Tuk Bayar Utang

Bagaimana Cara Membayar Hutang dengan Cepat



Bagaimana cara membayar hutang dengan cepat ? Semua orang yang sedang mempunyai masalah banyak hutang, pasti deh nyari info di Google dengan kata kunci di atas, termasuk Saya. Hal ini sangat difahami karena punya hutang banyak sampai puluhan juta rupiah, akan membuat diri kita tertekan, terlebih kalau kita nggak tahu jalan keluarnya.

Dan tragisnya lagi, ketika kita nyari di internet, kebanyakan yang disediakan oleh blog adalah hal-hal yang bersifat ritual gaib, seperti uang gaiblah, ritual tertentu, beli mahar tertentu dan lain sebagainya yang justru malah menambah beban yang punya hutang harus setor mahar.

Memang ada juga yang ngasih solusi, tapi ujung-ujungnya juga duit yakni harus beli ebook-lah, harus ikut seminar-lah dan sebagainya. Memang tidak salah, karena mereka juga usaha, mungkin juga usaha seperti itu untuk menutup hutangnya, soalnya kalau bener-bener mau bantu, maka nggak perlulah ilmunya disembunyi-sembunyikan seperti itu, kan bisa dibagikan lewat blog atau media sosial.

Namun Saya menemukan sedikit tips sebagai bekal untuk membayar hutang dengan cepat, yaitu menolong orang yang teraniaya, membebaskan orang lain dari himpitan kesulitan hidup, memberi makan orang yang kelaparan, menjenguk orang yang sakit, membantu orang yang ditimpa bencana, memperbanyak sodaqoh dan selalu bersyukur atas segala nikmat.

Disamping tips di atas, berikut ini trik yang harus Anda lakukan jika ingin hutang Anda cepat terbayar dan hidup bebas hutang.


  • Bertobat atas kesalahan yang telah lalu sehingga menimbulkan hutang, serta bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan serupa.
  • Jangan tergoda untuk ngutang lagi dan jangan nutup lobang dengan cara menggali lobang.
  • Jika hutangnya mengandung bunga, selesaikan hutang yang bunganya besar dan kalau mungkin minta keringanan atau minta bunganya dihapus karena bagaimanapun, bunga menjadi racun bagi pemberi hutang dan hanya manis di angka saja.
  • Hutang itu tidak harus dibayar dengan uang, tapi bisa dibayar dengan kerjasama, keahlian dan ilmu. Anda bisa bernegosiasi dengan pemberi hutang.
  • Segera bayarkan ketika punya rezeki lebih, walaupun sedikit, yang penting hutang berkurang.
  • Lebih banyak beramal dan berdoa. Bagi muslim, perbanyak shalat taubat, shalat hajat, shalat dhuha, shalat tahajud, shalat rawatib, banyak membaca shalawat, isighfar dan membaca surat Al Waqi'ah.
  • Fokus ke usaha dan membesarkan usaha sesuai keahlian seperti yang Saya lakukan adalah membuat blog periklanan dan affiliasi.
Itulah yang bisa Saya sampaikan, semoga cara ini bisa menjadi panduan untuk membayar hutang dengan cepat.



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : cara membayar hutang
Back To Top