukum.
  • Kementerian atau Lembaga.
  • Perusahaan perbankan dan keuangan yang terdaftar di OJK.

Kedua, pelaku usaha harus melengkapi data proposal kepada pengusul, dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Nama lengkap.
  • Alamat tempat tinggal menurut KTP.
  • Bidang usaha.
  • Nomor telepon.

Cara Daftar BLT UMKM Online Jawa Tengah

Mengutip informasi di situs resmi Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, dilakukan pendataan calon penerima BPUM atau BLT Rp 2,4 juta bagi pengusaha mikro di Provinsi Jawa Tengah yang keluar oleh masing-masing pemerintah kabupaten atau kota.

Cara registrasi dilakukan secara offline yaitu para pelaku usaha mikro mengunjungi layanan UMKM di daerahnya masing-masing. Namun, ada juga sejumlah pemerintah daerah di Jawa Tengah yang membuka pendaftaran calon penerima usaha produktif secara online untuk menghindari keramaian orang guna mencegah penularan Covid-19.

Data pengusaha mikro yang sudah terdaftar di pemerintah kabupaten atau kota akan diajukan langsung ke Kemenkop-UKM untuk diverifikasi. Sedangkan penetapan pelaku usaha mikro berhak mendapat bantuan sebesar Rp. 2,4 juta sepenuhnya menjadi kewenangan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Hingga 16 Oktober 2020, setidaknya ada tiga kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang telah mengumumkan persyaratan, tautan, dan cara mendaftar secara online untuk menjadi penerima bantuan usaha mikro senilai Rp 2,4 juta.

Cara Daftar Bantuan UMKM Online

Cara Pendaftaran BLT UMKM Online di Surakarta

Berdasarkan pengumuman di situs resmi Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta, pendaftaran online pendampingan usaha mikro tahap II di wilayah ini dibuka mulai tanggal 12 Oktober sampai dengan 23 November 2020. .

Adapun tata cara pendaftaran BLT UMKM secara online di kota Surakarta adalah pemohon harus mendaftar melalui link https:atauatautinyurl.com/BPUMSka3

Cara Pendaftaran BLT UMKM Online di Kota Semarang

Informasi mengenai pembukaan pendaftaran online bagi calon penerima bantuan usaha mikro tahap II telah diumumkan di akun Instagram resmi Pemerintah Kota Semarang pada tanggal 9 Oktober 2020.

Prosedur pendaftaran bantuan usaha mikro tahap II di Kota Semarang adalah sebagai berikut: Pendaftaran hanya dilakukan secara online Pendaftaran online melalui link bit.lyataubansospusatsmg

Cara Pendaftaran BLT UMKM Online di Kabupaten Temanggung

Pembukaan pendaftaran pendampingan usaha mikro tahap II secara online di Kabupaten Temanggung telah diumumkan di situs resmi Disperindagkop Temanggung pada Rabu, 14 Oktober 2020.

Disperindagkop Temanggung membuka pendaftaran penerima bantuan usaha mikro tahap II dari daerah setempat, hanya secara online. Caranya adalah membuka email dan register melalui link bit.ly/PendataanUKMTemanggung2020

Cara Pendaftaran BLT UMKM di Yogyakarta

Untuk UMKM di wilayah Yogyakarta bisa mendaftar secara online melalui website https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/ dan mengisi data UMKM terdampak Covid-19.

BLT UMKM 2021

Kementerian Koperasi dan UKM berharap program Bantuan Presiden Produktif (Banpres) untuk usaha mikro bisa dilanjutkan pada 2021. Masih banyak pelaku usaha mikro terdampak yang masih bisa diproses tahun depan, mengingat pendistribusian bantuan presiden produktif tahun ini sudah hampir tuntas.

Tujuan dari Banpres produktif ini adalah untuk memberikan tambahan modal bagi pengusaha mikro agar tetap berjalan di tengah pandemi. Selain itu, Banpres produktif ini juga turut membantu mengurangi kemiskinan dan pengangguran selama pandemi Covid-19.

Persyaratan untuk memperoleh Banpres ini juga cukup mudah dan sederhana, seperti yang telah Kami sebutkan di atas.

Cara Mengambil Bantuan di Bank

Mengutip dari Grid Fame, beberapa hal yang perlu diketahui dari bantuan ini adalah penerima tidak langsung bisa memanfaatkannya. Pasalnya, penerima harus melengkapi sejumlah persyaratan, mulai dari dokumen hingga surat pernyataan.

Nasabah penerima bantuan presiden (banpres) datang ke kantor BRI dengan membawa dokumen berupa buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri. Jika dokumen belum dipenuhi, selisih larangan saldo akan ditahan terlebih dahulu.

Namun menahan saldo tersebut tidak akan mempengaruhi rekening tabungan nasabah secara keseluruhan. Sebelumnya, penerima bantuan akan diberitahukan oleh pihak bank melalui SMS notifikasi bahwa mereka telah mendapat bantuan.

Setelah itu, penerima datang ke bank dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan, yaitu:

  • Buku tabungan
  • Kartu ATM
  • Identitas diri

Penerima juga harus melengkapi dokumen, yaitu: Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan / atau Surat Kuasa atas dana BPUM. Untuk menghindari penipuan, dia menegaskan pengajuan persyaratan tersebut hanya dilakukan di bank dan tidak dipungut biaya.

Setelah kelengkapan dokumennya, bantuan yang masuk ke rekening bisa langsung digunakan. Demikian cara mendaftar pendampingan UMKM secara online melalui link website.




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : Bantuan Online, Bantuan UMKM
Back To Top