Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang dengan Cepat



Bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat dan halal? Jika pertanyaan ini ada di pikiran Anda sekarang, Anda harus membaca artikel ini secara perlahan dan menyeluruh. Tenang saja, artikel ini tidak akan menggurui Anda dengan kursus manajemen keuangan yang membuat Anda lebih pusing.

Saya yakin Anda sudah tahu dampak terjerat hutang. Tentu saja tidak terlalu menyenangkan karena selain menyerang dampak emosional yang mengarah pada stres, biasanya jika masalah utang tidak segera teratasi maka stres tersebut bisa mengakibatkan kita ngutang lagi. Untuk segera menghapus hutang, Anda dapat melakukan berbagai cara untuk melunasi hutang dengan cepat.

Jenis Utang

Pada dasarnya, utang adalah kebalikan dari aset. Semakin banyak orang memiliki hutang, semakin kecil kekayaan mereka. Utang itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu utang produktif dan utang konsumtif.

Utang produktif adalah utang yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang membawa manfaat finansial secara langsung, seperti pinjaman untuk modal bisnis. Sebaliknya, utang negatif adalah utang yang digunakan untuk kegiatan konsumtif, seperti pinjaman untuk liburan.

Utang sehat adalah utang yang tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan. Jika ternyata utang melebihi rasio 30 persen, cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah tidak lagi menambah utang. Kemudian siapkan anggaran untuk melunasi hutang. Cobalah membatasi pengeluaran sebanyak mungkin.

Memiliki hutang sering membuat situasi keuangan tidak stabil. Apalagi jika utang sudah menumpuk. Di satu sisi, utang tampaknya merugikan. Namun di sisi lain, utang juga karena kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Yang pasti, lebih baik bagi seseorang yang berhutang tidak perlu menunggu sampai hutang mereka menumpuk dan melunasinya.

Apa pun jenis utangnya, akan lebih bijak jika permohonan utang didasarkan pada kemampuan keuangan debitur. Jika kita berutang lebih dari kemampuan finansial kita, kita memiliki risiko kebangkrutan atau gagal bayar yang tinggi.

Untuk mengantisipasi hal ini, perkirakan pembayaran utang bulanan dan bandingkan dengan sisa uang yang tidak digunakan untuk apa pun. Jika lebih kecil, aman untuk berutang.

Tips Mudah Untuk Melunasi Hutang

Di sini kita akan membahas sejumlah tips kreatif dan mudah dilakukan untuk melunasi hutang dengan cepat. Kiat dan trik ini tidak 100% cocok untuk diterapkan dengan kondisi Anda. Namun, ada orang yang berhasil membayar utangnya lebih cepat dengan tip yang ditemukan di sini.

Mempraktekkan cara melunasi hutang dengan cepat dan halal adalah satu hal yang sangat dianjurkan. Meskipun dalam syariat Islam kredit itu sendiri diperbolehkan, bahkan meminjamkan kepada mereka yang sangat membutuhkan akan mendapatkan pahala dalam Islam.

Namun pada kenyataannya banyak orang yang kemudian berhutang, tidak memiliki kemampuan untuk mengembalikannya. Padahal melunasi hutang adalah kewajiban terutama bagi mereka yang meminjam.

Siapa pun yang memiliki hutang saat tinggal di dunia, maka harus segera dilunasi karena itu akan menjadi salah satu kunci utama kenyamanan kita ketika kita berada di akhirat. Lalu bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat dan halal dalam Islam. Bagi Anda yang sudah terlilit utang dan ingin segera melunasinya, mari simak tips berikut ini.

Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat dan Halal dalam Islam

Niat
Niatkan dalam hati Anda bahwa Anda benar-benar memiliki niat untuk segera melunasi hutang yang Anda miliki. Karena dengan niat ini, Allah akan melihat ketulusan Anda. Kadang-kadang terdapat seseorang yang nggak punya niat mau bayar hutang yang dia punya dengan membuat banyak alasan, padahal hal semacam ini benar-benar akan menyulitkan mereka. Jika kita bermaksud, maka dengan kehendak Tuhan, jalan itu akan difasilitasi.

Kurangi pengeluaran
Jika dalam waktu dekat tidak akan ada penghasilan tambahan seperti kkenaikan gaji, bonus, THR dll, satu-satunya cara untuk memiliki dana tambahan untuk melunasi hutang adalah dengan menghemat pengeluaran.

