Tuk Bayar Utang

Bayar Hutang Cepat



Bagaimana cara dan trik bayar hutang cepat ? Ada beberapa orang yang menganggap hutang itu memalukan. Padahal ini tidak sepenuhnya benar. Karena ada banyak, dan mungkin sebagian besar perusahaan membiayai perusahaan mereka dengan hutang.

Namun, tidak semua hutang itu bagus. Ada kalanya hutang benar-benar dapat membuat orang menjadi lebih miskin. Jadi apa solusinya jika kita sudah kagok punya hutang dan sulit untuk melunasinya. Berikut beberapa kiat untuk bayar htang dengan cepat yang bisa Anda coba sebagai solusi atas masalah ini.

Serius memikirkan hutang
Langkah pertama dalam melunasi hutang adalah serius memperhatikan hutang yang dimiliki. Dengan sikap yang serius, kita akan berusaha mencari segala cara sehingga hutang dapat lunas. Jika sikap kita cenderung malas dan tidak bergairah, maka akan meningkatkan bunga hutang lebih banyak lagi, sehingga semakin lama akan menumpuk dan tentu akan menyulitkan kita untuk melunasinya.

Membuat rencana pembayaran hutang
Dalam membayar hutang, kita perlu membuat rencana pembayaran hutang. Misalnya hutang mana yang harus dilunasi lebih dulu, memprioritaskan untuk membayar hutang yang telah melewati masa tenggang, agar tidak menambah bunga. Anda juga mesti menyesuaikan jumlah uang yang Anda miliki, tidak membayar hutang dengan ngutang lai sebab hal itu akan membuat Anda lebih terperangkap dalam perangkap hutang.

Berhemat dan berhentilah menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak berguna
Jika hutang telah terakumulasi, maka tidak ada cara lain untuk mengurangi pengeluaran dengan cara berhemat dan menghentikan kebiasaan membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak kita perlukan. Cobalah untuk selalu makan di rumah daripada makan di luar yang pasti lebih tinggi biayanya.

Memanfaatkan tabungan Anda
Jika kebutuhan untuk membayar hutang sangat mendesak dan Anda merasa nyaman dengan menghabiskan tabungan Anda, maka Anda dapat melakukan ide ini. Kiat untuk melunasi hutang menggunakan tabungan mungkin tidak apa-apa, selama Anda tidak menggunakannya sepenuhnya, karena tabungan adalah bentuk simpanan dalam keadaan darurat.

Berhenti menggunakan kartu kredit
Jika penyebab hutang Anda yang terakumulasi adalah tagihan kartu kredit, maka tips untuk melunasi hutang yang bisa dilakukan adalah berhenti menggunakan kartu kredit. Pengguna kartu kredit harus memahami bahwa memegang kartu kredit tidak boleh menggunakannya sesuka hati dan bersedia membayar setiap tagihan. Dengan berhenti menggunakan kartu kredit, Anda telah membuat langkah maju dalam melunasi hutang Anda.

Meningkatkan penghasilan Anda
Jika Anda seorang pekerja kantoran dan mengalami kesulitan untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan daripada gaji yang Anda terima setiap bulan, Anda dapat mencoba menjual barang bekas yang masih bisa digunakan secara online, sebagai salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat Anda gunakan untuk membayar hutang.

Membuat daftar semua hutang
Mengapa harus membuat daftar hutang ? Karena dengan daftar ini, kita tahu berapa banyak hutang yang kita miliki dan pos mana yang paling banyak menyedot penghasilan bulanan kita. Dari sini kita dapat menentukan berapa banyak uang yang diperlukan untuk membayar setiap hutang dan menentukan strategi apa yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk melunasi hutang-hutang ini.

Membuat prioritas
Pastikan membayar dulu hutang dengan jumlah kecil terlebih dahulu. Setelah itu, lunasi hutang dengan bunga tinggi. Kemudian, pilih hutang yang suku bunga rendah. Untuk hutang besar, buat cicilan dengan bunga stabil.

Membayar angsuran dengan nominal kecil secara berkala
Tidak apa-apa untuk membayar hutang dengan jumlah yang kecil, tetapi itu dilakukan sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Alih-alih membayar banyak hutang langsung, tetapi tidak realistis, ini bisa sia-sia. Bahkan, berpeluang menimbulkan masalah baru.

Jangan berhutang untuk membayar hutang
Yang terakhir adalah Anda tidak boleh melunasi hutang dengan berhutang atau istilahnya gali lubang tutup lubang. Lunasi hutang Anda terlebih dahulu, lalu jika Anda terpaksa harus mengambil hutang lagi, usahakan berhutang kepada kerabat yang tidak meminta bunga.

Beralih ke pinjaman berbunga rendah
Jika Anda memiliki banyak hutang kartu kredit atau angsuran bank, Anda mungkin membayar terlalu banyak bunga. Kami menyarankan Anda menghubungi bank Anda, periksa angsuran kredit dan cari opsi lain, seperti memilih angsuran berbunga rendah

Sebagian orang biasanya memilih untuk mengkonsolidasikan pinjaman mereka menjadi satu pembayaran dalam satu tagihan, karena jumlah hutang dan bunga akan dinyatakan dalam tagihan. Tetapi berhati-hatilah bahwa angsuran rendah tidak membuat situasi menjadi lebih buruk dengan Anda membayar hutang baru. Dan setelah bebas dari hutang, selalu ingat untuk tidak menggunakan kartu kredit Anda lagi, kecuali itu adalah situasi yang sangat mendesak dan tidak ada cara lain.

Itulah beberapa tips cara melunasi atau bayar hutang bank/rentenir Anda yang menumpuk dengan cepat dan halal menurut Islam walaupun tak bisa melunasinya dalam 1 hari. Namun kalau Anda pingin super cepat, bisa mengikuti cara melunasi hutang Yusuf Mansur yakni dengan banyak sedekah.

Sumber :
https://centrausaha.com/melunasi-hutang-cepat-aman/
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3577244/catat-begini-5-cara-cepat-melunasi-utang



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : bayar hutang
Back To Top