Tuk Bayar Utang

Doa untuk Melunasi Hutang



Ada berbagai macam versi doa untuk melunasi hutang yang bisa kita amalkan, diantaranya adalah :

Doa untuk melunasi hutang segunung

 اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”
Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu

Agar doa dikabul, maka hindari memakan makanan yang haram, sebab walaupun kita berdoa sungguh-sungguh, namun tubuh kita terdiri dari makanan minuman haram, maka doanya baru bisa menebus dosa makan makanan haram tadi, belum bisa menembus langit.

Doa untuk Melunasi Hutang

Doa sebelum tidur untuk melunasi hutang 

وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” 

Sebaiknya ketika mau tidur, harus selalu memperhatikan adab tidur seperti berwudu dan berbaring dengan sisi tubuh kanan sambil menghadap kiblat.

Selain berdoa, sebaiknya juga lakukan usaha fisik, perbaiki diri dan menghindarkan diri dari segala sebab yang bisa membuat Anda terjerumus ke dalam jurang perhutangan seperti beberapa hal berikut ini:

Tidak punya uang cadangan
Beberapa hal tiba-tiba sering terjadi dan membutuhkan uang sebagai langkah untuk menyelesaikannya seperti sakit, kecelakaan, kebakaran, bencana dan banyak lagi. Karena itu, ada baiknya menyisihkan beberapa persentase dari penghasilan Anda untuk disimpan sebagai dana cadangan.

Pilih pembayaran kredit minimum
Melakukan pembayaran minimum saat membayar utang di lembaga keuangan memudahkan Anda. Namun di balik ini tersimpan konsekuensi besar di mana Anda harus membayar harga total yang besar pada akhir periode sehingga akan membebani Anda.

Penggunaan kartu kredit biasanya menggunakan metode ini sebagai langkah yang sering dilakukan oleh pengguna. Selain itu, seperti menunda pembayaran dalam hal angsuran kartu kredit atau angsuran hutang lainnya juga membuat Anda harus membayar bunga dalam jumlah besar nanti yang perlu diwaspadai.

Memiliki gaya hidup mewah di atas kemampuan
Gaya hidup mewah adalah alasan mengapa banyak orang terjebak dalam hutang tanpa akhir. Ini adalah kesalahan Anda sendiri karena tidak mempertimbangkan kemampuan ketika menjalani gaya hidup.

Hutang untuk tujuan produktif oleh banyak orang kadang-kadang bisa gagal dalam pembayaran, apalagi hutang hanya untuk tujuan konsumtif yang tidak benar-benar dibutuhkan seperti membeli barang mewah, fashion bermerek, liburan ke luar negeri dan banyak lagi. Apa gunanya diakui oleh orang-orang di sekitar Anda tetapi setiap hari Anda terbebani masalah utang?

Sumber :
https://uangteman.com/blog/blog/doa-melunasi-hutang/
https://rumaysho.com/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : melunasi hutang
Back To Top