Jika kemarin Anda menghabiskan 50%, 60% atau 70% dari pendapatan untuk konsumsi dan sisanya untuk membayar utang, sekarang kembalikan proporsinya. Kedengarannya mustahil, tapi bisa diusahakan dengan cara mendaftar detail pengeluaran yang sebenarnya masih bisa dihemat lagi.

Misalnya, pindah tempat tinggal, dari apartemen mewah ke apartemen tipe studio atau sewa kamar asrama atau pindah sementara ke rumah orang tua, berhenti berbelanja tisue kertas dan beralih ke handuk atau sapu tangan, makan lebih sedikit di luar dan mulai memasak makanan sendiri, berjalan kaki dan gunakan transportasi umum, hemat bensin, ganti sepeda motor dengan sepeda, ajukan cuti premi asuransi dan hemat listrik.

Kas keluar (Cash out)
Coba ingat lagi, mungkin Anda masih memiliki uang tersembunyi. Artinya, bukan uang tunai yang terselip di saku celana atau di balik karpet, tetapi hal-hal di sekitar Anda yang bisa diubah menjadi uang tunai.

Misalnya, Anda telah membeli tiket pesawat atau tiket kereta api untuk rencana liburan selama 3 bulan ke depan. Anda dapat membatalkan tiket dan menguangkannya. Atau Anda dapat menyewakan kamar yang tidak digunakan. Anda dapat menggunakan uang itu untuk melunasi hutang dengan cepat.

Contoh ide yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan uang adalah membatalkan tiket pesawat, kereta api, bus dan mendapatkan pengembalian uang, menyewakan kamar yang tidak digunakan, menjual barang bekas yang tidak digunakan seperti buku bekas, elektronik, furnitur, sepatu dll dan menyewakan sepeda motor atau mobil.

Cari pekerjaan sampingan
Jika benar-benar tidak ada kenaikan gaji dalam waktu dekat, lebih baik Anda mulai mencari pekerjaan sampingan. Semakin banyak gaji yang Anda dapatkan dalam satu bulan, semakin banyak uang yang dapat Anda alokasikan untuk melunasi hutang Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakan e-commerce seperti Tokopedia untuk memulai bisnis online Anda. Tidak perlu memulai dengan bisnis yang membutuhkan modal, Anda benar-benar bisa menjual dengan menjadi reseller.

Jika rumah Anda dekat dengan pusat kerajinan, misalnya, Anda dapat menjual barang-barang ini hanya dengan menggunakan foto dan deskripsi barang. Jika ada pembeli, maka Anda membeli barang dan mengirimkannya ke pembeli.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan uang tambahan untuk melunasi hutang dengan menjual keterampilan atau berbagai pekerjaan paruh waktu lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk penghasilan tambahan.

Berbagai ide yang dapat menginspirasi Anda, misalnya menjadi tutor, ojek online, reseller online atau dropshipper, menjual foto ke situs fotografi dan menjadi penerjemah.

Langsung bayar utang riba
Hutang lebih baik jika bisa dihindari. Tetapi hari ini kebanyakan orang benar-benar memilih hutang untuk modal atau untuk mengatasi kekurangan dana. Jika hutang biasa tanpa bunga sih tidak menjadi masalah, tetapi jika menggunakan hutang riba, itu yang dilarang.

Penerima dan rentenir riba tetap berdosa, jadi lebih baik tidak melanjutkan niat Anda mau pinjem dari rentenir. Bagi mereka yang memiliki pinjaman riba dan sudah memiliki dana untuk melunasi, akan lebih baik jika disegerakan membayarnya. Allah tidak suka hamba-hamba-Nya yang menunda-nunda, sebab hutang hukumnya wajib untuk segera dibayar jika sudah ada kemampuan.

Jangan sampai dana yang ada malah digunakan untuk keperluan lain. Jika Anda perlu menyimpan dana untuk melunasi hutang di tempat yang sulit diambil maka jangan tergoda untuk menguranginya. Ketika ada dana dan kemampuan untuk bebas dari riba, segera lakukan agar hidup terasa lebih aman tanpa bayang-bayang riba.

Jangan melunasi hutang dengan hutang
Jika Anda secara aktif melunasi hutang, Anda seharusnya tidak membuat utang baru. Terutama bagi mereka yang suka berbelanja menggunakan kartu kredit. Kami menyarankan Anda terlebih dahulu menyelesaikan hutang yang harus dibayar. Jangan menerapkan pola atau gaya hidup menggali lubang tutup lubang untuk melunasi hutang.

