Tuk Bayar Utang

Cara dan Doa Agar Terbebas dari Hutang dalam Islam




Anda mungkin belum mandiri secara finansial, terutama yang masih terikat hutang. Memang, hutang atau juga biasa disebut sebagai pinjaman adalah solusi dari hal-hal yang paling sering dilakukan oleh orang saat mengalami masalah keuangan. Namun, ternyata sebagian besar utang benar-benar menjadi bumerang bagi peminjam karena terkadang ketika mereka berutang maka mereka tidak memperhatikan risiko jangka panjang.

Dalam hal ini tentu saja kita tidak bisa mengatakan jika utang adalah pilihan yang buruk, karena hutang bisa menjadi satu-satunya cara yang ada. Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang berhutang dan ingin segera mengatasinya, maka patut dicoba beberapa cara dan doa agar terbebas dari hutang di bawah ini.

Banyak yang menganggap utang itu buruk dan meras takut tidak bisa melunasinya. Sebenarnya ketakutan ini bagus karena bisa membuat Anda waspada agar tidak terjebak dalam jeratan hutang. Tapi banyak hal terjadi dengan cepat tanpa Anda sadari, Anda bisa mempersiapkan diri untuk berada dalam posisi yang sulit sekalipun. Jika Anda belum memiliki ide bagus untuk menghadapi masalah sebelumnya, maka inilah saatnya mengubah sikap Anda dan kembali ke jalur yang benar.

Jangan takut, ini biasa terjadi pada semua orang dan Anda bukan orang pertama dan terakhir yang mencoba menghindari diri dari hutang. Banyak dari kita telah berhasil memecahkan masalah yang sama, lalu mengapa Anda tidak bisa?

Taubat
Mintalah maaf kepada Tuhan atas perbuatan kita, apapun kesalahan kita. Bila kita berdosa namun tidak merasa bersalah dan terus mengabaikannya, maka berkat Allah tidak akan turun dan Tuhan terus menerus mengirim kesulitan demi kesulitan yang mencengkeram hidup kita.

Berusaha melunasi hutang
Intinya adalah bahwa bercita-cita dengan sungguh-sungguh akan membuat hutang terbayar lunas. Tidak hanya di bibir pingin berhutang lunas, tapi besok masih mencari pinjaman ke sana sini. Pada tingkat ini Saya harus berani mengatakan bahwa Saya harus sembuh dari hutang dan berjanji bahwa Saya tidak akan berhutang lagi!


Tingkat penyerahan dinaikkan
Yakin bahwa selama kita memiliki niat baik untuk mencari, Allah akan memberi jalan. Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, kalau habis, ya habislah semua. Inilah cara Tuhan membersihkan hidup kita. Tidak mengapa kita bangkrut, yang penting hidup dan harta kita juga bersih. Toh nanti perlahan akan naik lagi, tentu harus yakin bahwa Tuhan akan memberi jalannya. Setiap malam bacalah "Hasbunalloohu wa ni'mal wakiil, ni'mal maulaa wa ni'mannasiir" (Cukup untuk saya, Allah sebagai pelindung dan pembantu Saya) sampai 450 kali dibaca sehingga menjadi rutinitas malam.

Membuat rencana
Hal utama yang harus Anda lakukan adalah duduk dan memikirkan berapa banyak uang yang Anda keluarkan, lalu hitung berapa banyak yang Anda dapatkan, dan buatlah rencana berdasarkan angka-angka itu. Dari situ Anda bisa melihat di mana Anda bisa menghemat uang Anda hanya dengan melihat angka-angka. Kalau Anda mempunyai anggaran yang dirasa kurang perlu, maka Anda dapat memakainya sebagai anggaran tambahan yang bisa Anda gunakan untuk membayar hutang per bulan.

Prioritaskan melunasi hutang berbunga tinggi
Hutang dengan bunga sangat tinggi pasti akan mencekik Anda. Karena itu, pastikan Anda terlebih dahulu melunasi hutang dengan bunga tinggi terlebih dahulu. Ini membutuhkan perjuangan ekstra dan Anda mungkin harus fokus pada penghematan agar bisa melunasi hutang. Membayar hutang bunga tinggi Anda tidak berarti Anda harus mengabaikan hutang lainnya. Jika ada dana yang cukup, segeralah melunasi hutang lainnya.

