Tuk Bayar Utang

Dana Hibah Perorangan 2020



Untuk mencari informasi tentang dana hibah perorangan 2020 ini lewat internet memang cukup sulit. Mengapa ? Sebab walaupun Cuma sekedar ngetik di Google, belum tentu informasi yang ada merupakan info terbaru.

Boleh jadi informasi tersebut ternyata dibuat tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya sehingga pengajuan dana hibah perorangan tersebut sudah tak berlaku lagi. Jadi memang sudah tepat jika Anda mencari info dana hibah perorangan, dilengkapi dengan tahun, bahkan akan lebih bagus lai kalau dilengkapi dengan bulan, misalnya dana hibah perorangan bulan Desember 2020.

Jika memang disearch tidak ada, itu tandanya tidak ada lembaga yang sedang melakukan program memberikan dana hibah perorangan. Tugas Anda adalah sabar dan memnanti kembali bulan depan. Atau kalau mau coba, carilah informasi dana hibah perorangan dengan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Insya Allah Anda akan lebih banyak menemukan peluang yang dicari sebab lebih luas lagi. Soalnya seluruh lembaga yang ada di dunia membeikan informasi tentang dana hibah perorangan tersebut dengan memakai bahasa internasional.

Di Indonesia sendiri, dana hibah itu bersumber dari beberapa lembaga, yakni :

Dana Hibah Pemerintah Pusat

Biasanya pemerintah pusat melalui perwakilan kementerian terkait, akan ikut dalam membantu menyalurkan dana hibah. Misalnya untuk para pengusaha UKM, mengenai persyaratannya, semuanya sudah tertulis di situs resmi kementerian Koperasi UKM.

Dana hibah Badan Ekonomi Kreatif

Dana hibah yang dimaksud berupa Bantuan Insentif Pemerintah. Skema bantuannya yakni modal non-perbankan berupa penambahan modal kerja, beserta investasi aktiva tetap. Untuk mendapatkannya bisa mendaftar online melalui situs Bekraf.

Dana Hibah Pemerintah Daerah

Tiap tahun pemerintah daerah menganggarkan dana hibah untuk dibagikan. Pemprov ikut merekomendasikan beberapa organisasi supaya mendapatkan dana hibah. Namun lembaga yang banyak memperoleh dana hibah antara lain masjid, majelis ta’lim atau lembaga nirlaba lainnya yang bukan bertujuan mencari profit atau keuntungan.

Jadi, rata-rata yang memperoleh dana hibah yang berasal dari pemerintah provinsi ini adalah majelis, LSM, dan sejenisnya, bukan perorangan.

Dana Hibah BUMN

Beberapa BUMN memang ada yang dilengkapi dengan program yang bertujuan membantu UMKM. Program ini biasa disebut dengan Program Kemitraan & Bina Lingkungan. Yang nanti dapat memperoleh hibah ini adalah lingkungan bukan perorangan seperti pendidikan, sarana ibadah, sosial kemasyarakatan dan lainnya.

Dana Hibah Perusahaan Swasta

Bentuk hibah dari perusahaan swasta pada umumnya adalah program Corporate Social Responsibility, yakni kepedulian perusahaan terhadap sekitar. Tidak hanya memberikan hibah modal saja, tetapi banyak UMKM yang juga akan memperoleh pembinaan yang diberikan oleh perusahaan, sehingga UMKM dapat maju dengan lebih terarah. Jadi hibah ini juga buat pengusaha UMKM perorangan bukan buat perorangan hanya dipakai sendiri.

Dana Hibah Luar Negeri

Sebagai contoh adalah dana hibah yang diberikan oleh Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia. Silahkan cek lewat websitenya di sini. Hibah bantuan dana ini secara umum dimaksudkan sebagai dana penunjang bagi usulan-usulan proyek inovatif yang sesuai dengan fungsi dan tujuan dari Australia Indonesia Institute (AII).

Yang boleh memohon dana adalah perorangan maupun organisasi. Para pemohon harus mempunyai catatan prestasi dalam pengelolaan dan pengembangan proyek yang sesuai dengan proyek yang diajukan, dan sebaiknya dapat membuktikan hal itu.

