Tuk Bayar Utang

Transaksi Yang Mengakibatkan Perubahan pada Harta dan Utang adalah



Ada pertanyaan pelajaran Akuntansi SMA nih. Pertanyaanya, transaksi yang mengakibatkan perubahan pada harta dan utang adalah .... Maka jawaban dari  contoh transaksi yang hanya mempengaruhi harta dengan utang adalah transaksi kredit, melunaskan utang dan meminjam uang.

Transaksi keuangan atau bisnis adalah kegiatan bisnis yang dilakukan langsung oleh perusahaan dan dapat memengaruhi kondisi keuangan atau hasil operasi perusahaan. Dalam akuntansi, perusahaan hanya akan mencatat transaksi bisnis yang memengaruhi kenaikan atau penurunan setiap akun.

Dengan kata lain, transaksi bisnis akan menyebabkan perubahan pada persamaan akuntansi yang kemudian harus dicatat dan dilaporkan. Selain pertanyaan di atas, ada juga transaksi yang menghasilkan perubahan harta/aset dengan aset yaitu :

Membeli aset secara tunai
Contoh, perusahaan membeli peralatan senilai Rp 450.000,00. Transaksi ini menghasilkan aset dalam bentuk peralatan yang meningkat, sedangkan aset dalam bentuk uang tunai berkurang sebesar Rp. 450.000,00.

Menerima piutang dagang
Contoh, pembayaran piutang usaha diterima sejumlah Rp 2.300.000,00. Transaksi ini menghasilkan aset dalam bentuk uang tunai meningkat, sedangkan aset dalam bentuk utang dagang menurun masing-masing Rp 2.300.000,00.

Penjualan aset secara tunai
Contoh, menjual peralatan kantor bekas sebesar Rp. 3.600.000,00 secara tunai. Transaksi ini menghasilkan aset dalam bentuk uang tunai meningkat dan aset dalam bentuk peralatan berkurang, masing-masing bernilai Rp 3.600,00,00.


Transaksi Yang Mengakibatkan Perubahan pada Harta dan Utang adalah


Ada juga transaksi yang mengakibatkan perubahan harta dengan modal yaitu :
  1. Mendapatkan uang tunai dari pendapatan layanan atau penjualan. Hal ini menyebabkan aset meningkat dan modal meningkat.
  2. Membayar biaya operasional secara tunai. Ini menyebabkan properti berkurang dan modal berkurang.
  3. Menarik uang untuk kebutuhan pribadi. Ini menyebabkan properti berkurang dan modal berkurang.
Kesimpulannya begini, bahwa jenis transaksi bisnis perusahaan dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
  1. Transaksi internal, yaitu kegiatan ekonomi yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri, seperti penggunaan peralatan, penggunaan bangunan beberapa waktu, penggunaan mesin, dan lain-lain.
  2. Transaksi eksternal, merupakan acara dengan pihak luar seperti pembelian peralatan kepada pemasok, uang muka untuk sewa gedung, pembelian mesin, dan sebagainya.
Semua transaksi bisnis perusahaan akan selalu mempengaruhi perubahan dalam tiga elemen persamaan akuntansi dasar, yaitu aset, kewajiban (utang), dan ekuitas (modal).  Jika ada peningkatan aset di perusahaan, maka aset lain akan menurun, peningkatan kewajiban akan terjadi serta peningkatan ekuitas akan terjadi juga.

Jika perusahaan melakukan transaksi pembelian secara tunai, maka peralatan meningkat dan uang tunai berkurang. Jika perusahaan melakukan transaksi pembelian secara kredit, maka peralatan meningkat dan hutang bisnis meningkat.

Demikian jawaban dari pertanyaan Sobat, tuliskan contoh transaksi yang mengakibatkan perubahan harta dengan utang dan sebutkan transaksi yang mengakibatkan perubahan harta dengan modal.

Baca juga jawaban dari pertanyaan lainnya :
- contoh transaksi dalam persamaan akuntansi yang berakibat harta
- transaksi yang mengakibatkan bertambahnya aktiva dan berkurangnya aktiva lain yaitu
- pengambilan prive akan mempengaruhi akun-akun yang ditunjukkan oleh angka

Sumber :
https://brainly.co.id
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-pengaruh-transaksi-bisnis-terhadap-pencatatan-akuntansi/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : utang
Back To Top