Evaluasi pendapatan dan pengeluaran
Setiap bulan cek jumlah tagihan yang harus Anda bayar dengan penghasilan bulanan. Saat memeriksa tagihan Anda, perhatikan pengeluaran Anda dari hal-hal besar dengan hal-hal terkecil, seperti biaya makan di restoran, belanja, rekreasi, dan sebagainya. Dengan cara ini Anda mungkin terkejut melihat satu atau lebih dari kebutuhan sebenarnya tidak terlalu penting, tapi menambah pengeluaran yang besar daripada yang lain. Kalau Anda sudah menemukan keperluan yang sekiranya sangat membebani, maka segera lakukan evaluasi dan Anda mesti mencoret kebutuhan tersebut dari anggaran bulanan pada periode berikutnya.

Buatlah anggaran dan mulailah melunasi hutang
Setelah Anda melakukan evaluasi pendapatan, saatnya Anda mulai melunasi hutang. Menghilangkan kebutuhan yang tidak perlu pasti tidak akan membuat Anda merasa rugi besar, karena memang kebutuhan ini bukan kebutuhan primer. Misalnya Anda tidak benar-benar suka pergi ke restoran, tapi ternyata bulan itu Anda menghabiskan banyak biaya makan di restoran bersama keluarga. Hal-hal seperti itu wajib bagi Anda untuk menguranginya.

Berpikirlah pintar dalam berbelanja
Selama Anda berada dalam misi untuk melunasi hutang, maka Anda juga wajib berpikir cerdas dalam membelanjakan uang. Misalnya, saat pergi ke kantor, Anda terbiasa membeli makanan untuk sarapan dan makan siang. Untuk menghemat lebih banyak uang, Anda sebenarnya bisa membawa makanan dari rumah saat pergi ke kantor.

Fokus pada bisnis bukan pada hutang
Mulai mengatur hidup kita, arah diluruskan, yang kemarin sibuk menumpuk aset hutang dan gaya hidup yang berlebihan sekarang fokus pada bagaimana membuat bisnis berbalik lagi, kerja keras lagi, pantang hutang lagi, untuk menunggu saat hutang kita lunas karena cita-cita telah diluruskan..


Mencari pekerjaan tambahan
Jika Anda merasa waktu dalam seminggu masih menyisakan banyak waktu luang untuk mendapatkan pekerjaan tambahan, maka Anda juga bisa memaksimalkannya. Jenis pekerjaan tambahan yang Anda cari juga harus disesuaikan dengan keterampilan yang Anda miliki, jadi Anda tidak meluangkan banyak waktu untuk melakukannya, mengingat Anda juga memiliki pekerjaan besar. Jika Anda merasa bingung mencari pekerjaan, maka Anda bisa menjadi freelancer online. Menjadi freelancer online bisa menjadi pilihan yang bagus juga bagi Anda, karena dengan menjadi freelancer Anda bisa bekerja dari rumah sambil bersantai bersama keluarga. Saat ini ada beberapa situs freelancer di Indonesia yang harus Anda kunjungi jika ingin mendapatkan pekerjaan tambahan.

Jualah aset atau barang yang tidak Anda butuhkan
Salah satu cara lain untuk mendapatkan uang secara cepat adalah dengan menjual beberapa barang anda. Banyak orang membeli banyak barang yang sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan di kehidupan kita. Kalau Anda memiliki aset kantor sendiri yang dapat menghasilkan uang, maka itu pun mesti dilepas saja, buatlah daftar list segala macam barang di rumah atau kantor sendiri, apa saja yang bisa diuangkan, dan selama ini hanya mubazir menuh-menuhin ruangan. Dengan cara ini Anda bisa memberi kesempatan untuk melunasi hutang Anda dengan menjualnya.

Pengeluaran Anda harus lebih sedikit dari pemasukan
Bila pengeluaran Anda lebih besar daripada penghasilan Anda, Anda hampir pasti gagal dalam usaha keluar dari hutang. Menurut beberapa teori perencanaan keuangan, total biaya rutin bulanan Anda tidak boleh berasal dari sepertiga dari pendapatan bulanan. Sisa 2/3 dana yang bisa Anda gunakan untuk tabungan, investasi, asuransi, dan juga persiapan dana darurat.