Jangan menggunakan kartu kredit
Kartu kredit seperti dua bilah yang berbeda. Di satu sisi, kartu kredit bisa menguntungkan. Apalagi ketika situasi benar-benar darurat. Namun, di sisi lain, jika Anda tidak pandai menggunakan kartu ajaib ini, itu akan menjadi bumerang bagi Anda sendiri.

Hidup sederhana
Nggak dapat dipungkiri bahwa cita-cita ingin hidup dalam kemewahan pastinya bakal menjadikan seseorang tak tanggung-tanggung untuk melakukan transaksi utang dalam skala besar sehingga mereka cenderung terjerat riba.

Karena itu, hiduplah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki. Mengapa Anda harus hidup dalam kemewahan jika hidup harus menanggung banyak hutang.

Prihatin
Keprihatinan adalah bagian dan cara hidup dengan apa adanya. Dengan bersyukur atas apa yang kita miliki, meskipun kita sudah berlebihan dalam memiliki kekayaan, kita seharusnya tidak menjadikan diri hidup kita dalam kehidupan yang serba mewah serta menghambur-hamburkan kekayaan hingga pada akhirnya harus masuk ke jurang hutang.

Karena itu, tanamkan sikap prihatin ini, sehingga meski Anda memiliki banyak kekayaan tetapi tetap harus hidup dengan prihatin.

Jangan haus akan hal-hal duniawi
Harta dan hal-hal duniawi sangat menggoda. Banyak manusia tersapu dan terbuai dalam kehidupan duniawi. Jadi mereka menganggap bahwa hanya kehidupan duniawi yang ada meskipun sesudahnya masih ada kehidupan yang lebih abadi.

Karena itu mereka hanya memikirkan urusan dunia, properti, posisi dan tahta saja. Ketika mereka merasa bahwa kehidupan dunia mereka tidak cukup, maka mereka akan berusaha memenuhinya dengan hutang, tentu saja inilah yang akan semakin membuat seseorang terjerat hutang.

Catat semua hutang yang Anda miliki
Ambil tagihan utang yang Anda miliki dan catat setiap nominalnya. Jangan lupa untuk mencatat setiap bunga yang dibebankan pada tunggakan. Berikan prioritas pada hutang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Jika Anda sudah mengetahui rincian utang yang tertunggak, Anda dapat mulai menyesuaikan berapa banyak uang yang perlu dialokasikan untuk membayar utang. Hal ini bermanfaat supaya Aobat mengetahui secara benar budget yang mesti dicairkan, tanpa mesti bercampur dengan dana tabungan juga beberapa pengeluaran lebih baik tidak dipotong meskipun dalam hutang.

Selain itu, meskipun tidak disarankan, Anda juga dapat membayar dengan pembayaran minimum sambil menabung untuk melunasi hutang.

Kelola gaji bulanan dengan baik
Setelah mengetahui jumlah utang, suku bunga, dan total uang yang dialokasikan untuk membayar utang, Anda dapat memulai langkah berikutnya. Anda harus mulai membagi gaji per bulan untuk rekening tabungan, pembayaran utang, dan pengeluaran yang tentu saja harus ditekan.

Sisihkan selalu tabungan terlebih dahulu sehingga Anda masih memiliki uang yang disimpan dalam tabungan, setidaknya 30% dari pendapatan per bulan yang Anda dapatkan.

Kalau dipikir-pikir, waktu yang paling tepat untuk melunasi hutang adalah ketika uang gajian turun. Tetapi masalahnya adalah kita terkadang tidak mau. Masalahnya, kita baru saja mendapatkannya, masa harus saya harus keluarkan lagi.

Tetapi jika Anda memikirkannya, mana yang lebih penting? Melunasi hutang dan saldo berkurang tetapi pikiran menjadi tenang, ataukah saldo tetap tetapi pikiran terus pusing karena dikejar oleh hutang?

Ingat, betapapun banyak hutang harus dibayar. Sekarang atau nanti, tetap harus dibayar. Jadi, daripada orangnya datang nagih, lebih baik kita dari awal melunasinya. Kita juga malas ditagih sama orang yang meminjamkan.

