Tuk Bayar Utang

Doa Terlilit Hutang



Amalan Doa Terlilit Hutang - Dalam hidup, ada kalanya kita terpaksa berhutang karena terdesak oleh suatu kebutuhan. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah melunasinya, karena keuangan yang sulit. Padahal kita tahu bahwa utang adalah beban yang harus dibayar, karena jika tidak diselesaikan di dunia, urusan utang akan berlanjut di akhirat.

Tentunya kita harus melakukan berbagai macam upaya agar kita bisa segera melunasi hutang, termasuk upaya doa. Rasulullah SAW selalu berlindung kepada Allah agar terbebas dari jeratan utang. Sebagaimana diriwayatkan oleh al-Humaidi dalam Musnadnya, hadits nomor 246.

Salah satunya adalah doa yang diajarkan Rasulullah kepada seorang sahabat Anshar, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dawud, hadits nomor 1555, di bawah ini.

Disebutkan oleh Abu Sa'id al-Khudri, pada suatu hari Rasulullah masuk ke dalam masjid. Ternyata sudah ada seorang Ansar bernama Abu Umamah. Dia kemudian menyapanya: Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?

Abu Umamah menjawab: Kebingungan dan hutang saya membuat saya (seperti ini), ya Rasul.

Rasulullah bertanya lagi: Apakah Anda ingin jika saya mengajari Anda sebuah bacaan yang jika Anda membacanya, Allah akan menghilangkan kebingungan Anda dan memberi Anda kemampuan untuk melunasi hutang?

Umamah menjawab: Tentu saja, ya Rasul.

Nabi juga bersabda: Jika memasuki pagi dan petang, maka bacalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

Allâhumma innî a'ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a'ûdzu bika minal 'ajzi wal kasal. Wa a'ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a'ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari rasa takut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari jeratan hutang dan tekanan manusia.

Abu Umamah lalu berkata: Setelah aku mengamalkan doa, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberiku kemampuan untuk melunasi hutang.

Doa Terlilit Hutang Riba

Begini cara melunasi hutang riba. Semoga dengan postingan ini anda yang saat ini terjerumus ke dalam dosa riba dapat benar-benar bertaubat dan segera meninggalkan riba.

Pertobatan dari riba

Yang utama adalah bertaubat dengan ikhlas, dan sungguh-sungguh memohon ampun kepada Allah dan bertekad untuk tidak meminjam uang lagi dengan cara riba, Allah memerintahkan untuk melakukan taubat yang ikhlas.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuhaa (taubat yang murni).” (Surat At-Tahrim: 8)

Jual aset tanah, rumah atau kendaraan

Hal yang perlu dilakukan agar terbebas dari riba adalah segera melunasi utang riba, jika memiliki aset tanah, rumah atau kendaraan bisa digunakan untuk melunasi utang riba.

Dulu, Maimunah ingin berutang. Kemudian salah satu kerabatnya berkata, "Jangan lakukan itu!" Beberapa kerabatnya membantah tindakan Maimunah. Kemudian Maimunah berkata, “Ya. Sesungguhnya aku mendengar Nabi dan kholilku (kekasihku) Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata,

“Jika seorang muslim memiliki hutang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat untuk melunasi hutangnya, maka Allah akan memudahkannya untuk melunasi hutangnya di dunia.” (Diriwayatkan oleh Ibn Majah no. 2399 dan An Nasai no. 4686. Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih kecuali kata “fid dunya” -di dunia-)

Jadi, orang yang serius melunasi hutangnya akan ditolong oleh Allah.

Perbanyak doa

Ada dua doa yang bisa membantu untuk keluar dari kesulitan utang.

Doa agar tidak terlilit hutang

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allahumma inni a'udzu bika minal ma'tsami wal maghrom [Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari dosa dan kesulitan utang] (HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 589).

Doa agar bebas dari hutang yang penuh gunung

Dari 'Ali, ada seorang budak mukatab (yang berjanji kepada tuannya bahwa dia ingin membebaskan dirinya dengan syarat bahwa dia membayar pembayaran tertentu) yang datang kepadanya, dia berkata, "Saya tidak mampu membayar untuk kebebasan saya." Ali juga berkata, "Maukah aku memberitahumu beberapa sabda yang diajarkan Rasulullah (sallallāhu 'alayhi wa sallam) kepadaku, bahwa jika kamu memiliki hutang yang segunung, Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Mengucapkan doa,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

"Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak" [Artinya: Ya Allah, cukupkan aku dengan yang halal dan jauhkan aku dari yang haram, dan cukupkan aku dengan karunia-Mu dari ketergantungan. selain Engkau] (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, serta hasan kata Syekh Al Albani)

Bekerja lebih keras

Bekerjalah dengan niat memperhatikan nafkah keluarga, maka Allah akan mengganti dan memberikan jalan keluar

Dari Abu Hurairah, ia mengatakan bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

