Tuk Bayar Utang

Doa Pelunas Hutang



Bagaimana pun bagi Saya sendiri yang sedang punya hutang sekitar 50 jutaan ini, tiap hari selalu memanjatkan diri agar bisa melunasi hutang dengan membaca doa pelunas hutang. Jika Anda belum hafal, jangan khawatir Saya akan sharing juga dengan Anda baaan doa tersebut. Memang betul, kita bisa berdoa di dalam hati dan langsung memanjatkannya pakai bahasa sendiri dan itu tidak salah, tapi tidak salah juga jika kita mengikuti pepatah Nabi apabila punya hutang, maka Nabi menganjurkan membaca bacaan tertentu.

Kalau kita ikut Nabi, maka plusnya ada 2 yakni dapat pahala karena mengikuti perintah Nabi dan dikabulkan permintaan lebih cepat, karena kita mengikuti petunjuk Nabi yang merupakan kekasih Allah. Sebab kemungkinan doa kita diijabah oleh Allah, bukan karena kitanya, tapi karena kemuliaan Nabinya. Allah melihat Nabi atau sang kekasih-Nya, bukan kitanya.

Sama saja dengan jika kita mengajukan proposal minta bantuan dana kepada Bapak Gubernur, maka hasilnya akan berbeda jika pengajuan proposal oleh kita sendiri langsung dan apabila direkomendasikan oleh seseorang yang telah dikenal Gubernur, misalnya kita minta bantuan sama pembantu Gubernur yang kebetulan teman kita. Mana yang lebih mungkin cepat dikabulkan proposalnya ? Jelas akan diterima lebih cepat jika yang ngasih proposal adalah pembantu gubernur yang sudah sangat kenal dengan Gubernur.

Dan dalam Islam, adab dan cara ini dinamakan dengan washilah atau tawashul. Maka jangan heran dan menganggap bod'ah jika ada orang meminta dengan cara tawashul dengan tempat-tempat yang mulia, orang-orang mulia, karena potensi lebih cepat dikabulkan doanya lebih hebat. Jadi Allah akan mengabulkan doa kita lebih cepat apabila kita membuat washilah atau minta rekomendasi kepada Allah melalui orang sholeh atau tempat mulia seperti Baitullah, Mesjid Nabawi, amalan unik kita sendiri, hari Jum'at dan lain sebagainya termasuk berdoa di tempat ziarah orang yang dianggap mulia yang oleh sebagian kecil umat Islam yang tidak faham esensinya dianggap syirik, padahal mereka berdoa kepada Allah dan memanfaatkan tempat orang sholeh itu untuk memanjatkan diri dengan harapan, kemuliaan orang itu bisa dilihat oleh Allah dan membantu mempercepat diijabahnya doa.

Baiklah Saya kembali ke tema awal yakni disini Saya akan menulis beberapa doa pelunas hutang yang sebaiknya banyak dibaca sambil menggunakan cara tawashul agar cepat diijabah dan hutang Anda cepat lunas.

Doa pelunas hutang ini sangat pendek namun sebaiknya Anda baca berulang kali di berbagai kesempatan sampai hutangnya lunas dan jadikan sebagai dzikir harian Anda. Doa ini bisa Anda lihat keterangannya langsung dalam Kitab Al Adzkar karya Syaikh Nawawi halaman 117.

Imam Nawawi menulis, telah diriwayatkan dalam Kitab Tirmidzi, beliau menerima dari Sayyidina 'Ali r.a, sesunnguhnya ada seorang mukatib (budak belian) datang kepada Ali lalu berkata : "Sesungguhnya aku ini orang tak mampu karena derajatku sebagai mukatib, maka tolonglah aku." Ali berkata : "Maukah kau ku ajarkan beberapa kalimat yang telah diajarkan Rasulullah kepadaku, seandaiknya hutangmu sebesar gunung pun, maka akan lunas ? Bacalah :

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

 ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIK, WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK

Ya Allah, cukupilah aku dengan rezki-Mu yang halal hingga aku terhindar dari yang Engkau haramkan, Ya Allah kayakanlah aku dengan karunia-Mu hingga aku tidak minta kepada selain Engkau

Imam Tirmidzi berkata bahwa hadits ini hasan.

Mudah-mudahan doa di atas meskipun pendek, namun jika Anda wiridkan tiap hari dengan sungguh-sungguh, bisa menjadi washilah sebagai doa pelunas hutang, berapa pun besarnya hutang Anda, karena bagi Allah sangat mudah untuk melunasi hutang hambanya selagi hamanya berusaha keras dan berdoa.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : doa pelunas hutang
Back To Top