Cara Melunasi Hutang dengan Cepat


Menjual aset berharga yang dimiliki
Jangan menyimpan harta berharga ketika Anda memiliki hutang. Saya menyarankan Anda segera menjual properti berharga Anda sehingga tentu saja Anda dapat melunasi hutang Anda segera. Dengan demikian, nantinya Anda akan bisa hidup lebih tenang dan nyaman tanpa hutang. Daripada memiliki banyak aset, banyak utang, lebih baik menjualnya untuk melunasi utang.

Berdoa
Doa adalah suatu keharusan, selain dari berusaha. Karena dengan doa ini kita akan selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mencoba melunasi hutang. Ingatlah bahwa Allah SWT akan membantu orang-orang yang sungguh-sungguh dalam upaya mereka tetapi dengan keseimbangan doa.

Salah satu doa yang biasa dibaca adalah doa lunas hutang yang dibaca sebelum tidur. Bacaanya dalah sebagai berikut :

ALLAAHUMMA ROBBAS-SAMAAWAATIS SAB'I WA ROBBAL 'ARSYIL 'AZHIIM, ROBBANAA WA ROBBA KULLI SYAI-IN, FAALIQOL HABBI WAN-NAWAA WA MUNZILAT-TAWROOTI WAL INJIILI WAL FURQOON.
A'UDZU BIKA MIN SYARRI KULLI SYAI-IN ANTA AAKHIDZUM BINAA-SHIYATIH.
ALLAAHUMMA ANTAL AWWALU FALAYSA QOBLAKA SYAI-UN, WA ANTAL AAKHIRU FALAYSA BA'DAKA SYAI-UN, WA ANTAZH ZHOOHIRU FA LAYSA FAWQOKA SYAI-UN, WA ANTAL BAATHINU FALAYSA DUUNAKA SYAI-UN, IQDHI 'ANNAD-DAINAA WA AGHNINAA MINAL FAQRI.

Itulah cara cepat melunasi hutang dengan doa.

Perbanyak istigfar
Islam tidak melarang hutang, tetapi jika hutang itu dalam bentuk riba maka itu yang dilarang. Baik mereka yang memberi dan berhutang kepada riba menanggung dosa dan laknattullah yang sama. Karena itu, selalu memohon pengampunan dari Allah SWT dengan banyak beristighfar.


Ubah gaya hidup
Setiap manusia memiliki gaya dan standar hidup sendiri. Tetapi ada orang-orang yang benar-benar memiliki penghasilan yang pasti tetapi sebaliknya memiliki gaya hidup dan selera yang tinggi. Tentunya merekalah yang akan selalu terjebak dalam hutang, karena jika penghasilan tidak cukup maka dari mana lagi untuk memenuhi standar hidup mereka jika bukan dari hutang.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat memulai gaya hidup baru yang lebih efisien, Anda hanya perlu kreatif dan peka terhadap peluang yang dapat Anda ambil untuk memangkas biaya lebih banyak:

Belanja barang-barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama
Hidup hemat bukan berarti pelit, Anda hanya perlu lebih kreatif dalam memanfaatkan promosi dan penawaran menarik di sekitar Anda. Ketika memutuskan untuk membeli produk misalnya, cobalah mencari alternatif sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk produk tersebut.

Jika ini tidak memungkinkan, Anda juga dapat mencari produk lain yang memiliki kualitas yang kurang lebih sama, tetapi dengan harga lebih murah.

Berbelanja di supermarket lebih murah
Meskipun kami menyarankan Anda untuk berbelanja di pasar agar harga lebih murah, kami memahami bahwa terkadang ada barang yang terkadang lebih murah jika dibeli di supermarket. Ini biasanya karena ada label pribadi (private label) yang membuat belanja lebih ekonomis.

Berbelanja di supermarket sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih banyak penghematan selama Anda tahu trik yang harus dilakukan, seperti: memanfaatkan voucher atau diskon yang saat ini berlaku.

Hemat saat bekerja
Tidak hanya di rumah, sebenarnya hemat juga bisa dilakukan di tempat kerja. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan, misalnya, menggunakan transportasi umum atau membawa perbekalan dari rumah. Meskipun tampaknya hanya memotong sedikit, tetapi jika dikumpulkan pada akhir bulan, total tabungan Anda bisa sangat banyak.

Gunakan kupon
Anda mungkin sering melihat info tentang kupon belanja dan belum memiliki kesempatan untuk mencobanya. Anda dapat menghemat banyak uang hanya dengan menunjukkan kupon ke kasir.

