Tuk Bayar Utang

Cara Menagih Hutang yang Halus



Watak teman pasti ada bermacam-macam. Ada yang benar-benar baik seperti Anda memperlakukannya, ada yang biasa tapi setia, ada yang hanya mencari Anda jika Anda perlu mau ngutang. Mungkin pernah juga Anda kesal dengan tindakan teman yang sering berutang tetapi jika diminta membayar sangat nolak? Anda jadi pusing memikirkan bagaimana cara menagih hutang yang halus agar dia tidak tersinggng.

Daripada menggerutu memikirkan cara untuk menagih utang tanpa terlihat seperti rentenir, di sini Saya  memberikan cara elegan bagaimana menagih utang secara halus.

Saat berbelanja atau makan bersama, sering saja minta dibayarain
Biasanya, seorang teman yang suka berhutang, mulai dengan meminta dibayarin ketika Anda berbelanja atau makan bersama. Alasannya adalah macem-macem, bisa lupa membawa dompet, belum mengambil uang, atau biar mudah. Lama-lama jumlahnya membengkak dan teman Anda tidak memiliki kesadaran untuk segera membayarnya.

Jadi, jika teman Anda suka berutang perlahan dengan meminta dibayar atau untuk membeli bahan makanan tetapi tidak dibayar, sekarang harap gantian. Sengaja setiap kali Anda pergi bersama, Anda tidak membawa banyak uang sehingga ada alasan untuk bergantung padanya, plus dia juga tidak bisa nebeng membayar Anda lagi.

Dengan ancaman halus
Jika Anda mengenal keluarga, cobalah untuk mengancamnya. Cara menagih utang yang bisa Anda gunakan jika persahabatan Anda begitu dekat sehingga Anda mengenal orang tuanya adalah katakan saja bahwa Anda akan meminta pembayaran langsung ke ibu Anda. Masalahnya adalah dia sangat sulit diminta pembayaran, alasan dan alasan terus.

Tekunlah nitip beli barang
Ketika Anda membuat janji untuk bertemu di rumah atau di kampus, cobalah untuk nitip beli barang. Bisa dalam bentuk makanan atau kebutuhan sehari-hari yang sudah menipis. Dengan cara ini, uang yang dipinjamnya masih dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Ingin dikasihani
Sindiran halus juga terkadang perlu dilakukan. Jika kalian teman dekat, tentu saja kamu sudah sering curhat. Sekarang coba beri tahu teman yang suka meminjam itu, bahwa Anda benar-benar ingin membeli sesuatu.

Misalnya, Anda membutuhkan pakaian baru, tetapi sayangnya Anda tidak punya uang, dan pasang dengan wajah sedih. Jika teman itu sensitif, ia akan segera mengingat utangnya dan akan membayarnya dengan iba.

Cara Menagih Hutang yang Halus

Nagih pada hari gajian
Cari tahu kapan teman Anda menerima gaji atau dikirim uang. Dengan begitu Anda bisa 'menagih' hutang pada waktu yang tepat dan dia juga tidak akan bisa berdebat bahwa uangnya sudah habis karena baru gajian.

Coba pakai kalimat sarkasme, misalnya "Ciye yang lagi dapat uang, bagi dong jatahku !" Cara seperti ini juga perlu dilakukan untuk memunculkan kepekaannya.

Puji dia
Ingin menagih hutang, coba memujinya. Dalam psikologi, orang akan bertindak lebih cepat ketika kita memainkan ego mereka. Anda dapat memainkan ego dengan menyanjungnya. Sebagai contoh, katakan saja kepadanya bahwa selama ini ia telah dianggap sebagai teman yang bijak dan sering melakukan perbuatan baik.

Setelah itu biasanya orang akan tergerak untuk melakukan hal-hal dengan bijak dan benar, persis seperti yang kita bicarakan sebelumnya. Karena jika tidak, orang itu akan khawatir bahwa kekaguman orang lain terhadapnya akan hilang. Jadi jangan lupa menagih utang beberapa jam setelah memberikan pujian ya.

Mainkan prestisenya
Selain bermain ego, cobalah memancing gengsi. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuat skenario kecil misalnya dengan mengatakan bahwa ada teman yang punya kabar buruk tentang hal itu karena sering terlambat mengembalikan uang yang dipinjam.

Lalu katakan bahwa jika Anda percaya bahwa dia bukan tipe orang seperti itu dan akhirnya 'tersangka' akan membayar utang tepat waktu.

Jujur saja
Jika cara halus dan sindiran tipis belum berhasil, coba tanyakan langsung, tetapi sertakan alasan yang tepat. Misalnya, Anda ingin uang segera dikembalikan karena Anda harus membayar tagihan sepeda motor atau membayar biaya bulanan. Masa iya teman sendiri tega membiarkan temennya lagi kesulitan membayar hal-hal penting seperti itu.

Sumber :
https://www.hipwee.com/hiburan/sssttt-ini-dia-10-cara-elegan-menagih-hutang-dari-teman-yang-jago-ngeles/
https://www.boombastis.com/cara-ampuh-menagih-hutang/96644



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : menagih hutang
Back To Top