Jangan menunda pembayaran
Jika dana Anda tersedia untuk melunasi hutang, maka Anda harus segera melakukan pembayaran. Percaya atau tidak, menunda pembayaran dapat menyebabkan hal-hal yang fatal karena Anda mungkin tergoda untuk menggunakannya pada hal lain. Mengingat uangnya tidak termasuk biaya bulanan Anda. Kalau budget telah tersedia, maka anggap saja budget itu tak pernah ada, sehingga otomatis Anda nggak akan mau memakainya sepeser pun untuk keperluan lain. Ingat juga, menunda pembayaran hutang bisa mengakibatkan denda.

Membayar lebih
Banyak yang memiliki hutang, tapi juga punya penghasilan tetap setiap bulannya. Kuncinya harus menunda semua kesenangan, mengalokasikan dua sampai tiga kali untuk melunasi hutang. Semakin kita mengurangi pokok, beban cicilan juga berkurang. Jika Anda memiliki bisnis, hentikan ekspansi. Ketika usaha bisa profit, langsung hajar untuk nyicil lebih.

Disiplin menerapkan rencana
Pastikan saat Anda dalam proses pembayaran hutang, Anda tidak lagi berhutang. Jika Anda melakukan ini, kemungkinan motivasi Anda untuk melunasinya akan turun drastis. Jika Anda memiliki kebutuhan mendesak, Anda harus mempertimbangkan apakah akan berhutang atau melakukan sedikit pengorbanan dengan mengurangi beberapa biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika memang kebutuhan ini bisa diatasi dengan sedikit pengorbanan, maka Anda harus memilih opsi yang Anda buat pilihannya.


Jangan memikirkannya sepanjang waktu
Berpikir tentang perjuangan Anda saat mencoba melunasi hutang memang tidak masalah. Tapi jangan memikirkannya sepanjang waktu, karena pasti akan membuat Anda tertekan. Ingat, jika pada awalnya Anda telah merencanakan dengan baik dan semua berjalan sesuai rencana, maka sebaiknya Anda tidak memikirkannya lagi.

Meminta dukungan keluarga
Dorong keluarga Anda untuk melakukan penghematan dengan janji memberi imbalan saat hutang dilunasi. Bila Anda tidak lagi terjerat hutang dan kondisi keuangannya stabil, maka akan mungkin bisa mewujudkan janjinya. Dengan cara ini, semua anggota keluarga Anda setidaknya akan mendukung langkah-langkah penghematan atau pemotongan anggaran.

Kembali dan tinggal bersama orang tua
Jika Anda lajang dan tidak memiliki keluarga, langkah yang baik bisa ditempuh adalah pulang dan tinggal bersama orang tua Anda untuk beberapa lama. Ini bisa Anda jadikan pilihan untuk menghemat uang yang harus dibayar untuk sewa rumah kontrakan untuk nanti disimpan. Orang tua Anda pasti akan memberi makan Anda setiap hari dan tidak ada yang salah dengan itu.

Latih diri untuk tidak mudah berutang
Hal lain yang lebih penting yang harus Anda lakukan setelah bebas dari utang adalah dengan melatih diri agar tidak mudah berutang. Mulailah mengelola keuangan Anda dengan baik, sehingga menghindari dari situasi "Big Stakes than the Pile". Karena tanpa Anda sadari, utang akan menjadi beban yang membuat diri Anda tidak nyaman dalam hidup.

Sedekah
Dalam keadaan apapun, sedekah seharusnya tidak berhenti. Bantu bisnis orang lain agar urusan kita juga dibantu oleh Tuhan. Jangan lupa, mintalah doa dari ibu atau ayah kita. Mereka yang sejak kecil merawat kita, doa mereka akan membuka pintu berkat dalam hidup kita.


Nantikan pula artikel lainnya tentang :
- bebas hutang dengan sedekah
- cara cepat melunasi hutang bank
- cara cepat melunasi hutang dengan doa
- cara membayar hutang yang menumpuk
- kisah sukses keluar dari lilitan hutang
- cara cepat bayar hutang yusuf mansur
- tips cara cepat melunasi hutang anda
- cara mengatasi hutang rentenir

Sumber :
https://www.cermati.com/artikel/10-cara-cepat-terbebas-dari-utang
http://bisnis.liputan6.com/read/2549745/6-cara-terbebas-dari-jeratan-utang
https://dzikir20.wordpress.com/2015/04/29/doa-terbebas-dari-hutang/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : bebas hutang
Back To Top