Berhenti iuran TV berbayar
Untuk Anda yang suka menonton acara luar negeri menggunakan tv berbayar, coba kurangi kebiasaan seperti itu sebab biaya berlangganan TV berbayar itu lumayan mahal apalagi kala milih paket full. Mendingan perbanyak kegiatan di luar rumah seperti olahraga atau bergabung dengan komunitas positif.

Berhenti makan di luar
Bawa persediaan dan botol minuman ke kantor setiap hari sehingga Anda dapat menghemat uang Anda. Jika Anda kebelet ingin makan di luar, tentukan waktunya misalnya seperti akhir pekan ke 4 tiap bulan.

Mengunjungi perpustakaan
Cara mudah untuk mengontrol pengeluaran adalah pergi ke perpustakaan. Selain meningkatkan wawasan Anda, Anda jauh dari sia-sia dibandingkan dengan setiap akhir pekan dengan teman-teman ke bioskop atau mall, apalagi harga tiket akhir pekan cukup mahal.

Hindari hobi mahal
Hobi bermain game online? Royal membeli peralatan gaming baik itu laptop atau headset yang totalnya bisa jutaan rupiah? Sekarang tinggalkan, kecuali kalau memang hobi itu mendatangkan uang yang bisa membantu membayar hutag Anda.

Gunakan Dana Darurat
Salah satu cara cepat untuk melunasi hutang yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan dana darurat. Jika Anda mengelola tabungan dengan cukup teratur, tentunya Anda harus menyisihkan dana darurat setiap bulan.

Kami menyarankan Anda menyisihkan minimal 10% setiap bulan dari gaji yang diperoleh. Di sisi lain, jika risiko pekerjaan lebih besar, seperti bekerja sebagai freelancer, profesional, penyanyi, lebih baik memperbesar dana cadangan untuk pengeluaran 6-9 bulan, tetapi jika Anda seorang wirausaha, setidaknya siapkan untuk pengeluaran 9-12 bulan .

Dana darurat dapat dikumpulkan menggunakan paket tabungan yang secara otomatis mendebit setiap bulan dari akun transaksi Anda. Cara lain untuk mengumpulkan dana darurat sebagai cara untuk melunasi hutang dengan cepat adalah dengan mengumpulkan orang-orang yang masih berutang uang kepada Anda.

Biasanya jumlah piutang yang Anda miliki benar-benar dapat membantu Anda mengumpulkan dana untuk membayar hutang.

Berikan sedekah
Memiliki hutang dan kemudian bukan halangan untuk terus memberikan sedekah karena dengan sedekah akan bisa meluncurkan keberuntungan Anda. Jadi tentu saja Anda akan semakin dimudahkan dalam mencari uang dalam upaya melunasi hutang. Jadi jangan lupa untuk menyimpan penghasilan Anda untuk amal seperti memberikan sedekah.

Memanajemen utang
Jika Anda telah melakukan semua metode di atas tetapi tidak dapat melunasi hutang dengan cepat, mungkin Anda harus mencoba melakukan manajemen utang. Meskipun kedengarannya sulit dan rumit, manajemen utang dapat membuat Anda melunasi utang tanpa harus punya uang.

Caranya tidak sulit. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke bank tempat Anda memiliki hutang dan berkonsultasi dengan mereka. Cara Anda mengelola manajemen utang adalah dengan mentransfer saldo kartu kredit (mentransfer tagihan dari bank A ke bank B dengan suku bunga lebih rendah), mengambil alih hipotek (memindahkan hipotek dari bank A ke bank B yang memberikan bunga tetap) dan memperpanjang jangka waktu dan mengurangi angsuran.

Menggunakan dana talangan
Orang sering berasumsi bahwa cara terbaik untuk melunasi hutang dengan cepat adalah dengan menggunakan dana talangan atau menggunakan uang dari keluarga. Cukup dengan menggunakan dana ini, Anda dapat segera melunasi hutang tanpa khawatir akan terdaftar dalam daftar hitam BI.

Sayangnya, metode ini tidak tepat. Jika Anda menggunakan dana talangan, misalnya, Anda harus terus membayar utang ke dana talangan tanpa mengetahui kapan Anda dapat melunasi utang. Belum lagi risiko kartu kredit yang harus dipotong sebagai persyaratan.

