Tuk Bayar Utang

Pinjaman Online Tidak Dibayar



Bagaimana jika pinjaman online tidak dibayar? Apa akibat dan risiko tidak membayar tagihan pinjaman? Kami membahas satu per satu kasus tidak membayar pinjaman.

Pinjaman online menawarkan banyak kemudahan. Proses cepat, syarat mudah dan tanpa tatap muka. Namun, mengambil pinjaman memiliki komitmen untuk membayar cicilan tepat waktu. Jika tidak, ada sejumlah risiko.

Kasus-kasus akibat tidak terbayarnya pinjaman mulai dari yang ringan seperti denda keterlambatan, tidak bisa isi pulsa, hingga yang berat, seperti laporan negatif di SLIK OJK, billing field DC hingga rumah dan kantor.

Penting bagi debitur untuk memahami risiko ini sehingga dia dapat segera menemukan solusi ketika dia mengetahui bahwa dia tidak dapat membayar tagihan pinjaman. Berikut daftar kasus risiko tunggakan tagihan pinjaman:

1. Kasus SLIK OJK, Pengecekan BI Buruk

Pinjol akan melaporkan kepada OJK SLIK bahwa peminjam memiliki hutang yang belum dibayar. Catatan kredit yang buruk di SLIK OJK akan mempersulit pengajuan pinjaman di pinjaman online, bank dan lembaga keuangan lainnya. Semua pinjaman online di Indonesia dapat melihat catatan kredit di SLIK.

Pinjaman online memiliki kewajiban untuk mengecek SLIK OJK setiap kali memberikan kredit. Catatan negatif dalam SLIK OJK akan mengakibatkan permohonan ditolak.

Tidak hanya untuk keperluan kredit, laporan SLIK juga digunakan oleh perusahaan saat merekrut karyawan. Perusahaan akan memeriksa laporan ini apakah calon karyawan memiliki pinjaman yang menunggak atau tidak.

Praktik pengecekan SLIK yang termasuk dalam proses rekrutmen pegawai merupakan hal yang lumrah di banyak perusahaan. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk menentukan karakter calon karyawan.

2. Bayar Denda Keterlambatan

Salah satu risiko tidak menunggak adalah membayar biaya keterlambatan. Biaya ini dibebankan setiap kali pembayaran lewat jatuh tempo.

Jadi, jika terlambat, apalagi macet, peminjam tidak hanya harus membayar tagihan, tapi juga denda. Beban pembayaran menjadi lebih besar.

Besarnya denda keterlambatan tergantung dari nilai plafon pinjaman. Meski ada denda minimal yang harus dibayarkan saat kredit terlambat.

3. Tidak Bisa Pinjam Lagi

Kalau di OJK SLIK, pencatatannya bisa dilihat oleh semua pinjaman online. Sedangkan blacklist internal hanya bisa diakses oleh pinjaman online. Akibat masuk daftar hitam, masyarakat tidak bisa lagi meminjam. Tidak dapat mengulang pinjaman.

4. Batasi, Isi Ulang di Blok

Jika Anda memiliki kredit macet, peminjam tidak dapat mengajukan top up atau menambah batas. pinjaman online akan memblokir setiap aplikasi top up.

Tentu hal ini tidak menguntungkan karena top up merupakan aplikasi limit yang mudah dan cepat. Proses dan kriteria top up relatif mudah dibandingkan dengan mengajukan pinjaman baru.

5. Terima Pengingat dari Koleksi Setiap Hari

Tim billing akan melakukan proses reminder. Pengingat dikirim ke berbagai saluran komunikasi. Mulai dari SMS, telepon hingga WA. Tak jarang, tim billing mengakses akun media sosial untuk mengingatkan kewajiban pembayaran.

Pinjaman Online Tidak Dibayar

6. Penagihan Telepon

Jika debitur tidak memberikan respon yang baik terhadap peringatan yang dikirimkan, tim penagihan akan meningkatkan intensitas dengan melakukan penagihan melalui telepon langsung ke debitur.

