Tuk Bayar Utang

Doa Terlepas dari Lilitan Hutang



Salah satu cara batin agar segera lunas dari berbagai macam cicilan adalah selalu mendawamkan membaca doa terlepas dari lilitan hutang. Kepada orang-orang yang sedang dalam kesulitan dan terlilit hutang seperti itu, seperti dirangku dari Isalm Indonesia, Nabi berpesan untuk selalu membaca:

اللَّهُمَّ اكْفِني بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِواك

ALLÂHUMMAKFINÎ BIHALÂLIKA 'AN HARÂMIKA WA AGHNINÂ BI FADLLIKA' AM MAN SIWÂKA.

Ya Allah, cukupilah aku dengan yang halal sehingga aku terhindar dari yang haram. Cukupilah aku dengan rahmat-Mu agar terhindar dari (meminta bantuan) selain Engkau.

Selain itu Rasulullah SAW juga mengajari salah seorang sahabatnya tentang dua ayat yang berhubungan dengan melunasi hutang.

Rasulullah bersabda, "Aku mengajarimu dua ayat. Jika kamu ingin mengamalkannya, Allah akan memperbanyak rezekimu untuk melunasi semua utangku, meskipun utangmu sebesar gunung."

Rasulullah SAW membaca dua ayat Alquran dari Surah Ali Imran ayat 26-27. Sedangkan sahabatnya mendengarkan dengan seksama dan teliti, serta menjadikan ayat tersebut sebagai wirid harian sampai Allah SWT mengabulkan doanya, melunasi hutangnya dan mengulurkan rezekinya untuknya.

Berikut 2 ayat yang diajarkan Nabi Muhammad:

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاء وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاء وَتُعِزُّ مَن تَشَاء وَتُذِلُّ مَن تَشَاء بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ -- –

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”

تُولِجُ اللَّيْلَ فِي الْنَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الَمَيَّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَن تَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ -

“Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).”

Selain itu, dalam website NU dikatakan bahwa ada doa lain yang bisa dibaca untuk melunasi hutang dan menghilangkan kebingungan akibat hutang. Doanya adalah :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

ALLÂHUMMA INNÎ A‘ÛDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZAN. WA A‘ÛDZU BIKA MINAL ‘AJZI WAL KASAL. WA A‘ÛDZU BIKA MINAL JUBNI WAL BUKHL. WA A‘ÛDZU BIKA MIN GHALABATID DAINI WA QAHRIR RIJÂL

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

doa terlepas dari lilitan hutang

Tema lain yang sering dicari :

  • doa supaya dimudahkan bayar hutang dan mendapat hajat
  • doa terbebas dari hutang dibaca sebelum tidur
  • doa ampuh agar tidak ditagih hutang
  • doa melunasi hutang sesuai sunnah
  • doa agar penagih hutang lupa
  • doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga
  • doa terlilit hutang




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : lilitan hutang
Back To Top