“Ketika hamba di pagi hari, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah, berilah kembalian kepada orang-orang yang suka menafkahkan (rajin menafkahi keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berilah kebangkrutan. bagi mereka yang enggan bersedekah (untuk mencari nafkah).” (HR Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Tetap sederhana

Hidup sederhana saat terlilit utang akan mengurangi pengeluaran dan pada akhirnya akan memprioritaskan membayar utang riba Anda.

dari 'Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Sungguh beruntung orang yang mendapat petunjuk dalam Islam, diberi rezeki yang cukup, dan qana'ah (merasa cukup) dengan rezeki itu. (Diriwayatkan oleh Ibn Majah no. 4138, Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Doa Terlilit Hutang


Doa Terlilit Hutang Sesuai Sunnah

Seorang mukmin hendaknya berpikir ketika hendak meminjam kepada orang lain, pertama-tama, berapa banyak utang ini diperlukan, kemudian apakah itu kebutuhan mendesak, atau kebutuhan mewah, kebutuhan yang sepadan, dan kebutuhan akan hal-hal yang tidak berharga.

Jika utang itu merupakan kebutuhan atau kebutuhan yang mendesak, maka ambillah dari utang itu sebanyak-banyaknya yang bisa kita lunasi. Nabi juga mengajarkan kepada kita doa agar utang cepat lunas, meski jumlah utangnya sebesar Gunung Uhud. Di antara doa-doa tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, doa yang diajarkan kepada Ali bin Abi Thalib RA.

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ 

Allahummak fini bi halalika 'an haramika wa aghnini bifadhlika 'aman siwaka.

“Ya Allah! Cukupkanlah aku dengan rizki-Mu yang halal (sampai aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (sampai aku tidak meminta) selain-Mu.” (HR Tirmidzi)

Kedua, doa yang diajarkan kepada Muadz bin Jabal RA. Setelah berdoa doa ini, Allah SWT melunasi hutang yang dimiliki Muadz.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa 'audzubika minal 'ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kecemasan dan kesedihan dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menundukkan orang-orang yang berkata-kata. , saya bisa melakukannya, Tuhan Yang Maha Esa, Yang Maha Tinggi, dan telah melunasi hutang saya kepada saya." (HR Dawud).

Ketiga, doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada Abu Umamah RA.

اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء وتنزع الملك ممن تشاء وتعز من تشاء وتذل من تشاء بيدك الخير إنك على كل شيء قدير رحمن الدنيا والآخرة ورحيمهما تعطيهما من تشاء وتمنع منهما من تشاء ارحمني رحمة تغنيني بها عن رحمة من سواك

Allahumma Malikal mulki tu'til mulka man tasya' wa tanzi'ul mulka mimman tasya' wa tu'izzu man tasya' wa tudzillu man tasya' biyadikal khair, innaka 'ala kulli syain qadir, Rahmad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu'thihuma man tasya' wa tamna'u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha'an rahmati man siwaka

“Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa saja yang Engkau kehendaki dan hina siapa pun yang Engkau kehendaki, kebaikan di tangan-Mu, karena Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu, Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Maha Penyayang. di antara mereka. Anda memberikannya kepada siapa pun yang Anda inginkan dan mencegahnya dari siapa yang Anda inginkan. Kasihanilah saya dengan rahmat yang cukup atas saya, Tidak ada yang bisa memberi rahmat kecuali Anda, ya Allah." (HR At-Tabrani)

Doa Terlilit Hutang Banyak Agar Bisa Lunas

Dalam salah satu ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat mengungkapkan sebuah doa yang dapat membuat seorang muslim terhindar dari masalah kehidupan.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, doa yang satu ini mampu menjauhkan masalah dan menjadi doa anti cemas, sedih, lemah, malas, sial, dan takut.

Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ini juga bisa membuat kita terbebas dari jeratan hutang. Lantas, apa yang dimaksud dengan doa terlilit hutang Adi Hidayat ?

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa doa bisa menjadi doa anti kesusahan dan jeratan hutang.Berikut bacaan doa yang dimaksud sesuai yang dibacakan oleh Ustadz Adi Hidayat.

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasal, wa a'udzu bika minal jubni wal bukhli, wa a'udzubika min gholabatid daini wa qohrir rijal."

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari rasa takut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari jeratan hutang dan aku berlindung kepada-Mu. dari kesewenang-wenangan. orang lain."

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa doa ini sesuai dengan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Dengan mengamalkan doa ini, umat Islam akan terhindar dari segala macam masalah dalam hidup dan menjadi anti cemas, sedih, dan malas sholat.

“Doa yang isinya anti cemas, anti sedih, anti lemah dan anti malas dan pengecut, serta pengendalian utang,”

Menurut Ustadz Adi Hidayat, doa ini juga mampu membuat seseorang mendapat perlindungan dari Allah SWT dari segala macam ketakutan, dan jeratan hutang.Yaitu doa anti kesusahan dan juga doa agar terbebas dari segala macam masalah dan ikatan hutang.




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : doa terlilit hutang
Back To Top