Mengandalkan bantuan uang dari keluarga juga tidak tepat. mengingat beban moral yang ditanggung, terutama jika Anda harus repot orang tua mengatasi masalah utang.

Konsultasi dengan profesional
Selain melakukan tips di atas, tidak ada salahnya jika Anda mencari orang yang mengerti dan berpengalaman dalam masalah keuangan. Profesional di bidang ini biasanya memahami strategi dalam melunasi hutang lebih cepat.

Coba minta nasihat apa yang harus dilakukan, dan langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi Anda saat ini. Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan juga biasanya dapat bernegosiasi dengan bank untuk membantu Anda.

Alternatif lain, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang tua, saudara, teman atau orang yang Anda percayai. Meskipun mereka bukan ahli keuangan, setidaknya Anda tidak membawa beban pikiran sendiri.

Penyebab Sulit Melunasi Hutang

Disamping tips di atas, lebih baik Anda menghindari apa saja penyebab atau alasan mengapa Anda sulit untuk bebas dari hutang. Pernyebab itu adalah :

Tidak memiliki dana cadangan 
Berarti menyisihkan uang bukanlah prioritas Anda, apakah itu mungkin Anda beralasan tidak membutuhkannya atau ada alasan lain, padahal peristiwa terduga mungkin akan ada di depan Anda setiap saat.

Menyukai pembayaran kredit 
Biasanya ibu rumah tangga paling sering membeli dengan cara kredit. Tetapi sekarang seiring berjalannya waktu dengan fasilitas kartu kredit, siapa pun pasti ingin memilikinya. Kerugian jangka panjang akibat menggunakan kartu kredit adalah sulit mengendalikan jumlah transaksi, akumulasi hutang jika tagihan awal tidak segera dibayarkan dan bunga terus berjalan bersama dengan denda.

Gaya hidup konsumtif
Kontrol diri Anda sebelum mengendalikan keuangan Anda. Jika Anda tidak cukup mampu untuk bisa membeli sesuatu yang tidak penting, lebih baik tunda saja. Jangan mengejar kata WAH dari orang-orang, padahal Anda ngutang.

Memiliki sifat tidak enakan
Lingkungan sosial memengaruhi gaya hidup seseorang. Sulitnya menolak ajakan teman untuk bersenang-senang membuat Anda memilih jalur utang. Akibatnya sepanjang hari Anda merasa tertekan dan tidak bisa berpikir jernih karena merasa Anda tidak tahu cara cepat melunasi utang.

Maka orang yang memiliki sifat inilah sering membuat orang dilema. Mulai sekarang belajarlah untuk mengatakan tidak, jika Anda merasa tidak mampu dan menjelaskan alasannya. Jika mereka teman baik, mereka akan memahami kondisi Anda.

Kehilangan tulang punggung keluarga
Kematian bisa datang kapan saja secara tak terduga. Sangat mengejutkan jika kita kehilangan anggota keluarga yang bertugas sebagai tulang punggung. Tentunya menyulitkan kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

PHK
Mengingat perekonomian saat ini di Indonesia belum stabil dan pengaruh jumlah pekerja asing yang tinggi, maka banyak perusahaan yang tidak siap menghadapi persaingan baru yang menyebabkan penutupan cabang di beberapa tempat, yang berdampak pada diberhentikannya karyawan.

Terkena bencana
Akhir-akhir ini, bencana alam sering terjadi dari daerah-daerah di Indonesia. Hilangnya harta benda, anggota keluarga, dan bahkan nyawa membuat kesedihan terdalam bagi para korban. Penjarahan juga sering terjadi. Bagi yang punya bisnis harus berjuang dari awal lagi mencari modal.

Runtuhnya bisnis
Membangun kembali kerajaan bisnis membutuhkan lebih banyak usaha dan banyak uang. Tidak heran jika wirausahawan sukses selalu berada di pusaran utang. Mereka harus memikirkan gaji, peralatan, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan bagaimana cara melunasi hutang yang menumpuk dengan cepat. Semoga bisa menjadi solusi atau cara melunasi hutang dalam 2 hari atau bahkan lebih cepat walaupun hutangnya 10 juta atau lebih.

Jangan merasa kecil hati jika ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, sebab Allah Maha Kaya. Ustad YM yang punya hutang milyaran pun bisa lunas dengan mempraktekkan cara melunasi hutang Yusuf Mansur dengan syarat menjauhi hutang rentenir.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara melunasi hutang
Back To Top