Tuk Bayar Utang

Amalan Agar Dapat Membayar Hutang Dengan Cepat



Dilatarbelakangi ingin segera melunasi hutang dengan cepat, sebagai seorang muslim, Saya pingin tahu juga apa saja amalan yang dilakukan agar dapat membayar hutang dengan cepat atau amalan untuk mempercepat melunasi hutang. Hasil penelusuran Saya pada blog-blog yang menyajikan tentang apa yang Saya cari, ada beberapa amalan berupa doa dan dzikir yang harus dibaca terkait dengan solusi untuk membayar hutang.

Saya tidak memuat dalilnya secara lengkap, karena tujuannya adalah lebih kepada pengamalan bukan pemahaman secara teoritis. Jika membutuhkan keterangan tentang dalil dan penjelasan lainnya, bisa langsung saudara baca di sumber aslinya yang nanti akan Saya sertakan di akhir artikel.

Karena amalannya lebih dari satu macam, maka bacalah yang mudah dulu atau yang hafal dulu. Perhatikan juga waktunya, kapan atau saat apa amalan tersebut dibaca. Dahului dengan shalat hajat khusus untuk meminta hutang lunas.

Ayat Al Quran untuk amalan membayar hutang

Saya awali dengan ayat Al Quran, karena membaca ayat Al Quran merupakan ibadah lisan paling utama dibandingkan dengan dzikir atau doa selain ayat Al Quran. Ayat Al Quran yang biasa dibaca untuk tujuan membayar hutang adalah Surat Al Imran ayat 26-27. Jadikan ayat itu sebagai wirid setelah shalat hajat semampunya.


قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاء وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاء وَتُعِزُّ مَن تَشَاء وَتُذِلُّ مَن تَشَاء بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
تُولِجُ اللَّيْلَ فِي الْنَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الَمَيَّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَن تَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ


QULILLAAHUMMA MAALIKAL MULKI TU’TIIL MULKA MAN TASYAA-U WATANZI’UL MULKA MIMMAN TASYAA-U WATU’IZZU MAN TASYAA-U WATUDZILLU MAN TASYAA-U BIYADIKAL KHAYRU INNAKA ‘ALAA KULLI SYAY-IN QADIIR. TUULIJUL  LAYLA FINNAHAARI WATUULIJUN NAHAARA FILLAYLI WATUKHRIJUL HAYYA MINAL MAYYITI WATUKHRIJUL MAYYITA MINAL HAYYI WATARZUQU MAN TASYAA-U BIGHAYRI HISAAB

"Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. 
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)."


Amalan doa untuk membayar hutang

Selanjutnya setelah mewiridkan ayat Al Quran di atas, banyak beristighfar, minimal 100 kali. Yakinlah bahwa istighfar akan menjadi jalan keluar dari segala kesempitan. Lalu baca doa di bawah ini.


اَللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ. اَللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِـوَاكَ


ALLAAHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HAZANI, WAL 'AJZI WAL KASALI, WAL BUKHLI WAL JUBNI, WA DHOLA'ID DAINI WA GHOLABATIR RIJAALI.
ALLAAHUMMAK FINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIKA WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAKA. 

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkraman hutang dan laki-laki yang menindas-(ku). Ya Allah, cukupilah aku dengan (rezeki)-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Kayakanlah aku dengan kenikmatan-Mu selain-Mu” 

Ketika hendak tidur, baca doa ini dengan posisi berbaring pada sisi kanan tubuh. Sebelumnya harus punya wudhu dulu dan diawali dengan shalat hajat.


اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syay-in, faaliqol habbi wannawaa wa munzilat tawrooti wal injiili wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syay-in anta aakhidzum binaashiyatih. Allaahumma antal awwalu falaysa qoblaka syay-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syay-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syay-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syay-un, iqdhi ‘annad-daina wa aghninaa minal faqri.

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.”

Lalu baca doa di bawah ini setelah shalat subuh dan ashar.


اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ


Allaahuma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ajzi wal kasali wa a’uudzubika min ghalabatid dayni wa qahrir rijaali.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kebakhilan dan sifat pengecut. Dan aku berlindung kepada-Mu dari terjerat hutang dan ketertindasan.” 

Selain amaln di atas, segera perbanyak sedekah. Sedekah itu tidak identik dengan uang. Apa yang kita punya dan membuat orang terbantu, silahkan sedekahkan. Bisa tenaga, ilmu, keahlian, pendapat dan lain sebagainya. Pokoknya bantu siapapapun yang butuh bantuan. Manfaatkan juga doa orang tua, ibu dan ayah kita. Minta doanya agar kita bisa cepat bebas dari hutang. Dan yang terpenting dan paling harus dilakukan pertama kali adalah niat keras untuk melunasi hutang. Allah tidak akan membiarkan hambanya yang punya keinginan keras untuk membayar hutangnya.

Sumber : 
https://rumaysho.com/
http://www.blogkhususdoa.com/
ttps://dzikir20.wordpress.com/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : amalan membayar hutang
Back To Top