Tuk Bayar Utang

Cara Menagih Hutang Macet



Memberi ancaman bukanlah cara menagih hutang macet yang baik dan efektif. Justru ancaman itu sebenarnya akan merusak hubungan baik dan menyebabkan sikap antipati dan tidak kooperatif pada pihak peminjam.

Alih-alih ancaman, buat sistem penalti yang disetujui oleh kedua belah pihak jika terjadi keterlambatan pembayaran utang. Anda juga dapat memberikan peringatan yang disampaikan secara diplomatis melalui percakapan atau menulis dalam bentuk surat peringatan.

Ingat bahwa hutang yang dikembalikan tentu jauh lebih baik daripada tidak-dikembalikan. Karenanya terlepas dari apakah Anda memberikan utang sebagai bantuan atau sebagai investasi, tentu saja Anda masih mengharapkan uang Anda dikembalikan. Apalagi jika jumlahnya relatif besar.

Berikut ini adalah tips untuk menagih utang yang dapat Anda jalankan:

Cara Menagih Hutang Macet

Negosiasi
Banyak faktor yang dapat menyebabkan pembayaran hutang tertunda. Kita mesti mengidentifikasi penyebab untuk menemukan jalan keluar. Komunikasi yang baik antara Anda dan pihak yang berhutang diperlukan untuk bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Buat jadwal penagihan
Saat kesepakatan telah tercapai, langkah kedua adalah penagihan. Buat jadwal pembayaran utang yang tetap, sehingga kemajuan dapat diukur dalam penyelesaian utang.

Buat catatan
Jadwal penagihan saja tidak cukup. Catatan rapi tentang berapa jumlah utang beserta sisa saldo utang dan kapan pembayaran terjadi adalah bukti tertulis yang jumlahnya dapat dipertanggungjawabkan.

Berikan pujian
Jangan lupa mengucapkan terima kasih dan menjaga hubungan baik dengan pihak peminjam. Karena dengan investasi hutang, utang itu memberi janji keuntungan kepada Anda, maka berikan apresiasi yang adil atas kerja sama penyelesaian utang.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : hutang macet, menagih hutang
Back To Top