Tuk Bayar Utang

Doa Lunas Hutang dari Rasulullah



Bagi mereka yang punya problem karena sering didatangi debt collector dan ingin segera menyelesaikan cicilannya sesuai dengan syariat Islam, tentunya bakal mencari doa lunas hutang dari Rasulullah.

Walaupun hutang itu dibolehkan, namun Rasulullah mengingatkan agar kita selalu berhati-hati dalam berhutang, karena hal ini akan membebani kita di akhirat nanti.

Dalam sebuah hadits, Nabi menjelaskan bahwa dirinya tidak mau mensholatkan orang yang masih berhutang. Rasulullah meminta agar kita segera melunasi hutangnya sebelum meninggal.

Di sebuah hadits, Nabi SAW bersabda: “Siapa mati disaat masih mempunyai hutang 1 dinar atau 1 dirham, maka hutang itu bakal dilunasi dengan kebaikannya (pada hari kiamat) karena disana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham "

Oleh karena itu dalam beberapa hadits Nabi mengajarkan doa agar kita diberikan kemudahan dalam melunasi hutang.

Selain melakukan yang terbaik, kita juga harus berserah diri kepada Allah SWT memohon pertolongannya agar kita diberi kekuatan untuk menyelesaikan urusan utang dan cicilan. Dalam Mantra Sukabumi, berikut ini beberapa doa yang Rasulullah ajarkan.

Pertama, Rasulullah menyarankan, ketika seseorang berhutang, sering-seringlah membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اكْفِني بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِواكَ

ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIKA WA AGHNINAA BI FADL-LIKA ‘AMMAN SIWAAKA

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal Supaya terjauh dari yang haram. Cukupkanlah aku dengan fadhol-Mu sehingga aku menghindari (meminta pertolongan) dari selain Engkau."

Kedua, Rasulullah menasihati para sahabatnya untuk membaca tasbih berikut ini di antara terbit fajar dan sholat Subuh sebanyak 100 kali.

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللهَ

SUBHAANALLAAHI WA BI HAMDIHI, SUBHAANALLAAHIL 'AZHIIM, ASTAGHFIRULLAAH

"Puji Allah dan segala puji bagi-Nya. Puji bagi Allah Yang Maha Besar. Aku memohon ampun kepada Allah”

Ketiga, ketika sahabat Nabi Abu Umamah mengeluhkan hutangnya kepada Nabi, maka Nabi bersabda: "Apakah kamu ingin Saya ajari Anda bacaan bahwa jika kamu membacanya, Allah akan menghapus kebingunganmu dan memberimu kemampuan untuk melunasi hutang?" Umamah menjawab, "Tentu, ya Rasul." Dia melanjutkan, "Jika pagi dan sore, maka baca:"

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

ALLAÂHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZAN. WA A'UUDZU BIKA MINAL 'AJZI WAL KASAL. WA A'UUDZU BIKA MINAL JUBNI WAL BUKHL. WA A'UUDZU BIKA MIN GHOLABATID DAYNI WA QOHRIR RIJAAL

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari rasa takut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari ikatan hutang dan tekanan dari orang-orang."

Keempat, ketika Nabi enggan untuk berdoa kepada seseorang yang meninggal tetapi masih berhutang, tidak lama kemudian, malaikat Jibril turun dan berkata, "Ya Muhammad, sebenarnya Allah mengirimkan salam kepadamu dan berkata, 'Aku telah mengirim Jibril dalam bentuk manusia dan melunasi hutang laki-laki itu.”

Maka bangunlah dan doakan jenazah itu. Sebab, Allah telah mengampuninya dan Dia juga menyampaikan bahwa barangsiapa yang mendoakan jenazah itu, akan diampuni juga.

Penasaran dengan alasannya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya kepada Malaikat Jibril, “Wahai saudaraku Jibril, darimana kemuliaan orang yang meninggal itu? ”Malaikat menjelaskan, “Berkah membaca Surat Al-Ikhlas setiap hari seratus kali. Pasalnya, di dalam surat itu ada penjelasan tentang sifat-sifat Allah dan puji-pujian kepada-Nya.”

Doa Lunas Hutang dari Rasulullah

Sementara itu Winnet News menambahkan bahwa hanya dengan doa melunasi hutang cepat, tidak bisa begitu saja membuat jatuhnya uang dari langit. Doa ini sebetulnya adalah sebagai fasilitator lancarnya rezeki, dimana anda yang rajin mengamalkannya secara istiqomah, maka insya Allah berapapun hutangnya¸ dalam waktu dekat bisa melunasinya.

Hal ini karena rezeki Anda akan dikeluarkan oleh Allah SWT dari manapun asalnya, dari pintu manapun. Sehingga Anda dapat membayar hutang Anda, meskipun sedikit demi sedikit. Inilah doa yang dimaksud untuk melunasi hutang ini.

QULILLAAHUMMA MAALIKAL MULKI TU-TIL MULKA MAN TASYAA-U WATANZI’UL MULKA MIMMAN TASYAA-U WATU’IZZU MAN TASYAA-U WATUDZILLU MAN TASYAA-U BIYADIKAL KHAYRU INNAKA ‘ALAA KULLI SYAY-IN QADIIRUN

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang Mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

TUULIJUL LAYLA FIINNAHAARI WATUULIJUN NAHAARA FIILLAYLI WATUKHRIJUL HAYYA MINAL MAYYITI WATUKHRIJUL MAYYITA MINAL HAYYI WATARZUQU MAN TASYAA-U BIGHAYRI HISAABIN

Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).

Demikianlah doa hutang lunas sekejap sesuai sunnah yang diajarkan Rasulullah. Semoga bisa melunasi hutang yang menumpuk walaupun sebesar gunung dengan cara tak terduga.




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : lunas hutang
Back To Top