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan dalam Desk Collection. Panggilan telepon juga dapat dilakukan dengan sistem Robot untuk memastikan kualitas penagihan.

Intensitas panggilan yang lebih tinggi dapat dilakukan pada rekening yang dianggap pinjaman online memiliki risiko gagal bayar yang tinggi.

Email, aplikasi notifikasi, SMS atau sarana elektronik lainnya dapat digunakan untuk pengingat pembayaran sebelum dan sesudah tanggal jatuh tempo.

Untuk penagihan keterlambatan pembayaran, melalui metode telepon ini, semua pengingat yang dikirim dapat menjadi bukti di kemudian hari bahwa pinjaman online telah berupaya untuk menghubungi dan mengingatkan peminjam tentang kewajiban yang terutang.

7. Kunjungan Lapangan Debt Collector DC ke Rumah

Jika debitur tidak menanggapi peringatan dan panggilan telepon dengan baik, inilah saatnya debt collector (DC) bidang pinjaman online datang ke rumah untuk menagih.

Digunakan ketika komunikasi penagihan melalui telepon dan media komunikasi lainnya (seperti email dan pesan) tidak efektif atau ketika kunjungan Field Collector dianggap perlu.

Pinjaman online diperbolehkan bekerja sama dengan pihak ke-3 dalam rangka efisiensi dan efektivitas kerja. Pihak ke-3 yang melakukan penagihan harus mematuhi sejumlah ketentuan dan kode etik proses penagihan

8. Tagihan ke Kerabat, Teman, Keluarga dalam Kontak Darurat

Pinjaman online dapat menagih pembayaran kepada pelanggan yang tidak membayar, dengan cara menagih pembayaran kepada teman, saudara, keluarga atau rekan kerja.

Namun, pinjaman online akan ditagih dengan menghubungi keluarga, teman, atau pihak lain yang terkait dengan peminjam yang nomor teleponnya terdaftar sebagai nomor darurat.

Jadi, hanya mereka yang terdaftar dalam kontak darurat. Penagihan ke keluarga ini cukup meresahkan karena orang terdekat tahu kita punya utang macet.

9. Kunjungan Penagihan ke Kantor

Akibat tidak membayar pinjaman online, penagihan ke kantor akan bisa dilakukan oleh tim penagihan karena data perusahaan tempat Anda bekerja disertakan secara lengkap saat mengajukan pinjaman.

Penagihan ke kantor biasanya dimulai melalui telepon oleh meja penagihan. Hubungi nomor yang tersedia pada formulir aplikasi atau cari dari sumber lain.

Jika pengumpulan telepon tidak berhasil, pinjaman online mungkin dapat mengirim DC lapangan untuk melakukan kunjungan ke kantor.

10. Memindahkan Biaya ke Pihak Ketiga

Pinjaman online dapat mentransfer tagihan ke pihak ke-3 untuk melanjutkan proses penagihan. Sesuai aturan OJK, setelah terlambat 90 hari, debitur tidak lagi ditagih pinjaman online (perusahaan P2P). Jadi, tagihan dialihkan ke pihak lain. Jadi, pelanggan yang tidak membayar, bisa menghadapi proses penagihan oleh pihak ke-3.

11. Restrukturisasi, Diskon Pinjaman

Untuk pinjaman yang belum dibayar, perusahaan pinjaman online dapat menawarkan pelanggan untuk mengikuti program restrukturisasi pinjaman. Dalam program ini, nasabah diberikan fasilitas untuk melunasi tagihannya dengan iming-iming potongan bunga atau perpanjangan jangka waktu kredit.

Program restrukturisasi biasanya diikuti dengan kewajiban peminjam untuk membayar kembali pokok pinjaman. Pinjaman online yang sangat kecil akan melakukan pemutihan tagihan. Tagihan tersebut akan terus diupayakan untuk dibayar oleh peminjam.




ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : pinjaman online
Back To Top