Seseorang tidak boleh mendapat lebih dari satu hibah dana bantuan dari Australia-Indonesia Institute pada waktu bersamaan. Persaingan untuk mendapatkan hibah cukup kuat dan AII mungkin dapat memutuskan untuk tidak memberikan hibah baru kepada perorangan maupun organisasi yang pernah sebelumnya mendapatkan suatu hibah bantuan.

AII berpegang pada prinsip persamaan kesempatan (equal opportunity), dan mendesak agar perorangan dan organisasi dari kelompok tertentu untuk memohon bantuan dana bagi proyek mereka.

Selain Australia, Jepang juga ikut andil dalam memberikan dana hibah walaupun bukan untuk peroranga. Bantuan Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia merupakan salah satu bagian dari skema bantuan hibah yang dimiliki Pemerintah Jepang dengan ciri utamanya langsung dan cepat menjangkau penerima manfaat di tingkat Grassroots.

Program ini telah mendanai proyek-proyek pembangunan sosial tingkat Grassroots melalui institusi pendidikan dan kesehatan, serta NGO lokal.

Selain itu, Pemerintah Jepang juga memiliki skema "Bantuan Hibah NGO Jepang" yang khusus bekerjasama dengan NGO Jepang untuk proyek kerjasama pembangunan sosial dan ekonomi tingkat Grassroots, serta "Bantuan Hibah Grassroots Kebudayaan" yang khusus menjalin kerjasama dengan NGO atau Pemerintah Daerah di negara-negara berkembang untuk proyek kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Informasi lebih lanjut tentang dana hibah dari Jepang termasuk persyaratannya bisa Anda baca langsung via websitenya di sini.

Dana Hibah Perorangan 2020


Dana Hibah Perorangan 2020

Untuk dana hibah perorangan tahun 2020 ini, Saya pun pernah mendapatkannya dan sampai saat ini masih mendapatkan dana hibah tersebut. Dana hibah tersebut berasal dari Kementrian Sosial bagi masyarakat terkena dampak Covid 19.

Waktu itu Saya dimintai fotokopi KTP oleh perusahaan tempat Saya kerja untuk diajukan ke Kementrian Sosial agar mendapatkan dana sosial. Memang tidak semua karyawan mendapatkannya, sebab ada juga mereka yang telah mendapat program bantuan dari pemerintah.

Jadi buat mereka yang sudah pernah mendapatkan bantuan bulanan dari pemerintah semacam bantuan beras miskin, biaya pendidikan dan lainnya, tidak mendapatkan lagi, tidak dobel, ini khusus bagi mereka yang belum pernah mendapatkannya, dan Saya diantaranya.

Dan Alhamdulillah Sampai terakhir bulan Oktober, Saya masih mendapatkannya. Lumayan lah 300 ribu buat nambah-namah beli beras, minyak dan telor. Awalnya dikasih 600 ribu selama 3 bulan, lalu diperpanjang lagi, namun dikasih 300 ribu sampai waktu yang belum ditentukan tergantung Coronanya dah mau ninggalkan Indonesia atau belum.

Bagaimana dengan yang belum mendapatkannya ? Bisa mengajukan diri lewat pemerintahan desa setempat untuk diajukan ke lembaga yang berwenang. Yang jelas, dana hibah tersebut sifatnya gratis bukan bantuan pinjaman, tanpa harus membayar apa pun.

Jika ada yang meminta dana buat uang apalah, sebaiknya jangan dikasih, karena mereka hanyalah oknum. Kalau pun kita mau ngasih, ya kasihlah sedekah buat rokok atau ongkos bensin urus ke sana kemari, sebab pegawai desa yang bagus itu yang berkorban buat masyarakatnya, bukan nyari masyarakat untuk dikorbankan.

Baca juga :

  • dapatkan bantuan dana hibah tanpa batas
  • dana hibah masuk rekening
  • website bantuan modal pemerintah
  • cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial
  • daftar bantuan dana gratis 2020
  • dana hibah 100% cair
  • cara daftar bantuan umkm
  • alamat donatur luar negeri




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : dana hibah, Dana Perorangan
Back To Top